Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14

Thread: Anda Sering Kesemutan? Waspada!


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    196
    Rep Power
    0

    Anda Sering Kesemutan? Waspada!

    Waspadai Saraf Leher Kejepit


    Jangan abaikan rasa kesemutan pada diri Anda. Sebab kesemutan bisa menjadi tanda terganggunya sistem metabolisme tubuh Anda. Tak hanya itu, kesemutan adalah tanda ada yang salah dengan keadaan fisiologis tubuh Anda. Salah satunya adalah Spondylosis Cervical atau yang lebih populer dengan nama Spondilosis Leher (saraf tulang leher terjepit).


    "Gejala awal memang seolah ringan, cuma kesemutan, tapi spondilosis leher bila dibiarkan akan dapat menyebabkan kelumpuhan," ujar Dokter Spesialis Bedah Saraf dari Rumah Sakit Surabaya, M. Sofyanto, melalui siaran persnya, Senin 11 Maret 2013. Menurut Sofyanto, saraf leher yang terjepit ini terjadi akibat sumsum saraf leher terjepit bantalan sendi leher yang lepas atau tertekan akibat proses pengapuran tulang.

    Dari gejala ringan, kemudian berlanjut pada keluhan yang semakin berat. Biasanya berupa nyeri leher, bahu, belikat, tangan, dan jari. Bahkan bila semakin parah jari akan melemah dan tak bisa dipakai menulis atau memegang benda - benda tertentu. "Seperti gelas, misalnya," kata Sofyanto. Bahkan bila Spondilosis Leher dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan gangguan buang air. "Sampai ada yang tidak dapat menahan air seni," kata Sofyanto.

    Spondilosis leher kebanyakan disebabkan karena tubuh kurang bergerak atau salah melakukan gerakan yang menjadi kebiasaan. Meski demikian, menurut Sofyan, tidak semua pasien Spondilosis leher memerlukan operasi. Sedangkan bagi yang memerlukan tindakan operasi, biasanya dilakukan melalui operasi bedah mikro.

    "Masyarakat perlu mengetahui berbagai gejala ringan dalam tubuh akibat aktivitas tertentu, sehingga tidak mengabaikan gejala tersebut," ujar Ketua Brain Spine Community, Dokter Lilih Dwi Priyanto. Dengan begitu, masyarakat tau tindakan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum memperparah penyakitnya.

    SUMBER

    Jika ada gejala seperti diatas, ada baiknya teman-teman segera memeriksakan diri ke dokter, karena pengapuran bisa menjadi semakin buruk jika tidak tertangani dengan baik


  2. #2
    Beginner
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    54
    Rep Power
    2

    Re: Anda Sering Kesemutan? Waspada!

    Wah saya sering kesemutan, apalagi kalau jongkok terlalu lama. Maklum kegiatan saya sehari-hari sebagai petanai, jadi pada saat pemeliharaan tanaman yang membutuhkan jongkok ya bisa seharian jongkok terus. Ada saran?

  3. #3
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,821
    Rep Power
    0

    Re: Anda Sering Kesemutan? Waspada!

    walah .... ternyata begitu .... bahaya juga yaaa

  4. #4
    Junior Member Thaayu's Avatar
    Join Date
    Apr 2013
    Posts
    219
    Rep Power
    0

    Re: Anda Sering Kesemutan? Waspada!

    jadi takut juga , ciri"nya hampir semua ada

  5. #5
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,435
    Rep Power
    35

    Re: Anda Sering Kesemutan? Waspada!

    gw sering kesemutan di tangan ...................................

  6. #6
    Member Dian Alfia's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    667
    Rep Power
    3

    Smile 8 Penyakit yang Ditandai Kesemutan




    KOMPAS.com- Kebanyakan orang pernah mengalami kesemutan kala duduk bersila terlalu lama atau tertidur dengan tangan tertindih kepala. Kondisi ini juga terjadi saat tekanan itu berlanjut tepat pada saraf. Namun, kesemutan akan hilang bila tekanan sudah tidak ada lagi.

    K
    esemutan juga bisa menjadi indikasi dari banyak penyakit, seperti diabetes melitus, hipertensi, saraf terjepit, gangguan aliran darah pada pembuluh darah tepi, maupun gangguan darah. Ada kalanya pada mereka yang belum diketahui mengidap diabetes, kesemutan dapat menjadi gejala awal diketahuinya diabetes.
    Paresthesia atau kesemutan kronis sering merupakan simtom dari penyakit neurologis atau trauma kerusakan saraf. Penyebabnya adalah gangguan yang memengaruhi sistem saraf pusat seperti stroke dan stroke mini, multiple sklerosis, mielitis t
    ransversa, dan ensefalitis.
    Tumor maupun lesi vaskular yang menekan otak atau sumsum tulang juga bisa menimbulkan paresthesia. Sindrom saraf seperti sindrom saluran carpal (CTS) bisa merusak saraf perifer dan menyebabkan paresthesia diiringi rasa nyeri.
    Berikut ini sejumlah penyakit yang ditandai oleh gejala kesemutan.
    1. Diabetes melitus (DM)
    Pada pasien DM, kesemutan merupakan gejala kerusakan pada pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung saraf berkurang. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengendalikan kadar gula darah secara ketat, juga mengonsumsi obat seperti gabapentin, vitamin B1 dan B12.

    2. Stroke
    Kesemutan dapat jadi tanda stroke ringan. Biasanya disebabkan sumbatan pada pembuluh darah di otak, yang mengakibatkan kerusakan saraf setempat. Gejala lain yang muncul: rasa kebas separuh badan, lumpuh separuh badan, buta sebelah mata, sukar bicara, pusing, penglihatan ganda dan kabur.
    Gejala berlangsung beberapa menit atau kurang dari 24 jam. Biasanya terjadi waktu tidur atau baru bangun. Kondisi ini harus ditangani karena bisa berkembang menjadi stroke berat.

    3. Penyakit jantung
    Kesemutan tak hanya akibat neuropati tekanan, tetapi karena komplikasi jantung dengan sarafnya. Pada pasien jantung yang sedang menjalani operasi pemasangan klep, terdapat bekuan darah yang menempel. Bekuan itu bisa terbawa aliran darah ke otak, sehingga terjadi serebral embolik.
    Bila sumbatan di otak mengenai daerah yang mengatur sistem sensorik, si penderita akan merasakan kesemutan sebelah. Jika daerah yang mengatur sistem motorik juga terkena, kesemutan akan disertai kelumpuhan.

    4. Infeksi tulang belakang
    Ini menyebabkan bagian tubuh dari pusar ke bawah tak dapat digerakkan. Penderita tak dapat mengontrol buang air kecil. Buang air besar pun sulit. Penyakit ini dinamakan mielitis (radang sumsum tulang belakang). Tingkat kesembuhan tergantung pada kerusakannya. Bisa sembuh sebagian, tetapi ada juga yang lumpuh.

    5. Rematik
    Penyakit ini bisa menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Dalam hal ini saraf terjepit akibat sendi pada engsel, misalnya sendi pergelangan tangan, berubah bentuk. Gejala kesemutan biasanya hilang sendiri bila rematik sembuh.

    6. Spasmofilia (tetani)
    Gejala kesemutan juga bisa merupakan tanda penyakit spasmofilia (tetani). Penyakit ini timbul karena kadar ion kalsium dalam darah berkurang. Penyebabnya adalah menurunnya tegangan karbondioksida dalam paru-paru. Gejala lain : kejang pada tungkai, sulit tidur, emosi labil, takut, lemah, sakit kepala sebelah atau migrain, dan hilang kesadaran.

    7. Guillain-barre syndrome
    Kesemutan bisa jadi salah satu indikasi penyakit ini. Ditandai gejala demam tinggi, batuk, dan sesak napas. Juga diikuti rasa kesemutan dan kebas. Kesemutan biasanya terasa di sekujur tubuh, khususnya pada ujung jari kaki dan tangan karena virus menyerang sistem saraf tepi.
    Bila keadaan itu tidak segera diatasi, serangan akan berlanjut ke organ vital. Akibatnya, penderita merasa sesak napas dan lumpuh di seluruh tubuh.

    8. Cytomegalovirus (CMV)
    Ada kesemutan yang didahului flu berat. Kesemutan akan menghebat mulai dari ujung jari, menjalar hingga ke pusar. Penderita bisa hanya merasa kebas atau sampai sulit berjalan, berarti sumsum tulang belakang kena radang. Ini akibat serangan virus, biasanya cytomegalovirus. (Abdi Susanto)
    Sumber:

    Buat yang sering kesemutan, segera periksa ke dokter ya biar bisa ditangani lebih lanjut

    Mari Budayakan Meninggalkan Jejak Setelah Membaca Thread


  7. #7
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    1,244
    Rep Power
    0

    Re: 8 Penyakit yang Ditandai Kesemutan

    Quote Originally Posted by Dian Alfia View Post
    Buat yang sering kesemutan, segera periksa ke dokter ya biar bisa ditangani lebih lanjut
    wah ane sering tuh

  8. #8
    Junior Member 20xyhome's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    258
    Rep Power
    2

    Re: Anda Sering Kesemutan? Waspada!

    boleh juga infonya, menambah wawasan kita nich....

  9. #9
    Junior Member kopral's Avatar
    Join Date
    Apr 2013
    Location
    tasikmalaya
    Posts
    389
    Rep Power
    0

    Re: Anda Sering Kesemutan? Waspada!

    memang bener lebih baik mencegah dari pada mengobati. penyakit yang asalnya cuma sepele jika di biarkan begitu saja tanpa di tangani segera akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh kita

  10. #10
    Junior Member brsjog's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    322
    Rep Power
    0

    Re: Anda Sering Kesemutan? Waspada!

    Banyak banget Lho orang di sekitar ane yang sering kesemutan , termasuk ane , Kok ngeri banget dampak yang di akibatkan

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0