Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 20
Like Tree3Likes

Thread: Makna Pembuatan Patung-patung di Jakarta


  1. #1
    Junior Member INERTSEVEN's Avatar
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    475
    Rep Power
    0

    Makna Pembuatan Patung-patung di Jakarta

    1. Patung Selamat Datang
    Nama plesetan : Patung jali-jali, patung HI



    Patung Selamat Datang dibangun buat nyambut para atlit peserta Asian Games IV tahun 1962. Patung ini ada di depan gedung Hotel Indonesia yang mana berdiri persis diatas air mancur bunderan HI. Patung perunggu ini dibuat sama Edhi Sunarso, dan dirancang sama Henk Ngantung mantan Gubernur Jakarta. Sesuai sama namanya, patung ini berdiri untuk ngasih salam selamat datang buat para pendatang karena emang patung ini ngadep ke arah Kota (Utara) sebagai pusat bisnis, perdagangan dan pendatang dari pelabuhan waktu itu.

    Disekitar patung ini ada lima formasi Air Mancur yang dijadiin simbol ideologi Negara Republik Indonesia, Pancasila. Katanya sih ini juga jadi simbol dari tanda memberi salam kepada kota Jakarta sebagai kota Ibu Negara dan Kota Metropolitan dengan formasi ucapan Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Petang, Selamat Malam dan Selamat Hari Minggu. Maksudnya Jakarta emang gak pernah tidur kali yeee..

    2. Patung Arjuna Wijaya/ Patung Asta Brata
    Nama plesetan : Patung kuda setan, Patung delman



    Patung Arjuna Wijaya yang dibangun Agustus 1987 ini ngegambarin Arjuna dalam perang Baratayudha yang kereta perangnya ’disetirin’ sama Batara Kresna. Adegan patung karya pematung Nyoman Nuarta itu diambil dari fragmen waktu mereka melawan Adipati Karna. Kereta itu ditarik delapan kuda, yang melambangkan delapan ajaran kehidupan yang diidolai oleh Presiden Soeharto. Asta Brata itu meliputi falsafah bahwa hidup harus mencontoh bumi, matahari, api, bintang, samudra, angin, hujan dan bulan. Di bagian patung itu nempel prasasti yang bertuliskan ‘Kuhantarkan kau melanjutkan perjuangan dengan pembangunan yang tidak mengenal akhir.’

    Pada waktu pembuatannya, karena keterbatasan dana, akhirnya patung itu dibuat dari bahan poliester resin yang punya kelemahan mudah rapuh jika terkena sinar ultraviolet. Emang kebukti kok kalu patung ini mulai keropos, sampe akhirnya tahun 2003, patung ini direnovasi dengan menelan biaya 4M (4 miliar, bukan 4 meter!!!) dan material patungnya diganti dengan bahan tembaga.

    3. Patung Dirgantara
    Nama plesetan: Superman, Patung’hey kamu’, Patung Pancoran


    Patung yang ada didaerah pancoran ini dirancang sama Edhi Sunarso sekitar tahun 1964 - 1965 dengan bantuan dari Keluarga Arca Yogyakarta atas permintaan Bung Karno buat nampilin keperkasaan dan kekuatan angkatan udara bangsa Indonesia. Patung ini ngadep ke Utara dengan tangannya mengacung ke bekas Bandar Udara Internasional Kemayoran. Lokasinya deket sama Markas Besar Angkatan Udara di Selatannya dan Bandar Udara Domestik Halim Perdana Kusuma di Tenggaranya. Karena bertempat di kawasan Pancoran makanya patung ini sering dibilang patung Pancoran. Oia, ada gosip yang bilang kalo Presiden Soekarno harus jual mobilnya buat ngebiayain pembuatan patung ini.

    4. Patung Pahlawan
    Nama plesetan : Patung Pak Tani dan Ibu tani


    Patung ini dibuat buat ngasih penghargaan pada para pejuang kemerdekaan Indonesia, dilambangin dengan seorang laki-laki yang make caping, nyandang senapan dan lagi minta restu pada wanita yang ada disisinya untuk maju ke medan perang. Mungkin karena suka pake caping itu kali yaa orang-orang jadi bilangnya itu patung Pak Tani. Tapi katanya sih, patung ini juga simbolisasi gerakan politik petani.

    Ide patung ini dimulai waktu Soekarno ke Moskow dan doi terkesan banget sama patung-patung yang ada disana. Kemudian Presiden Rusia saat itu ngenalin Soekarno ke seniman patung, Matvei Manizer dan anaknya Otto Manizer. Mereka pun diundang dateng ke Indonesia untuk ngebuat patung yang melambangkan semangat kemerdekaan. Disinilah kedua pematung itu berkelana dan nemuin legenda Jawa Barat yang berkisah tentang seorang Ibu yang mengiringi anaknya untuk pergi berperang. Sang Ibu ngasih semangat supaya memenangkan setiap peperangan dan selalu inget sama orang tua dan negaranya. Patung perunggu ini dibuat di Rusia dan dibawa ke Indonesia pake kapal laut, diresmikan tahun 1963 oleh Presiden Soekarno dan pada papan di monumen ini tertulis "Bangsa yang menghargai pahlawannya adalah bangsa yang besar".

    5. Patung Pemuda Membangun
    Nama plesetan : Pizza Man, Patung Laki-laki bawa obor


    Patung ini dibuat sebagai penghargaan untuk pemuda dan pemudi dalam keikut sertaannya pada pembangunan Indonesia. Patung ini dilambangin sama seorang pemuda gagah dan kuat sedang memegang piring berisi api yang tak pernah padam sebagai perwujudan semangat pembangunan yang tak pernah mati. Awalnya direncanain untuk diremiin di Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1971, tapi karena pembangunan belum selesai akhirnya diresmiin pada bulan Maret 1972. Patung ini terletak di Bunderan Senayan, tempat strategis sebagai titik temu antara Senayan sebagai pintu gerbang Jakarta Pusat dengan area Jakarta Selatan.

    Sumber : http://www.inertseven.info/2011/12/m...patung-di.html

  2. #2
    Senior Member
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    2,181
    Rep Power
    6

    Re: Makna Pembuatan Patung-Patung di Jakarta

    ternyata ada masudnya juga ya di balik pembuatan patung patungnya ...........

  3. #3
    Senior Contributor ntarluq's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    8,521
    Rep Power
    0

    Re: Makna Pembuatan Patung-Patung di Jakarta

    Quote Originally Posted by INERTSEVEN View Post
    1. Patung Selamat Datang
    Nama plesetan : Patung jali-jali, patung HI




    Patung Selamat Datang dibangun buat nyambut para atlit peserta Asian Games IV tahun 1962. Patung ini ada di depan gedung Hotel Indonesia yang mana berdiri persis diatas air mancur bunderan HI. Patung perunggu ini dibuat sama Edhi Sunarso, dan dirancang sama Henk Ngantung mantan Gubernur Jakarta. Sesuai sama namanya, patung ini berdiri untuk ngasih salam selamat datang buat para pendatang karena emang patung ini ngadep ke arah Kota (Utara) sebagai pusat bisnis, perdagangan dan pendatang dari pelabuhan waktu itu.

    Disekitar patung ini ada lima formasi Air Mancur yang dijadiin simbol ideologi Negara Republik Indonesia, Pancasila. Katanya sih ini juga jadi simbol dari tanda memberi salam kepada kota Jakarta sebagai kota Ibu Negara dan Kota Metropolitan dengan formasi ucapan Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Petang, Selamat Malam dan Selamat Hari Minggu. Maksudnya Jakarta emang gak pernah tidur kali yeee..

    2. Patung Arjuna Wijaya/ Patung Asta Brata
    Nama plesetan : Patung kuda setan, Patung delman




    Patung Arjuna Wijaya yang dibangun Agustus 1987 ini ngegambarin Arjuna dalam perang Baratayudha yang kereta perangnya ’disetirin’ sama Batara Kresna. Adegan patung karya pematung Nyoman Nuarta itu diambil dari fragmen waktu mereka melawan Adipati Karna. Kereta itu ditarik delapan kuda, yang melambangkan delapan ajaran kehidupan yang diidolai oleh Presiden Soeharto. Asta Brata itu meliputi falsafah bahwa hidup harus mencontoh bumi, matahari, api, bintang, samudra, angin, hujan dan bulan. Di bagian patung itu nempel prasasti yang bertuliskan ‘Kuhantarkan kau melanjutkan perjuangan dengan pembangunan yang tidak mengenal akhir.’

    Pada waktu pembuatannya, karena keterbatasan dana, akhirnya patung itu dibuat dari bahan poliester resin yang punya kelemahan mudah rapuh jika terkena sinar ultraviolet. Emang kebukti kok kalu patung ini mulai keropos, sampe akhirnya tahun 2003, patung ini direnovasi dengan menelan biaya 4M (4 miliar, bukan 4 meter!!!) dan material patungnya diganti dengan bahan tembaga.

    3. Patung Dirgantara
    Nama plesetan: Superman, Patung’hey kamu’, Patung Pancoran



    Patung yang ada didaerah pancoran ini dirancang sama Edhi Sunarso sekitar tahun 1964 - 1965 dengan bantuan dari Keluarga Arca Yogyakarta atas permintaan Bung Karno buat nampilin keperkasaan dan kekuatan angkatan udara bangsa Indonesia. Patung ini ngadep ke Utara dengan tangannya mengacung ke bekas Bandar Udara Internasional Kemayoran. Lokasinya deket sama Markas Besar Angkatan Udara di Selatannya dan Bandar Udara Domestik Halim Perdana Kusuma di Tenggaranya. Karena bertempat di kawasan Pancoran makanya patung ini sering dibilang patung Pancoran. Oia, ada gosip yang bilang kalo Presiden Soekarno harus jual mobilnya buat ngebiayain pembuatan patung ini.

    4. Patung Pahlawan
    Nama plesetan : Patung Pak Tani dan Ibu tani



    Patung ini dibuat buat ngasih penghargaan pada para pejuang kemerdekaan Indonesia, dilambangin dengan seorang laki-laki yang make caping, nyandang senapan dan lagi minta restu pada wanita yang ada disisinya untuk maju ke medan perang. Mungkin karena suka pake caping itu kali yaa orang-orang jadi bilangnya itu patung Pak Tani. Tapi katanya sih, patung ini juga simbolisasi gerakan politik petani.

    Ide patung ini dimulai waktu Soekarno ke Moskow dan doi terkesan banget sama patung-patung yang ada disana. Kemudian Presiden Rusia saat itu ngenalin Soekarno ke seniman patung, Matvei Manizer dan anaknya Otto Manizer. Mereka pun diundang dateng ke Indonesia untuk ngebuat patung yang melambangkan semangat kemerdekaan. Disinilah kedua pematung itu berkelana dan nemuin legenda Jawa Barat yang berkisah tentang seorang Ibu yang mengiringi anaknya untuk pergi berperang. Sang Ibu ngasih semangat supaya memenangkan setiap peperangan dan selalu inget sama orang tua dan negaranya. Patung perunggu ini dibuat di Rusia dan dibawa ke Indonesia pake kapal laut, diresmikan tahun 1963 oleh Presiden Soekarno dan pada papan di monumen ini tertulis "Bangsa yang menghargai pahlawannya adalah bangsa yang besar".

    5. Patung Pemuda Membangun
    Nama plesetan : Pizza Man, Patung Laki-laki bawa obor



    Patung ini dibuat sebagai penghargaan untuk pemuda dan pemudi dalam keikut sertaannya pada pembangunan Indonesia. Patung ini dilambangin sama seorang pemuda gagah dan kuat sedang memegang piring berisi api yang tak pernah padam sebagai perwujudan semangat pembangunan yang tak pernah mati. Awalnya direncanain untuk diremiin di Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1971, tapi karena pembangunan belum selesai akhirnya diresmiin pada bulan Maret 1972. Patung ini terletak di Bunderan Senayan, tempat strategis sebagai titik temu antara Senayan sebagai pintu gerbang Jakarta Pusat dengan area Jakarta Selatan.

    Sumber : http://www.inertseven.info/2011/12/m...patung-di.html
    tapi kok harus tanpa baju ya?
    kan kita punya pusat industri textil dan garment ...
    kok nggak mencerminkan itu ??
    1+1+1=1 (?) TAU SAMA TAU AJA ....

  4. #4
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,896
    Rep Power
    14

    Re: Makna Pembuatan Patung-Patung di Jakarta

    Quote Originally Posted by ntarluq View Post
    tapi kok harus tanpa baju ya?
    kan kita punya pusat industri textil dan garment ...
    kok nggak mencerminkan itu ??
    --------------------------------------------------
    mungkin lantaran jaman dulu fisik orang dirasa dah cukup mumpuni untuk diekspos lantaran terasa lebih mencerminkan spirit yang kemungkinan pula dirasa amat diperlukan demi menginspirasi banyak orang di masa dibangunnya...kedepannya tidak tertutup untuk lebih fashionable, mungkin gaya berbusana ala lady gaga untuk tugu selamat datang di banyak perumahan2 baru dsb...

  5. #5
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Makna Pembuatan Patung-Patung di Jakarta

    kalau patung yang di lapangan banteng apa maknanya?
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  6. #6
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,821
    Rep Power
    7

    Re: Makna Pembuatan Patung-Patung di Jakarta

    siiip ternyata gitu ya latar belakangnya...baru tahu..............

  7. #7
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,427
    Rep Power
    0

    Re: Makna Pembuatan Patung-Patung di Jakarta

    pak Edhi Sunarso ternyata bikin dua patung ya di jakarta..
    emank seniman yang keren tuh.sampe di hargain

  8. #8
    Junior Member jambronk's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    412
    Rep Power
    7

    Re: Makna Pembuatan Patung-Patung di Jakarta

    Quote Originally Posted by ntarluq View Post
    tapi kok harus tanpa baju ya?
    kan kita punya pusat industri textil dan garment ...
    kok nggak mencerminkan itu ??
    Itu patung Pahlawan, ibu2nya pake guratan berbentuk kebaya yg diukir. Maksud kamu mesti dipakein kain atau apa? Lagian siapa juga yg terangsang sama patung...

  9. #9
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,896
    Rep Power
    14

    Re: Makna Pembuatan Patung-Patung di Jakarta

    Quote Originally Posted by hktoyshop View Post
    pak Edhi Sunarso ternyata bikin dua patung ya di jakarta..
    emank seniman yang keren tuh.sampe di hargain
    -----------------------------------------------------------------------------
    padahal di masa tsb dunia seni lokal banyak berkiblat pada luar negeri, terutama dalam seni lukis 2 dimensi, banyak pelukis komik lokal baik otodidak atau lulusan akademi seni rupa ramai2 meniru tokoh karakter dari barat misal Spiderman atau juga hero lain seperti Superman, Batman, dll...soal proporsi anatomi tubuh misal, di luar negeri fitness dan bodybuilding sudah lama dikenal sehingga postur kekar berotot bak binaragawan untuk model tentu lebih sulit untuk mencari di dalam negeri...proporsi tubuh orang barat ataupun eropa berbeda dengan negara Asia pada umumnya, jadi untuk patung Pahlawan karya seniman Rusia kala itu kemungkinan proposal diajukan dengan konsep penggambaran model citarasa internasional, jika diamati postur keduanya baik lelaki dan wanita dirasa terlalu tegap untuk ukuran Asia, kemungkinan pula Presiden Sukarno lebih terpikat karenanya (selain kemungkinan pula ada misi politis memakai seniman luar negeri - biasa, dicari dan dicoba dikait2kan)...
    Last edited by djunbd; 10-12-11 at 01:45 AM.

  10. #10
    Junior Member Bhayu_MH's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    http://bhayu.net
    Posts
    252
    Rep Power
    4

    Re: Makna Pembuatan Patung-Patung di Jakarta

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    kalau patung yang di lapangan banteng apa maknanya?
    Itu Patung Pembebasan Irian Barat. Tentunya dibuat semasa Trikora sewaktu Irian Barat (kemudian diganti nama menjadi Irian Jaya sewaktu bergabung ke Indonesia dan diganti lagi jadi Papua di masa Gus Dur) masih dikuasai Belanda. Maknanya adalah membebaskan diri dari belenggu penjajahan.
    Bhayu MH
    Pemilik blog LifeSchool
    Follow my Twitter: @bhayumh

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO