Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: Breast Cancer-Journal and Information


  1. #1
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Breast Cancer-Journal and Information

    Kerna ada tret dengan bodohnya nanya apakah meremas payudara memicu kanker? ditambah lagi postingan bodoh yang bilang kalau diremas tumor di payudara bisa pecah dan menyebabkan kanker... (postingan PENDUSTA)

    nih gw kasi copy paste Journal dan information tentang kanker ini:
    Yang lain kalau mau posting harap copy paste artikel yang berkaitan dengan kanker ini:

    Although the precise causes of breast cancer are unclear, we know what the main risk factors are. Still, most women considered at high risk for breast cancer do not get it, while many who do have no known risk factors. Among the most significant factors are advancing age and a family history of breast cancer. Risk increases slightly for a woman who has had a benign breast lump and increases significantly for a woman who has previously had cancer of the breast or the ovaries.
    A woman whose mother, sister, or daughter has had breast cancer is two to three times more likely to develop the disease, particularly if more than one first-degree relative has been affected. Researchers have now identified two genes responsible for some instances of familial breast cancer -- called BRCA1 and BRCA2. About one woman in 200 carries it. Having the gene predisposes a woman to breast cancer but does not ensure that she will get it.
    Generally, women over 50 are more likely to get breast cancer than younger women, and African-American women are more likely than Caucasians to get breast cancer before menopause.
    A link between breast cancer and hormones is gradually becoming clearer. Researchers think that the greater a woman's exposure to the hormone estrogen, the more susceptible she is to breast cancer. Estrogen tells cells to divide; the more the cells divide, the more likely they are to be abnormal in some way, possibly becoming cancerous.
    A woman's exposure to estrogen and progesterone rises and falls during her lifetime, influenced by the age she starts and stops menstruating, the average length of her menstrual cycle, and her age at first childbirth. A woman's risk for breast cancer is increased if she starts menstruating before age 12, has her first child after 30, stops menstruating after 55, or has a menstrual cycle shorter or longer than the average 26-29 days. Current information indicates that the hormones in birth control pills probably do not increase the risk. Some studies suggest that taking hormone replacement therapy after menopause may increase risk, especially when taken for more than 5 years. The jury is still somewhat out on this matter though. Heavy doses of radiation therapy may also be a factor, but low-dose mammograms pose almost no risk.
    The link between diet and breast cancer is debated. Obesity is a noteworthy risk factor, and drinking alcohol regularly -- more than a couple of drinks a day -- may promote the disease. Many studies have shown that women whose diets are high in fat are more likely to get the disease. Researchers suspect that if a woman lowers her daily calories from fat -- to less than 20%-30% -- her diet may help protect her from developing breast cancer.






    dari WebMD


  2. #2
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Breast Cancer-Journal and Information

    Lagi:

    Apakah kanker payudara itu ?
    Bila pada suatu tempat di badan kita terdapat pertumbuhan sel-sel yang berlebihan, maka akan terjadi suatu benjolan atau tumor. Tumor ini dapat bersifat jinak maupun ganas. Tumor yang ganas inilah yang disebut dengan kanker. Tumor ganas mempunyai sifat yang khas, yaitu dapat menyebar luas ke bagian lain di seluruh tubuh untuk berkembang menjadi tumor yang baru. Penyebaran ini disebut metastase. Kanker mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang tumbuh secara cepat, ada yang tumbuh tidak terlalu cepat, seperti kanker payudara.
    Sel kanker payudara yang pertama dapat tumbuh menjadi tumor sebesar 1 cm pada waktu 8-12 tahun. Sel kanker tersebut diam pada kelenjar payudara. Sel-sel kanker payudara ini dapat menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Kapan penyebaran itu berlangsung, kita tidak tahu. Sel kanker payudara dapat bersembunyi di dalam tubuh kita selama bertahun-tahun tanpa kita ketahui, dan tiba-tiba aktif menjadi tumor ganas atau kanker.
    Perkembangan kanker
    Stadium I (stadium dini)
    Besarnya tumor tidak lebih dari 2 - 2,25 cm, dan tidak terdapat penyebaran (metastase) pada kelenjar getah bening ketiak. Pada stadium I ini, kemungkinan penyembuhan secara sempurna adalah 70 %. Untuk memeriksa ada atau tidak metastase ke bagian tubuh yang lain, harus diperiksa di laboratorium.
    Stadium II
    Tumor sudah lebih besar dari 2,25 cm dan sudah terjadi metastase pada kelenjar getah bening di ketiak. Pada stadium ini, kemungkinan untuk sembuh hanya 30 - 40 % tergantung dari luasnya penyebaran sel kanker. Pada stadium I dan II biasanya dilakukan operasi untuk mengangkat sel-sel kanker yang ada pada seluruh bagian penyebaran, dan setelah operasi dilakukan penyinaran untuk memastikan tidak ada lagi sel-sel kanker yang tertinggal.
    Stadium III
    Tumor sudah cukup besar, sel kanker telah menyebar ke seluruh tubuh, dan kemungkinan untuk sembuh tinggal sedikit. Pengobatan payudara sudah tidak ada artinya lagi. Biasanya pengobatan hanya dilakukan penyinaran dan chemotherapie (pemberian obat yang dapat membunuh sel kanker). Kadang-kadang juga dilakukan operasi untuk mengangkat bagian payudara yang sudah parah. Usaha ini hanya untuk menghambat proses perkembangan sel kanker dalam tubuh serta untuk meringankan penderitaan penderita semaksimal mungkin.
    Pencegahan awal
    Perlu untuk diketahui, bahwa 9 di antara 10 wanita menemukan adanya benjolan di payudaranya. Untuk pencegahan awal, dapat dilakukan sendiri. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan sehabis selesai masa menstruasi. Sebelum menstruasi, payudara agak membengkak sehingga menyulitkan pemeriksaan. Cara pemeriksaan adalah sebagai berikut :

    • Berdirilah di depan cermin dan perhatikan apakah ada kelainan pada payudara. Biasanya kedua payudara tidak sama, putingnya juga tidak terletak pada ketinggian yang sama. Perhatikan apakah terdapat keriput, lekukan, atau puting susu tertarik ke dalam. Bila terdapat kelainan itu atau keluar cairan atau darah dari puting susu, segeralah pergi ke dokter.
    • Letakkan kedua lengan di atas kepala dan perhatikan kembali kedua payudara.
    • Bungkukkan badan hingga payudara tergantung ke bawah, dan periksa lagi.
    • Berbaringlah di tempat tidur dan letakkan tangan kiri di belakang kepala, dan sebuah bantal di bawah bahu kiri. Rabalah payudara kiri dengan telapak jari-jari kanan. Periksalah apakah ada benjolan pada payudara. Kemudian periksa juga apakah ada benjolan atau pembengkakan pada ketiak kiri.
    • Periksa dan rabalah puting susu dan sekitarnya. Pada umumnya kelenjar susu bila diraba dengan telapak jari-jari tangan akan terasa kenyal dan mudah digerakkan. Bila ada tumor, maka akan terasa keras dan tidak dapat digerakkan (tidak dapat dipindahkan dari tempatnya). Bila terasa ada sebuah benjolan sebesar 1 cm atau lebih, segeralah pergi ke dokter. Makin dini penanganan, semakin besar kemungkinan untuk sembuh secara sempurna
    • Lakukan hal yang sama untuk payudara dan ketiak kanan.
    Pengobatan lanjut
    Bila ditemukan adanya benjolan, biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan mammografie. Mammografie adalah pemeriksaan payudara dengan alat rontgen dan merupakan suatu cara pemeriksaan yang sederhana, tidak sakit, dan hanya memakan waktu 5 - 10 menit saja. Saat terbaik untuk menjalani pemeriksaan mammografie adalah seminggu setelah selesai menstruasi. Caranya adalah meletakkan payudara secara bergantian antara 2 lembar alas, kemudian dibuat foto rontgen dari atas ke bawah, kemudian dari kiri ke kanan. Hasil foto ini akan diperiksa oleh dokter ahli radiologi. Sebuah benjolan sebesar 0,25 cm sudah dapat terlihat pada mammogram.
    Cara lainnya adalah dengan operasi kecil untuk mengambil contoh jaringan (biopsi) dari benjolan itu, kemudian diperiksa di bawah mikroskop laboratorium patologi anatomi. Bila diketahui dan dipastikan bahwa benjolan itu adalah kanker, maka payudara harus diangkat seluruhnya untuk menghindari penyebaran ke bagian tubuh yang lain.
    Siapakah yang harus menjalani pemeriksaan mammografie ?

    • Wanita yang berumur lebih dari 50 tahun.
    • Wanita yang memiliki ibu atau saudara perempuan yang pernah menderita kanker payudara.
    • Wanita yang pernah menjalani pengangkatan salah satu payudaranya. Wanita dalam golongan ini harus berada dalam pengawasan yang ketat.
    • Wanita yang belum pernah melahirkan anak. Ternyata pada golongan ini sering dijumpai serangan kanker payudara.



    To be continued......






  3. #3
    Senior Member ChinXian's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    2,353
    Rep Power
    9

    Re: Breast Cancer-Journal and Information

    @.@
    salah info dung gw, kirain kalo udah ada tumornya ga boleh di remas2

  4. #4
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Breast Cancer-Journal and Information

    Quote Originally Posted by ChinXian View Post
    @.@
    salah info dung gw, kirain kalo udah ada tumornya ga boleh di remas2

    gini Xian.....
    kalo ada tumor... jangankan diremas... disenggol dikit aja sakit deh
    mau diremas mah bisa tambah sakit!

    intinya bukan remasannya yg bikin kanker payudara, tapi tumornya, dimana tumor itu penyebabnya bukan dari remasan!
    Untuk lebih jelas ada gak sih Oncologist dimari??? itu nama dokter ahli kanker....
    Yang pasti remas meremas gak nimbulin tumor, apalagi mecahin tumor.....emangnya guna lemak di payudara apa????
    sama seperti guna lemak di bagian tubuh yang lain, yaitu melindungi organ!

    kebanyakan baca buku mak gw neh gw
    Last edited by bantal; 04-08-10 at 09:40 AM.


  5. #5
    Senior Member ChinXian's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    2,353
    Rep Power
    9

    Re: Breast Cancer-Journal and Information

    Quote Originally Posted by bantal View Post

    gini Xian.....
    kalo ada tumor... jangankan diremas... disenggol dikit aja sakit deh
    mau diremas mah bisa tambah sakit!

    intinya bukan remasannya yg bikin kanker payudara, tapi tumornya, dimana tumor itu penyebabnya bukan dari remasan!
    Untuk lebih jelas ada gak sih Oncologist dimari??? itu nama dokter ahli kanker....
    Yang pasti remas meremas gak nimbulin tumor, apalagi mecahin tumor.....emangnya guna lemak di payudara apa????
    sama seperti guna lemak di bagian tubuh yang lain, yaitu melindungi organ!

    kebanyakan baca buku mak gw neh gw
    maknya bantal Oncologist? Nanti kalo suatu saat perlu pemeriksaan boleh dung minta alamatnya

    Selama ini sih periksa sendiri gak ada benjol2an aneh

  6. #6
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Breast Cancer-Journal and Information

    Quote Originally Posted by ChinXian View Post
    maknya bantal Oncologist? Nanti kalo suatu saat perlu pemeriksaan boleh dung minta alamatnya

    Selama ini sih periksa sendiri gak ada benjol2an aneh


    Wah....Xian... mak gw mah Sport Medicine.... tapi temen2nya banyak yang Oncologist, om gw sih Surgeon, tapi khusus Abdomen, tapi elo ngertilah sesama dokter specialist suka saling tuker2an Jurnal. n gw sering baca2 Jurnal2 mak gw klo bosen dirumah... pdhl gw ogah masuk kedokteran

    Pokoknya Xian, kalo memeriksa Kanker memang dengan cara ditekan, tapi meremas payudara gak nimbulin kanker! Kecuali emang udah ada kankernya sendiri!

    Trus mending elo langsung konsultasi ke Oncologist say, bahaya ma dokter yang kurang ngerti, ntar dibilang kelenjar getah bening pecah lah... etc lah... Klo kelenjar getah bening kanker lain lagi itu! bukan brest cancer!
    Klo Oncologist sih yang lengkap di RS Darmais. Tapi nyokapnya temen gw kena breast cancer tuh sampe sekarang sehat walafiat! setelah 1 tahun kemo sama diangkat 2-2nya payudaranya... udah kira2 10-15thn yang lalu!
    Hati2 masalah Kanker, ini masalah sensitif, bukan masalah biasa, ini medis, jangan kasih info sembarangan

    untuk ke Darmais kalo mau murah minta rujukan aja Xian....biar masuk asuransi.. or tanya asuransi elo deh, bisa langsung tanpa rujukan gak?

    Hope you r OK dear!


  7. #7
    Senior Member ChinXian's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    2,353
    Rep Power
    9

    Re: Breast Cancer-Journal and Information

    hyaa nakutin juga yah masalah kanker gini
    soalnya gw udah kepala tiga dan belum punya anak (nikah juga belum sih ), katanya resikonya tambah tua tambah gede.

    thanks for the concern sis

    kayaknya pencegahan paling bagus tuh nikah dan punya anak yah

  8. #8
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Breast Cancer-Journal and Information

    Quote Originally Posted by ChinXian View Post
    hyaa nakutin juga yah masalah kanker gini
    soalnya gw udah kepala tiga dan belum punya anak (nikah juga belum sih), katanya resikonya tambah tua tambah gede.

    thanks for the concern sis

    kayaknya pencegahan paling bagus tuh nikah dan punya anak yah

    Memang yang sudah punya anak-menyusui etc sebelom umur 35 resikonya sedikit lebih kecil....tapi belom tentu say... Kalo penelitian bilang banyaknya wanita kulit putih yg kena breast cancer, juga kalo ada riwayat kanker dari buyut-nenek-ibu-tante-etc pokoknya atas elo yang kena kanker, maka resiko elo kena kanker juga nambah... faktor anak cuman salah satu faktor... faktor yang paling besar yaitu faktor NASIB atau TAKDIR!

    Yang penting itu olahraga, makan yg sehat, makan buah n sayur, sama berdoa aja... kalaupun kena kanker kalo masih stadium awal kek nyokapnya temen gw malah sehat walafiat tuh, udah cuman kontrol 1 tahun sekali ke dokter, dibilang semua sehat. Pokoknya it's not the end of the world kena kanker, kalopun iya, anggep aja cobaan, abis mau diapain? mau kutuk Tuhan yang kasih Kanker???? Kali dah!

    Periksa aja say... gw setiap 6 bulan sekali periksa manual dengan ditekan, tentunya gak diremes, diremes kan gak mencakup keseluruhan! 1 lagi katanya ada teknik baru untuk deteksi kanker... ntar gw posting dimari!
    bukan cuman mamografi.....


  9. #9
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Breast Cancer-Journal and Information

    Karena ada yang sotoy bin To**l mosting tentang kanker dihubung2in ma kelenjar getah bening.
    mari kita lihat dimana kelenjar getah bening, dimana payudara.....
    gambar disensor demi satpol PP gak masuk sini and gembok tret gw


    Kelenjar getah bening=Axillary Lymph nodes, ada di leher, bawah ketiak dan diatas pinggul depan:


    Kalau terjadi radang untuk yang dileher sering dibilang Gondong, kalau bahasa Indonesianya, gak tau kalo yang di ketiak dan di pinggul/groin apa nama penyakitnya

    gambar ilustrasi sel kanker payudara:


    Coba itu yang treak2 kelenjar getah bening ke kanker payudara!
    mana linknya!!!

    Woy! Jangan sembarangan sebar info! apalagi di tret medis! disini bukan sembarangan kasih info! salah2 nyawa melayang! elo bisa kena UU ITE! WOY SuNd4L!!! mana link dari elo! kasih sini!

    Dasar sembarangan!!!


  10. #10
    Senior Contributor ~mamamia~'s Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    in my cozy home (:
    Posts
    4,149
    Rep Power
    14

    Re: Breast Cancer-Journal and Information

    Quote Originally Posted by bantal View Post

    Memang yang sudah punya anak-menyusui etc sebelom umur 35 resikonya sedikit lebih kecil....tapi belom tentu say... Kalo penelitian bilang banyaknya wanita kulit putih yg kena breast cancer, juga kalo ada riwayat kanker dari buyut-nenek-ibu-tante-etc pokoknya atas elo yang kena kanker, maka resiko elo kena kanker juga nambah... faktor anak cuman salah satu faktor... faktor yang paling besar yaitu faktor NASIB atau TAKDIR!

    Yang penting itu olahraga, makan yg sehat, makan buah n sayur, sama berdoa aja... kalaupun kena kanker kalo masih stadium awal kek nyokapnya temen gw malah sehat walafiat tuh, udah cuman kontrol 1 tahun sekali ke dokter, dibilang semua sehat. Pokoknya it's not the end of the world kena kanker, kalopun iya, anggep aja cobaan, abis mau diapain? mau kutuk Tuhan yang kasih Kanker???? Kali dah!

    Periksa aja say... gw setiap 6 bulan sekali periksa manual dengan ditekan, tentunya gak diremes, diremes kan gak mencakup keseluruhan! 1 lagi katanya ada teknik baru untuk deteksi kanker... ntar gw posting dimari!
    bukan cuman mamografi.....
    Kutunggu ya Tal, infonya. Soalnya katanya teknik pemeriksaan yg baru ini lebih cepet dan praktis...
    Aku 2thn sekali mamo, msh pake teknik lama priksanya.
    Thanks, buat infonya... sangat bermanfaat!

    "Character is not formed, nor are rewards earned in the absence of options"
    ~ Bill Johnson ~

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0