Page 1 of 26 1234567891011 ... LastLast
Results 1 to 10 of 258

Thread: Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?


  1. #1
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,477
    Rep Power
    9

    Question Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?

    Bro, bagaimana seandainya kekasih anda itu ternyata sudah tidak perawan lagi (pernah berhubungan seks dengan pria lain), apakah anda akan tetap menikahinya ataukah malah meninggalkannya? Seberapa pentingkah arti keperawanan bagi anda? Silahkan berikan komentar anda, yang wanita boleh juga lho berkomentar tentang hal ini....

    Keperawanan, Ternyata Tak Sama

    SAAT seorang gadis kehilangan “Cherry,” dia tidak lagi perawan. Selama berabad-abad, keperawanan sering diistilahkan sebagai “Cherry pie” atau pastel ceri. Usai menikah, di malam pertama seorang wanita akan mengalami “Cherry ripe” atau pemerkosaan ceri dan si pria akan merampas cerinya. “Popped her cherry” istilahnya. Bagaimana bisa nama buah menjadi simbol pecahnya selaput dara (hymen)?

    Dua istilah
    Cherry: dari bahasa Latin ceresia, nama kuno dari sebuah kota bernama Cerasus, di Laut Mati, yang masyur dengan pohon cerinya, buahnya berwarna merah agak gelap dan manis.

    Selaput dara (hymen); berhubungan dengan pernikahan dalam istilah Yunani. Dengan huruf h kecil, sebuah lagu perkawinana atau puisi dari Yunani berjudul hymen, memiliki arti “sebuah membran/selaput” dan lewat Indo-Eropa disebut syumen. Istilah ini terkait dengan kata “seam” atau lapisan.

    Buah ceri berwarna merah darah, dengan kulit tipis yang agak kuat. Saat kulitnya pecah, bagian dalamnya yang lunak akan keluar beserta biji-bijinya. Ceri yang dibuat jus mirip dengan darah. Karenanya bila terkena kertas atau kain putih, nodanya mirip darah yang menempel. Cerita ini adalah salah satu teori kuno yang hendak Menceritakan kenapa selaput darah dikaitkan dengan buah ceri.

    Keperawanan, Syarat Dalam Pernikahan; Dari Jaman Antik Sampai Abad Ke-20
    Istilah virgin berasal dari bahasa Latin virgo atau gadis, perawan. Istilah ini juga punya kaitan erat dengan istilah virga, yang artinya baru, ranting muda atau cabang yang tidak berbentuk.

    Keperawanan, istilah ini terdengar begitu terus terang, vulgar. Bila seseorang bertanya atau menyebut “Anda perawan atau tidak” tentu pernyataan atau pertanyaan itu akan mengganggu Anda. Namun, lupakan saja soal ini.

    Mari kita lihat beberapa pandangan soal keperawanan. Di beberapa belahan dunia lain, konsep keperawanan memiliki arti masing-masing.

    * Ada kebudayaan yang menganggap, seorang wanita yang belum menikah tetap lah perawan meski dia adalah seorang pelacur. Hanya lewat pernikahan sajalah dia kehilangan keperawanan. Meski selama bertahun-tahun seorang perempuan menjadi pelacur, saat menikah dia diperlakukan sebagai perawan, berpakaian putih, dan menampilkan dirinya di hadapan suaminya dengan begitu lugu dan murni. Dialah yang akan mencuri keperawanannya.

    * Di bagian dunia lain, seorang wanita yang sudah menikah tanpa anak adalah seorang perawan. Keperawanan hilang hanya saat anak pertamanya lahir lewat saluran vagina. Keperawanan tidak hilang karena hubungan seks melainkan dengan menjadi ibu. Jadi setiap wanita tidak beranak, meski sering berhubungan seks, tetaplah perawan.

    * Diantara orang-orang yang takut dengan mitos darah pada malam pertama, darah memiliki cerita panjang yang cukup negatif konotasinya. Seorang laki-laki akan menikahi seorang perempuan hanya setelah selaput daranya pecah lewat hubungan seks dengan seorang asing yang tugasnya memang demikian. Pekerjaan orang asing ini dianggap sulit, dan laki-laki yang melakukannya akan dianggap pemberani karena dia menerima bahaya berulangkali saat melakukan kontak dengan darah.

    * Seorang wanita yang diperawani oleh seorang walinya membuktikan pada suaminya bahwa dia lebih murni dan lebih perawan daripada sebelumnya. Karenanya melakukan hubungan seks dengannya tidaklah membahayakan.

    * Seorang wanita di kalangan dunia barat akan tetap dianggap perawan sampai dia melakukan hubungan seksual,oral ataupun anal dengan pria. Dan hal itu masih kita pegang sampai sekarang. Bahkan juga di dunia timur.
    Jika definisi keperawanan kedengarannya membingungkan dan absurd bagi kita dengan cerita ini, maka istilah yang kita gunakan untuk menamai keperawanan akan mengundang senyum masam. Kita mungkin akan bertanya dalam hati, apa artinya mempertanyakan keperawanan seorang wanita.

    Dalam sebuah poling menyebutkan bahwa56 persen anak-anak gadis usia sekolah menengah di Amerika sudah melakukan hubungan seksual. Bahkan lebih dari itu, banyak pasangan yang sudah hidup serumah sebelum pernikahan resmi dijalankan.

    Namun demikian, tetap saja banyak pasangan yang menginginkan perkawinan monogami, meski keperawanan bukan lagi sesuatu yang mutlak harus dipertahankan. Satu hal yang pantas diingat adalah, selama berabad-abad konsep keperawanan sebagai sebuah idealisme kemurnian wanita memiliki perbedaan antara satu tempat dengan lainnya. Lalu apa artinya perawan? Silakan pikir dan renungkan sendiri!

    ABD
    kendalikanlah dirimu
    sebelum mengendalikan orang lain

  2. #2
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,477
    Rep Power
    9

    Re: Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?

    Darah Perawan, Seberapa Penting?
    Selasa, 13 Mei 2008 | 10:15 WIB
    DALAM berbagai agama seperti Islam, Kristen, Hindu dan Yahudi telah berkembang keyakinan bahwa hilangnya keperawanan sebelum pernikahan adalah hal yang sangat memalukan. Bahkan dalam ajaran Kristen, keyakinan akan keperawanan Bunda Maria (Ibu Jesus) adalah fondasi kuat dalam menempatkan keperawanan sebagai hal penting dalam kehidupan. Secara tradisional, dalam perayaan pernikahan di Barat, cadar serta gaun putih juga dijadikan sebagai sebuah simbol keperawanan seorang pengantin.

    Istilah keperawanan memang telah digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tak pernah berhubungan seksual. Keberadan selaput dara yang utuh seringkali dijadikan bukti fisik dari keperawanan. Lebih jauh lagi, masayarakat di negara berkembang yang persepsi serta pengetahuan seksualnya rendah, keyakinan akan keperawanan ditandai dengan keluarnya darah pada saat malam pertama. Darah inilah yang dikenal dengan istilah "Darah Perawan".

    Akan tetapi, seperti dipaparkan Profesor Wimpie Pangkahila Sp.And, pakar Andrologi dan Seksologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali, darah perawan itu sebenarnya hanya mitos belaka "Wanita yang tidak terangsang untuk ngeseks atau sedang berada dalam tekanan psikogenik (kejiwaan dan genetika), bisa mengalami pendarahan ketika ia memaksakan hubungan seks," ungkapnya dalam sebuah makalah tentang kesehatan seksual.

    "Namun begitu, wanita yang benar-benar terangsang hasratnya dan terbebas dari beban psikologis tidak akan mengalami pendarahan meski ia melakukann hubungan seks untuk pertamalinya. Oleh sebab itu, sangat jelas dan tidak diragukan lagi bahwa istilah darah perawan hanyalah mitos belaka," jelasnya.

    Sayangnya, lanjut Prof. Wimpie, mitos soal darah perawan seringkali menimbulkan masalah yang merugikan wanita. Tak jarang para suami yang berani menceraikan sang istri jika ia tidak melihat darah perawan pada saat malam pertama.

    Di sebuah negara seperti Turki, ada dokter yang bersedia melakukan uji keperawanan atas permintaan pasien, meskipun hal ini ditentang oleh Asosiasi Kedoketaran di sana. Uji keperawanan sebenarnya tidak berarti sama sekali karena selaput dara yang robek atau rusak bukan berarti seorang wanita pernah melakukan hubungan seks.

    Hal itu, menurut Wimpie, dapat disebabkan penggunaan tampon (sumbat kapas sebesar jari) atau kebiasaan masturbasi memakai alat yang dimasukkan pada vagina. Di lain pihak, ada pula para wanita yang organ intimnya tidak memiliki selaput dara dengan persentase kurang dari 0,03 persen (Jenry et al 1987).

