PURBALINGGA, KOMPAS.com Industri knalpot mobil di Kabupaten Purbalingga dipercaya untuk memasok kebutuhan produsen mobil merk Mercedes Benz karena dinilai memiliki kualitas baik.





"Siapa sangka knalpot buatan saya digunakan Mercedes Benz (Mercy)," kata Agus Adi Atmaja (40), perajin knalpot di Desa Patemon, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Kamis.

Ia mengatakan, perusahaan mobil mewah asal Jerman tersebut telah memesan 1.000 knalpot buatannya (setiap unit terdiri dua buah) sekitar tahun 2004 untuk masa kontrak satu tahun. Menurut dia, pihak Mercy juga telah menghubunginya dan menyatakan hendak memesan knalpot sebanyak 1.000 unit untuk mobil seri terbarunya.

"Kemungkinan tahun ini dapat terealisasi karena Mercy selalu mengeluarkan seri terbaru setiap lima tahun," katanya.

Disinggung mengenai perkiraan nilai pesanan knalpot dari Mercy, dia mengatakan, kemungkinan seperti kontrak sebelumnya, yakni sekitar Rp 2 juta per unit.

Namun, untuk pesanan mendatang, kata dia, kemungkinan akan terjadi negosiasi terkait tingkat kesulitan yang dihadapinya. Selain melayani pesanan dari Mercy, dia mengatakan, knalpot buatannya juga dijual untuk masyarakat umum dengan jangkauan pasar berbagai kota di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. (kompas.com)