Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 48

Thread: Fatwa mui tentang rokok...haram


  1. #1
    Senior Member bedjo's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    1,349
    Rep Power
    8

    Fatwa mui tentang rokok...haram

    JAKARTA, SELASA - Industri rokok di Indonesia kini makin menjerat anak-anak dan remaja melalui berbagai strategi marketing seperti iklan, promosi, sponsorship, point of sales hingga Corporate Social Responsibility yang mereka lakukan.
    Komisi Nasional Perlindungan Anak menyatakan bahwa iklan, promosi dan sponsorship rokok mengancam hak hidup anak. Oleh karena itu iklan, promosi dan sponsorship rokok harus dilarang, kata Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Seto Mulyadi saat audiensi ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Selasa (12/8).
    Komnas Perlindungan Anak diterima oleh Ketua MUI H. Amidhan, H.Nazri Adlani (Ketua), KH. Khalil Ridwan, Dr. Yunahar Ilyas, Prof. Amir Syarifuddin, Prof. Dr. Hj. khuzaerah, Dr. Anuar Abbas (Sekretaris), Dra. Hj. Wedya Safitri (Sekretaris).
    Selain itu, Komnas Perlindungan Anak juga mendorong peran serta masyarakat, dalam hal ini MUI untuk segera mengeluarkan fatwa MUI yang menyatakan jika tembakau atau rokok adalah haram untuk melindungi anak-anak Indonesia dari dampak yang lebih buruk lagi.
    Industri rokok mengeluarkan dana hampir Rp 1,6 trilyun untuk menjual rokok produksi mereka lewat iklan, promosi dan sponsorship. Ini tidak sebanding dengan pengeluaran negara untuk memberi layanan kesehatan bagi masyarakat akibat merokok melalui program Askeskin yakni Rp 167 trilyun pada tahun 2005.
    Berdasarkan hasil pantauan Komnas Perlindungan Anak, iklan yang disponsori perusahaan rokok telah berada dimana-mana. Iklan itu masuk pada wilayah-wilayah perlintasan yang dilalui oleh anak-anak.
    Hal ini terpapar dalam hasil penelitian Keterpajanan remaja terhadap iklan dan kegiatan yang disponsori industri rokok , meliputi 99,7 persen remaja melihat iklan rokok di televisi, 87,7 persen remaja melihat iklan rokok di media luar rua ng, 76,2 persen remaja melihat iklan rokok di koran dan majalah, 81 persen remaja pernah mengikuti kegiatan yang disponsori industri rokok.
    Menanggapi hal itu, MUI meminta komnas Perlindungan Anak untuk membuat MoU (kesepahaman) antara MUI dan Komnas Anak yang mengatur tentang perlunya tindakan perlindungan bagi anak dari bahaya tembakau atau rokok.
    Berdasarkan kesepahaman tersebut, MUI akan membahas urgensi adanya Fatwa MUI yang menyatakan jika tembakau/rokok adalah haram dalam Ijtima' (Kongres Nasional MUI) yang direncanakan akan dilangsungkan pada akhir tahun ini.
    MUI mendorong dan mendukung lembaga-lembaga terkait lainnya agar bisa melakukan hal serupa sebagai bentuk tanggung jawab masyarakat terhadap upaya perlindungan anak (khususnya perlindungan anak dari bahaya dampak tembakau/rokok).
    Gampang banget ya di Republik ini bikin FATWA, PERDA, PP, UU,PERPRES, PERMEN. Dll
    Dikit2 bikin Fatwa, dikit2 bikin perda, dikit2 bikin permen...............bikin apa koq dikit-dikit................hahahahahaha...............
    Banyak yang latah di pemerintah Indonesia ini.
    Apa karna untuk menjadi pejabat cukup hanya menyiapkan uang yang banyak tanpa disertai dengan OTAK yang memadai.
    Mungkin bagi kaum intelek peraturan atau fatwa sejenisnya bukanlah cara untuk mengatasi masalah.
    Dibuatkan apapun kalau akar masalahnya tidak pernah disentuh pasti itu semua NONSEN.
    Bicara rokok, produksi rokok, iklan rokok dsb..............koq tiba2 keluar fatwa HARAM.
    Bagi saya ini aneh,...............................
    Saya dan semua leluhur saya orang Islam tapi ada perasaan ANEH bagi saya.......... organisasi agama semacam ini kalo di isi oleh orang-orang yang berotak KERDIL seperti ini.
    Pokok persoalannya bagi saya :
    Selama negara masih menganggap bahwa pita cukai rokok merupakan pengahsilan negara maka semua itu OMDO.
    Selama produksi rokok masih bertebaran dimana dan tetap menjadi prioritas negara dan pemerintah tentunya semua itu OMDO.

    Mengapa tidak sedikitpun berpikir bahwa inti persoalannya bukan ada pada Fatwa nya.
    - Kalau hanya untuk menghindari bahaya anak terhadap dampak tembakau.
    Seharusnya pemerintah jauh-jauh hari mempersiapkan moral dan mental masyarakat betapa mahalnya SEHAT.
    - Kalau ada fatwa ROKOK HARAM.
    Bagaimana pabrik, kebun, karyawan pekerja pembuat rokok, berarti haram dong.
    Lah betapa tololnya negeri ini dan pemerintahnya sudah tau HARAM malah memungut hasil pajak dari barang HARAM.
    - Koq herannya saya kenapa MUI ngurusin segala ROKOK, kalo gitu MUI ganti aja MUPR = Majelis Ulama Perusahaan Rokok.
    Jangan mengatasnamakan MUI = Majelis UlamaIndonesia.
    Karna ulama biasanya bertanggung jawab Moral Umatnya bukan Rokok Umatnya.

  2. #2
    Senior Member
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Kolong Langit
    Posts
    1,067
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    saya juga melihat sesuatu yg janggal disini...MUI tu g bertindak bedasarkan landasannya...

    kok melabelkan haram kalo merokok cuma berdasarkan permintaan kak seto...

  3. #3
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    ...Kampoeng Udik...
    Posts
    206
    Rep Power
    7

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Iya nih kenapa sering mengeluarkan Fatwa, jangan-jangan nanti dikeluarkan Fatwa bahwa Pipis di sembarang tempat itu Haram...

    Sudah terlalu banyak peraturan yang dibikin di tanah airku ini bahkan karena banyaknya saling tumpah tindih nggak karuan...

    Coba lihat di Jakarta yang sudah ada Perda Anti Rokoknya saja justru kalo dilihat di TV anggota DPR yang terhormat dengan santainya merokok di ruang sidang... Kantor Polisi pasti banyak kita lihat polisi merokok di sembarang tempat, lha kalo mau ditambahin fatwa lagi apa nggak tambah buang2 tenaga...

    Orang2 di tanah air kita ini memang paling pintar punya pemikiran tapi implementasinya NOL BESAR.... Peraturan, Fatwa dll tanpa diimbangi dengan kesadaran dan penegakan oleh orang yang berintegritas sama saja...

    Anyway saya tidak melarang mau dikeluarkan Perda, Fatwa, UU dsb silahkan saja toh kalo nggak diterapkan dengan baik bangsa lain akan semakin menilai bangsa kita ini memang bangsa yang nggak bisa dipercaya peraturannya.... Hiduplah Indonesia Raya....

  4. #4
    Senior Member
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Kolong Langit
    Posts
    1,067
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by Rexa View Post
    Iya nih kenapa sering mengeluarkan Fatwa, jangan-jangan nanti dikeluarkan Fatwa bahwa Pipis di sembarang tempat itu Haram...

    Sudah terlalu banyak peraturan yang dibikin di tanah airku ini bahkan karena banyaknya saling tumpah tindih nggak karuan...

    Coba lihat di Jakarta yang sudah ada Perda Anti Rokoknya saja justru kalo dilihat di TV anggota DPR yang terhormat dengan santainya merokok di ruang sidang... Kantor Polisi pasti banyak kita lihat polisi merokok di sembarang tempat, lha kalo mau ditambahin fatwa lagi apa nggak tambah buang2 tenaga...

    Orang2 di tanah air kita ini memang paling pintar punya pemikiran tapi implementasinya NOL BESAR.... Peraturan, Fatwa dll tanpa diimbangi dengan kesadaran dan penegakan oleh orang yang berintegritas sama saja...

    Anyway saya tidak melarang mau dikeluarkan Perda, Fatwa, UU dsb silahkan saja toh kalo nggak diterapkan dengan baik bangsa lain akan semakin menilai bangsa kita ini memang bangsa yang nggak bisa dipercaya peraturannya.... Hiduplah Indonesia Raya....
    stuju bro..bangsa lain menilai, sejauh mana kita taat terhadapa apa yg kita buat sendiri....kalo kita aja melanggar apa yang kita buat sendiri bagaimana orang lain mau hormat sama kita...

  5. #5
    Senior Member bedjo's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    1,349
    Rep Power
    8

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by Mr.Black View Post
    stuju bro..bangsa lain menilai, sejauh mana kita taat terhadapa apa yg kita buat sendiri....kalo kita aja melanggar apa yang kita buat sendiri bagaimana orang lain mau hormat sama kita...
    Ada perahu kapal penangkap ikan yang bocor terkena karang, lobang perahu menganga dengan lebar air masuk kedalam palka. Ikan tangkapan demikian banyak, Oleh nakhoda kapal di perintahkan untuk menyelamatkan ikan hasil tangkapan, akhirnya semua orang sibuk memasukan ikan ke dalam karung, ada yang memasukan ikan ke dalam kantong celana, ada yang ke dalam baju dengan harapan nanti kapalnya tenggelam ikannya tetap mereka dapatkan. Ada juga yang sibuk menimba kapal, ada yang sibuk juga mencari timbah soalnya tempat timbahnya ga ada yang tau narohnya dimana, yang tau tempat naro timbah sedang sibuk memasukan ikan ke dalam baju.
    Saking sibuknya mereka, semua orang tertuju perhatian dan kesibukannya menyelamatan ikan tangkapan, tidak ada usah seorangpun untuk menambal lobang bocor yang mengangah.
    Akhirnya kapal terisi air penuh dan kapal tenggelam, semua orang yang berada di dalam kapalnya baru sadar setelah kapalnya mau tenggelam.
    Bahwa mau di bawa kemana itu semua ikan-ikan, wong kapalnya aja tenggelam bisa-bisa termasuk nyawa mereka juga ikut tenggelam.
    - Perbuatan yang sia-sia.
    - Jadi bahan lelucon bagi bangsa lain.
    - Pikirannya dangkal.
    - Sangat suka dengan sensasi.
    - Yang di amanahkan tidak di laksanakan.
    - Lebih rajin mengerjakan yang tidak di amanahkan
    Sibuk ngurusin orang lain, diri sendiri DEKIL DAN KUDISAN
    Last edited by bedjo; 13-08-08 at 03:51 PM.

  6. #6
    Beginner OnlyLove8799's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    S -Town
    Posts
    83
    Rep Power
    7

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by bedjo View Post
    Ada perahu kapal penangkap ikan yang bocor terkena karang, lobang perahu menganga dengan lebar air masuk kedalam palka. Ikan tangkapan demikian banyak, Oleh nakhoda kapal di perintahkan untuk menyelamatkan ikan hasil tangkapan, akhirnya semua orang sibuk memasukan ikan ke dalam karung, ada yang memasukan ikan ke dalam kantong celana, ada yang ke dalam baju dengan harapan nanti kapalnya tenggelam ikannya tetap mereka dapatkan. Ada juga yang sibuk menimba kapal, ada yang sibuk juga mencari timbah soalnya tempat timbahnya ga ada yang tau narohnya dimana, yang tau tempat naro timbah sedang sibuk memasukan ikan ke dalam baju.
    Saking sibuknya mereka, semua orang tertuju perhatian dan kesibukannya menyelamatan ikan tangkapan, tidak ada usah seorangpun untuk menambal lobang bocor yang mengangah.
    Akhirnya kapal terisi air penuh dan kapal tenggelam, semua orang yang berada di dalam kapalnya baru sadar setelah kapalnya mau tenggelam.
    Bahwa mau di bawa kemana itu semua ikan-ikan, wong kapalnya aja tenggelam bisa-bisa termasuk nyawa mereka juga ikut tenggelam.
    - Perbuatan yang sia-sia.
    - Jadi bahan lelucon bagi bangsa lain.
    - Pikirannya dangkal.
    - Sangat suka dengan sensasi.
    - Yang di amanahkan tidak di laksanakan.
    - Lebih rajin mengerjakan yang tidak di amanahkan
    Sibuk ngurusin orang lain, diri sendiri DEKIL DAN KUDISAN
    setuju bgnt deh.... i couldn't agree more...
    lbh baik kembali ke diri masing2 aja... dari pada ngurusin org yg laen
    liat diri sendiri aja dlu....
    udh bagus pa blm?
    klo mmg udh bgs br urusin org laen...
    makanya ada pepatah
    "GAJAH DI DEPAN MATA TIDAK TERLIHAT TP SEMUT DI SEBERANG LAUT TERLIHAT"
    Slowly Moments Passing By As I Walk Away & Try.... To Go Back And Turn In Hands Of Time...

    Slowly Memories Hits My Mind,Only Part Of Them Revise... See The Reasons Through This Rainy Winter Night....

  7. #7
    Beginner grindstone's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    48
    Rep Power
    0

    Talking Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Quote Originally Posted by OnlyLove8799 View Post
    "GAJAH DI DEPAN MATA TIDAK TERLIHAT TP SEMUT DI SEBERANG LAUT TERLIHAT"
    bukan "KUMAN" ya?

    iya, gw juga setuju..
    lebih baik menegakkan peraturan yang sudah ada/mengupayakan metoda2 yang lebih baik untuk pelaksanaan peraturan yang emang udah ada..
    ad astra per aspera..

  8. #8
    Newbie odahdonk's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    46
    Rep Power
    0

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    setuju.... negara ini kan dapat pajak terbesar dr rokok... so klo mang rokok d blg haram mo jd ap negara ini??? semakin susah aj donk hidup rakyat na.... tp bukannya d agama islam rokok itu bukan harah tapi makruh...

  9. #9
    Contributor hatinurani's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    sukabumi
    Posts
    4,207
    Rep Power
    11

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Menurut pandangan saya selama fatwa ini tidak mengikat secara hukum ya biarkan sajalah..mungkin merekapun (MUI)mempunyai pertimbangan2 tersendiri mengenai hal ini..jadi jika fatwa ini tidak mengikat.. yang mau ikut silahkan yg tidak juga tidak apa2 toh ngga ada sanksi hukumnya akan tetapi jika terjadi pelarangan2 iklan rokok saya kira ini sudah terlalu jauh urusan dari MUI dan sudah overlaping dengan badan pemerintah yg terkait...jadi buat saya pribadi selama fatwa ini tidak mengikat secara hukum ya silahkan saja lah..tetapi kalau sifatnya mengikat secara hukum saya tidak setuju...

  10. #10
    Contributor Fidel Castro's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Cuba
    Posts
    2,810
    Rep Power
    11

    Re: Fatwa mui tentang rokok...haram

    Kepiting ama kodok juga haram. Cuma halal kalo buat obat. (Obat lapar).
    Ini adalah satu contoh, dimana ada sejuta alasan manusia untuk memenuhi keinginannya (keinginan makan daging kepiting ato kodok).

    Kaga usah pake fatwa2x segala, itu dunia pendidikan di kasih pelajaran khusus tentang bahaya merokok aja bilamana perlu.
    Semestinya seh ngga perlu sampe kesana kalo para ortu mau meluangkan waktu untuk mendidik putra-putri mereka agar tidak jadi perokok. Tapi bakal lebih sulit kalo ortu perokok.

    Trus bikin regulasi dimana rokok tidak boleh di jual di sembarang tempat. Dan anak2x di bawah umur dilarang untuk membeli rokok.

    Btw ......... mau di bikin fatwa ato aturan yg segimana hebat juga, kalo pelaksanaannya NOL, ya percuma saja.
    No Regrets

Page 1 of 5 12345 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0