    Sebaliknya, keutuhan selaput dara pun tidak serta merta menunjukkan seorang wanita tak pernah melakukan hubungan seks. Faktanya, selaput dara tidak harus selalu robek setelah berhubungan intim. Hasil pengujian selaput dara pada 1.000 remaja putri yang pernah melakukan seks lewat vagina menunjukkan kebanyakan selaput tampak kacau, tidak menentu, dan mengumpul di bagian pinggir vagina. Jarang terjadi selaput dara terbelah secara komplet atau benar-benar sobek.

    Lebih jauh, status selaput dara juga tidak berkaitan dengan perilaku seksual. Utuhnya selaput dara tidak berarti bahwa wanita tidak pernah melakukan aktivitas seks. Seorang wanita mungkin saja pernah melakukan berbagai jenis aktivitas seks termasuk oral, kecuali seks dengan penetrasi. Pada kasus ini, tentu saja selaput dara masih akan tetap utuh.

    Pada situasi yang tak jelas ini para dokter dituntut menjelaskan hal yang sesungguhnya tentang keperawanan dan selaput dara ini. Sayang, ada beberapa dokter yang justru melakukan praktik memperbaiki atau meniru selaput dara. Pada tahun 1960, praktik yang disebut hymenoplasty berkembang di Jepang untuk membantu banyak gadis yang sudah sering melakukan hubungan seks. Meski para dokter yang mempraktikkan hymenoplasty ini beralasan bahwa etika rekonstruksi selaput dara ini bisa dibandingkan dengan bedah plastik, pendapat ini tidaklah ilmiah.

    Tindakan bedah plastik dilakukan pada bagian tubuh seperti wajah atau payudara dan tidak terkait dengan mitos. Para dokter diharapkan mempunyai tanggungjawab moral guna menghapus mitos yang menyesatkan dan tak bermanfaat. Dengan begitu, tindakan peniruan selaput dara atau hymenoplasty pada gadis yang sudah tidak perawan hanyalah akan menjadi upaya memelihara, mengabadikan mitos tentang selaput dara dan keperawanan.

    AC
    kendalikanlah dirimu
    sebelum mengendalikan orang lain

  3. #3
    Senior Member
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Kolong Langit
    Posts
    1,071
    Rep Power
    7

    Re: Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?

    bro...

    gw pernah ditanya begitu sama pacar gw, bagaimana kalo saat menikah nanti ketaun kalo dia sudah tidak perawan lagi. terus terang gw ga bisa menjawab saat itu. cuma jawaban2 ngawur aja...

  4. #4
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,477
    Rep Power
    9

    Re: Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?

    Quote Originally Posted by Mr.Black View Post
    bro...

    gw pernah ditanya begitu sama pacar gw, bagaimana kalo saat menikah nanti ketaun kalo dia sudah tidak perawan lagi. terus terang gw ga bisa menjawab saat itu. cuma jawaban2 ngawur aja...
    Lalu gimana cerita kelanjutannya? Apakah benar ternyata dia sudah tidak perawan lagi? Apakah sekarang sudah jadi istri anda?
    kendalikanlah dirimu
    sebelum mengendalikan orang lain

  5. #5
    Senior Member
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Kolong Langit
    Posts
    1,071
    Rep Power
    7

    Re: Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    Lalu gimana cerita kelanjutannya? Apakah benar ternyata dia sudah tidak perawan lagi? Apakah sekarang sudah jadi istri anda?
    sekarang kita siy masih lanjut. kalo kebenaran nya g tau juga hehehe...cuma gw yakin dia masih perawan (mudah2an). sekarang msh blm istri

    kira2 kalo situ ditanya mendadak sama istri (waktu blm nikah) ato sama pacar secara mendadak ttg hal ini gimana? n kira2 jawabannya seperti apa?

  6. #6
    Senior Contributor chece's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    any place u want me to be
    Posts
    7,258
    Rep Power
    14

    Re: Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?

    Quote Originally Posted by Mr.Black View Post
    sekarang kita siy masih lanjut. kalo kebenaran nya g tau juga hehehe...cuma gw yakin dia masih perawan (mudah2an). sekarang msh blm istri

    kira2 kalo situ ditanya mendadak sama istri (waktu blm nikah) ato sama pacar secara mendadak ttg hal ini gimana? n kira2 jawabannya seperti apa?
    mending diperjelas sekarang aja mr, daripada ntar dah nikah baru tau kalo ga perawan trus merasa dibohongi akhirnya rumah tangga ga bahagia....ya kecuali mr. black nggak masalah sama itu, tapi mending sih tau sebelum married...nurut aku sih
    What Doesn't Kill You Makes U Stronger

  7. #7
    Senior Member
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Kolong Langit
    Posts
    1,071
    Rep Power
    7

    Re: Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?

