Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: Mahalnya Biaya Pendidikan..


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    274
    Rep Power
    3

    Mahalnya Biaya Pendidikan..

    UI Klaim Jadi Kampus Negeri Termurah, Fakultas Kedokteran Rp 25 Juta

    Pandu Triyuda - detikNews
    Kamis, 14/06/2012 08:42 WIB


    Jakarta Universitas Indonesia (UI) mengklaim sebagai universitas negeri termurah. Bahkan untuk fakultas kedokterannya, mereka hanya menerapkan biaya sumbangan pendidikan sebesar Rp 25 juta.

    Hal ini diungkapkan oleh Martarizal, wakil ketua panitia tetap penerimaan mahasiswa baru UI. Dia memastikan, fakultas Kedokteran UI masih jadi favorit para lulusan SMA di Indonesia.

    "Kalau peminat ya paling banyak kedokteran, karena daya tampungnya lebih besar," ujar Martarizal saat ditemui di gedung pendaftaran simak UI, kampus UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (13/06/2012).

    Menurut Martarizal, banyaknya peminat calon mahasiswa untuk daftar ke fakultas kedokteran UI karena biayanya termurah se PTN Indonesia

    "Sebenarnya kedokteran UI itu yang paling murah. Untuk uang kuliahnya Rp 7,5 juta maksimal per semesternya dan uang masuk pangkalnya Rp 25 juta dan untuk semua jalur lewat SNMPTN (undangan, tertulis) dan SIMAK," ungkapnya.

    Martarizal tidak menampik bahwa selama ini ada beberapa orang tua calon mahasiswa yang mencoba menyogok pihak UI agar diterima di fakultas kedokteran. Namun semua itu ditampiknya karena sistem sudah berjalan baik.

    "Nah yang jadi kita agak bingung banyak orang yang pengen sanggup bayar lebih, nah itu nggak mungkin karena ketika seseorang diterima itu kan sistem bank langsung komunikasi dengan kami dan sudah ditetapkan," pungkasnya.

    (mad/fdn)

    sumber :

  2. #2
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,820
    Rep Power
    7

    Re: Mahalnya Biaya Pendidikan.. Dengan Uang Pangkal FK 25 Juta UI Klaim Kampus Termur

    mahal juga ya, kayaknya masih ada yang lebih murah daripada itu deh....

  3. #3
    Member noRespect's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Bekasi saja, ngga aneh2 kok :)
    Posts
    585
    Rep Power
    0

    Re: Mahalnya Biaya Pendidikan.. Dengan Uang Pangkal FK 25 Juta UI Klaim Kampus Termur

    Menurut saya kuliah dimanapun pada dasarnya hampir sama. Yang murah dan yang mahal. Itu semua tergantung kemauan si mahasiswa. Kalau kuliah di UI tapi belajar males2an, tetep aja jadi mahasiswa UI yang bodoh (misal).
    Intinya, jangan khawatir, masih banyak alternatif kampus lain yang lebih murah dan ngasih bobot ilmu ngga kalah dibanding UI.

  4. #4
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    274
    Rep Power
    3

    Re: Mahalnya Biaya Pendidikan.. Dengan Uang Pangkal FK 25 Juta UI Klaim Kampus Termur

    Quote Originally Posted by noRespect View Post
    Menurut saya kuliah dimanapun pada dasarnya hampir sama. Yang murah dan yang mahal. Itu semua tergantung kemauan si mahasiswa. Kalau kuliah di UI tapi belajar males2an, tetep aja jadi mahasiswa UI yang bodoh (misal).
    Intinya, jangan khawatir, masih banyak alternatif kampus lain yang lebih murah dan ngasih bobot ilmu ngga kalah dibanding UI.
    bagaimana dengan PTK macam STAN, STIS
    menurutku itu alternatif pas utk para siswa dari keluarga tidak mampu yang punya keterbatasan ekonomi

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    6
    Rep Power
    0

    Re: Mahalnya Biaya Pendidikan.. Dengan Uang Pangkal FK 25 Juta UI Klaim Kampus Termur

    Biaya pendidikan untuk jaman sekarang selalu diasumsikan dengan kualitasnya... kapan Anak bangsa Indonesia bisa maju??

  6. #6
    Junior Member mbamarijan's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    308
    Rep Power
    3

    Re: Mahalnya Biaya Pendidikan.. Dengan Uang Pangkal FK 25 Juta UI Klaim Kampus Termur

    Quote Originally Posted by ddlivestok View Post
    Biaya pendidikan untuk jaman sekarang selalu diasumsikan dengan kualitasnya... kapan Anak bangsa Indonesia bisa maju??
    dan akhirnya.... banyak anak bangsa yg berpikir praktis,,,,,
    daripada kuliah ngabisin duit 25 jutaan mending buka usaha aja dech, hehehe.

