Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 24

Thread: All About Honda Tiger


  1. #1
    Junior Member fevernova's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Angke
    Posts
    175
    Rep Power
    6

    All About Honda Tiger

    sori nih kalo sebelumnya sudah ada thread tentang ini, saya dah search sepertinya belum ada sih . kita mulai aja nih, saya mau share tentang pengguna honda tiger, baik tiger pertama sampe new tiger revolution. saya sendiri menggunakan tiger revo bulan oktober tahun 2008, bagi kalian yang menggunakan motor ini, sharing2 yah, kelebihan, kekurangan, ato mau tanya2, sapa tau ada yang bisa membantu tentang motor kita yang satu ini. harapan nya sih thread ini bisa jadi ajang diskusi tentang honda tiger. thank's before

  2. #2
    Junior Member fevernova's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Angke
    Posts
    175
    Rep Power
    6

    Re: All About Honda Tiger

    bro2 semua, dapet info nih, tips untuk nyalain motor tiger (denger2 susah diidupin khususnya tiger revo). biasanya kalo pagi ato minimal 6jam motor dalam keadaan mati, nah susah tuh untuk dinyalain. caranya (biar mesin juga awet) :
    1. dalam keadaan kontak off, diselah minimal 2x, maksudnya supaya oli naik ke komponen2 mesin
    2. kunci kontak on, tarik choke lalu electric starter / engkol (kick starter)
    3. setelah beberapa detik motor nyala, tarik kembali choke ke posisi semula
    4. minimal setelah 1-2 menit motor nyala, boleh deh kita berangkat

    kalo mesin baru dimatikan (belum lebih dari 6 jam), biasanya tidak usah lagi tuh proses2 di atas, langsung aja nyalain. semoga bisa bermanfaat yeee, kalo ada yang mau koreksi atau tambahan, silahkan.......

  3. #3
    Junior Member fevernova's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Angke
    Posts
    175
    Rep Power
    6

    Re: All About Honda Tiger

    nah sekarang ada lagi nih tips untuk mengetahui makna dari oli motor yang kita gunakan. katanya sih tiger, demen nenggak oli, jadi harus sering2 cek yak, pa lagi jenis sae 10w/40 (encer).

    -SAE20w50
    Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -10 sd -15 C (kode 20w) dan pd suhu 150 c dg tk.kekentalan tertentu .Oli jenis ini relative kurang efisien dalm pemakain BBM , dan agak berat performanya, namun sangat baik dlm perlindungan /perawatan mesin, khususnya utk kondisi jalan di Jakarta yg sering macet, jarang brjalan jauh ,polusi dan beban berat. Pd kondisi ini dikenal dg istilah “boundary lubrication”, dimana pada kondisi tsb. lapisan oli sangat tipis diantara celah mesin yg cenderung berpotensi terjadinya kontak antara logam dg logam. oli ini relatif cocok baik utk motor baru apalgi utk motor diatas 3-5th keatas .
    Oli jenis ini relative paling kecil nilai viskositas indeksnya (VI), diantara 3 jenis oli lainnya (minimal utk.oli mineral/semi sintetis 120, utk. sintetis 145) .Artinya sedikit memakai viscosity Index improver (peningkat angka VI). Terlalu banyak aditif ini ga baik buat motor . VI= ukuran kemampuan suatu oli mesin dalam menjaga kestabilan kekentalan oli mesin dalam rentang suhu dingan sampai tinggi. Semakin tinggi VI semakin baik kestabilan kekentalannya.Utk oli mobil, VI tinggi akan sangat baik dimesin. Utk motor bisa sebaliknya.

    -SAE15w50
    Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin (minus) -15 sd -20 C (kode 15w) dan suhu 150 c dg tk.kekentalan tertentu .Jenis oli relative sama dg SAE20w50.Sedikit yg membedakan adalah sedikit lebih encer dan nilai VI lebih tinggi dari 20w50. (minimal utk.oli mineral 130, utk. sintetis 150) Semakin tinggi nilai VI artinya adlah semakin banyak pemakaian aditif peningkat angka VI. Aditif ini relative sensitif digunakan utk motor yg menyatukan oli mesin dan gigi (wet clutch).Artinya oli jenis ini relative lebih mudah berubah kekentalannya dibandingkan 20w50.

    -SAE10w40
    Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -20 sd -25 C (kode 10w) dan suhu 150 C dg tk.kekentalan tertentu .Jenis Oli yg relative paling encer diantaranya ke3 jenis oli lainnya. Oli ini relative paling irit BBM, namun kurang baik dalam perlindungan mesin .Terutama pada kondisi jalan sering macet dan beban berat.(mis.sering dipake boncengan).
    Relatif sama dg SAE 15w50 , dalam hal pemakaian aditif peningkat angka VI. (minimal utk.oli mineral 130, utk. sintetis 150) Apakah berarti paling bagus?Belum tentu …!Semakin banyak kandungan aditif peningkat angka VI , semakin besar kemungkinan peluang pecahnya aditif VI-nya dan berubah kekentalannya. aditif peningkat angka VI terbuat dr seny.kimia kopolimer. yg baik beradaptasi pada suhu dingin dan tinggi. TTpi sensitif thd tekanan stress di gigi.
    Ukuran perubahan kekentalan oli biasanya dipakai batasan sampai 25-30% dari kekentalan awal /oli baru. Agak sulit memang indikatornya soalnya Cuma lab.yg bisa memastikan hal ini. Kalaupun Anda ingin tetap memakai oli jenis ini, saran saya , perhatikan jarak pergantian olinya lebih awal. Kalau Anda merasa suara mesin sdh agak berbeda sedikit aja..cepet2 ganti dah..

    -SAE15w40
    Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -15 sd -20 C (kode 15w) dan suhu 150 C dg tk.kekentalan tertentu . Nilai VI ,minimal utk.oli mineral 125, utk. sintetis 145. Hasil pengujian di motor sebenarnya menunjukkan oli jenis ini yg paling pas. Oli jenis ini relative paling stabil kekentalannya dibandingkan yg lainnya. Masalhnya oli jens ini jarang diaplikasikan utk motor. Biasanya jenis SAE ini, dipakai utk kendaraan jenis mesin disel, yg membutuhkan kestabilan kekekntalan dalam jarak jauh dan kondisi ekstrim pada mesin disel.

    Selain hal diats, hal yg terkait dg perlindungan mesin motor adalah factor tingkat kode API dan kode JASO MA.


  4. #4
    Senior Member Slump's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    few click away
    Posts
    1,763
    Rep Power
    8

    Re: All About Honda Tiger

    pernah dua kali punya, rakitan 97 ama 2000. buat touring enak tapi gak enak kalo udah waktunya ganti rantai dan gear, mahal bo. apalagi waktu itu belum ada spare parts no 2. masalah idupin mesin kadang biasa terjadi sih, tapi kalo lama bawa macan pasti udah ngerti selanya.

  5. #5
    Junior Member fevernova's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Angke
    Posts
    175
    Rep Power
    6

    Re: All About Honda Tiger

    kata orang2 sih tiger tahun lama lebih bagus mesin n part2 nya dibanding tiger tahun2 sekarang . yup, mang motor yang satu ini partnya mahal, tapi saya denger motor2 merk lain juga hampir sama mahalnya. ada baiknya sih beli yang asli untuk part2 penting, toh lebih tahan lama di banding yang imitasi, demi keselamatan kita2 juga, tul ga bro slump .
    jadi pengen tau nih, bro2 semua tigernya di modif apanya aja sih (kasih speknya yee)???



  6. #6
    Senior Member Slump's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    few click away
    Posts
    1,763
    Rep Power
    8

    Re: All About Honda Tiger

    tul...! safety first.
    aku sukanya model naked bike, jadi gak suka modif pasang2 fairing gitu.
    paling main disektor kaki2 aja biar lebih gagah kemudian ganti lampu depan biar beda.

  7. #7
    Junior Member fevernova's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Angke
    Posts
    175
    Rep Power
    6

    Re: All About Honda Tiger

    sama tuh bro, saya juga ga suka modif2 motor, standard aja dari pertama kali beli, bis biaya lumayan besar. rencana sih yang pengen di ganti ya ban, jadi tubless depan belakang, ban inceran saat ini sih merk battlax (mahal boooo), pake yang bt45 depan 100/80-18 n belakang 120/80-18, berhubung ban sekarang masih bagus, jadi ditunda dulu . gimana nih modif dari bro2 yang lain??? ato ada keluhan dengan si tigy, sapa tau ada yang bisa kasih solusi?

  8. #8
    Junior Member fevernova's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Angke
    Posts
    175
    Rep Power
    6

    Re: All About Honda Tiger

    bro2 semua ada info nih untuk kopling tigy nya yang suka macet/keras :
    dilumasin aja,
    caranya, lepas kabel koplingnya dari motor. lalu beri wd-40, masukkkan sedikit2 dari lubang kabel yang atas sambil dikocok2 (naik turunkan) kawat koplingnya. Lalukan terus sampai cairan wd-40 keluar dari lubang yang di bawah.
    lakukan sambil berdiri yak, jadi kabel kopling dalam posisi tegak lurus/ vertikal,setelah itu, beri oli mesin/ oli gardan yang masih baru dan bersih (bukan oli bekas! kalau oli bekas mah sama aja masukin kotoran ke dalam selongsong kabel kopling, bisa bikin macet). lakukan sama seperti memberi wd-40 (sampai oli keluar dari bawah kabel kopling). bersihkan/ lap kabel kopling dari oli yang belepotan, lalu pasang kembali dan setel jarak main handle kopling sesuai petunjuk di buku pedoman pemilik (jarak bebas handle kopling 1-2Cm)
    selamat mencoba yeeee

  9. #9
    Newbie dany's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Smile Re: All About Honda Tiger

    wah,,kudu byk belajar ma senior nih,,soalnya taon dpn plg ke indo rencana mo beli tiger,,,,,,

  10. #10
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    8

    Re: All About Honda Tiger

    .

    Ikutan ah ....
    Utk tiger saya kasih sae 10-30 , bahkan 0-30 . dan selalu menjaga kestabilan aki , males kick starter sich
    krn sudah 200cc memang kadang utk kick starter susah berhubung cc sudah mulai besar dan kadang ada efek balik yg bikin kaki cepet cape bahkan keseleo.
    krn itu aku pake oli yg lebih encer biar electric starter lebih gampang hidup dan biasa dong , rpm aku naikkan sedikit , jadi kalo pada waktu mau pake langsung aja jalan nggak nunggu dulu.
    saat ini masih enak dan kalo bawa diatas 60 km/jam stabil , posisi ridingnya enak walaupun kalah lincah dgn scorpio tapi mantap.

    .

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO