Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: Komisi Ombudsman


  1. #1
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,290
    Rep Power
    22

    Lightbulb Komisi Ombudsman

    ada iklan yang menarik di harian kompas kemarin.
    ada iklannya komisi Ombudsman..
    wah komisi ini kan udah hadir sejak tahun 2000 yang lalu, kok baru sekarang mulai aktif? kenapa yaa?
    selain di media cetak, komisi ombudsman juga rajin beriklan di TV..

    berikut iklannya..



    sudah pernah ada yang kontak2 dengan komisi ini?
    Attached Thumbnails Attached Thumbnails Komisi Ombudsman-ombudsman.jpg  
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  2. #2
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    207
    Rep Power
    6

    Re: Komisi Ombudsman

    Ada yang ketinggalan kereta ya mas ?

  3. #3
    Beginner milsa_tyde's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Jatim
    Posts
    66
    Rep Power
    6

    Re: Komisi Ombudsman

    Dulu namanya Komisi Ombudsman Nasional, tetapi sejak RUU Ombudsman RI disahkan oleh DPR RI menjadi UU pada tgl 9 September 2008, maka namanya jadi Ombudsman Republik Indonesia.

    Semoga lembaga ini makin bergigi dan membawa manfaat.

  4. #4
    Senior Member innocent's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    on my bed
    Posts
    2,205
    Rep Power
    8

    Re: Komisi Ombudsman

    aduh, ketimbang kebanyakan bikin komisi ini, komisi itu... mendingan mutu pendidikan diperbaiki, trus seleksi pns pake syarat yg lebih tinggi... kan kalo mentalitas pns udah bagus, gak perlu lagi ada komisi2xan kayak gitu...
    Enjoy while you can!

  5. #5
    Beginner milsa_tyde's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Jatim
    Posts
    66
    Rep Power
    6

    Re: Komisi Ombudsman

    Quote Originally Posted by innocent View Post
    aduh, ketimbang kebanyakan bikin komisi ini, komisi itu... mendingan mutu pendidikan diperbaiki, trus seleksi pns pake syarat yg lebih tinggi... kan kalo mentalitas pns udah bagus, gak perlu lagi ada komisi2xan kayak gitu...
    Betul Bro, saya sependapat dengan anda, yang penting pendidikan diperbaiki dan seleksi PNS yang ketat sehingga mentalitas PNS bagus. Tapi hasilnya akan nampak dalam jangka panjang Bro. Mungkin kita2 ini tidak sempat lagi lihat hasilnya.

    Sambil menunggu proses perbaikan pendidikan dan seleksi PNS berjalan, kita perlu menambal bolong-bolong dan menyembuhkan borok2 yang terlanjur menyebar. Disinilah peran komisi2 itu. Kita ambil contoh KPK yang berperan menambal bolong peran jaksa kita.

    kalau memang ada manfaatnya, seperti KPK, kita dukung pendirian komisi2 itu. Siapa tahu dan semoga, ketika kita masih ada umur, bisa menyaksikan pembubaran puluhan komisi2 itu, karena memang sudah tidak diperlukan.

  6. #6
    Senior Member innocent's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    on my bed
    Posts
    2,205
    Rep Power
    8

    Re: Komisi Ombudsman

    Quote Originally Posted by milsa_tyde View Post
    Betul Bro, saya sependapat dengan anda, yang penting pendidikan diperbaiki dan seleksi PNS yang ketat sehingga mentalitas PNS bagus. Tapi hasilnya akan nampak dalam jangka panjang Bro. Mungkin kita2 ini tidak sempat lagi lihat hasilnya.

    Sambil menunggu proses perbaikan pendidikan dan seleksi PNS berjalan, kita perlu menambal bolong-bolong dan menyembuhkan borok2 yang terlanjur menyebar. Disinilah peran komisi2 itu. Kita ambil contoh KPK yang berperan menambal bolong peran jaksa kita.

    kalau memang ada manfaatnya, seperti KPK, kita dukung pendirian komisi2 itu. Siapa tahu dan semoga, ketika kita masih ada umur, bisa menyaksikan pembubaran puluhan komisi2 itu, karena memang sudah tidak diperlukan.
    oke, setuju dgn anda! utk saat ini, keberadaan komisi spt itu, terutama KPK, memang diperlukan... dan semoga manfaatnya akan terasa nyata dan dpt dipertahankan sampe negara ini gak memerlukannya lagi... sementara itu, mudah2xan anggaran pendidikan 15% dpt diimplementasikan dlm bentuk peningkatan akses dan kwalitas pendidikan bagi penduduk Indonesia...
    Enjoy while you can!

  7. #7
    Senior Member bukanTuhan's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    near
    Posts
    2,195
    Rep Power
    8

    Re: Komisi Ombudsman

    dapet nama dari mana sih??? Aneh rasanya, ada yang tahu itu kata asalnya dari mana dan artinya apa??? Singkatan atau istilah???

    Apa bedanya ma KPK????
    Salam buat semuanya...

  8. #8
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,290
    Rep Power
    22

    Cool Re: Komisi Ombudsman

    Quote Originally Posted by bukanTuhan View Post
    dapet nama dari mana sih??? Aneh rasanya, ada yang tahu itu kata asalnya dari mana dan artinya apa??? Singkatan atau istilah???

    Apa bedanya ma KPK????
    menurut oom wikipedia (bahasa Indonesia), ombudsman diartikan sebagai

    Ombudsman adalah seorang pejabat atau badan yang bertugas menyelidiki berbagai keluhan masyarakat. Kata ombudsman berasal dari bahasa Swedia kuno umbušsmann, artinya perwakilan. Selain di tingkat pemerintahan, ombudsman juga dapat ditemui dalam perusahaan, universitas, dan media massa.
    menurut oom wikipedia (bahasa Inggris), ombudsman diartikan sebagai

    An ombudsman (English plural: conventionally ombudsmen) is an official, usually appointed by the government or by parliament, who is charged with representing the interests of the public by investigating complaints reported by citizens and addressing them, usually through mediating a settlement. In some jurisdictions, the Ombudsman is referred to, at least officially, as the ‘Parliamentary Commissioner’ (e.g., the Western Australian state Ombudsman). The word ombudsman and its specific meaning, Nordic in origin, has since been adopted into English as well as other languages, and ombudsmen have been instituted by other governments and organizations such as the European Union. To make a complaint to an ombudsman is usually free of charge.

    An ombudsman need not be appointed by a legislature; they may work for a corporation, a newspaper, an NGO, as an organizational ombudsman; or for the general public in a city, appointed by a mayor, like the executive ombudsman. In some countries, an Inspector General may have similar duties as or have overlapping duties with an ombudsman appointed by the legislature.
    ternyata di wikipedia juga ditemukan entry ttg Komisi Ombudsman Nasional, sekelumit ttg KON :

    Komisi Ombudsman Nasional atau disingkat KON dibentuk tanggal 20 Maret 2000 berdasarkan Keppres No. 44 Tahun 2000. Lembaga ini merupakan cikal bakal terbentuknya Ombudsman Republik Indonesia yang disahkan berdasarkan Undang-undang dalam Rapat Paripurna DPR RI pada tanggal 9 September 2008.

    Secara umum peran Komisi Ombudsman Nasional adalah melakukan pengawasan terhadap pemberian pelayanan publik oleh penyelenggara negara, termasuk BUMN/BUMD, lembaga pengadilan, Badan Pertanahan Nasional, Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah, Departemen dan Kementerian, Instansi Non Departemen, Perguruan Tinggi Negeri, TNI, dan sebagainya.

    Dalam menjalankan kewenangannya KON berpegang pada asas mendengarkan kedua belah pihak (imparsial) serta tidak menerima imbalan apapun baik dari masyarakat yang melapor atau pun instansi yang dilaporkan. KON tidak memiliki kewenangan menuntut maupun menjatuhkan sanksi kepada instansi yang dilaporkan, namun memberikan rekomendasi kepada instansi untuk melakukan self-correction. Penyelesaian keluhan oleh KON merupakan salah satu upaya alternatif penyelesaian masalah (alternative dispute resolution) di samping cara lainnya yang membutuhkan waktu yang relatif lama dan biaya yang harus dikeluarkan.
    info lebih detail : www.ombudsman.go.id
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  9. #9
    Senior Member bukanTuhan's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    near
    Posts
    2,195
    Rep Power
    8

    Re: Komisi Ombudsman

    Dari tujuannya bagus, semoga bertugas sesuai dengan fungsinya. Hidup KON.......ah jelek banget singkatannya......
    Salam buat semuanya...

  10. #10
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,290
    Rep Power
    22

    Re: Komisi Ombudsman

    Quote Originally Posted by bukanTuhan View Post
    Dari tujuannya bagus, semoga bertugas sesuai dengan fungsinya. Hidup KON.......ah jelek banget singkatannya......
    sekarang bukan lagi KON
    tapi ORI (Ombudsman Republik Indonesia)


    kalo ada tackling dari PNS, tinggal telp saja ORI..
    kasi tau nama instansi dsb dsb nanti ORI akan melakukan tindakan..
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0