  7. #7
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    274
    Rep Power
    3

    Re: Mahalnya Biaya Pendidikan.. Dengan Uang Pangkal FK 25 Juta UI Klaim Kampus Termur

    Quote Originally Posted by posd View Post
    Kan sudah ada kasih tanda-tanda waktu pemilu dulu. Kalian aja yang bodoh gak bisa melihat tandanya. Masih ingatkan departemen pendidikan pasang iklan sekolah gratis dimana-mana waktu pemilu, disetiap stasiun tv, setiap jam, sampai sebulan lebih. Emang pasang iklan gak mahal apa. Sekarang departemen pendidikan mau pungut kembali biaya iklan yang dikeluarin 2008 silam. Berikut bunganya
    hehe..
    tapi khan alokasi untuk pendidikan disini minimal 20% dari APBN gan yang kalo APBN 1000 trilyun minimal 200 trilyun..

  8. #8
    Junior Member zenie's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Posts
    434
    Rep Power
    6

    Re: Mahalnya Biaya Pendidikan.. Dengan Uang Pangkal FK 25 Juta UI Klaim Kampus Termur

    Universitas itu menuntut uang pendidikan yang banyak untuk melakukan riset..

    Emangnya berapa sih dana riset tiap Universitas yang diberikan oleh Dikti (Direktorat Pendidikan Tinggi) atau Kemenristek?
    Sedikit sekali kale..

    Sekadar perbandingan, SETIAP Universitas di Malaysia itu mendapatkan dana riset sekitar 1 T rupiah..
    Lha klo di Indonesia, dana Kemenristek aja ga nyampe 1 T..
    Makanya jangan salahkan Indonesia klo ilmu pengetahuan ga maju-maju, tidak seperti Jepang atau Korea..
    (Ini kata salah satu profesor dari salah satu institut negeri terkenal)

    Jadi bagaimana universitas nyari dana riset?
    Tentu dari mahasiswa nya..

    Tapi tentu saja TIDAK SEMUA mahasiswa akan dikenakan biaya yang sama..
    Perbedaan biaya biasanya dipertimbangkan berdasarkan ekonomi keluarga dan prestasi akademik..
    Lagipula sekarang sudah ada beasiswa Bidik Misi dari Dikti, yang menyasar siswa-siswa miskin..

    Jadi bagi saya, kemiskinan bukanlah ancaman untuk melanjutkan pendidikan, tapi kebodohan lah yang menjadi ancaman..
    Makanya jangan jadi orang bodoh, orang bodoh sih hanya jadi sumber duit bagi yang lain..
    The Heart of Mathematics is Its Problems (Paul Halmos)

  9. #9
    Junior Member zenie's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Posts
    434
    Rep Power
    6

    Re: Mahalnya Biaya Pendidikan.. Dengan Uang Pangkal FK 25 Juta UI Klaim Kampus Termur

    Quote Originally Posted by mbamarijan View Post
    dan akhirnya.... banyak anak bangsa yg berpikir praktis,,,,,
    daripada kuliah ngabisin duit 25 jutaan mending buka usaha aja dech, hehehe.
    Lho bagus itu..
    Bukannya Indonesia memang membutuhkan banyak wirausahawan ya?

    Quote Originally Posted by bundaumar View Post
    hehe..
    tapi khan alokasi untuk pendidikan disini minimal 20% dari APBN gan yang kalo APBN 1000 trilyun minimal 200 trilyun..
    Pendidikan kan diprioritaskan untuk yang wajib belajar 9 tahun Mbak..
    Baru ke SMA, setelah itu baru perguruan tinggi..

    Lagipula klo perguruan tinggi cuma mendapat dana yang bisa tutup buku, lha kapan PT melakukan riset dan penelitian?
    Klo PT tidak melakukan penelitian, apa bedanya PT dengan SMA kelas 4 klo begitu?
    The Heart of Mathematics is Its Problems (Paul Halmos)

  10. #10
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    274
    Rep Power
    3

    Re: Mahalnya Biaya Pendidikan.. Dengan Uang Pangkal FK 25 Juta UI Klaim Kampus Termur

    Quote Originally Posted by zenie View Post

    Pendidikan kan diprioritaskan untuk yang wajib belajar 9 tahun Mbak..
    Baru ke SMA, setelah itu baru perguruan tinggi..

    Lagipula klo perguruan tinggi cuma mendapat dana yang bisa tutup buku, lha kapan PT melakukan riset dan penelitian?
    Klo PT tidak melakukan penelitian, apa bedanya PT dengan SMA kelas 4 klo begitu?
    oh untuk riset tho?
    tapi maaf kok masih agak sangsi ya kalo beneran uang pangkal itu utk riset..

    kalo untuk masalah ini gak bisa berkomentar deh.. soale mmg tidak mempunyai informasi yang memadai tentang ini

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO