Results 1 to 9 of 9

Thread: 5 Hantu Paling Tenar di Film Horor Indonesia


  1. #1
    Senior Member kleirin's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    1,612
    Rep Power
    0

    Exclamation 5 Hantu Paling Tenar di Film Horor Indonesia

    Film horor Indonesia sudah mengecap suksesnya sejak pertama muncul di layar lebar. Sekitar tahun 1980an Indonesia disuguhi beragam film horor dengan bintang yang paling tenar di kala itu, Suzanna. Kini pun, film horor Indonesia masih juga marak. Bintang-bintang baru bermunculan dan beragam hantu jadi tokoh utama dalam film-film tersebut.

    Jika dulu Suzanna naik daun lewat perannya sebagai ratu pantai selatan, atau Nyi Roro Kidul, kini film horor Indonesia lebih banyak mengangkat kisah dari wujud-wujud hantu. Berikut adalah daftar hantu-hantu yang paling sering dijadikan tokoh utama dalam film horor Indonesia belakangan ini.

    1. Kuntilanak

    Kuntilanak @ KapanLagi.com®
    Tak diragukan lagi ketenaran hantu yang satu ini. Kuntilanak dipercaya berasal dari hantu seorang wanita yang tengah hamil dan lantas meninggal, atau wanita yang meninggal dalam proses melahirkan namun belum sampai keluar anaknya. Bentuk fisik dari hantu ini digambarkan sebagai sosok wanita cantik berambut panjang. Kuntilanak yang suka bersemayam di atas pohon ini dipercaya suka meneror penduduk sekitar karena ingin menuntut balas.

    Kesukaan kuntilanak adalah bayi dan wanita hamil. Itulah sebabnya mengapa dalam tradisi kita ada kebiasaan meletakkan gunting, jarum, atau pisau di dekat tempat tidur bayi, atau di dalam tas ibu hamil yang sedang bepergian. Hal ini dilakukan karena konon kuntilanak tidak akan berani mengganggu bayi atau ibu hamil yang dekat dengan benda-benda tersebut.

    Film horor Indonesia yang menghadirkan tokoh kuntilanak di antaranya adalah KUNTILANAK, JERITAN KUNTILANAK, SARANG KUNTILANAK, PAKU KUNTILANAK, HANTU BINAL JEMBATAN SEMANGGI. Juga banyak di antara film horor Indonesia yang menghadirkan sosok hantu cantik seperti SI MANIS JEMBATAN ANCOL, HANTU PUNCAK DATANG BULAN, dan lain-lain.

    2. Suster Ngesot

    Suster Ngesot @ asiaramohammadridwan.wordpress.com
    Hantu suster berawal dari munculnya cerita hantu suster ngesot. Ada beberapa versi mitos tentang pertama kali munculnya suster ngesot ini. Beberapa orang mengatakan bahwa suster ngesot adalah hantu penghuni sebuah rumah sakit di Jakarta yang meninggal karena diperkosa oleh dokter jaga. Beberapa yang lain bilang bahwa suster ngesot berasal dari Jawa Barat, yaitu kisah seorang perawat di panti jompo yang dipukul kakinya sampai remuk.

    Masih banyak lagi kisah-kisah tentang munculnya hantu yang satu ini. Dan hantu ini pun juga jadi populer di Indonesia lewat sebuah judul film, SUSTER NGESOT. Dan setelah suksesnya, muncul film hantu lain yang juga mengangkat seorang suster sebagai tokohnya, SUSTER KERAMAS. Dan image suster dengan pakaiannya yang serba putih pun jadi menyeramkan.

    3. Sundel Bolong

    Sundel Bolong @ horrorsekarepdewek.blogspot.com
    Mirip seperti kuntilanak, ciri fisik sundel bolong adalah wanita cantik dengan rambut tergerai, namun sendel bolong memiliki punggung yang berlubang. Sundel bolong juga kerap mengenakan pakaian putih panjang. Bolong di punggungnya sedikit tertutup rambutnya yang tergerai, dan organ dalam tubuhnya di bagian perut sedikit terlihat.

    Sundel bolong dikisahkan adalah hantu dari sosok wanita yang mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Sundel bolong juga kerap diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan.

    Sudah sejak lama hantu yang satu ini diangkat dalam cerita film. SUNDEL BOLONG adalah film keluaran tahun 1981, dan muncul lagi film LEGENDA SUNDEL BOLONG yang dirilis pada tahun 2007.

    4. Jelangkung

    Jelangkung @ ganool.com
    Sebenarnya, nama yang satu ini bukan termasuk dalam jenis-jenis hantu indonesia. Jelangkung adalah jenis permainan boneka kayu yang memang dekat dengan dunia hantu. Permainan yang biasa dilakukan oleh empat orang ini sangat berbahaya bagi mereka yang belum pernah melakukannya. Beberapa bertugas memangku boneka jelangkung, satu orang lagi bertugas membaca mantera, dan satu orang yang mempersiapkan alat tulis.

