Page 1 of 7 1234567 LastLast
Results 1 to 10 of 65

Thread: Mal Praktek...


  1. #1
    Junior Member kazuya's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    446
    Rep Power
    6

    Mal Praktek...

    adakah teman-teman yang mengetahui apa arti dari mal praktek?
    batasan apakah sehingga suatu tindakan medis bisa disebut mal praktek?

  2. #2
    Newbie CSI-Licia's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Re: Mal Praktek...

    Malpraktek adalah tindakan medis yang dilakukan oleh seseorang yang telah belajar dan mengerti suatu tindakan medis termasuk dokter, dokter ahli, dokter gigi, perawat, dan paramedisa lainnya, yang tidak sesuai dengan prosedur medis dan tidak sesuai dengan kompetensinya. Misalnya untuk melakukan suatu tindakan bedah, seorang dokter, perawat,penata anastesi sudah memiliki protap (prosedur tetap) bagaimana melakukan tindakan tersebut. Jika tindakan A yang harus dilakukan, dan mereka melakukan tindakan B, dan di kemudian hari terjadi komplikasi pada pasien yang di operasi, bisa di katakan malpraktek. Tapi jika mereka sudah melakukan prosedur A, dan dikemudian hari timbul komplikasi pada pasien, ini tidak bisa dikatakan malpraktek. Atau misalnya setelah operasi ada gunting atau alat/bahan operasi lain yang tertinggal dalam tubuh pasien namun mereka sudah melakukan prosedur A, ini juga tidak dapat di katakan malpraktek, namun kelalaian praktek. jika seorang medisian atau paramedis melakukan suatu tindakan medis yang tidak sesuai kompentensinya (misalnya seorang dokter gigi melakukan tindakan operasi perut, sedangkan dia tidak pernah mendapat pendidikan untuk melakukan tindakan tersebut) ini bisa dikatakan malpraktek.
    Untuk lebih jelasnya bisa di tanyak di KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) di www.inamc.or.id
    Disini anda bisa menanyakan lebih jauh ttg malpraktek dan bisa melaporkan bila terjadi suatu kejadian medis.
    Semoga bermanfaat.

  3. #3
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    2,311
    Rep Power
    8

    Re: Mal Praktek...

    .
    Biasanya sich mal praktek paling banyak di kedokteran gigi dan biasanya kasus ringan tapi resiko jangka panjang jumlah gigi berkurang.

    thx

  4. #4
    Beginner knsulsehat's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    57
    Rep Power
    6

    Re: Mal Praktek...

    Aspek Hukum Pidana dalam Pelayanan Kesehatan (Malpraktik Medik)

    Pelayanan kesehatan yang diberikan seorang dokter kepada pasien merupakan tindakan profesi kedokteran. Tindakan kedokteran merupakan suatu tindakan yang penuh dengan risiko. Risiko tersebut dapat terjadi disebabkan oleh sesuatu yang tidak dapat diprediksikan sebelumnya atau risiko yang terjadi akibat tindakan dokter yang salah. Diaktakan tindakan salah apabila dokter tidak melakukan pekerjaannya sesuai dengan standar profesi medik & prosedur tindakan medik. Apabila seorang dokter melakukan tindakan salah, maka dokter tersebut dapat dikategorikan melakukan tindakan malpraktik, sehingga dapat menyangkut aspek hukum pidana.
    Dokter adalah suatu profesi yang mulia & memiliki persyaratan tertentu karena dalam pelaksanaan profesi ini penuh dengan risiko. Persyaratan tertsebut meliputi persyaratan teknis yang berkaitan dengan kemampuan (berkaitan dengan ‘basic science’ serta ketrampilan teknik) serta persyaratan yuridis, berkaitan dengan kompetensi. Profesi dokter mengandung risiko tinggi karena bentuk, sifat & tujuan tindakan yang dilakukan oleh seorang dokter dapat berpotensi menimbulkan bahaya bagi seseorang. Menurut Bernard Barber, dalam suatu profesi terkandung essensi, yaitu membutuhkan ilmu pengetahuan yang tinggi yang hanya dapat dipelajari secara sistematik dengan orientasi primernya lebih ditujukan untuk kepentingan masyarakat. Dalam profesi juga memiliki mekanisme kontrol terhadap perilaku dari pemegang profesi tersebut & memiliki sistem penghargaan.
    ... baca kelanjutan tulisan ini di www.hukum-kesehatan.web.id

  5. #5
    Junior Member kazuya's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    446
    Rep Power
    6

    Re: Mal Praktek...

    terimakasih atas infonya....

    sayangnya anak teman saya sudah meninggal...
    dan teman saya memilih untuk mengiklaskannya...

  6. #6
    Senior Member may leonar's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Tanah Impian
    Posts
    1,538
    Rep Power
    7

    Re: Mal Praktek...

    Wajib ditindak secara hukum,
    Wajib ditutup,
    Pelaku dihukum seberat-beratnya
    Jgn pernah pergi ke t4 mal praktek,
    hati2lah selalu
    -> May Leonard <-
    "Charity suffereth long, and is kind"

  7. #7
    Junior Member kazuya's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    446
    Rep Power
    6

    Re: Mal Praktek...

    Quote Originally Posted by may leonar View Post
    Wajib ditindak secara hukum,
    Wajib ditutup,
    Pelaku dihukum seberat-beratnya
    Jgn pernah pergi ke t4 mal praktek,
    hati2lah selalu
    hmmm...terimakasih...
    tapi masalahnya itu di rumah sakit umum,
    cuma dokter itu yang mampu,
    jadi yaaaa...mau gimana lagi...
    temen saya dah iklas kok...

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    9
    Rep Power
    0

    Re: Mal Praktek...

    Quote Originally Posted by kazuya View Post
    hmmm...terimakasih...
    tapi masalahnya itu di rumah sakit umum,
    cuma dokter itu yang mampu,
    jadi yaaaa...mau gimana lagi...
    temen saya dah iklas kok...
    kalau boleh tahu bagaimana kasusnya, setidaknya kita bisa belajar dari kejadian yang ada, apakah itu satu kasus malpraktek, atau memang suatu komplikasi dari penyakit, sehingga minimal kita bisa memberikan suatu perubahan baik itu berupa pemikiran atau tindakan untuk terlaksananya pelayanan kesehatan yang lebih baik, terima kasih sebelumnya

  9. #9
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,753
    Rep Power
    9

    Re: Mal Praktek...

    masyarakat kita adalah masyarakat yg 'nrimo'... kalo di negara eropa ato amrik pasti uda diusut tuntas tuh.

  10. #10
    Junior Member kazuya's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    446
    Rep Power
    6

    Re: Mal Praktek...

    Quote Originally Posted by dwimed View Post
    kalau boleh tahu bagaimana kasusnya, setidaknya kita bisa belajar dari kejadian yang ada, apakah itu satu kasus malpraktek, atau memang suatu komplikasi dari penyakit, sehingga minimal kita bisa memberikan suatu perubahan baik itu berupa pemikiran atau tindakan untuk terlaksananya pelayanan kesehatan yang lebih baik, terima kasih sebelumnya
    Quote Originally Posted by syx View Post
    masyarakat kita adalah masyarakat yg 'nrimo'... kalo di negara eropa ato amrik pasti uda diusut tuntas tuh.
    kasusnya terlihat simple aja pada awalnya...
    anak (Danny,5thn) kawan saya (ganda) tumbuh normal saja,
    semua terlihat baik2 saja, makanan yang diberikan ganda dan istri juga
    tergolong normal...sayur iya, buah2an juga iya...pendek kata
    terpenuhi gizinya...
    yang jadi masalah anak ini susah buang air besar, agak keras dan sedikit...
    awalnya dianggap biasa saja oleh ganda, seperti biasa, mungkin kurang yang berserat makanannya, tapi kalo menilik makanan yang sering disajikan ya tidak juga....
    susah buang air besar bukan berarti anak ini bertubuh gemuk, atau bahkan buncit karena makanan tidak terbuang dengan sempurna...

    akhirnya danny dibawa ke dokter oleh ganda...
    dokter bilang ada masalah dengan usus/lambungnya, usus/lambung tidak bisa menyerap dengan sempurna makanan yang masuk dan hal ini
    adalah hal yang lazim terjadi pada anak2 usia Danny di jaman yang serba makanan instant.
    akhirnya diputuskan dilakukan operasi pada usus Danny...
    dokter yang menangani Danny adalah 1 dari 10 dokter spesialis terbaik di indonesia dalam menangani panyakit anak...luar biasa dong...

    operasi dilakukan, usus yang tidak berfungsi dipotong.
    selama beberapa bulan, +/- 4 bulan, lambung/usus danny diistirahatkan.
    jadi otomatis danny buang air besar tudak melalui (maaf) pantat/dubur.

    setelah tiba saatnya, dilakukanlah penyambungan...
    di sinilah awal semua masalah...
    ternyata terjadi kebocoran dan itu harus diperbaiki, jadi operasi lagi...
    begitu terus hingga 4-5 kali (saya lupa tepatnya) operasi...
    namun selama terjadinya "bongkar-pasang" itu, pendarahan terus menerus terjadi, sampai akhirnya stok darah manusia yang ada di tempat kami bekerja habis...kurang lebih 20an orang, hampir 2-3hari sekali...

    danny tidak bisa makan,
    hanya disupport dari infus,
    sampai akhirnya tubuh danny tinggal kulit membalut tulang,
    sampai akhirnya lubang bekas operasi tidak bisa dijahit lagi dan meninggalkan lubang sebesar lobang donat...
    dan pendarahan terus terjadi...karena terjadi infeksi...
    tubuh dannypun memerah akan terjadinya luka dan iritasi
    rambut danny rontok...
    tidak bisa bicara cuma mengerang dan mata cekungnya yang bergerak2 meberi tanda...

    selama 1 bulan danny di ruang ICU yang gak jelas kesterilannya...
    danny di rawat di RSU daerah...
    bukan ganda tidak mau memberikan yang terbaik,
    tapi RS swasta di propinsi inipun menjadikan RSU ini rujukan...
    jangan lupa bahwa dokter yang menangani adalah 1 dari 10 dokter terbaik dalam masalah ini...

    kami (teman2 ganda) gak ngerti apa ini mal praktek atau bukan...
    semua teman saya yang dokter bila saya menanyakan hal ini beragumen tentang banyak hal, yangsaya juga gak ngerti intinya...

    ganda boleh saja tidak menuntut dan menerima...
    tapi kami tidak begitu saja...
    makanya saya mencari tahu hal ini, cuma untuk berbagi...

    terimakasih untuk perhatiannya...
    saya akan sampaikan keprihatinan teman2 ke ganda,
    semoga ini menjadi hikmah untuk kita semua...
    GBU

Page 1 of 7 1234567 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0