Mantabh Bro!!!

Seorang petani garam asal Desa Santing, Kecamatan Losarang, Indramayu, Jabar, berhasil melakukan inovasi dengan menciptakan formula garam bernama Ramsol. Serbuk alami ini telah diuji coba di laboratorium dan dapat meningkatkan kualitas sekaligus kuantitas garam petani.

Hasan Ahmad atau biasa disapa Hasan Santing, lahir di Desa Santing. Ia membuat bahan formula alami itu sebagai solusi untuk meningkatkan mutu garam sekaligus meningkatkan hasil produksi garam yang ramah lingkungan karena semua bahan-bahannya dibuat dari alam.


Inovasi Hasan menciptakan Ramsol itu setelah ia melihat kenyataan bahwa mutu garam produksi petani Indramayu itu rata-rata kualitas 2. Berdasarkan standar pemerintah, harga garam tersebut hanya Rp 550 per kilogram, sedangkan garam kualitas 1 bisa dijual Rp 750/kg.


Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi, UKM, dan Indag Yayat Supriatna, Kamis (18/8/2011) mengatakan, bahan formula Ramsol ini sudah dipatenkan. Ramsol membuat garam tampak lebih putih, bersih, dan yang terpenting dapat mengikat yodium.


Menurut Yayat, berdasarkan hasil tes di laboratorium, garam produksi petani dengan menggunakan Ramsol memiliki kandungan Natrium Klorida (Na Cl) lebih tinggi mencapai 99,6 persen di atas syarat mutu yang ditetapkam Standar Nasional Indonesia, yaitu minimal berkandungan Na Cl 95,7 persen.