Page 1 of 6 123456 LastLast
Results 1 to 10 of 51

Thread: Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit


  1. #1
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Thumbs up Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit

    Gimana caranya agar motor kita bisa lari kenceng tapi irit bahan bakarnya? Trus kalo untuk service besar, itu sebaiknya setelah sampai berapa KM sih?

  2. #2
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,005
    Rep Power
    10

    Re: Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit

    secara teori gak bisa boss...karena bicara kencang selalu hubunganya ma bahan bakar..dimana suplement tenaga di setiap kendaraan ya bahan bakar. Klo mo maksa bisa ajah tapi efeknya mesin panas istilahnya "bensin di cekek"...service besar teorinya 10.000 km bisa lebih bisa kurang, tergantung habit pemakaianya gimana?
    Last edited by OJO DUMEH; 28-03-08 at 10:11 AM.

  3. #3
    Junior Member glen's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    185
    Rep Power
    7

    Re: Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit

    tergantung pemakaian juga sih.. motornya 2 / 4 tak? Kalo 2 tak sih rata2 per 3 bulan di service besar. Kalo 4 tak saya kurang tau coz ga pernah pake 4 tak

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3
    Rep Power
    0

    Re: Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit

    secara teori, kencang identik dg boros, sedangkan irit identik dg lelet.
    tp hal ini pun tdk bisa digeneralisasi. tune up ringan pada mesin bensin 4 langkah dpt membuat konsumsi bbm lebih efisien, dalam arti perbandingan tenaga yg dihasilkan dg konsumsi bbm lebih optimal. saya menghaluskan intake manifold, saluran masuk, dan saluran buang (tdk sampai porting, hanya polish), kemudian menaikkan jarum skep karburator 1 klip. secara teori hal itu akan membuat konsumsi bbm tambah boros, tapi setelah dipakai sehari-hari dalam kota, konsumsi bbm malah justru lebih irit, karena itu td, perbandingan tenaga dg konsumsi bbm lebih optimal. jd tdk perlu membuka gas terlalu lebar, kendaraan sudah dpt berakselerasi dg baik. semoga bermanfaat ...

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3
    Rep Power
    0

    Re: Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit

    untuk service besar mesin bensin 4 langkah tdk ada patokan km yg pasti, krn berbeda dg mesin bensin 2 langkah / diesel, proses pembakaran mesin bensin 4 tak cenderung lebih "bersih" sehingga tdk banyak meninggalkan residu pd ruang bakar. hanya saja utk menjaga performa kendaraan secara keseluruhan, jangan sekedar mengganti oli secara rutin, tp lakukan juga tune up (pengecekan seluruh komponen mesin; sering bengkel membedakan antara service rutin dg tune up, tune up mpy kasta sedikit lebih tinggi) pada saat mengganti oli. hal ini jauh lebih murah dibanding dg penggunaan komponen2 pengganti yang berbau "racing".

  6. #6
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Re: Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit

    Quote Originally Posted by simBAH View Post
    untuk service besar mesin bensin 4 langkah tdk ada patokan km yg pasti, krn berbeda dg mesin bensin 2 langkah / diesel, proses pembakaran mesin bensin 4 tak cenderung lebih "bersih" sehingga tdk banyak meninggalkan residu pd ruang bakar. hanya saja utk menjaga performa kendaraan secara keseluruhan, jangan sekedar mengganti oli secara rutin, tp lakukan juga tune up (pengecekan seluruh komponen mesin; sering bengkel membedakan antara service rutin dg tune up, tune up mpy kasta sedikit lebih tinggi) pada saat mengganti oli. hal ini jauh lebih murah dibanding dg penggunaan komponen2 pengganti yang berbau "racing".
    Terima kasih atas pencerahannya, semoga bisa bermanfaat....

  7. #7
    Senior Member nevergiveupyo's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    1,266
    Rep Power
    8

    Re: Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit

    Quote Originally Posted by OJO DUMEH View Post
    secara teori gak bisa boss...karena bicara kencang selalu hubunganya ma bahan bakar..dimana suplement tenaga di setiap kendaraan ya bahan bakar. Klo mo maksa bisa ajah tapi efeknya mesin panas istilahnya "bensin di cekek"...service besar teorinya 10.000 km bisa lebih bisa kurang, tergantung habit pemakaianya gimana?


    Quote Originally Posted by simBAH View Post
    secara teori, kencang identik dg boros, sedangkan irit identik dg lelet.
    tp hal ini pun tdk bisa digeneralisasi. tune up ringan pada mesin bensin 4 langkah dpt membuat konsumsi bbm lebih efisien, dalam arti perbandingan tenaga yg dihasilkan dg konsumsi bbm lebih optimal. saya menghaluskan intake manifold, saluran masuk, dan saluran buang (tdk sampai porting, hanya polish), kemudian menaikkan jarum skep karburator 1 klip. secara teori hal itu akan membuat konsumsi bbm tambah boros, tapi setelah dipakai sehari-hari dalam kota, konsumsi bbm malah justru lebih irit, karena itu td, perbandingan tenaga dg konsumsi bbm lebih optimal. jd tdk perlu membuka gas terlalu lebar, kendaraan sudah dpt berakselerasi dg baik. semoga bermanfaat ...
    saya bukan anak mesin, cuman dulu nongkrongnya di bengkel. kaitan itu tidak secara langsung. tidak selalu lbh kencang hrs lbh boros.
    yup, seperti kata simbah, intinya di efisiensi.
    kalo pembakaran butuh efisiensi lebih agar rasio bahan bakar yg terbakar sempurna lbh tinggi (hasilnya tentu tenaga/output mesin lbh besar). selain cara2 yg simbah sarankan, ada baiknya adalah memperbesar sumber pengapian (CDI) dan mengatur TMA-ak msh ga bisa nyetel. biasanya bagian si mas bengkel yg asli-.
    efisiensi lain adalah: mengurangi bobot motor (lepas semua sesori yg tdk penting-ingat motor drag). tak kalah penting adalah mengurangi bobot roda/ sekaligus tapak ban-yg efeknya ke gaya gesek. logikanya, dengan tenaga lbh besar, bobot lbh ringan, gaya gesek lbh kecil..tentu kecepatan yg bisa dicapai lbh optimal...
    nah..itu jika pengen rumit..

    jk pengen instan sih...
    ganti gear belakang motor dgn yg jumlah gigi-nya lbh dikit (4-5 angka lbh kecil). dijamin motor lbh kencang (top speed, tp tarikan lama/akselerasinya)
    ini ga perlu ngubah2 mesin (alias bhn bakar g lbh boros)

    ayo para pakar otomotif...
    (One of the lessons of history is that NOTHING is often a good thing to do and ALWAYS a clever thing to say. - Will Durant)

  8. #8
    Beginner
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    65
    Rep Power
    7

    Re: Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit

    kalo pas ngebut jgn lupa nunduk.. biar makin kenceng.. ^_^

  9. #9
    Senior Member speedyrj's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,542
    Rep Power
    8

    Re: Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit

    Mau irit ya mesti pake motto Biar Pelan asal irit....

  10. #10
    Member anoew's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Sumsel
    Posts
    728
    Rep Power
    7

    Re: Bikin Motor Kenceng Larinya Tapi Irit

    Quote Originally Posted by Patapon View Post
    kalo pas ngebut jgn lupa nunduk.. biar makin kenceng.. ^_^
    Siapkan tali yg cukup kuat, ikat, sambungkan ke mobil balap yg di depannya. wuuuzzzzzzzzzhhh.... kencang tapi hemat..
    ~ Poison don't eat ~

Page 1 of 6 123456 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO