Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 23
Like Tree6Likes

Thread: [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang Tertutup Debu


  1. #1
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang Tertutup Debu

    prolog.

    thread ini dikhususkan untuk menyampaikan, membahas dan mendiskusikan segala sesuatu yang berkaitan dengan militer Indonesia. Mulai dari kekuatan hingga prestasi. Mulai dari keterbatasan hingga pencapaian dan pengakuan. Mulai dari kendala hingga solusi.
    Anda berhak untuk menyampaikan informasi atau memberikan tanggapan seputar militer Indonesia. namun perlu dicatat, informasi yang anda sajikan harus mencantumkan sumbernya sebagai bagian dari pertanggungjawaban moral atas informasi yang disampaikan. melanggar atas hal tersebut, TS akan meminta moderator untuk menghapus post/informasi yg melanggar.

    Besar harapan TS agar semua pembaca turut serta secara aktif di thread ini guna mendapatkan informasi yang sebanyak2nya terkait dengan militer Indonesia. TS akan membuatkan post Index untuk memudahkan pembaca dalam menyelami isi thread.

    akhirul kalam, selamat berdiskusi dan selamat berbagi informasi.

    maspras.
    yossa and wawan k like this.

  2. #2
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang tertutup debu

    Index

    5 Top Pasukan Elit Internasional, Indonesia Peringkat Ketiga
    Kekuatan Militer Indonesia Ranking 18 Dunia
    Jangan pernah Meremehkan Militer Indonesia!

    post ini digunakan untuk index dan akan diupdate secara berkala.
    mohon untuk tidak mengkutip post ini.

    terima kasih.

    maspras.
    Last edited by maspras; 18-08-11 at 08:01 AM.
    sa d wa likes this.

  3. #3
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang tertutup debu

    5 Top Pasukan Elit Internasional, Indonesia Peringkat Ketiga



    Latihan Kopassus (foto wordpress.com)

    Dua minggu ini saya ada sedikit kerjaan di lingkungan TNI Angkatan Laut yang sangat menyita waktu dan tenaga. Dari interaksi dengan mereka, saya jadi sedkit paham dan mengerti suka duka menjadi pembela tanah air. Sukanya tentu jika sedang menikmati masa-masa bersama keluarga atau seluruh anggota kesatuannya. Dukanya sudah pasti ketika harus berpisah dengan mereka dan mengarungi samudera luas menuju batas-batas terluar Nusantara nan luas ini. Bisa Anda bayangkan bagaimana rasanya tidak bertemu dengan orang-orang tercinta selama berbulan-bulan, apalagi jika untuk selama-lamanya, entah gugur saat bertugas atau ditawan pihak musuh.

    Memang, ketika era Orde Baru posisi mereka sempat menjadi perdebatan. Secara umum ABRI -sebelum Polri berpisah menjadi kesatuan sendiri- mempunyai dua peran sekaligus, yakni sebagai kekuatan hankam dan sospol. Artinya, selain menjaga pertahanan dan keamanan wilayah NKRI, mereka juga ditugaskan untuk menduduki jabatan-jabatan politis negara dan menjadi kepala daerah. Sejak era Reformasi, dwifungsi ABRI tersebut berangsur dihapuskan, termasuk keterwakilan fraksi mereka di MPR.

    Kali ini saya tidak hendak membahas perihal tersebut di atas, melainkan prestasi-prestasi yang cukup membanggakan yang dimiliki kesatuan-kesatuan khusus Tentara Nasional Indonesia. Mudah-mudahan informasi lama ini bisa sedikit memberi semangat kita dalam proses bela negara, kata lain untuk nasionalisme.

    Dari obrolan-obrolan ringan kami dengan mereka, ternyata prajurit TNI juga tidak mau kalah dengan kalangan sipil dalam hal perlombaan atau kejuaraan guna menunjukkan kemampuan mereka. Sebagai misal Korps Marinir yang masih berada di bawah TNI AL adalah kumpulan-kumpulan prajurit tangguh di antara kesatuan lainnya. Apa yang serdadu asing tidak sanggup lakukan, prajurit-prajurit Marinir dengan semangatnya dapat menyeberangi Selat Sunda selama 12 jam berenang tanpa henti di tengah derasnya arus dan pusaran-pusaran air yang mematikan.

    Di lingkungan TNI Angkatan Darat, kita memiliki Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang dulunya sangat berjasa menumpas Gerakan 30 S PKI. Kala itu masih bernama Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang kemudian berubah nama menjadi Korps Para Sandi Yudha (Kopasandha).

    Dari even-even yang diikuti dalam kejuaraan antar kesatuan pasukan elit internasional, Kopassus bisa dibanggakan karena bisa menduduki peringkat tiga dunia hanya kalah oleh tentara khusus Kerajaan Inggris (SAS) dan Israel (IDF). Kemampuan yang diperlombakan diantaranya perlombaan bela diri, kamuflase, olah senjata, menembak, survival, renang, dan sebagainya.

    Berikut petikan selengkapnya :

    1) Special Air Service (SAS), England

    Seragam SAS Inggris (foto kaskus.us)

    SAS adalah resimen pasukan khusus dalam Angkatan Darat Inggris yang pernah menjadi model bagi pasukan khusus dari negara-negara lain. SAS membentuk bagian signifikan Pasukan Khusus Kerajaan Inggris Special Boat Service (SBS), Special Reconnaissance Regiment (SRR), dan Pasukan Special Support Group (SFSG).

    Bela dirinya dinamakan Gon-Ryu, sejenis karate. Alumninya banyak yang menjadi mentor-mentor dan kontributor acara televisi, seperti Bear Grylls (Survival Expert, Discovery Chanel), Ross Kemp di BBC Knowledge, dan sebagainya.
    Konon kalau sedang latihan perang gerilya, sisa kotoran mereka dibawa agar musuh tidak dapat mengendus jejaknya.

    2) Israel Defence Forces (IDF), Israel
    IDF dibantu The Mossad (Hamossad leModi’in uleTafkidim Meyuchadim) bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen dan operasi-operasi rahasia termasuk kegiatan paramiliter. Ini adalah salah satu entitas utama dalam Komunitas Intelijen Israel, bersama dengan Aman (intelijen militer) dan Shin Bet (keamanan internal). Peran dan fungsi yang sama dengan Central Intelligence Agency (CIA) dan Secret Intelligence Service (SIS). Direkturnya bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri.
    Beladirinya dinamakan Krav Maga, mengandalkan kekuatan fisik dan teknik melumpuhkan musuh yang efektif dan efisien. Pemuda-pemuda Palestina sering dijadikan objek latihan, caranya dengan diangkat lalu tulang punggungnya dihantamkan ke paha prajurit IDF atau Mossad hingga patah.

    Moto yang digunakan adalah, “Cegah serangan pertama, netralkan lawan, buatlah mereka melihat mimpi buruk akan hal yang mereka perbuat.”

    Talmud lengkap dengan tentara Rabbi-nya selalu menyertai serangan-serangan Israel ke Palestina (foto blogspot.com)


    bersambung
    Danu Boy likes this.

  4. #4
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang tertutup debu

    sambungan dari post #3

    3) Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Indonesia

    Kopassus adalah pasukan khusus Angkatan Darat Indonesia. Sering digunakan untuk melaksanakan misi operasi khusus bagi pemerintah Indonesia, baik tindakan langsung seperti: konvensional perang dan sabotase, maupun kontra-pemberontakan: kontra-terorisme dan pengumpulan intelijen. Kopassus ini didirikan pada tanggal 16 April 1952.
    Beladirinya dinamakan Merpati Putih. Alumni Kopassus banyak yang menjadi pasukan perdamaian dunia.
    Dengan moto, “Berani, Benar, Berhasil” Kopassus telah menorehkan banyak prestasi, diantaranya :


    • Kopasus juga juara pertama lomba sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006 hanya dengan mengandalkan senjata buatan Pindad. SAS Australia berada pada peringkat kedua;


    • Kopasus menempati urutan runner-up dari 35 peserta dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen - pergerakan - penyusupan - penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA;


    • Negara-negara Afrika utara dan barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira Kopasus;


    • Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan elit yang dilatih oleh Kopassus;


    • Pada perang Vietnam, para tentara Vietkong meniru strategi RPKAD dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibatkan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Strategi yang digunakan adalah Perang Gerilya. Sejak itu buku AH Nasution tentang Perang Gerilya menjadi buku acuan di Akademi Militer USA West Point.

    4) Special Force Resimen (Spetsnaz), Rusia
    Specnaz (bahasa Rusia: Войска специального назначения, (спецназ, pengucapan [spʲɪtsnas]) atau voyska spetsialnogo naznacheniya; adalah istilah umum untuk “pasukan khusus” dalam bahasa Rusia. Pasukan khusus Rusia tersebut secara khusus mengacu ke tiap elit atau unit Spetsnaz di bawah subordinasi Dinas Keamanan Federal (FSB) atau Rusia Pasukan Internal Departemen Dalam Negeri, dan unit dikontrol oleh dinas intelijen militer GRU.
    Beladirinya dinamakan Russian Sambo.

    5) Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale (GIGN), Perancis
    GIGN adalah pasukan elit Perancis untuk tujuan kontra-terorisme dan penyelamatan sandera. Mereka adalah bagian dari kekuatan militer yang disebut Gendarmerie. Meski para anggotanya berstatus militer, mereka juga dituntut melaksanakan tugas-tugas polisi di luar daerah.

    Dengan demikian unit GIGN ditingkatkan lebih dekat dengan tim SWAT daripada unit militer murni seperti tentara Inggris SAS. Para operator dilatih untuk mengikuti peraturan polisi dan mencakup negosiasi dan penyelidikan spesialis.
    Beladirinya dinamakan Savate.

    Epilog

    Itu saja yang bisa saya sajikan hasil merangkum dari berbagai sumber, bisa dilihat di sini atau di sini. Sudah saatnya bangsa ini bangga dengan harta kekayaan lain yang masih tersisa. Jangan sampai aset-aset berharga pergi satu per satu dan hanya menyisakan orang-orang bodoh yang akan menyusahkan bangsa dan negaranya.

    Saat ditinggal tokoh sekaliber BJ Habibie dan Sri Mulyani, boleh jadi kita tinggal nyengir kuda, pura-pura menyesal atau merasa kehilangan. Oleh karena itu sudah sewajarnya jika kita berbangga dengan kiprah Kopassus atau pasukan-pasukan lainnya yang dengan tulus mengantarkan nyawanya demi nusa dan bangsa. Negara ini bukan dibangun oleh politisi-politisi busuk yang tak tahu malu.
    Catatan :

    Untuk video latihan militer pasukan elit Kamboja yang dilatih Kopassus, bisa dilihat di sini. Lihat video pd menit 7.48, tentara Kamboja berkata, “Indonesian army training commando the best number three in the world”

    watch?v=__CM1Hr03rw

    sumber:
    Danu Boy and sa d wa like this.

  5. #5
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang tertutup debu

    belum ada yang nyumbang informasi nih...
    pada kemana yaa?
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  6. #6
    Beginner yossa's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Purwokerto
    Posts
    50
    Rep Power
    4

    Re: [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang Tertutup Debu

    MERDEKAAA!!!! pagi2 sdh disodori trit macam ini, agak berat, tp bikin gatel utk ga di reply,sambil bwt nambah post ku yg baru 31,yaaa,, namanya juga nyubi alias bocah nembe wingi. hehehehe...

    soal militer nih Ga,,, menurut ane, TNI dan POLRI adalah 2 hal yg sangat berbeda, meski sama2 intinya membantu kemananan negara dan warganya. Bedanya adalah,, TNI dikerahkan utk smua penanganan keadaan yg levelnya tdk bisa dilaksanakan POLRI (ato Polisi), sedangkan POLRI dikerahkan utk penanganan keadaan yg signifikan spt tindak kriminal yg terjadi sehari2, POLRI lbh cenderung ke arah penerapan hukum/aturan. nah,,uniknya,,(cb deh kt perhatikan),, Polisi yg jauh lbh mentereng dg pistol disakunya,ngatur lalu lintas sana-sini bhkan smp polisi yg preman (intel mksud saya) yg membaur thdp masyarakat, (kenapa) justru dipandang negatif oleh masy. Jujur sj, diakui ato tdk masy indonesia kebanyakan mrasa antipati thp polisi,dipungkiri ato tdak,contoh sj,,saat rasia lantas,pr polisi sdh terkenal bgitu arogan dg meminta dengan tilang sedmikian rupa. Sdah jd rahasia umum lg kan?!?! Maaf ya pak Polisi. Pdhl mreka sdh seharusnya melindungi masy. Meski tidak semua (sekali lagi : TIDAK SEMUA) Polisi spt itu.
    Sedangakan,,,,TNI - kl menurut ane nih - meski tdk bw senjatam cm pakian doreng sj,topi koboi,beliau begitu gagah berani membawa batu,pacul,bahkan kayu glondongan hy utk membantu warga membersihkan bencana tanah longsor, membantu mengevakuasi korban gempa dll. (emang sih,,polisi jg ada disitu,tp kebnaykan anggota TNI).
    Smp akhirnya..sy menyimpulkan...kadang polisi yg jauh lbh keren dg pistolnya,justru malah beritndak gegabah,sementara TNI yg dimasyarakat begitu sederhana seragamnya (kecuali kl mau perang lho ya..) malah terlihat tampak arif dan kalem. Jd spt yg mas Pras utarakan diatas,soal kendala,inilah kendalanya mas,,knp kok bs gitu?!?!
    Memang tdk smua polisi nakal,dan sebaliknya,,meskipun cm sdkit,ada jg TNI yg brbuat kurang pas. Besar harapan ane,,smua bs jauh lbh baik lg,meskipun sdh baik,masy. sdh nyaman dg polisi dg image dr Norman,anggota TNI jg sdh jarang yg bikin onar,mari kita ubah image salah kt ttg mreka.

    Berikut beberapa link yg brkaitan dg militer Indonesia :
    http://yossayogaswara.info/index.php...umum&Itemid=19
    http://minerva150r.wordpress.com/201...i-gimana-neeh/
    http://news.okezone.com/read/2011/03...uasi-di-jepang
    http://ada-akbar.com/2011/01/super-heropun-kena-tilang/
    http://albumppm.blogspot.com/2009/05...a-pesawat.html
    http://fokus.vivanews.com/news/read/...vakuasi-merapi

  7. #7
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang Tertutup Debu

    Quote Originally Posted by yossa View Post
    MERDEKAAA!!!! pagi2 sdh disodori trit macam ini, agak berat, tp bikin gatel utk ga di reply,sambil bwt nambah post ku yg baru 31,yaaa,, namanya juga nyubi alias bocah nembe wingi. hehehehe...

    soal militer nih Ga,,, menurut ane, TNI dan POLRI adalah 2 hal yg sangat berbeda, meski sama2 intinya membantu kemananan negara dan warganya. Bedanya adalah,, TNI dikerahkan utk smua penanganan keadaan yg levelnya tdk bisa dilaksanakan POLRI (ato Polisi), sedangkan POLRI dikerahkan utk penanganan keadaan yg signifikan spt tindak kriminal yg terjadi sehari2, POLRI lbh cenderung ke arah penerapan hukum/aturan. nah,,uniknya,,(cb deh kt perhatikan),, Polisi yg jauh lbh mentereng dg pistol disakunya,ngatur lalu lintas sana-sini bhkan smp polisi yg preman (intel mksud saya) yg membaur thdp masyarakat, (kenapa) justru dipandang negatif oleh masy. Jujur sj, diakui ato tdk masy indonesia kebanyakan mrasa antipati thp polisi,dipungkiri ato tdak,contoh sj,,saat rasia lantas,pr polisi sdh terkenal bgitu arogan dg meminta dengan tilang sedmikian rupa. Sdah jd rahasia umum lg kan?!?! Maaf ya pak Polisi. Pdhl mreka sdh seharusnya melindungi masy. Meski tidak semua (sekali lagi : TIDAK SEMUA) Polisi spt itu.
    Sedangakan,,,,TNI - kl menurut ane nih - meski tdk bw senjatam cm pakian doreng sj,topi koboi,beliau begitu gagah berani membawa batu,pacul,bahkan kayu glondongan hy utk membantu warga membersihkan bencana tanah longsor, membantu mengevakuasi korban gempa dll. (emang sih,,polisi jg ada disitu,tp kebnaykan anggota TNI).
    Smp akhirnya..sy menyimpulkan...kadang polisi yg jauh lbh keren dg pistolnya,justru malah beritndak gegabah,sementara TNI yg dimasyarakat begitu sederhana seragamnya (kecuali kl mau perang lho ya..) malah terlihat tampak arif dan kalem. Jd spt yg mas Pras utarakan diatas,soal kendala,inilah kendalanya mas,,knp kok bs gitu?!?!
    Memang tdk smua polisi nakal,dan sebaliknya,,meskipun cm sdkit,ada jg TNI yg brbuat kurang pas. Besar harapan ane,,smua bs jauh lbh baik lg,meskipun sdh baik,masy. sdh nyaman dg polisi dg image dr Norman,anggota TNI jg sdh jarang yg bikin onar,mari kita ubah image salah kt ttg mreka.

    Berikut beberapa link yg brkaitan dg militer Indonesia :
    http://yossayogaswara.info/index.php...umum&Itemid=19
    http://minerva150r.wordpress.com/201...i-gimana-neeh/
    http://news.okezone.com/read/2011/03...uasi-di-jepang
    http://ada-akbar.com/2011/01/super-heropun-kena-tilang/
    http://albumppm.blogspot.com/2009/05...a-pesawat.html
    http://fokus.vivanews.com/news/read/...vakuasi-merapi
    trims yossa atas urun rembugnya...

    saya sependapat bahwa ada pembedaan yang jelas antara polisi dengan militer (TNI). tidak hanya dalam masalah kekhususan dan tugas, tetapi juga dalam hal penerimaan oleh masyarakat.
    polisi yang notabenenya "melayani masyarakat" sering kali menyakiti hati rakyat.
    sementara itu, militer yang tugasnya adalah melindungi bangsa dan negara lebih dicintai oleh rakyat.
    mungkin ada benarnya tag line militer: dari dan untuk rakyat
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  8. #8
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang Tertutup Debu

    Quote Originally Posted by yossa View Post
    MERDEKAAA!!!! pagi2 sdh disodori trit macam ini, agak berat, tp bikin gatel utk ga di reply,sambil bwt nambah post ku yg baru 31,yaaa,, namanya juga nyubi alias bocah nembe wingi. hehehehe...

    soal militer nih Ga,,, menurut ane, TNI dan POLRI adalah 2 hal yg sangat berbeda, meski sama2 intinya membantu kemananan negara dan warganya. Bedanya adalah,, TNI dikerahkan utk smua penanganan keadaan yg levelnya tdk bisa dilaksanakan POLRI (ato Polisi), sedangkan POLRI dikerahkan utk penanganan keadaan yg signifikan spt tindak kriminal yg terjadi sehari2, POLRI lbh cenderung ke arah penerapan hukum/aturan. nah,,uniknya,,(cb deh kt perhatikan),, Polisi yg jauh lbh mentereng dg pistol disakunya,ngatur lalu lintas sana-sini bhkan smp polisi yg preman (intel mksud saya) yg membaur thdp masyarakat, (kenapa) justru dipandang negatif oleh masy. Jujur sj, diakui ato tdk masy indonesia kebanyakan mrasa antipati thp polisi,dipungkiri ato tdak,contoh sj,,saat rasia lantas,pr polisi sdh terkenal bgitu arogan dg meminta dengan tilang sedmikian rupa. Sdah jd rahasia umum lg kan?!?! Maaf ya pak Polisi. Pdhl mreka sdh seharusnya melindungi masy. Meski tidak semua (sekali lagi : TIDAK SEMUA) Polisi spt itu.
    Sedangakan,,,,TNI - kl menurut ane nih - meski tdk bw senjatam cm pakian doreng sj,topi koboi,beliau begitu gagah berani membawa batu,pacul,bahkan kayu glondongan hy utk membantu warga membersihkan bencana tanah longsor, membantu mengevakuasi korban gempa dll. (emang sih,,polisi jg ada disitu,tp kebnaykan anggota TNI).
    Smp akhirnya..sy menyimpulkan...kadang polisi yg jauh lbh keren dg pistolnya,justru malah beritndak gegabah,sementara TNI yg dimasyarakat begitu sederhana seragamnya (kecuali kl mau perang lho ya..) malah terlihat tampak arif dan kalem. Jd spt yg mas Pras utarakan diatas,soal kendala,inilah kendalanya mas,,knp kok bs gitu?!?!
    Memang tdk smua polisi nakal,dan sebaliknya,,meskipun cm sdkit,ada jg TNI yg brbuat kurang pas. Besar harapan ane,,smua bs jauh lbh baik lg,meskipun sdh baik,masy. sdh nyaman dg polisi dg image dr Norman,anggota TNI jg sdh jarang yg bikin onar,mari kita ubah image salah kt ttg mreka.

    Berikut beberapa link yg brkaitan dg militer Indonesia :
    http://yossayogaswara.info/index.php...umum&Itemid=19
    http://minerva150r.wordpress.com/201...i-gimana-neeh/
    http://news.okezone.com/read/2011/03...uasi-di-jepang
    http://ada-akbar.com/2011/01/super-heropun-kena-tilang/
    http://albumppm.blogspot.com/2009/05...a-pesawat.html
    http://fokus.vivanews.com/news/read/...vakuasi-merapi

    trims yossa atas urun rembugnya...

    saya sependapat bahwa ada pembedaan yang jelas antara polisi dengan militer (TNI). tidak hanya dalam masalah kekhususan dan tugas, tetapi juga dalam hal penerimaan oleh masyarakat.
    polisi yang notabenenya "melayani masyarakat" sering kali menyakiti hati rakyat.
    sementara itu, militer yang tugasnya adalah melindungi bangsa dan negara lebih dicintai oleh rakyat.
    mungkin ada benarnya tag line militer: dari dan untuk rakyat
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  9. #9
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang Tertutup Debu

    waduh maaf jadi double post.
    mungkin moderator bisa bantu untuk hapus yang double.
    thx in advance.
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  10. #10
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: [MPM] Supremasi Militer Indonesia, Mutiara yang Tertutup Debu

    Kekuatan Militer Indonesia Ranking 18 Dunia



    Sebuah analisis yang dipublikasikan Global Fire Power belum lama ini memberikan evidence yang obyektif untuk menunjukkan peta kekuatan militer negara-negara di seluruh dunia. Berdasarkan uji data yang mendukung kekuatan militer, daya tahan, stamina dan survival yang mendukungnya, Indonesia berada pada tempat terhormat, di urutan ke 18, menduduki puncak klasemen di kawasan ASEAN, bahkan mengungguli kekuatan Australia yang ada di posisi ke 24 ranking militer seluruh dunia.

    Urutan 10 besar ranking militer se dunia dipegang secara berturut-turut : AS, Rusia, China, India, Inggris, Turki, Korsel, Perancis, Jepang dan Israel. Kemudian urutan 11 sampai dengan 20 besar adalah Brasil, Iran, Jerman, Taiwan, Pakistan, Mesir, Italia, Indonesia, Thailand dan Ukraina. Ranking negara ASEAN yang lain adalah Filipina ada di posisi ke 23, Malaysia posisi ke 27, Singapura ke 41.

    Analisis ini memberikan sebuah definisi tentang peta kekuatan militer yang sesungguhnya, tidak terfokus pada keunggulan jumlah pesawat tempur atau kapal combatan seperti yang selama ini menjadi opini publik. Itu sebabnya walaupun Singapura punya kekuatan pesawat tempur terbanyak di ASEAN, negara pulau itu tetap tidak mampu mengungguli Malaysia, Filipina dan Indonesia. Indikator kekuatan alutsista bukan merupakan faktor penentu keunggulan militer sebuah negara.

    Kita selama ini terpengaruh dengan opini psikologis bahwa Jakarta akan hancur dalam waktu dua jam jika diserang oleh pesawat tempur Singapura. Padahal apa iya, ini kan negara kepulauan yang paling besar di dunia, punya 240 juta penduduk berkarakter nasionalis, sumber daya alamnya melimpah dan yang terpenting dalam strategi militer, negara kita terdiri dari ribuan titik pertahanan. Bandingkan dengan negara pulau itu, hanya beberapa titik di sebuah pulau. Secara hankam, pulau itu lebih mudah ditaklukkan. Yang jelas angkatan udara tidak menjadi faktor utama untuk memenangkan pertempuran karena ibu dari segala perang adalah angkatan darat.

    Sekedar perbandingan, berikut disampaikan peta kekuatan militer antara Indonesia dan Malaysia berdasarkan analisis Global Fire Power :

    INDONESIA MALAYSIA


    Total Population 245,613,043 28,728,607

    Military Manpower Available 129,075,188 14,817,517

    Fit for Military Service 107,538,660 12,422,580

    Reaching Military Age Yearly 4,455,159 519,280

    Active Military Personnel 438,410 124,000

    Active Military Reserves 400,000 640,199

    Total Aircraft 510 258

    Total Land-Based Weapons 1,577 2,465

    Total Naval Units 136 65

    Towed Artillery 59 54

    Merchant Marine Strength 1,244 321

    Major Ports and Terminals 9 5

    Aircraft Carriers 0 0

    Destroyers 0 0

    Frigates 6 4

    Submarines 2 2

    Patrol Coastal Craft 31 37

    Mine Warfare Craft 12 4

    Amphibious Operations Craft 8 1

    Defense Budget $4,740,000,000 $3,500,000,000

    Foreign Reserves $96,210,000,000 $106,500,000,000

    Purchasing Power $1,030,000,000,000 $414,400,000,000

    Oil Production 1,023,000 bbl 693,700 bbl

    Oil Consumption 1,115,000 bbl 536,000 bbl

    Proven Oil Reserves 4,050,000,000 bbl 2,900,000,000 bbl

    Total Labor Force 116,500,000 12,200,000

    Roadway Coverage 437,759 km 98,721 km

    Railway Coverage 5,042 km 1,849 km

    Waterway Coverage 21,579 km 7,200 km

    Coastline Coverage 54,716 km 4,675 km

    Major Serviceable Airports 684 118

    Square Land Area 1,904,569 km 329,847 km




    Dari data diatas beberapa catatan bisa kita letakkan pada kondisi terkini, misalnya posisi cadangan devisa RI saat ini sudah mencapai $ 122.000.000.000,- (Akhir Juli 2011), jumlah KRI saat ini berkisar 152 unit. Kapal-kapal yang berstatus KAL, KKP dan Polisi Air tidak diperhitungkan oleh GFP, padahal kapal-kapal jenis ini ikut berperan dalam patroli keamanan laut atau patroli pantai (Patrol Coastal Craft). Kemudian komponen cadangan (Active Military Reserves) jumlahnya bisa melebihi perhitungan GFP jika Satuan Pengamanan, Satuan Polisi Pamong Praja, Pertahanan Sipil masuk dalam perhitungan.

    Analisis GFP yang disajikan merupakan evidence yang cukup obyektif dan terbarukan, mampu menyajikan data terkini yang memberikan gambaran menyeluruh dari kekuatan militer sebuah negara berdasarkan kekuatan sumber daya militer, sistem persenjataan, kekuatan armada angkatan laut, dukungan logistic dan sebaran pangkalan, sumber daya alam untuk survival, dukungan financial dan kondisi geografis. Yang menarik kekuatan pesawat tempur digabung dengan sistem persenjataan lain apakah itu pesawat angkut, helikopter, tank, panser, artileri yang menjadi kekuatan angkatan darat. Sementara kekuatan angkatan laut menjadi faktor terpisah dan memberikan kontribusi real pada kekuatan militer sebuah negara.

    Nah, semakin jelas bahwa kita adalah yang terbaik di kawasan ini dalam ranking kekuatan militer. Oleh sebab itu kita perlu mengeliminir opini-opini psikologis yang mengunder estimate kekuatan TNI, seakan-akan TNI yang paling lemah, seakan-akan TNI tak mampu mengatasi serangan udara Singapura, seakan-akan TNI tak mampu mengawal teritori NKRI. Dalam kondisi minimum essential force yang belum tercapai militer kita ternyata mampu menduduki ranking 18 dunia. Padahal mulai tahun 2012 sd tahun 2014 saja akan berdatangan setidaknya 60 pesawat tempur baru berbagai jenis, 15 pesawat angkut berbagai jenis, 55 Heli tempur berbagai jenis, 30 Kapal Cepat Rudal, 3 Kapal Selam, 2 Fregat, ratusan Tank dan Panser berbagai jenis. Belum lagi proyek rudal surface to surface, surface to air, rudal anti tank dan ribuan roket Rhan produksi dalam negeri.

    Ini artinya peluang untuk meningkatkan ranking militer itu sangat terbuka. Namun lebih dari itu, kita harus selalu percaya diri dengan kemampuan hulubalang pengawal negara kita, dengan semangat tempurnya, dengan kualitas prajuritnya yang selalu mengungguli tentara negara jiran. Sekali lagi militer kita adalah yang terunggul diantara para jiran. Dan itu harus kita rawat dan pelihara dengan suplai alusista yang modern dan menggentarkan. Dan itu harus konsisten dan berkesinambungan,-

    ****

    Jagvane / 4 Agustus 2011


    http://hankam.kompasiana.com/2011/08...king-18-dunia/
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

Page 1 of 3 123 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0