Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 24

Thread: Persalinan Caesar or Normal ?


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    May 2008
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Persalinan Caesar or Normal ?

    Istri ku saat ini sedang hamil 7.5 bulan. Usia 31 tahun, tinggi 160 cm, berat 64 kg, tekanan darah 100/70. Ini adalah kehamilan kedua. Diperkirakan akan lahir sekitar awal July 2008.

    Kondisi janin saat ini juga Insya Allah sehat, tumbuh dengan baik. Terakhir control ke dokter saat kehamilan 7 bulan, diperkirakan beratnya sekitar 1.7 kg, posisi bayi kepala di bawah, air ketuban jernih.

    Kehamilan pertama berjalan dengan baik, walaupun persalinan dilakukan secara caesar (tgl 12/02/2007). Penyebab persalinan caesar adalah karena waktu itu leher bayi terlilit tali pusar, sehingga posisi bayi tidak bisa muter supaya posisi kepala di bawah (posisi utk kelahiran normal), trus selain itu juga pecah ketuban sebelum waktunya (2-3 minggu sebelum jadwal normal).

    Jarak kehamilan kedua ini dengan kelahiran pertama (secara caesar) adalah sekitar 8 bulan.

    Kehamilan kedua ini Insya Allah janin sehat, tidak terlilit tali pusar, posisi bayi tidak sungsang. Kondisi ibu juga Insya Allah sehat.

    Yang jadi pertanyaan, apakah untuk persalinan kedua ini dapat dilakukan secara normal ataukah harus caesar juga ?

    Aku udah tanya ke dua dokter spog.
    Dokter pertama ditanyain waktu pas kandungan baru sekitar 2 bulanan, en begitu dikasih tau kalo persalinan pertama caesar dan jaraknya deket, dia langsung bilang yg kedua ini harus caesar juga.
    Sedangkan dokter kedua (control sejak bulan kedua hingga saat ini), bilang gpp kalo mau normal atau caesar, tergantung sang ibu aja. Katanya sih walaupun yg pertama caesar tapi penyebabnya bukan karena riwayat persalinan ngga maju-maju (kondisi bukaan ngga maju-maju) atau karena posisi bayi yang sungsang atau karena pinggul ibu sempit. Jadi sepanjang kondisi ibu dan bayi memungkinkan gpp lahir secara normal. Masalah bekas jahitan pada operasi caesar pertama, tidak masalah karena luka jahitan itu akan sembuh sekitar 3-4 bulan.

    Tolong dong, kalo ada dokter yg bisa kasih rekomendasi, atau ada yg punya pengalaman terutama yg mengalami persalinan kedua caesar dan jaraknya deket dgn persalinan pertama, bagi-bagi pengalamannya yaaaa....

    Terima kasih

  2. #2
    Junior Member lyvi's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    jakarta raya
    Posts
    147
    Rep Power
    6

    Re: Persalinan caesar or normal ?

    mas Bocah, kalo mo coba ke dr Noroyono Sp.OG di RS bunda.tp, resiko melahirkan normal sebelum luka rahim benar2 sempurna sembuh mesti dipikirkan loh....jgn sampai nanti malah emergency, kr rahim ga kuat menahan kontraksi..Biasanya boleh normal stlh 2 th..ada juga cerita dari teman, pasiennya mo lahiran ke2 kurang dari setahun...dia ga berani.tapi si ibu nekat...dan ternyata berhasil, bahkan sebelum teman saya ini sempat datang, tuh bayi udah lahir duluan
    have fun

  3. #3
    Me*
    Me* is offline
    Senior Member Me*'s Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    KalTim
    Posts
    1,513
    Rep Power
    8

    Re: Persalinan caesar or normal ?

    Mas....aku juga caesar anak pertama..anak kedua blm punya hehehe...
    saat ini udh jalan 3 thn semenjak operasi...dan sampai saat ini juga masih berasa sakit2 dikit di bekas jahitan..

    kalo menurut aku sih riskan banget...soale antara yg pertama dan kedua cm berjarak 8 bln trus caesar lagi...kok bs sedekat itu...??

    yg aku tau dr dokter aku...jika ibu caesar 1 biasanya paling dikit waktunya 1 thn untuk kehamilan yg kedua..itupun masih dibilang rada dekat....

    kendati dokter bilang setelah 1 thn bisa hamil lg aku ya masih takut bgt(atau emang dasarnya penakut kali ya??hehehe)

    aku ga berani saran mas hehehe maaf ya??soale kalo aku bilang istri mas caesar aja tp ya luka bekas operasi masih dibilang baru...kalo aku bilang normal..apa iya ga berimbas ke bekas operasi kemaren??

    tapi coba deh alternatif dokter yg lain lagi...dan mungkin bs nyari dokter yg bener2 ahli dibidang ini agar tidak terjadi apa2 nantinya...
    Love Jessus..Love You

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    May 2008
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: Persalinan caesar or normal ?

    @Iyvi
    Terimakasih atas saran dokternya, tapi maaf mbak, lokasi saya tidak di jakarta, jadi ngga bisa ke dokter Noroyono.
    Iya, saya memang justru memikirkan risiko robeknya jahitan pada operasi caesar pertama apabila persalinan kedua dilakukan secara normal dengan jarak kehamilan dan kelahiran sebelumnya hanya 8 bulan.
    Sebelumnya saya kepikirannya ya operasi caesar aja untuk yg kedua ini, tapi dokter spog yang merawat istri saya saat ini menawarkan 2 pilihan yaitu normal atau caesar (dgn pertimbangan yg saya sebutkan di post 1 di atas), nah... jadinya saya bingung.

    @Me*
    Iya, jaraknya deket... ngga sengaja sih... Kita juga rencananya akan kasih jarak 2 tahun, cuma memang istri belum sempet pasang alat kontrasepsi.
    Istri saya kan menyusui ASI ekslusif untuk anak pertama ini. Nah "kata orang" kalo ASI eksklusif itu sama dengan KB alami. Ternyata malah kebobolan juga... hehehehe..
    Sekarang lagi cari-cari info nih tentang kemungkinan persalinan normal setelah persalinan caesar.


    Saran-saran, pendapat dan masukan tetap diterima loh.

    Terimakasih.

  5. #5
    Senior Member Simba's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    B A T A V I A
    Posts
    1,669
    Rep Power
    8

    Re: Persalinan caesar or normal ?

    Aku tidak pengalaman, dan bukan ahli/dokter,

    menurut aku, dengan jarak 16-17 bulan dari persalinan terakhir dengan kelahiran berikutnya, sudah cukup membuat luka jahitan sembuh dengan baik. dan menurut aku, tidak masalah dengan luka jahitan terdahulu.

    Saya pernah melihat di acara televisi (lupa, mungkin discovery / NGO / sejenisnya) topiknya tentang kehamilan.
    dan dijelaskan, bahwa, seorang wanita bisa melahirkan secara normal dalam keadaan pingsan sekalipun. karena kelahiran sesuatu yg alami.

    kurangnya aktivitas fisik, mungkin dapat membuat kelahiran normal berjalan sedikit lambat, ditambah lagi dengan (maaf) wanita yg kurang bisa menahan sakit dan (sekali lagi maaf) suami yg agak memanjakan istri, membuat caecar menjadi populer.

    Harusnya tindakan caecar hanya dilakukan pada kondisi yg memang dibutuhkan, dengan alasan medis, bukan alasan lainnya.

    Senam kehamilan mungkin sangat membantu, dan serta dukungan suami yg selalu berada di sisi istrinya pada saat persalinan mungkin dapat membantu.

    ........ hanya pandangan pribadi

  6. #6
    Junior Member lyvi's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    jakarta raya
    Posts
    147
    Rep Power
    6

    Re: Persalinan caesar or normal ?

    wah kalo lokasi kota lain sy ga tau....jd sorry ga bisa bantu....kalo ga salah, untuk memutuskan normal liat keadaan menjelang persalinan...misalnya ibu sehat, posisi mantap n bayi tidak besar sehingga lbh mudah keluarnya. kalo kt dokter saya, maksimal push 3 kali.kalo ga berhasil....apa boleh buat ttp msk rg operasi...nah masalah operasi yg dadakan ini yg mesti dipikirkan kr kalo di rs umum mesti ngantri sama yg lg jadwalnya operasi ato yg emergency lain. kalo di rs bersalin yg pny bbrp kmr operasi mgkn bisa segera....nah itu saat2 kritikal yg mesti dipertimbangkan....anak pertama saya dg kedua jaraknya pas 2 th, tp dokter ga berani kr BB bayi hampir 3,5 kg...nah sepupu sy pas 2 th juga ga, brhasil normal kr BB bayi krg dari 3kg....Tp cesar jg gpp kali Mas. kalo u keselamatan ke2nya....saya 4 kali semua cesar.
    have fun

  7. #7
    Advisor alindri's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    di rumah......
    Posts
    13,767
    Rep Power
    20

    Re: Persalinan caesar or normal ?

    saya suka bingung ,kenapa ya dokter sekarang kalo tau bayi/janin terlilit tali pusar gampang banget langsung memutuskan caesar...
    anakku dua2nya terlilit tali pusar.. yang pertama 3 lilitan... tapi Alhamdullilah dokternya tau aku gak mau caesar dan begitu bayi keluar dia dengan tangkas langsung memasukkan jari2nya kesela2 antara leher bayi dan tali pusar sehingga sang bayi tidak tercekik.......dan lahir normal

    anak kedua sama terlilit 4 lilitan berat +5 kg,..... lagi2 karena aku gak mau caesar ya tindakan sama.. dan bayi lahir normal dan sehat.....


    apakah caesar itu diambil hanya karena lilitan tali pusar di leher bayi atau lebih karena nilai komersilnya...


    sebak jaman dulu2 juga gak ada tuch operasi caesar...
    c yau

  8. #8
    Junior Member lyvi's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    jakarta raya
    Posts
    147
    Rep Power
    6

    Re: Persalinan caesar or normal ?

    mgkn sebab cesar istri mas bocahedan bkn hanya lilitan tali pusar, tp kr posisi bayi yg ga normal, jd bayi takutnya nyangkut....pernah loh wkt aq mo operasi, ada yg melahirkan tp susah banger....ternyata kaki si bayi kelilit, jadi dia nyangkut, padahal kepala bayi udah diluar....ibunya pendarahan,,,tp selamat.
    have fun

  9. #9
    Newbie
    Join Date
    May 2008
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: Persalinan caesar or normal ?

    @Simba
    Terimakasih informasinya. Saya minta maaf apabila pada post pertama kesannya saya meminta informasi hanya kepada dokter atau yg punya pengalaman caesar. Sebenernya saya butuh informasi dari siapa aja yang punya informasi mengenai persalinan kedua normal setelah persalinan pertama caesar dengan jarak kurang dari 2 tahun.

    Apakah ada yg punya informasi mengenai kemampuan penyembuhan luka operasi di perut sepanjang sekitar 10 cm akan membutuhkan waktu berapa lama untuk sembuh sempurna?

    @lyvi
    Wah, 4 kali caesar ? Perutnya gpp mbak ?
    Terimakasih masukannya ya. Mungkin memang harus menunggu kondisi terakhir istri dan calon bayi nanti sebelum melahirkan, baru kemudian memutuskan apakah akan normal atau caesar. Cuma saya ingin mengetahui risiko kedua pilihan tersebut jauh-jauh hari sebelumnya supaya lebih siap waktu buat mutusinnya nanti. Juga terimakasih mengingatkan tentang kesiapan rumah sakit untuk melakukan operasi dadakan. Rasanya ini penting sekali ya kalo nanti apabila persalinan normal tidak berhasil dan harus segera dilakukan operasi caesar. Nanti akan saya coba tanyakan ke dokternya.

    @alindri
    Saya kagum dengan keinginan kuat anda untuk melahirkan normal.
    Anak pertama saya memang operasi caesar karena posisinya tidak bisa muter kepala ke bawah karena lehernya terlilit tali pusar, takutnya nyangkut. Dan juga waktu itu ketuban pecah 2-3 minggu sebelum jadwal melahirkan. Jadi waktu pecah ketuban itu belum ada bukaan, sehingga harus dilakukan operasi segera karena takut nanti air ketubannya keburu habis.

  10. #10
    Junior Member lyvi's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    jakarta raya
    Posts
    147
    Rep Power
    6

    Re: Persalinan caesar or normal ?

    kalo ini info dari dokter saya...luka luar sembuh sempurna sekitar 2-3 bulan...nah kalo yg di dalam 30 bulan....krn lapisan kulit yg byk membutuhkan wkt u membaik kembali...saya setelah yg keempat aja udah setahun u kegiatan ato gerakan2 tertentu masih sakit.....Heran dech sm yg pilih cesar walo bisa u normal
    have fun

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0