    Quote Originally Posted by chece View Post
    mending diperjelas sekarang aja mr, daripada ntar dah nikah baru tau kalo ga perawan trus merasa dibohongi akhirnya rumah tangga ga bahagia....ya kecuali mr. black nggak masalah sama itu, tapi mending sih tau sebelum married...nurut aku sih
    ga berani nanya nya che, takut dia tersinggung. kalo bagi cewek ini kan sensitif bgt. ntar dibilangin gw nganggap dia cewek g benar lagi....

  8. #8
    Junior Member nienrafles's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    ...
    Posts
    410
    Rep Power
    6

    Re: Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?

    Quote Originally Posted by chece View Post
    mending diperjelas sekarang aja mr, daripada ntar dah nikah baru tau kalo ga perawan trus merasa dibohongi akhirnya rumah tangga ga bahagia....ya kecuali mr. black nggak masalah sama itu, tapi mending sih tau sebelum married...nurut aku sih
    yoa..mending tau sebelum pernikahan.. drpd menyisakan kekecewaaan nantinya.. jangan ada dusta diantara kita..cie..lagu jaman kapan nih..
    ...

  9. #9
    Beginner valeangel's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    70
    Rep Power
    6

    Re: Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?

    Quote Originally Posted by Mr.Black View Post
    ga berani nanya nya che, takut dia tersinggung. kalo bagi cewek ini kan sensitif bgt. ntar dibilangin gw nganggap dia cewek g benar lagi....
    hidup ini adalah pilihan, pilihan dimana anda akan mempermasalahkan masa lalunya dan mengganggu pikiran anda, atau anda tidak mempermasalahkan masa lalunya dan bersama2 melihat ke depan...
    yg jelas nobody perfect, bagi g, kl g ingin diterima oleh pasangan g apa adanya, g jg mesti bisa terima dia apa adanya.

  10. #10
    Senior Contributor chece's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    any place u want me to be
    Posts
    7,258
    Rep Power
    14

    Re: Jika Sudah Tidak Perawan, Apakah Mau Menikahi?

    Quote Originally Posted by Mr.Black View Post
    ga berani nanya nya che, takut dia tersinggung. kalo bagi cewek ini kan sensitif bgt. ntar dibilangin gw nganggap dia cewek g benar lagi....
    lho kan dulu dia pernah nanya sama mr. black...dia yang buka pertanyaan kan? ama becandain aja? emang knp sih me? kamu dah ga perawan? kalo dia ngamuk bilang aja "lha terus ngapain kamu nanya?" ama godain dikit2. soalnya....buka nakut2in sih kalo cewe nanya gitu biasanya ada apa2 (semoga sih ga ada apa2) bukan sekedar pengen tau pendapat tapi emang something terkait dia pribadi.

    Quote Originally Posted by nienrafles View Post
    yoa..mending tau sebelum pernikahan.. drpd menyisakan kekecewaaan nantinya.. jangan ada dusta diantara kita..cie..lagu jaman kapan nih..
    dasar ordu...orang dulu!!! terlalu tua buat umur km raf.

    Quote Originally Posted by valeangel View Post
    hidup ini adalah pilihan, pilihan dimana anda akan mempermasalahkan masa lalunya dan mengganggu pikiran anda, atau anda tidak mempermasalahkan masa lalunya dan bersama2 melihat ke depan...
    yg jelas nobody perfect, bagi g, kl g ingin diterima oleh pasangan g apa adanya, g jg mesti bisa terima dia apa adanya.
    masalahnya kadang itu nggak jadi masalah, tapi krn ngasih taunya setelah nikah, si cowok ngerasa dijebak...akhirnya sesuatu yang ga kan jadi masalah kalo misal dibilang sebelum nikah malah jadi masalah karena bilangnya setelah nikah...apalagi kalo ga bilang cuma ga berasa 'seret' waktu malam pertama....waktu ditanya baru ngaku...waduh gawat tuh
    What Doesn't Kill You Makes U Stronger

Page 1 of 26 1234567891011 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0