    Permainan ini biasa dilakukan di tempat-tempat yang angker pada jam sepuluh ke atas. Kebanyakan mereka yang kurang beruntung, pada akhirnya menjadi korban kerasukan hantu yang dipanggil. Hantu yang datang saat dipanggil itu biasanya tidak mau pergi sampai keinginannya dipenuhi. Mereka yang kurang beruntung ini kebanyakan adalah orang-orang yang penasaran dan mencoba-coba permainan berbahaya ini.

    Beberapa film horor Indonesia juga sempat mengangkat jelangkung dalam ceritanya. Sebut saja film JELANGKUNG yang sempat laris saat naik ke layar lebar. Setelah suksesnya film tersebut, muncul lagi film TUSUK JELANGKUNG, KALUNG JELANGKUNG, dan lain-lain.

    5. Pocong

    Pocong @ KapanLagi.com®
    Hantu yang satu ini merupakan hantu yang paling masuk akal, secara sebagian besar orang di Indonesia yang kebanyakan adalah umat muslim, dibungkus kain kafan saat meninggal. Dari cara membungkus kain kafan tersebut, pada akhirnya muncullah cerita hantu pocong. Hantu yang satu ini berbalut kain putih yang ditali di beberapa bagian tubuhnya dan kain di atas kepalanya diikat menyerupai bungkus permen.

    Menurut mitos, pocong memiliki wajah berwarna hijau dengan mata yang kosong. Ada juga yang mengatakan bahwa pocong berwajah rata dengan mata kosong. Beberapa mengatakan bahwa pocong berpindah tempat dengan cara melayang-layang. Namun kebanyakan orang percaya bahwa pocong melompat-lompat untuk berpindah tempat. Hal ini seperti digambarkan dalam film-film yang mengangkat hantu ini sebagai tokohnya.

    Kini pocong pun ikut berperan dalam film horor seksi Indonesia. POCONG MANDI GOYANG PINGGUL adalah salah satu judul yang lumayan tenar belakangan ini. Selain itu, ada judul-judul seperti POCONG, POCONG KELILING, SUSUK POCONG, dan TALI POCONG PERAWAN.

    Source: 10 HANTU PALING TENAR DI INDUSTRI FILM HOROR INDONESIA

  2. #2
    Contributor Taiko-san's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    3,413
    Rep Power
    16

    Re: 5 Hantu Paling Tenar di Film Horor Indonesia

    kolor hijo koq nggak masuk itungan ya..?

  3. #3
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,834
    Rep Power
    7

    Re: 5 Hantu Paling Tenar di Film Horor Indonesia

    iya iya bener juga, kok belum masuk ya..?

    Quote Originally Posted by Taiko-san View Post
    kolor hijo koq nggak masuk itungan ya..?

  4. #4
    Contributor keizer's Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    2,584
    Rep Power
    5

    Re: 5 Hantu Paling Tenar di Film Horor Indonesia

    Quote Originally Posted by Taiko-san View Post
    kolor hijo koq nggak masuk itungan ya..?
    ini mah ga laku di jual

  5. #5
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: 5 Hantu Paling Tenar di Film Horor Indonesia

    Nenek gayung ngga masuk kategori... hahaha

  6. #6
    Member noRespect's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Bekasi saja, ngga aneh2 kok :)
    Posts
    585
    Rep Power
    0

    Re: 5 Hantu Paling Tenar di Film Horor Indonesia

    Sampai sekarang sosok kuntilanak paling serem itu menurut saya Suzanna. Kuntil is the scariest.

    *Melebar dikit. Dan ada 1 lagi judul horror jadul yang sampe sekarang saya ga bisa lupa. Judulnya Siluman Kera. Ini film beneran serem+agak sadis.
    Dan masih banyak lagi film horror jadul yang bagus. Kira2 ada yang punya listnya? Saya inget potongan2 adegan2nya tapi lupa judulnya.

  7. #7
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,957
    Rep Power
    14

    Re: 5 Hantu Paling Tenar di Film Horor Indonesia

    kalau dulu cukup dikenal babi ngepet, setara tuyul, sebagai pesugihan biar orang cepat jadi kaya...sayang peringkat tidak termasuk, agaknya jarang2 update, ketinggalan ama si tuyul...

  8. #8
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,687
    Rep Power
    7

    Re: 5 Hantu Paling Tenar di Film Horor Indonesia

    Quote Originally Posted by djunbd View Post
    kalau dulu cukup dikenal babi ngepet, setara tuyul, sebagai pesugihan biar orang cepat jadi kaya...sayang peringkat tidak termasuk, agaknya jarang2 update, ketinggalan ama si tuyul...
    habis tuyulnya ngilang terus sih...he he he

  9. #9
    Member reenn3's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    surabaya
    Posts
    811
    Rep Power
    6

    Re: 5 Hantu Paling Tenar di Film Horor Indonesia

    emang 5 hantu ini yang sekarang lagi heitss banget yaaa...ga tau juga kenapa

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO