Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13

Thread: Info Banjir Jakarta [Update Terus]


  1. #1
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Info Banjir Jakarta [Update Terus]

    Hujan Menggila, Bundaran Indosat Bak Lautan




    Hujan deras di Jakarta pagi ini membikin banjir di mana-mana. Di jalan protokol seperti Jalan Sudirman dan MH Thamrin, banjir tak dapat dielakkan. Tak cuma sekitar Bundaran HI saja yang mirip kolam, di Bundaran Indosat juga seperti lautan.

    Informasi yang dihimpun merdeka.com, Kamis (17/1), kawasan Bundaran Indosat yang terletak di Jl MH Thamrin banjir. Sekeliling Bundaran Indosat dipenuhi air sehingga bak lautan.

    Sementara di Jalan Sudirman, tepatnya di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, banjir juga menggenang sepanjang jalan. Aktivitas di Jakarta pagi ini diprediksi lumpuh total.

    Tak cuma di Thamrin dan Sudirma, terdapat sekitar 29 titik banjir di seluruh wilayah Jakarta dari puluhan hingga lebih dari 100 centimeter.

    SUMBER
    Banjir di Sudirman-Thamrin, Banyak Karyawan Balik Kanan



    Jalan protokol di Jakarta Thamrin dan Sudirman juga mengalami banjir parah pagi ini, terutama di sekitar Bundaran Hotel Indonesia dan Bundaran Indosat. Akibatnya, banyak karyawan yang berkantor di kawasan tersebut balik kanan.

    "Kita pulang saja, pasti pada nggak masuk ini," ujar salah seorang karyawati di jembatan penyeberangan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (17/1).

    Pantauan merdeka.com, beberapa karyawan mengaku hendak pulang lantaran banyak rekan kerja mereka yang juga tidak bisa masuk kerja lantaran kejebak banjir. Banyak di antara mereka juga tampak sibuk menelepon keluarganya untuk menanyakan kondisi rumah.

    "Ini saya sedang nelpon keluarga di rumah," ujar salah seorang karyawan yang khawatir dengan kondisi rumahnya saat ditinggal kerja.

    Pantauan merdeka.com, banjir di Bundaran HI sekitar 50 cm, dan lebih parah dibanding banjir di HI beberapa waktu lalu.

    SUMBER

    Tol Bandara Arah Pluit Terputus



    Hujan deras yang melanda Jakarta pagi ini membuat beberapa ruas jalan terputus. Tak hanya di jalan arteri, lalu lintas di tol pun demikian.

    Dikutip dari situs TMC Polda Metro Jaya, Kamis (17/1), genangan terpantau di kilometer Tol Bandara arah Pluit.

    "Jalur bawah tidak bisa dilintasi kendaraan," demikian dikutip dari TMC Polda Metro Jaya.

    Selain itu, lalin di Grogol juga sudah benar-benar tidak bisa dilintasi kendaraan. Warga yang ingin melintas ke Grogol diminta mencari alternatif lain.

    Demikian juga di sekitar MH Thamrin hingga menuju Monas. Genangan air tepat di depan Sarinah dan Patung Kuda Indosat bak sebuah kolam.

    SUMBER
    Ini Penampakan Banjir Dahsyat di Bundaran HI - Jl Sudirman



    Banjir di Jakarta tak hanya melumpuhkan daerah pinggiran, tapi juga jantung Ibukota. Ikon Jakarta yaitu Bundaran HI dan jalan yang mengakses kepadanya yaitu Jl Sudirman dan Jl MH Thamrin, juga terputus.

    Bus TransJ berwarna oranye tampak antre tepat di sekitar air mancur Bundaran HI, Kamis (17/1/2014). Sementara kendaraan terpusat di jalan-jalan yang agak tinggi, yang banjirnya tidak terlalu dalam. Hal itu tergambar di foto pembaca Aulia Shina yang mengambil pemandangan dari ketinggian gedung pencakar langit.

    Suasana serupa juga terjadi di Jl MH Thamrin. Kendaraan tidak bisa melintas karena air yang cukup tinggi di sekitar Sarinah. Tak cuma jantung Jakarta ini yang kebanjiran. Kantor Gubernur Jokowi dan kantor Presiden SBY juga banjir sebetis.

    SUMBER
    Pesan TS: Diharapkan untuk hanya memposting info-info terkini tentang banjir Jakarta dan sekitarnya. Terima Kasih
    Last edited by FW1983; 17-01-13 at 11:29 AM.

  2. #2
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Re: Info Banjir Jakarta [Update Terus]

    Pintu Air Manggarai Capai 1.020 Cm, Istana Siap Hadapi Banjir




    Ketinggian air di pintu air Manggarai melampaui batas siaga 1. Istana Negara terancam kebanjiran.

    "Tinggi muka air di Manggarai 1.021 cm, presiden bersiap istana terendam banjir," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kepada detikcom, Kamis (17/1/2013).

    Sutopo menuturkan, tinggi muka air Sungai Ciliwung terus naik. Pada pukul 09.00 WIB di Manggarai terukur 1.020 cm. Jauh di atas batas Siaga I yaitu 950 cm.

    "Dengan kondisi demikian maka wilayah Jakarta yang terendam banjir makin meluas. Ini ditambah dengan banyak titik-titik genangan dan banjir yang merata di Jakarta," kata Sutopo.

    Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah melaporkan perkembangan terkini kepada Presiden RI pada pukul 09.10 WIB mengenai ancaman banjir dan upaya penanggulangannya. Dengan tinggi muka air 1.020 cm maka kemungkinan debit sungai Ciliwung sebagian dialihkan ke Sungai Ciliwung lama.

    "Jika tidak maka dikhawatirkan tanggul Kanal Banjir Barat dapat jebol dan banjir makin meluas. Presiden menyampaikan, tidak masalah Istana terendam banjir. Yang penting masyarakat terlindungi. Lakukan upaya penanggulangan banjir dengan mengerahkan seluruh potensi nasional yang ada. Tetap semua mendukung Pemda DKI dan memberikan pendampingan. Untuk nasional semua di bawah kendali Kepala BNPB. Pantau terus perkembangan dan laporkan ke Presiden upaya penanggulangannya," kata Sutopo.

    Posko nasional penanggulangan banjir Jakarta dan sekitarnya telah ditetapkan di Kantor Kementerian PU, Jakarta. Siang ini pukul 10.00 Wib, Kepala BNPB melakukan rapat dengan Gubernur DKI, Jokowi, di Balai Kota untuk berkoordinasi melakukan penanggulangan banjir.

    Update tinggi muka air sunga-sungai lain pada pukul 09.00 WIB:

    Katulampa 100cm (siaga III)
    Depok 230cm (siaga III);
    Angke Hulu 115cm (siaga IV);
    Pesanggrahan 135cm (siaga IV);
    Krukut Hulu 150cm (siaga IV);
    Cipinang Hulu 130cm (siaga IV);
    Sunter Hulu 90cm (siaga IV);
    Karet 730cm (siaga 1);
    Pulogadung 710cm (siaga II);
    Pasar Ikan 180cm (siaga II)

    SUMBER
    Stasiun Tanah Abang Terendam Banjir, KRL Hanya Sampai Palmerah



    Banjir melumpuhkan arus kereta api dari Serpong menuju Jakarta. Ratusan penumpang terlantar.

    "KRL hanya sampai ke Palmerah," kata seorang penumpang, Nina (27) kepada detikcom, Kamis (17/1/2013).

    Meski bisa dilalui tetapi juga tidak sesuai jadwal seperti biasanya. Umumnya kereta mengalami keterlambatan hingga 1 jam.

    "Beberapa titik rel tertutup genangan air," ujar karyawan di bilangan Sudirman ini.

    Akibat rel yang tidak bisa dilalui, maka terjadi penumpukan penumpang. Sebagian besar memilih menggunakan ojek untuk menembus hujan menuju kantornya. Hujan rintik-rintik masih mengguyur. Nina sendiri hanya bisa sampai ke Stasiun Palmerah dan masih menunggu alternttif menuju kantornya.

    SUMBER
    Pengumuman! Banjir Menggila, Bus TransJ Stop Operasi



    Banjir melumpuhkan Ibukota. Semua bus TransJakarta dihentikan sementara untuk melayani penumpang.

    "Semua koridor tidak dioperasikan," kata Kepala BLU TransJakarta, M Akbar, kepada detikcom, Kamis (17/1/2013).

    Akbar mengatakan bus TransJakarta awalnya masih melayani penumpang sejak pagi tadi.

    "Penghentian operasi dilakukan bertahap mulai dari koridor III (Kalideres-Harmoni), koridor VIII (Harmoni-Lebak Bulus), dan sekarang semua tidak dioperasikan termasuk koridor XI Pulo Gadung-Kampung Melayu)," kata Akbar.

    Menurut Akbar, petugas bus TransJakarta akan memberitahukan kepada semua penumpang atas tidak beroperasinya bus TransJakarta ini.

    "Tiket juga tidak dijual. Kita hentikan karena banjir sudah mencapai 40 centimeter. Bahaya dan dikhawatirkan masuk ke mesin. Namun, sampai saat ini belum ada armada yang rusak karena banjir," kata Akbar.

    SUMBER
    Banjir, jalur Tanjung Duren-Kemanggisan terputus




    Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Kamis (17/1) dini hari mengakibatkan sebagian ruas jalan terendam banjir. Salah satunya di ruas jalan Kemanggisan Raya, Palmerah, Jakarta Barat.

    Banjir setinggi hampir 80 cm mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Tanjung Duren menuju Kemanggisan Raya menjadi terhambat. Begitu pula arah sebaliknya.

    Dari pantauan, sebagian kendaraan, seperti motor memilih memutar arah. Mereka tidak ingin kendaraannya mogok karena kemasukan air.

    "Saya milih muter aja deh, ga berani kalau lewatin banjir, takut mati motornya," kata Yanto, pengendara motor yang melintas dari Tanjung Duren menuju Palmerah, Kamis (17/1).

    Untuk menghindari motornya mogok saat melintasi banjir, sebagian pemilik motor memilih menaikan motornya ke atas gerobak.

    "Biarin bayar Rp. 25 ribu, yang penting motor aman," ujar Harun yang menaikan motornya ke atas gerobak penyebrangan.

    SUMBER
    Last edited by FW1983; 17-01-13 at 11:46 AM.

  3. #3
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Re: Info Banjir Jakarta [Update Terus]

    Banjir, Semua Koridor Transjakarta Lumpuh




    Transportasi umum andalan warga Jakarta, transjakarta, untuk sementara tidak beroperasi di semua koridor. Hal ini disebabkan oleh genangan air berada hampir di semua ruas jalan yang dilalui oleh transjakarta.

    "Untuk sementara, semua bus tidak beroperasi di semua koridor. Ada sebagian ruas jalan di masing-masing koridor yang tergenang air sehingga tidak bisa dilalui oleh bus," kata Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta Muhammad Akbar saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (17/1/2013).

    Dia melanjutkan, koridor I Transjakarta arah Blok M-Kota terhalang genangan air di Thamrin, koridor II arah Pulo Gadung-Harmoni terhalang genangan di Pulo Mas dan sebagian ruas jalan lainnya. Adapun koridor III arah Kalideres-Pasar Baru merupakan koridor yang mengalami banjir paling parah, yaitu di Daan Mogot, Dispenda, dan Rawa Buaya.

    Koridor IV arah Pulo Gadung-Duku Atas, kata Akbar, terhalang banjir di Matraman dan Manggarai. Koridor V arah Ancol-Kampung Melayu terhambat genangan air di Pedongkelan Ancol dan sekitar Kampung Melayu yang tidak bisa dilalui transjakarta. Koridor VI arah Duku Atas-Ragunan terhalang genangan air di Ragunan sehingga kendaraan tidak bisa melintas di ruas jalan tersebut.

    Koridor VII arah Kampung Melayu-Kampung Rambutan tergenang air di ruas jalan Kampung Melayu sepanjang Otista. Adapun koridor VIII arah Lebak Bulus-Harmoni tak bisa dilalui transjakarta karena juga melalui jalan-jalan di Daan Mogot yang terpantau banjir.

    Akbar melanjutkan, koridor IX arah Pinang Ranti-Pluit tidak dapat dilalui karena genangan air di Grogol yang tingginya hampir 80 sentimeter. Koridor X arah Tanjung Priok-Cililitan tak dapat dilalui karena genangan air di Plumpang dan Kebon Nanas. Terakhir, koridor XI arah Kampung Melayu-Wali Kota Jakarta Timur tak dapat beroperasi karena genangan air di ruas jalan Otista.

    Akbar mengatakan, pihak Transjakarta belum mengetahui berapa lama armada mereka tidak beroperasi. Transjakarta akan kembali beroperasi saat ruas-ruas jalan yang tergenang air sudah surut dan bisa dilalui bus.

    SUMBER
    Lingkungan Istana Kepresidenan Terendam Banjir



    Banjir benar-benar mengepung Jakarta. Istana Kepresidenan di kawasan Jl Medan Merdeka, Jakarta, tak luput dari banjir.

    Berdasarkan foto yang dikirim oleh Biro Humas Istana Negara, Kamis (17/1/2013), pukul 10.15 WIB, komplek Istana negara telah terendam banjir. Ketinggian air di lingkungan Istana Negara hampir mencapai lutut orang dewasa.

    Akibat banjir ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunda sejumlah acara penting di Istana Negara. Salah satunya pertemuan penting dengan Presiden Argentina
    Cristina Fernandez De Kirchner.

    Masuknya air ke lingkungan Istana Negara karena terus naiknya pintu air Manggarai. Ketinggiant erakhir melampaui 1000 cm.

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memang telah melaporkan potensi banjir di Istana Negara. Melalui BNPB, Presiden juga telah menyatakan siap menghadapi banjir.

    SUMBER
    Depan Gedung BCA Sudirman Banjir 80 cm



    Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi, mengakibatkan kawasan Bundaran HI terancam lumpuh. Di depan Gedung BCA Sudirman, banjir sudah setinggi 80 cm.

    Pantauan merdeka.com di lokasi, Kamis (17/1), kendaraan baik dari Semanggi ke arah Monas maupun sebaliknya terjebak macet total di sepanjang jalan protokol tersebut. Hujan intensitas rendah masih mengguyur kawasan tersebut.

    Ketinggian air di Jalan Sudirman-Thamrin makin merangkak naik, karena sungai kawasan tersebut sudah tidak mampu menampung debit air.

    Busway Koridor I ditutup
    Sedangkan di shelter busway Tosari sudah terjadi penumpukan penumpang. Petugas shelter busway itu sudah menggratiskan penumpang, Transjakarta Koridor I sudah tidak bisa melintasi daerah tersebut karena kemacetan dan banjir yang makin parah.

    Di badan jalan itu, motor-motor banyak yang mogok karena nekat melintasi banjir tersebut. Petugas kepolisian masih terus mencoba mengatur kendaraan yang mencoba melintasi kawasan itu.

    Sedangkan, akibat hujan deras yang terus mengguyur kawasan Puncak, Bogor dan sekitarnya membuat debit air di Bendungan Katulampa Bogor terus mengalami kenaikan, terhitung sejak pukul 08.00 WIB. Ketinggian air tercatat 80 cm atau siaga 4, namun pukul 09.30 WIB kembali naik setinggi menjadi 100 cm atau siaga 3.

    Andi Sudirman, penjaga pintu Bendungan Katulampa Bogor mengatakan luapan ini akan terus terjadi, jika aliran air yang mengalir dari puncak dalam kurung waktu 4 jam menuju katulampa deras.

    "Untuk itu bagi warga jakarta untuk selalu waspada dan berhati-hati terutama yang tinggal di pinggir aliran sungai Ciliwung lantaran luapan air tersebut akan masuk ke wilayah Jakarta dalam kurun waktu delapan jam," ungkap Andi.

    SUMBER

    Banjir di Basement Plaza UOB Bagai Tsunami yang Menyeramkan



    Banjir di Jl MH Thamrin, Jakarta, memendam basement Gedung Plaza UOB. Petugas Parkir Abdul Hakim yang selamat setelah berjam-jam terjebak di basement 1 gedung tersebut berbagi cerita.

    Sekitar pukul 09.00 WIB air mulai memasuki basement Plaza UOB. Namun pengelola gedung belum memerintahkan semua karyawan untuk evakuasi diri dan mobil-mobil di dalamnya.

    "Awalnya air masuk biasa setinggi mata kaki. Jadi gedung memasang bak pasir supaya air tidak masuk. Tapi tiba-tiba air masuk sangat kencang seperti tsunami kuat banget, saya langsung terseret dan menabrak mobil-mobil yang masih terparkir," kisah Abdul Hakim yang terjebak banjir di basement 1 Gedung Plaza UOB di Jl MH Thamrin, Jakarta, Kamis (17/1/2013), sejak pukul 09.30 WIB.

    Abdul Hakim baru bisa menghirup udara bebas setelah ditolong tim seadanya sekitar pukul 14.00 WIB. Dia masih shock berat tubuhnya terhempas air cokelat gelap yang saat ini sudah menenggelamkan semua basement Plaza UOB.

    "Awalnya saya mau menyelamatkan dua orang lainnya mas, dua orang cleaning service. Tapi saya nggak bisa, talinya nggak sampai. Mereka berdiri di atas mobil, tapi terhempas ke basement 2," kata Abdul Hakim lirih.

    Abdul Hakim yang sehari-hari bekerja di perusahaan Auto Parking di basement Plaza UOB itu pun kini tengah menjalani pengobatan. Badannya kesakitan dihempaskan banjir menabrak mobil-mobil yang terparkir di dalamnya.

    Sementara proses evakuasi sampai saat ini masih terus berlangsung. Pihak pengelola gedung belum melibatkan tim SAR dalam evakuasi ini.

    SUMBER
    Last edited by FW1983; 17-01-13 at 03:20 PM.

  4. #4
    Senior Member anaktasik's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    tasikmalaya
    Posts
    1,195
    Rep Power
    0

    Re: Info Banjir Jakarta [Update Terus]

    baru tahu juga saya kalau masalah banjir di Indonesia amat terlampau parah,

  5. #5
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,452
    Rep Power
    5

    Re: Info Banjir Jakarta [Update Terus]

    yup semoga segera tertangani...

    Quote Originally Posted by sanjaya92 View Post
    ...
    semoga cepat ada penyelesaiannya ja buat neh banjir !!

  6. #6
    Junior Member omegastore's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    www.omegastoreindo.com
    Posts
    141
    Rep Power
    2

    Re: Info Banjir Jakarta [Update Terus]

    Bajirnya sangat parah lihat di berita-berita. Namun demikian, Kita harus tetap siaga, jangan sampai kebutuhan yang penting seperti: makanan, minuman, pakaian, obat-obatan, senter, uang pecahan kecil dan surat-surat berharga terlupakan. Sisanya serahkan kepada pemerintah dan patuhi instruksi mereka.
    Importir Flashdisk Imut, Barang Promosi, dan Aneka Fashion
    My Profile | My Business Site

  7. #7
    Beginner yuzz3n's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    75
    Rep Power
    0

    Re: Info Banjir Jakarta [Update Terus]

    Smoga saja banjir ini cepat berlalu.....


    Tips Menjaga Kesehatan Pada Saat Terjadi Banjir

  8. #8
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Re: Info Banjir Jakarta [Update Terus]

    Tanggul Kali Malang Jebol, Banjir Sudirman Terus Meninggi



    Banjir di Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) tak kunjung surut, bahkan terus meninggi. Hal ini lantaran salah satu tanggul Kali Malang, di sekitar Stasiun Sudirman, jebol.

    Tim dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat bahkan sudah menerjunkan im bersama satu perahu karet untuk mengevakuasi warga yang tinggal di perkampungan sekitar Tosari.

    Menurut salah seorang warga ada ratusan warga yang terjebak banjir. “Ini dari Posko Damkar Petamburan dan akan ada bantuan dari pos lain,” kata petugas seorang Pemadam Kebaran, di Jalan Sudirman, Kamis (17/1/2013).

    Akibat terus bertambahnya volume air dari arah dukuh atas, genangan di Bundaran HI terus bertambah. Genangan mencapai kurang lebih 1,5 meter. Beberapa orang yang terjebak banjir juga tampak dievakuasi menggunakan truk.

    Di seberang Grand Indonesia, terlihat tiga unit bus yang mogok yang teronggok di tengah banjir. Salah satunya Bus TransJakarta, Mayasari dan satu lagi bus berukuran sedang.

    SUMBER
    Tanggul jebol, ruas Jalan Latuharhari Menteng terendam

    Jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat(KBB) menyebabkan sejumlah ruas jalan Latuharhari Menteng terendam air.



    Seorang warga duduk memperhatikan arus banjir yang memasuki Jalan Latuharhari akibat jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat (KBB), Jakarta (17/1).




    Warga mendorong mobil yang terjebak arus banjir yang memasuki Jalan Latuharhari akibat jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat (KBB), Jakarta (17/1).




    Warga mendorong mobil yang terjebak arus banjir yang memasuki Jalan Latuharhari akibat jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat (KBB), Jakarta (17/1).




    Seorang warga duduk berusaha melewati arus banjir yang memasuki Jalan Latuharhari akibat jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat (KBB), Jakarta (17/1).




    Seorang warga duduk berusaha melewati arus banjir yang memasuki Jalan Latuharhari akibat jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat (KBB), Jakarta (17/1).


    SUMBER

    Mobil Super Mewah Rolls-Royce pun 'Berenang' di Banjir Thamrin!



    Mobil super mewah Rolls-Royce terjebak macet banjir di Jalan Thamrin, Jakarta. Bahkan air akhirnya masuk ke dalam mobil super premium yang berharga miliaran rupiah tersebut.

    Mobil milik warga Jakarta ini tertangkap kamera detikcom di depan Kedutaan Jerman, pukul 12.15 WIB, Kamis (17/1/2013). Pemilik bertukar tempat duduk dengan sopir.

    Bermodal sebuah boks plastik, sopir yang duduk di belakang membuang air dengan boks tersebut. Adapun pemilik duduk di kemudi. "Jangan foto ya," kata pemilik kendaraan super mewah dari Inggris ini menutupi mukanya dengan tablet.

    Banjir yang menyapu Jalan Thamrin pun menjadikan Rolls-Royce tak berkutik. Meski air memasuki kabin, tetapi mesin mobil Nopol B 21 B tetap menderu senyap.

    SUMBER
    Last edited by FW1983; 17-01-13 at 03:42 PM.

  9. #9
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    251
    Rep Power
    3

    Re: Info Banjir Jakarta [Update Terus]

    Quote Originally Posted by anaktasik View Post
    baru tahu juga saya kalau masalah banjir di Indonesia amat terlampau parah,
    indonesia atau jakarta?

  10. #10
    Newbie
    Join Date
    Nov 2010
    Posts
    3
    Rep Power
    0

    Re: Info Banjir Jakarta [Update Terus]

    Semoga cepat berlalu musibah ini, ekonomi lumpuh total

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0