Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast
Results 21 to 30 of 48

Thread: Fatwa mui tentang rokok...haram


  1. #21
    Senior Member Simba's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    B A T A V I A
    Posts
    1,583
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by Ki Sunda View Post
    Saat ini FATWA dianggap sebagi "ULTIMUM REMEDIUM'. Seolah-olah fatwa itu seperti Mantra atau Jampe. Begitu Fatwa keluar masalah beres-res-res. Fatwa seharusnya untuk urusan yang menyangkut Agama (Islam) saja. Lha, bagaimana urusannya dengan yang bukan anak buah MUI jika mereka melanggar Fatwa tersebut ? Harusnya dicari "Solusi Cerdas". Nggak usah malu-malu belajar kepada negara lain yang punya persoalan yang sama. Bisa "study banding" lagi, lumayan honornya gede. Yang paling cilaka kalau MUI diganti jadi MUF, Majelis Urusan Fatwa.
    wow..

    jadi saran anda atas fatwa tersebut?

  2. #22
    Senior Member techan's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jkt
    Posts
    2,185
    Rep Power
    9

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by tony harwi View Post
    Saya sih lebih cenderung kepada penegakan peraturan yang sudah ada
    Karena fatwa itu kan sifatnya tidak mengikat
    Yang jelas-jelas ada sangsinya saja, pelanggaran yang sangat kentara
    tapi nggak ada tindakan apa-apa kok!
    betul sekali, dulu kalo ga salah di dalam mal ga boleh merokok ya? tapi saat aku sedang makan di food court gajah mada plaza, orang2 dgn bebasnya merokok. Peraturan TIDAK BOLEH MEROKOK DI TEMPAT UMUM yg pernah dibuat ada dimana? apakah peraturan dibuat untuk dilanggar?

    belum lagi kalo misalnya makan ke restoran, terkadang tempat yg non smoking lebih kecil dibanding yg smoking? kenapa ya tidak ada yg menghormati orang yg tidak merokok? apakah mereka lupa atau tidak peduli kalo orang yg tidak merokok lebih parah akibatnya apabila menghirup asap rokok?
    Our mind is like a garden; if no good seeds are sown, nothing good will grow from it.

  3. #23
    Contributor Ki Sunda's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Bandung-Jawa Barat
    Posts
    2,554
    Rep Power
    10

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by Simba View Post
    wow..

    jadi saran anda atas fatwa tersebut?
    Masa sama aki bilang anda ? Saran aki, bilangin sama tukang MUI, fatwanya jangan terlalu diumbar. Persoalan rokok terlalu jelas, lebih banyak merugkan dari pada manfatnya. Yang palng parah, semakin miskin masyrakat/negara, semakin tinggi konsumsi rokok. Golongan menengah-atas (midle-up) semakin berkurang konsumsi rokoknya. Simba masuk golongan mana ?

  4. #24
    Senior Member
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Kolong Langit
    Posts
    1,067
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by Simba View Post
    wow..

    jadi saran anda atas fatwa tersebut?
    kalo saya siy, harus dijelaskan dulu latar belakang, manfaatnya, keburukannya dsb sehingga rakyat mengerti, karena ini menyangkut hajat orang banyak....

  5. #25
    Senior Member bedjo's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    1,349
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Yang saya tidak habis pikir.............?
    Dari sisi mana MUI melihat bahwa mereka dapat mengeluarkan fatwa Haram.
    Rokok hanya bisa di lihat untung or rugi nya dari sisi Medis (Kesehatan)
    Memang tidak bisa di pungkiri bahwa merokok merusak paru-paru, jantung, aliran darah dan gangguan kehamilan.
    Tapi kan itu semua bukan tugas nya MUI................!
    Koq bisa-bisa nya MUI mengeluarkan fatwa haram
    Bagi saya ini merupakan gejalah yang tidak baik bagi sistem pemerintahan kita.
    Mandulnya kemajuan bangsa, bahkan keterpurukan bangsa ini, sejak krisis 98 yang lalu, salah satu penyebabnya adalah Tidak berjalannya roda pemerintahan sebagaimana mestinya.
    Saya lebih setuju jika saja MUI mau berpikir bagaimana memperbaiki Moral anak bangsa.
    Tapi barang tentu bagi MUI tidak akan menuai populeritas di masyarakat, itu mungkin yang dihindari oleh MUI, padahal tugas pokok organisasi ini adalah ada sangkut pautnya dengan Moral bangsa lewat pembinaan kerukunan antar agama di Indonesia.
    Tugas halal haram, boleh dan tidak, itu urusan instansi Hukum dan Ham RI dan pelaksananya adalah Kepolisian atau perangkat yang bersamanya.
    Kurang kerjaan tuh ...............MUI

  6. #26
    Senior Member
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Kolong Langit
    Posts
    1,067
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by JabaTheHuT View Post
    MUF...hahahha...jargon yang bagus. Saya setuju kayanya MUI lebih pantas jadi MUF.

    Smuff...smuff...smuff...

    MUF ?????

  7. #27
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by ;151836
    JAKARTA, SELASA - Industri rokok di Indonesia kini makin menjerat anak-anak dan remaja melalui berbagai strategi marketing seperti iklan, promosi, sponsorship, point of sales hingga Corporate Social Responsibility yang mereka lakukan.
    Komisi Nasional Perlindungan Anak menyatakan bahwa iklan, promosi dan sponsorship rokok mengancam hak hidup anak. Oleh karena itu iklan, promosi dan sponsorship rokok harus dilarang, kata Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Seto Mulyadi saat audiensi ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Selasa (12/8).
    Komnas Perlindungan Anak diterima oleh Ketua MUI H. Amidhan, H.Nazri Adlani (Ketua), KH. Khalil Ridwan, Dr. Yunahar Ilyas, Prof. Amir Syarifuddin, Prof. Dr. Hj. khuzaerah, Dr. Anuar Abbas (Sekretaris), Dra. Hj. Wedya Safitri (Sekretaris).
    Selain itu, Komnas Perlindungan Anak juga mendorong peran serta masyarakat, dalam hal ini MUI untuk segera mengeluarkan fatwa MUI yang menyatakan jika tembakau atau rokok adalah haram untuk melindungi anak-anak Indonesia dari dampak yang lebih buruk lagi.
    Industri rokok mengeluarkan dana hampir Rp 1,6 trilyun untuk menjual rokok produksi mereka lewat iklan, promosi dan sponsorship. Ini tidak sebanding dengan pengeluaran negara untuk memberi layanan kesehatan bagi masyarakat akibat merokok melalui program Askeskin yakni Rp 167 trilyun pada tahun 2005.
    Berdasarkan hasil pantauan Komnas Perlindungan Anak, iklan yang disponsori perusahaan rokok telah berada dimana-mana. Iklan itu masuk pada wilayah-wilayah perlintasan yang dilalui oleh anak-anak.
    Hal ini terpapar dalam hasil penelitian Keterpajanan remaja terhadap iklan dan kegiatan yang disponsori industri rokok , meliputi 99,7 persen remaja melihat iklan rokok di televisi, 87,7 persen remaja melihat iklan rokok di media luar rua ng, 76,2 persen remaja melihat iklan rokok di koran dan majalah, 81 persen remaja pernah mengikuti kegiatan yang disponsori industri rokok.
    Menanggapi hal itu, MUI meminta komnas Perlindungan Anak untuk membuat MoU (kesepahaman) antara MUI dan Komnas Anak yang mengatur tentang perlunya tindakan perlindungan bagi anak dari bahaya tembakau atau rokok.
    Berdasarkan kesepahaman tersebut, MUI akan membahas urgensi adanya Fatwa MUI yang menyatakan jika tembakau/rokok adalah haram dalam Ijtima' (Kongres Nasional MUI) yang direncanakan akan dilangsungkan pada akhir tahun ini.
    MUI mendorong dan mendukung lembaga-lembaga terkait lainnya agar bisa melakukan hal serupa sebagai bentuk tanggung jawab masyarakat terhadap upaya perlindungan anak (khususnya perlindungan anak dari bahaya dampak tembakau/rokok).
    Gampang banget ya di Republik ini bikin FATWA, PERDA, PP, UU,PERPRES, PERMEN. Dll
    Dikit2 bikin Fatwa, dikit2 bikin perda, dikit2 bikin permen...............bikin apa koq dikit-dikit................hahahahahaha...............
    Banyak yang latah di pemerintah Indonesia ini.
    Apa karna untuk menjadi pejabat cukup hanya menyiapkan uang yang banyak tanpa disertai dengan OTAK yang memadai.
    Mungkin bagi kaum intelek peraturan atau fatwa sejenisnya bukanlah cara untuk mengatasi masalah.
    Dibuatkan apapun kalau akar masalahnya tidak pernah disentuh pasti itu semua NONSEN.
    Bicara rokok, produksi rokok, iklan rokok dsb..............koq tiba2 keluar fatwa HARAM.
    Bagi saya ini aneh,...............................
    Saya dan semua leluhur saya orang Islam tapi ada perasaan ANEH bagi saya.......... organisasi agama semacam ini kalo di isi oleh orang-orang yang berotak KERDIL seperti ini.
    Pokok persoalannya bagi saya :
    Selama negara masih menganggap bahwa pita cukai rokok merupakan pengahsilan negara maka semua itu OMDO.
    Selama produksi rokok masih bertebaran dimana dan tetap menjadi prioritas negara dan pemerintah tentunya semua itu OMDO.

    Mengapa tidak sedikitpun berpikir bahwa inti persoalannya bukan ada pada Fatwa nya.
    - Kalau hanya untuk menghindari bahaya anak terhadap dampak tembakau.
    Seharusnya pemerintah jauh-jauh hari mempersiapkan moral dan mental masyarakat betapa mahalnya SEHAT.
    - Kalau ada fatwa ROKOK HARAM.
    Bagaimana pabrik, kebun, karyawan pekerja pembuat rokok, berarti haram dong.
    Lah betapa tololnya negeri ini dan pemerintahnya sudah tau HARAM malah memungut hasil pajak dari barang HARAM.
    - Koq herannya saya kenapa MUI ngurusin segala ROKOK, kalo gitu MUI ganti aja MUPR = Majelis Ulama Perusahaan Rokok.
    Jangan mengatasnamakan MUI = Majelis UlamaIndonesia.
    Karna ulama biasanya bertanggung jawab Moral Umatnya bukan Rokok Umatnya.
    Perasaan saya pernah liat
    mmmmmmmm....di kolom mana ya?
    ooooooooooooooo maap salah kamar

  8. #28
    Newbie
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    13
    Rep Power
    0

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Ga ngaruh...mau fatwa MUI, semua tergantung kesadaran individu masing-masing. Jangankan MUI... Yang diharamkan sama agama aja seperti minuman keras, masih banyak yang ga ngegubris.

  9. #29
    Newbie
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Cianjur
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Hak paru-paru adalah udara bersih, memberikan asap rokok atau apa saja yang lain selain udara bersih adalah tindakan dholim. Merokok adalah tindakan tidak adil atau mendholimi diri sendiri atau orang lain. Hukum untuk tindakan dholim sudah jelas, menurut saya baik bila MUI membuat fatwa, tetapi itu tidakpun tidak apa-apa. Kembali ke diri kita masing-masing untuk menafsirkan tindakan merokok, menafsirkan ayat Allah di kitab-kitab maupun di alam (ilmu, termasuk ilmu kedokteran).

    Mengenai industri rokok atau siapapun yang hidup dari rokok silahkan dibahas tersendiri, karena saya sebagi dokter sangat-sangat diuntungkan dengan banyaknya jumlah perokok di Indonesia,

  10. #30
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,718
    Rep Power
    9

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    ... bukan cuma anda yang beruntung, dok, tapi juga pengusaha makam.

Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0