Page 2 of 5 FirstFirst 12345 LastLast
Results 11 to 20 of 48

Thread: Fatwa mui tentang rokok...haram


  1. #11
    Senior Member RonzSamara's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    In Your Dream
    Posts
    1,759
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    aneh aneh aja bikin fatwa, kalo pabrik rokok ditutup, betapa besar angka pengangguran yg tercipta? pendapatan cukai dari produk rokok juga sangat besar kontribusinya untuk pembangunan negara.
    [ Inter Addict ]

  2. #12
    Senior Member tony harwi's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Next to You
    Posts
    1,122
    Rep Power
    9

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Kak Seto sebagai Ketua KOMNAS HAM Anak (betul ya?)
    pasti prihatin sekali dengan banyaknya anak-anak usia sekolah
    yang telah menjadi korban terkena candu nikotin, dan ingin itu dihentikan

    tapi, kenapa mendekati MUI ya?
    apakah yang menjadi korban itu hanya anak-anaknya MUI?
    bagaimana dengan yang bukan anak-anaknya?

    saya lebih setuju dengan rekan-rekan forumer di sini
    yang menyatakan lebih baik peraturan yang sudah ada saja
    yang dilaksanakan dengan konsekuen dan konsisten
    itu lebih mengikat ketimbang segala fatwa MUI
    yang belum tentu juga dipatuhi bahkan oleh ummatnya

    lebih baik peraturan yang ada ditegakkan dan disempurnakan
    kalau perlu tambah larangan merokok itu, misalnya
    dilarang merokok di depan orang yang tidak merokok
    dilarang merokok di depan anak-anak
    ............
    fatwa? nggak perlu lah!

    Kebahagiaan akan bisa masuk dengan lebih mudah bila saja kita mau membukakan pintu hati kita untuknya.

  3. #13
    Senior Member speedyrj's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,542
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    kayanya udah pernah deh...ini kayanya mau dipertegas lagi..

    Ia di Haram-in aja, nga ada manfaatnya ini....

    masa pada takut ama barang kecil gini...gimana mau kendaliin diri coba

  4. #14
    Senior Member tony harwi's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Next to You
    Posts
    1,122
    Rep Power
    9

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by speedyrj View Post
    kayanya udah pernah deh...ini kayanya mau dipertegas lagi..

    Ia di Haram-in aja, nga ada manfaatnya ini....

    masa pada takut ama barang kecil gini...gimana mau kendaliin diri coba
    Ya, kalau MUI mau mengeluarkan fatwa haram sih, itu memang haknya.
    Tapi, seberapa besar manfaatnya, untuk tujuan seperti yang diinginkan
    oleh Kak Seto?
    [Jangan-jangan malah menimbulkan persoalan baru lagi
    dengan adanya fatwa ini seperti fatwa-fatwa sebelumnya]

    Saya sih lebih cenderung kepada penegakan peraturan yang sudah ada
    Karena fatwa itu kan sifatnya tidak mengikat
    Yang jelas-jelas ada sangsinya saja, pelanggaran yang sangat kentara
    tapi nggak ada tindakan apa-apa kok!

    Kebahagiaan akan bisa masuk dengan lebih mudah bila saja kita mau membukakan pintu hati kita untuknya.

  5. #15
    Contributor Fidel Castro's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Cuba
    Posts
    2,810
    Rep Power
    11

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by tony harwi View Post
    Kak Seto sebagai Ketua KOMNAS HAM Anak (betul ya?)
    pasti prihatin sekali dengan banyaknya anak-anak usia sekolah
    yang telah menjadi korban terkena candu nikotin, dan ingin itu dihentikan

    tapi, kenapa mendekati MUI ya?
    apakah yang menjadi korban itu hanya anak-anaknya MUI?
    bagaimana dengan yang bukan anak-anaknya?

    saya lebih setuju dengan rekan-rekan forumer di sini
    yang menyatakan lebih baik peraturan yang sudah ada saja
    yang dilaksanakan dengan konsekuen dan konsisten
    itu lebih mengikat ketimbang segala fatwa MUI
    yang belum tentu juga dipatuhi bahkan oleh ummatnya

    lebih baik peraturan yang ada ditegakkan dan disempurnakan
    kalau perlu tambah larangan merokok itu, misalnya
    dilarang merokok di depan orang yang tidak merokok
    dilarang merokok di depan anak-anak
    ............
    fatwa? nggak perlu lah!
    That's right ........... anda bijak dan objektif.

    Saya seh khawatir ada udang di balik batu yg bermuara ke UUD (ujung2xnya duit) dengan di keluarkan fatwa haram merokok.
    Kalau di jalanin secara konsisten seh, no problem.
    Tapi kalo ntar ada kebijakan susulan yg mengharuskan setiap bungkus rokok yg beredar dapet label dari MUI (sejenis label halal), nah fatwa ini jadi ladang bisnis raksasa .

    Anda bisa bayangkan tidak jika setiap bungkus harus ada label MUInya, akan ada berapa jumlah duit yg terkumpul ?

    Btw .......... Produsen rokok pun tidak akan tinggal diam jika fatwa ini sampe di keluarkan. Pasti mereka cari jalan untuk menegosiasikan fatwa tsb.
    No Regrets

  6. #16
    Senior Member nanapeko's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    1,187
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by Fidel Castro View Post
    Kepiting ama kodok juga haram. Cuma halal kalo buat obat. (Obat lapar).
    Ini adalah satu contoh, dimana ada sejuta alasan manusia untuk memenuhi keinginannya (keinginan makan daging kepiting ato kodok).

    Kaga usah pake fatwa2x segala, itu dunia pendidikan di kasih pelajaran khusus tentang bahaya merokok aja bilamana perlu.
    Semestinya seh ngga perlu sampe kesana kalo para ortu mau meluangkan waktu untuk mendidik putra-putri mereka agar tidak jadi perokok. Tapi bakal lebih sulit kalo ortu perokok.

    Trus bikin regulasi dimana rokok tidak boleh di jual di sembarang tempat. Dan anak2x di bawah umur dilarang untuk membeli rokok.

    Btw ......... mau di bikin fatwa ato aturan yg segimana hebat juga, kalo pelaksanaannya NOL, ya percuma saja.
    Di jepang mulai 1 Juli kmaren..
    kalo beli rokok di mesin harus mengunakan sejenis kartu yang disebut TASPO..hal ini dimaksudkan utk menghindari anak2 dibawah umur membeli rokok..
    selain itu..kemungkinan harga rokok pun akan dinaekkan..dari 300yen menjadi 1000yen..(kapan diberlakukannya saya belum tau..maaf)

    untuk yang terakhir mungkin bisa diterapkan di indonesia..harga rokok di indonesia murah, terlalu murah mungkin sehingga banyak anak2 yg mampu membeli dengan uang sakunya..
    tanpa MUI harus mengeluarkan fatwa rokok "Haram" (mengelikan)
    ..ucapkan terimakasih dan berikan tepuk tangan utk orang yg meremehkanmu..

  7. #17
    Contributor adi_albaar's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Inside My head
    Posts
    3,240
    Rep Power
    10

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by nanapeko View Post
    Di jepang mulai 1 Juli kmaren..
    kalo beli rokok di mesin harus mengunakan sejenis kartu yang disebut TASPO..hal ini dimaksudkan utk menghindari anak2 dibawah umur membeli rokok..
    selain itu..kemungkinan harga rokok pun akan dinaekkan..dari 300yen menjadi 1000yen..(kapan diberlakukannya saya belum tau..maaf)

    untuk yang terakhir mungkin bisa diterapkan di indonesia..harga rokok di indonesia murah, terlalu murah mungkin sehingga banyak anak2 yg mampu membeli dengan uang sakunya..
    tanpa MUI harus mengeluarkan fatwa rokok "Haram" (mengelikan)

    hidup...rokok jangan di naikin harganya yaaaah....
    - She is back -

  8. #18
    Senior Member imobil's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Perbatasan
    Posts
    1,764
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    JIka kita mau menjauhkan anak2 kita dari rokok,,,, salah satu cara adalah dengan disiplin dan taat hukum,,,,, seperti melarang anak dibawah umur 18 tahun untuk memberi rokok dan penjualnya harus disiplin dan taat hukum untuk menaatinya.....

    Melarang perusahaan rokok memasang iklan di tempat2 umum termasuk di media umum.......

    Pasang cukai rokok yang lebih tinggi........

    Tapi tidak dengan fatwa dari agama apapun karna itu akan sangat sulit dan bisa menimbulkan pertengkaran...... karna nanti pasti ada pro dan kontranya,,,,, dan ini menyangkut agama maka urusan akan berabe....

  9. #19
    Senior Member imobil's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Perbatasan
    Posts
    1,764
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by Fidel Castro View Post
    That's right ........... anda bijak dan objektif.

    Saya seh khawatir ada udang di balik batu yg bermuara ke UUD (ujung2xnya duit) dengan di keluarkan fatwa haram merokok.
    Kalau di jalanin secara konsisten seh, no problem.
    Tapi kalo ntar ada kebijakan susulan yg mengharuskan setiap bungkus rokok yg beredar dapet label dari MUI (sejenis label halal), nah fatwa ini jadi ladang bisnis raksasa .

    Anda bisa bayangkan tidak jika setiap bungkus harus ada label MUInya, akan ada berapa jumlah duit yg terkumpul ?

    Btw .......... Produsen rokok pun tidak akan tinggal diam jika fatwa ini sampe di keluarkan. Pasti mereka cari jalan untuk menegosiasikan fatwa tsb.
    Pak fidel..... mungkin inilah yang namanya "kesempatan dalam kesempitan" buat ari uang ngampang......

  10. #20
    Contributor Ki Sunda's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Bandung-Jawa Barat
    Posts
    2,554
    Rep Power
    10

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Saat ini FATWA dianggap sebagi "ULTIMUM REMEDIUM'. Seolah-olah fatwa itu seperti Mantra atau Jampe. Begitu Fatwa keluar masalah beres-res-res. Fatwa seharusnya untuk urusan yang menyangkut Agama (Islam) saja. Lha, bagaimana urusannya dengan yang bukan anak buah MUI jika mereka melanggar Fatwa tersebut ? Harusnya dicari "Solusi Cerdas". Nggak usah malu-malu belajar kepada negara lain yang punya persoalan yang sama. Bisa "study banding" lagi, lumayan honornya gede. Yang paling cilaka kalau MUI diganti jadi MUF, Majelis Urusan Fatwa.

Page 2 of 5 FirstFirst 12345 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0