Page 6 of 7 FirstFirst 1234567 LastLast
Results 51 to 60 of 64

Thread: Citra Polisi.....


  1. #51
    Senior Member anoew's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Sumsel
    Posts
    728
    Rep Power
    7

    Re: Citra Polisi.....

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    Gila ya...., berarti hampir rata2 kejadian seperti itu yang ada di berita2 semuanya hanya rekayasa aja kali ya...? Walaupun mungkin ada kalanya hal itu memang bisa aja benar kejadiannya...
    Mungkin polisi itu ingin mencoba keahliannya di dalam menembak kali ya? Karena kan selama ini hanya latihan saja tanpa adanya target sungguhan... Jadinya..., yah begitulah..... mungkin....
    Mungking benar tapi pasti gk semuanya begitu, karena biasanya polisi tingkat 'yunior' yg melakukan eksekusi atas instruksi komandan lapangan. Entah apa maksudnya, mungkin semacam pencapaian kepuasan jika bisa menangkap penjahat kambuhan atau TO yg dimaksud berikut dengan target tembakan. Sekali lagi, meskipun sebenarnya yg bersangkutan telah terkepung atau bahkan tidak bermaksud melarikan diri. Ini menurut Security Officer kami yg bertugas di BC.
    ~ Poison don't eat ~

  2. #52
    Newbie
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    kolong tol ampera
    Posts
    48
    Rep Power
    0

    Re: Citra Polisi.....

    Quote Originally Posted by anoew View Post
    Kebetulan kejadian gk jauh dari tempat saya, malam hari kira2 jam 23-an. Berjarak beberapa meter dari basecamp terdengar keributan dan diselingi suara memelas, 'ampun.., jangan pak..., jangan...' Ingin tahu apa yg terjadi, sebagian penghuni camp termasuk saya bermaksud melihat apa yg sebenarnya terjadi.

    'Stop! Jangan mendekat pak.., nanti bisa kena peluru nyasar...!', terdengar suara di depan sambil menggelandang seseorang dengan kasar.. Tak lama kemudian terdengar suara letusan. Dan setelah terkulai, orang itu diseret begitu saja ke mobil kijang station yg baru kami sadari kemudian kehadirannya karena diparkir agak jauh dari TKP. Saya dan 2 orang teman yg melihat itu hanya tertegun, gk menyangka bisa melihat 'keajaiban' sedekat itu..

    Didapat keterangan dari istri yg bersangkutan, suaminya dicurigai sebagai tersangka pencurian kendaraan bermotor di palembang 2 minggu yg lalu. Dia hanya bisa pasrah. Tapi yg gk bisa diterima oleh sang istri dan kami juga, kenapa pula harus ditembak lututnya, padahal yg bersangkutan tidak bermaksud melarikan diri??

    Hebatnya di harian lokal yg terbit besok paginya, ada berita tentang suksesnya polisi menangkap tersangka pencurian kendaraan bermotor, yg melakukan perlawanan. Dikarenakan terdesak, polisi terpaksa melepaskan tembakan yg untungnya, hanya mengenai kaki..

    Tragis..
    saya tidak ingin membela Polisi an sich tetapi saya hanya ingin segala seuatu hendaknya proporsional alias pada tempatnya.

    a. Akibat terbukanya arus informasi terlihatlah bahwa Polisi atawa Polri pada saat ini sedang menempati posisi yg istimewa, kalo dibandingkan dengan Amerika Polri adalah gabungan dari Police Department ( yg ada pada setiap kota) digabung dngan FBI, DEA dan itu msh belum cukup, Polri masih punya tugas tambahan sbg, pengawas aliran kepercayaan, pengamanan Kereta APi dll. Sehingga amatlah kurang adil kalo polisi Indonesia dibandingkan dengan rekannya yang di AS.

    b. Masih sbg akibat keterbukaan terutama maka orang cenderung utk lebih bisa menerima berita yg kontroversial,

    Dan yang situasi tsb dimanfaatkan sepenuhnya oleh pelaku kejahatan untuk memperoleh simpati masyarakat

  3. #53
    Senior Member anoew's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Sumsel
    Posts
    728
    Rep Power
    7

    Re: Citra Polisi.....

    Quote Originally Posted by blahkioeh View Post
    saya tidak ingin membela Polisi an sich tetapi saya hanya ingin segala seuatu hendaknya proporsional alias pada tempatnya
    Nah, singkat saja, saya mau nanya. Menurut bro blahkioeh { susah amat seh IDnya.. }, proporsionalkah tindakan petugas itu terhadap buruannya??

    Saya quote lagi: kenapa pula harus ditembak lututnya, padahal yg bersangkutan tidak bermaksud melarikan diri??
    ~ Poison don't eat ~

  4. #54
    Newbie erwin_pikko's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Genteng, Banyuwangi
    Posts
    18
    Rep Power
    0

    Re: Citra Polisi.....

    citra di kota mungkin baik. tapi disini kurang baik deh.. aku yang buka usaha toko aja sering diminta sumbangan.. beberapa teman malah kena palak..
    kalau gak diberi keamanan kurang terjamin...laporan dicuekin..

  5. #55
    Newbie
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    kolong tol ampera
    Posts
    48
    Rep Power
    0

    Re: Citra Polisi.....

    Quote Originally Posted by anoew View Post
    Nah, singkat saja, saya mau nanya. Menurut bro blahkioeh { susah amat seh IDnya.. }, proporsionalkah tindakan petugas itu terhadap buruannya??

    Saya quote lagi: kenapa pula harus ditembak lututnya, padahal yg bersangkutan tidak bermaksud melarikan diri??
    Yang saya maksudkan dng proporsional dlm kasus diatas adalah kita harus melihat en mendengar dari semua sisi sebelum sampai pada kesimpulan bahwa dia telah ditembak (!) bukankah mungkin sekali yg si tersangka tersebut sudah langganan Polisi dan sudah dikenal sbg org yg banyak kawanannya serta suka nekat? sedangkan dipihak lain pertimbangan polisi tsb adalah efisiensi dan keselamatan nyawanya sendiri. Sori saya tidak membela polisi hanya menyarankan utuk bersikap hati-2 en bijaksana sebelum tiba pada putusan utk mengumumkan bahwa si A itu jelek/jahat or deelel . piss!

  6. #56
    Beginner Toha's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    78
    Rep Power
    7

    Re: Citra Polisi.....

    Berikut ini ada berita tentang vonis yang dijatuhkan pengadilan thd kapolsek yang ketangkap nyabu, yaitu selama 7 bulan. Kok sebentar sekali ya....? Gak keringanan tuh...?

    Kapolsek Nyabu Divonis 7 Bulan
    Rabu, 10 September 2008 | 13:19 WIB
    BANDUNG, RABU - AKP Endang Rudianes, mantan Kapolsekta Bogor Utara, yang didakwa memiliki, menyimpan dan memakai psikotropika jenis sabu-sabu dipidana tujuh bulan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Bandung, Rabu.

    Putusan majelis hakim yang dipimpin Hakim Ketua Arsil Marwan, SH, itu lebih rendah tiga bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Pintauli, SH yang dalam persidangan sebelumnya menuntut terdakwa Endang 10 bulan penjara.

    Dalam persidangan hakim mengatakan, berdasarkan fakta sidang dan keterangan dua saksi, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar pasal 60 Undang Undang No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika.

    Dalam nota putusan, hakim mengatakan, yang memberatkan hukuman terdakwa, yakni terdakwa tidak mengindahkan program pemerintah dalam rangka memberantas narkoba, sebagai Kapolsekta yang notabene penegak hukum tidak memberikan contoh yang baik.

    Hal yang meringankan, kata hakim, terdakwa sudah mengabdi sebagai anggota Polri selama 22 tahun dan menyesali perbuatannya. Usai diputus tujuh bulan penjara, terpidana yang berbaju koko putih langsung menyatakan pikir-pikir atas vonis tersebut.

    Sementara itu, dalam kesempatan terpisah Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Dade Achmad mengatakan, Polda Jabar akan memecat AKP Endang Rudianes. Hal itu, kata dia, karena sesuai aturan bila ada anggota Polri yang melakukan tindak pidana dan divonis tiga bulan satu hari secara otomatis yang bersangkutan akan dipecat.

    "Kami belum menerima salinan putusan PN Bandung maupun ketetapan hukum yang sudang incrach (inkrah) lainnya yang menyatakan hukuman yang bersangkutan lebih dari tiga bulan, namun sesuai aturan bisa saja langsung dipecat," katanya.

    ABI
    Sumber : Ant

  7. #57
    Senior Member WawanPri's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Darkness
    Posts
    1,457
    Rep Power
    8

    Re: Citra Polisi.....

    Payah memang kalo penegak hukum malah yang mencari celah hukum untuk kepentingan oknum semata. Memang istilah "preman dikasih seragam" mungkin cocok untuk memberi citra terhadap oknum polisi tersebut.
    pada bulan bintang dan matahari


  8. #58
    Contributor
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    2,241
    Rep Power
    10

    Re: Citra Polisi.....

    ada yg bilang polisi setan ke sebelas....
    inget kasus rian si penjagal manusia...nah pembunuh asrori alias mr. X kan menurut pengakuan rian dialah yg membunuh, nah polisi knp bisa slh tangkap???
    kyknya polisi cuma mengejar target, cepat dapet target (meski bukan target yg sebenarnya) maka cepat naek jabatan... biar di anggap bisa kerja...

  9. #59
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Re: Citra Polisi.....

    Semoga citra polisi semakin membaik & bisa bersahabat bahkan bisa melindungi rakyat, namun tetap waspada & tegas terhadap penjahat.
    Majulah Polisi Indonesia yang Budiman....

    Demi Tingkatkan Citra, 4.700 Polantas Jalani Tes Psikologi
    Jumat, 24 Oktober 2008 | 05:02 WIB
    JAKARTA, KAMIS - Polisi lalu lintas (polantas) harus humanis tetapi tegas. Bagi polantas yang memiliki sifat buruk seperti arogan, diminta minggir untuk ditempatkan di bagian yang cocok, misalnya menjadi staf.
    Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Condro Kirono saat di temui disela-sela kegiatan tes psikologi di aula TMC, Kamis (23/10) mengatakan, untuk memenuhi kriteria tersebut, sebanyak 4.700 polantas di wilayah hukum Polda Metro Jaya menjalani tes psikologi.

    Tes dilakukan secara bertahap mulai pekan ini. Tahap awal diikuti 1.500 polantas. "Kita tidak main-main, jika hasil psikotesnya menunjukkan prilaku yang kurang baik, kita akan evaluasi, cocoknya ditempatkan di mana, apakah di lapangan atau menjadi staf," ujar Condro.

    Menurut Condro, program ini dilakukan sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri. "Tujuan akhirnya kami ingin meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan menjadikan polantas yang humanis tapi tegas," ujarnya.

    Menurut Condro, tes ini dilakukan karena masih banyak keluhan dari masyarakat terkait perilaku Polantas di lapangan. Masyarakat menilai, polisi lalu lintas selalu arogan, tidak simpatik, bahkan kerap berbuat sewenang-wenang. "Dengan tes ini diharapkan kita bisa mengetahui
    bagaimana sesungguhnya sikap, sifat mereka di lapangan selama ini," ujar mantan Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur ini.

    Polisi yang hasil tesnya sesuai kriteria akan diterjunkan dalam Operasi Citra Pelayanan Polantas yang akan dimulai 3 Nopember mendatang. "Kita sebar ke lapangan, tapi kita awasi perilakunya di lapangan, ada perubahan apa tidak" katanya.

    Brigadir Dua Siswanto anggota Brigade Motor (BM) Polda Metro Jaya mengaku pusing menjawab soal-soal yang diujikan. "Saya terakhir ikut psikotes pas masuk polisi 13 tahun lalu, pusing juga nih," ujar Siswanto sambil menarik napas panjang. Condro mengatakan, Polantas yang baik seharusnya bisa mengayomi, menjalani tugas dengan baik, emosi harus labil, ramah dan sopan.

    Secara terpisah, Koordinator Traffic Management Centre (TMC) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Sambodo menambahkan, tujuan lain dari psikotes ini untuk menekan pelanggaran yang dilakukan polantas. Misalnya pungli ataupun protes dari masyarakat
    karena ulah polisi yang arogan.

    WID
    kendalikanlah dirimu
    sebelum mengendalikan orang lain

  10. #60
    Junior Member ceklapceklap's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    115
    Rep Power
    7

    Re: Citra Polisi.....

    apa selama ini tersangka atau buron yang kakinya ditembak itu melarikan diri. Jawabannya tidak. itu hanya rekayasa polisi saja. (muncul di berita karena melarikan diri, nah ini kenapa bisa terjadi seperti. ada apa antara polisi dengan media?) karena selama ini polisi masih senang bermain kayu. untuk membuat sebuah pengakuan saja, polisi harus menghajar hingga babak belur. Bagaimana orang tidak tertekan kalau sudah dihajar demikian. kebetulan teman saya pernah ditangkap dan terkena kurungan satu tahunan. dia bercerita begitu tertangkap di kantor polisi menjadi makanan polisi untuk dihajar.

    begitu juga kasus salah tangkap, polisi enggan untuk MINTA MAAF. yang akan dilakukan polisi, seperti kata kapolri, akan evaluasi ke dalam. ya beginilah kalau merasa punya kekuasaan sehingga bisa semena-mena

Page 6 of 7 FirstFirst 1234567 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0