Results 1 to 5 of 5

Thread: Inilah Komunitas Pecinta Burung Merpati Pos


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    196
    Rep Power
    0

    Inilah Komunitas Pecinta Burung Merpati Pos

    Lang-Lang Buana, Komunitas Merpati Tertua Indonesia


    Belanda tak sekadar dikenal sebagai penjajah di Indonesia. Negeri Kincir Angin ini ternyata merupakan tempat bercikal-bakalnya komunitas penggemar burung merpati pos di Indonesia.


    Semua bermula dari kegemaran anggota militer dan saudagar dari Belanda memelihara merpati pos. Ketika tiba di Indonesia di era kolonial, sebagian dari mereka membawa pula koleksi merpatinya. Selanjutnya, hobi itu terus berkembang di Indonesia dan belakangan ditiru pula oleh orang pribumi.

    Cerita ini disampaikan Karna Tjendera, kakek berusia 80 tahun, kepada Tempo, Jumat, 1 Maret 2013. Menurut engkong dengan empat cucu ini, kebiasaan memelihara merpati pos terus berkembang di Tanah Air meski Belanda sudah lama hengkang.

    Bahkan, organisasi penggemar merpati pos bentukan Belanda, Akbar Khan, yang beranggotakan orang-orang Belanda dan Indo Belanda di bawah kepemimpinan MeneerKransier, masih berkibar hingga 1950-an.

    Setelah satu per satu mereka kembali ke negara asal, "Koleksi burung mereka dijual ke orang-orang Indonesia," kata Karna. Bersamaan dengan itu pula, Akbar Khan berganti nama menjadi Lang-Lang Buana (LLB). Organisasi yang menaungi para penggemar burung merpati pos di Indonesia mulai berdiri pada 1960-an.

    Karna menambahkan, Lang-Lang Buana yang beranggotakan 60 orang itu selanjutnya dipimpin oleh Mayor Jenderal Rubiyono Kertopati. Meskipun demikian, organisasi ini mengalami pasang surut, terutama saat meletus peristiwa G-30-S pada 1965 silam.

    Pasalnya, militer curiga burung merpati ini bisa dijadikan alat komunikasi oleh kaum komunis untuk melawan pemerintah. "Sehingga kalau kami bawa burung latihan terbang saja, harus minta izin dulu ke jawatan perhubungan," kata Karna.

    Pada masa itu, kegiatan LLB tak sekadar hobi. Mereka turut juga menyemarakkan kegiatan kenegaraan dan olahraga nasional. Aktivitas itu antara lain turut serta di upacara pelepasan burung pada pembukaan Ganefo (Games of the New Emerging Forces) 1962 di Jakarta, Asian Games, serta pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON).

    Catatan sejarah lainnya yang pernah diukir LLB adalah berhasil menerbangkan merpati pos dari Kabupaten Ruteng, Nusa Tenggara Timur, ke Jakarta pada 1988 silam. Burung itu melewati empat selat yaitu Selat Flores, Sumbawa, Lombok, dan Bali, dengan jarak tempuh hingga 1.600 kilometer (1.000 mil).

    Pemenangnya adalah merpati pos milik Letnan Kolonel (Marinir) Yett Resdianto bernomor cincin P-87-870560. Burung itu sanggup melintasi badai selat dan ganasnya cuaca gunung, dan menyelesaikan rute itu dalam tempo empat hari. Merpati Indonesia ini jauh lebih hebat dibandingkan jawara merpati pos di Amerika Serikat, yang hanya sanggup menempuh perjalanan sejauh itu dalam waktu seminggu.

    SUMBER


    Wah, menarik sekali sampai ada komunitas pecinta burung merpati setua ini. Dan yang mengagumkan, semua merpati milik kolektor adalah merpati yang terlatih, hebat !

  2. #2
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    196
    Rep Power
    0

    Wow, Harga Bibit Merpati Pos Andalan Bisa Mencapai 1,2 M!

    Bibit Merpati Pos Andalan Bisa Rp 1, 2 Miliar


    Sebagus apa pun bentuk kandang burung, sehebat apa pun perawatannya, tetap saja prestasi merpati pos paling utama ditentukan oleh garis keturunan. Hal itu diyakini benar oleh Henry Gunawan, Ketua Lang-Lang Buana di Jakarta, klub merpati pos tertua di Indonesia.


    Menurut Henry, pemilik burung bernama Miss Bangkinang yang menjuarai lomba terbang merpati pos Riau-Jakarta 2012 lalu, garis keturunan burung sangat menentukan. "Percuma saja kandang dan perawatan bagus kalau merpatinya bukan dari bibit unggul," kata Henry.

    Henry yang sudah 10 tahun menggeluti hobi merpati pos ini menambahkan, sangat pantas jika burung merpati dari keturunan juara berharga setinggi langit. "Seekor piyik (anak burung) yang belum mampu terbang bisa dihargai Rp 5 juta per ekor, bahkan mencapai Rp 10 juta," katanya kepada Tempo, Kamis, 7 Maret 2013.

    Pemilik lebih dari 300 ekor burung ini tak menampik bahwa kebersihan kandang dan perawatan burung--termasuk memberikan nutrisi dan makanan bagus--merupakan bagian dari ikhtiar mencetak burung berprestasi. "Tapi tetap, garis keturunan memegang peran penting," katanya.

    Henry menyarankan kepada para penggemar merpati pos, terutama bagi pendatang baru, agar mencari burung dari bibit juara, "Setidaknya mencari merpati yang memiliki prestasi bagus di beberapa lomba," katanya.

    Untuk mencari bibit unggul, ujar Henry, bisa diperoleh dari para senior yang masih aktif ikut lomba. "Burung juara memang belum tentu melahirkan juara, tapi sang juara pasti berasal dari keturunan burung juara," ujarnya.

    Oleh sebab itu, Henry dan sejumlah sejawatnya sering berburu burung dari keturunan bagus di Eropa. "Saya mendukung impor burung merpati pos, tapi harus diketahui asal-usul induknya, terutama dari Belgia dan Belanda," katanya.

    Dua negara itu, kata dia, terkenal sebagai jawara pencetak burung bagus. Harganya juga selangit. Harga termurah merpati pos dari kedua negara antara 500 euro (Rp 6,3 juta) hingga 1.500 euro (Rp 19 juta). "Piyik dari keturunan impor bisa saya jual Rp 10 juta," ujar pemilik 10 burung impor ini.

    Itu masih murah. "Ada merpati dari keturunan bagus yang dibanderol 10 ribu Euro (Rp 1,2 milyar), kata Henry. Hobi merpati pos ini memang menarik perhatian. Pasalnya, burung ini bisa terbang ribuan kilometer dan mampu menjadi kurir apa saja.

    SUMBER


    Wuih, bisa dapet rumah di Pondok Indah ya sob... Edaaaannnnn
    Last edited by thinkagain; 08-03-13 at 06:05 PM. Reason: salah tag sumber

  3. #3
    Junior Member masihcanti's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    446
    Rep Power
    0

    Re: Inilah Komunitas Pecinta Burung Merpati Pos

    ternyata di jajah belanda ada warisan pos merpati ya,
    kalau di jajah jepang warisanya apa???

  4. #4
    Beginner
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    90
    Rep Power
    0

    Re: Inilah Komunitas Pecinta Burung Merpati Pos

    nice inpo Gan...

  5. #5
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,529
    Rep Power
    3

    Re: Inilah Komunitas Pecinta Burung Merpati Pos

    busyet harganya bisa sampe 1,2 M ....................

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0