Page 3 of 11 FirstFirst 1234567891011 LastLast
Results 21 to 30 of 107

Thread: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?


  1. #21
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    111
    Rep Power
    7

    Re: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?

    Oke kembali ke persoalan.

    Menurutku Sultan mungkin berhasil di Jogja.

    Tapi, Indonesia lebih heterogen daripada sekedar Jogja.

  2. #22
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    111
    Rep Power
    7

    Re: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?

    dg kt lain, indonesia lebih kompleks dripd jogja...

  3. #23
    Senior Member Mr.Shock's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    1,513
    Rep Power
    9

    Re: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?

    Saya pikir Indonesia masih butuh figur tentara untuk memimpin, mungkin bukan hanya Indonesia, secara umum untuk negara yang stabilitas politiknya labil. seperti filipina, thailand, pakistan, dsb

    Kalau sultan, jadi wakil aja deh,...

  4. #24
    Junior Member ABCENT's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    196
    Rep Power
    7

    Re: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?

    Quote Originally Posted by jip_id View Post
    Oke kembali ke persoalan.

    Menurutku Sultan mungkin berhasil di Jogja.

    Tapi, Indonesia lebih heterogen daripada sekedar Jogja.
    sepertinya , yg dipersoalkan sebenarnya adalah ke-jawa-an beliau , dan bukan semata kapasitas maupun integritas pribadinya.

    untuk anda cermati , yg namanya jawa itu dari / sejak dahulukala juga tidaklah pernah benar-benar eksklusif. banyak adat dan kebiasaan dari luar jawa yg tumbuh dan berkembang memperkaya budaya jawa, yg dominan tercatat adalah kebudayaan malayu. (maaf , jadi agak OOT)

    banyaknya penduduk di jawa juga pastilah bukan hanya karena banyaknya keturunan orang-orang "asli" jawa , karena pendatang dari luar jawa yg secara total juga tidak dapat disebut sedikit , kemudian beranak-pinak di pulau jawa , setelah dua generasi , banyak yg lebih suka menyebut dirinya sebagai "orang jawa".
    dan tidak sedikit dari mereka inilah yg justru aktif "menjaga dan mengembangkan" budaya jawa.

    satu contoh , sultan jogja dahulukala punya orang-orang kepercayaan dari kelompok suku bugis , yg diberi lokasi tempat tinggal yg kemudian dikenal dgn "bugisan".
    akan halnya apabila kemudian budaya kelompok bugis tersebut menjadi "luntur" , itu juga bukan salahnya orang jawa.
    sudah jamak apabila sekelompok orang berada disuatu wilayah yg mayoritasnya tidak sama , akan ada asimilasi. sehingga apabila dari kelompok bugisan itu kemudian ternyata berkebudayaan yg berbeda jauh dari masyarakat asalnya, persoalannya terletak pada tatacara mana yg lebih aktual dan berhasil menghadapi masalah yg ditemui , dalam posisi / kedudukan , selain juga seberapa kuat integritas , kelompok itu.

    dan kalau , anda pernah datang dan tinggal di jogjakarta , akan dgn mudah anda melihat bahwa jogjakarta sesungguhnya adalah "mini indonesia" yg sangat heterogen.

    thread ini seyogyanya tidak "mengadili" , atau sebaliknya membela seseorang , hanya berdasarkan komunitas asalnya , tapi dapat lebih fair dan komprehensif.

    saya sendiri netral aja , tidak menolak dan juga tidak mendukung , secara berlebihan , apabila beliau bersedia dicalonkan .......... itu aja.

  5. #25
    Junior Member ABCENT's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    196
    Rep Power
    7

    Re: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?

    Quote Originally Posted by Mr.Shock View Post
    Saya pikir Indonesia masih butuh figur tentara untuk memimpin, mungkin bukan hanya Indonesia, secara umum untuk negara yang stabilitas politiknya labil. seperti filipina, thailand, pakistan, dsb

    Kalau sultan, jadi wakil aja deh,...
    saya juga dapat menerima pendapat diatas ...................................

  6. #26
    Senior Member speedyrj's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,542
    Rep Power
    8

    Re: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?

    Gw sih dukung aja, tp bener emang di metro sempet bilang nga ada niat mau jadi RI1 apalagi ikutin petuah alm bapaknya.
    tapi sekarang kok jadi mau lagi ya? kalo nanti tiba2 jadi RI2, sapa pun pasangannya gw nga bakal dukung ah...jadi kesannya cari jabatan sampe jadi ban serep aja mau
    tp kalo RI1 dukung deh! Maju terusssssssss!

  7. #27
    Newbie
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    11
    Rep Power
    0

    Wink Re: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?

    ..hmmmm..masih TOKOH CIGANJUR juga yah?!

    Tp kok kelamaan sih minta jatahnya..yang lain kan dah ngerasain jd RI-1 & Ketua MPR jg. Kok Mr. SUltan br skrg sih pengennya

    So..selama si 4sekawan (SMAG) belum mau membuka tabir yg sebenarnya ttg Kerusuhan Mei..kyaknya mrk msh BELUM LAYAK & MAMPU utk jd PEMIMPIN deh..!

    Tapi..kyaknya gak mungkin deh mereka buka tabir tsb..kan itu namanya BUNUH DIRI..

  8. #28
    Newbie
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?

    aduh kyknya sultan krg tegas yah dri eye looknya c?

    gk tau jga tapi...

    soalnya keknya negara ini butuh pemimpin yg tegas kyknya..

    >.<

    Hidup!

  9. #29
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    111
    Rep Power
    7

    Re: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?

    You got my point

  10. #30
    Newbie
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Depok, Cinere
    Posts
    3
    Rep Power
    0

    Re: Layakkah Sultan Hamengkubuwono jadi Presiden?

    Orang bilang “ seorang pemimpin yang berhasil dilahirkan oleh zamannya “.
    Pada awal NKRI berdiri maka sosok - profil alm. Soekarno cocok untuk zaman itu; kita masih ingat beliau seorang visioner yang mempunyai pandangan jauh kedepan untuk membangun bangsa Indonesia. Ide Presiden Soekarno Panca Sila u/ mempersatukan Bangsa, “ Nation Building “ dan “ BERDIKARI “ ( berdiri diatas kaki sendiri ) adalah slogan yg selalu dikemukakan beliau untuk memberi motivasi bangkit dan maju, pada zaman itu sangat berhasil. Kemudian datang era kepemimpinan Soeharto, zaman pembangunan, zaman berubah, kesannya rakyat mulai jenuh dgn. politik, rakyat ingin bukti. Menurut pendapat saya maka era Habibie, Gus Dur, Megawati dan SBY adalah zaman transisi, yaitu era proses pembaharuan – reformasi; antara lain proses transparansi – keterbukaan, penghapusan Dwi Fungsi ABRI ( selesai ), demokrasi seutuhnya ( pemilihan langsung - selesai ), proses pemberantasan koupsi KKN ( belum selesai ) dlsb. Sehingga menurut pendapat saya NKRI membutuhkan seorang pemimpin yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia; saya kutip komen dari Fidel Castro all Modal utama bangsa Indonesia untuk tetap eksis di dunia adalah PERSATUAN. Ini tidak bisa di tawar lagi. Ketika kita mendiskriminasikan golongan2x minoritas, maka akan banyak sekali terjadi perpecahan dan pemberontakan, dan itu semua menghambat Indonesia untuk maju, bahkan mengancam ke utuhan bangsa ini”, kemudian lainnya kita butuh seorang yang tegas dan konsisten sikapnya untuk menjalankan prinsip ( tapi jangan seperti alm. Soeharto karena nggak cocok lagi zamannya ), kemudian sanggup mengorbankan kepentingan pribadi dan politiknya dengan mengedepankan kepentingan Nasional. Menurut saya profil pak Sultan layak untuk itu, sedang kemampuan beliau Insya Allah beliau mampu; melihat track rekordnya dan tidak luput dari track record dari orangtuanya, alm. Sultan Hamengku Buwono IX Ini bukan fanatisme sempit atau “ kultus individu”, karena saya sendiri bukan orang Jawa, tapi saya melihat figurnya pak Sultan mampu berdiri diatas semua golongan dan sangat kredibel untuk mendapat dukungan rakyat. Semoga.
    Salam.
    Last edited by olanto; 27-03-08 at 10:38 AM.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO