Results 1 to 9 of 9

Thread: Ribuan PNS Terancam Pensiun Dini


  1. #1
    Member asep50's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Posts
    870
    Rep Power
    0

    Ribuan PNS Terancam Pensiun Dini




    LENSAINDONESIA.COM: Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) RI, Eko Prasodjo, menyatakan akan melakukan pensiun dini bagi PNS yang dianggap tidak kompeten bekerja.


    Sampai akhir 2011 lalu, data jumlah PNS se-Indonesia sebanyak 4,4 juta PNS. Jumlah itu dianggap terlalu berlebihan dan dirasa sangat berlebihan. Sebagai langkah awalnya, dalam 8 bulan terakhir, pemerintah telah mengurangi 200 ribu PNS lewat mekanisme pensiun dini.


    “Saat ini, pemerintah sedang merancang kebijakan untuk merasionalisasi jumlah PNS dengan menerapkan uji kompetensi. Mereka yang tidak lolos uji kompetensi itu bakal diajukan untuk dipensiunkan dini,” ujarnya dalam lokakarya reformasi birokrasi dan keterbukaan informasi publik, di Hotel Majapahit Surabaya, Selasa (17/7/2012).


    Uji kompetensi tersebut, lanjutnya, pernah diberlakukan di Kementerian Keuangan yang berhasil memensiunkan dini 1500 PNS dianggap tidak kompeten. Mekanisme yang diaplikasikan di Kementerian Keuangan itu akan diberlakukan secara nasional pada tahun 2013. Dalam uji kompetensi tersebut, PNS akan diikutkan tes intelejensia dasar, integritas, pengetahuan umum, manajerial, dan kepemimpinan.


    “Bagi yang lulus uji kompetensi, akan dipertahankan. Sedangkan yang nilainya separuh akan diberikan pelatihan lagi. Dan untuk yang tidak lulus akan ditawarkan pensiun dini. Tapi akan diberi pesangon,” paparnya.


    Penerapan pensiun dini tersebut juga disesuaikan dengan kondisi keuangan negara. Jika dalam uji kompetensi dihasilkan 100 ribu PNS yang tidak kompeten misalnya, dan keuangan negara hanya mampu memberikan pensiun dini untuk 20 ribu PNS saja, maka akan dibuatkan kuota tahunan.

    SUMBER

  2. #2
    Junior Member not.troll's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Location
    behind you!
    Posts
    172
    Rep Power
    3

    Re: Ribuan PNS Terancam Pensiun Dini

    tapi tetep aje tiap tahun ada penerimaan pegawai negeri baru
    - Please do not feed the trolls -

  3. #3
    Junior Member Adigus's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    102
    Rep Power
    3

    Re: Ribuan PNS Terancam Pensiun Dini

    iya kok bisa ya....?
    Quote Originally Posted by not.troll View Post
    tapi tetep aje tiap tahun ada penerimaan pegawai negeri baru

  4. #4
    Contributor keizer's Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    2,578
    Rep Power
    5

    Re: Ribuan PNS Terancam Pensiun Dini

    ga papa juga sih pensiun dini
    toh tetap dapat uang pensiun sambil kerja nyari yang lain

  5. #5
    Senior Member
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,599
    Rep Power
    0

    Re: Ribuan PNS Terancam Pensiun Dini

    Quote Originally Posted by keizer View Post
    ga papa juga sih pensiun dini
    toh tetap dapat uang pensiun sambil kerja nyari yang lain
    yup betul nih
    uang pesangon bisa jadi modal usaha tuh

  6. #6
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    1,539
    Rep Power
    8

    Re: Ribuan PNS Terancam Pensiun Dini

    Pensiun dini memang kadang diperlukan, apalagi bila PNS sudah tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi.
    Namun harus dibarengi dengan penerimaan PNS yang berkualitas dan up to date.

    Harus bisa dilaksanakan dengan baik & bijak, ini yang susah.

  7. #7
    Senior Member Durga Umayi's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    1,713
    Rep Power
    12

    Re: Ribuan PNS Terancam Pensiun Dini

    Yha tetep aja harus ada penerimaan PNS baru donk..
    Emangnya yang PNS yang tua2 itu imortal alias hidup abadi... ga ada yang jadi sepuh or mejadi tidak produktif karena faktor usia?
    Penerapan penyetopan penerimaan PNS terjadi tahun kemarin (2010-2011), and dibuka lagi tahun ini utk TA 2011-2012
    The religious moderate is nothing more than a failed fundamentalist. (Harris, Sam)

  8. #8
    Junior Member omegastore's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    www.omegastoreindo.com
    Posts
    141
    Rep Power
    2

    Re: Ribuan PNS Terancam Pensiun Dini

    Sepertinya tingkat SDM di negara kita masih cukup rendah, bagaimanakah upaya yang sebaiknya kita lakukan yah?
    Importir Flashdisk Imut, Barang Promosi, dan Aneka Fashion
    My Profile | My Business Site

  9. #9
    Beginner
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    85
    Rep Power
    2

    Re: Ribuan PNS Terancam Pensiun Dini

    lagian tiap kali ane dateng ke kecamatan gak pernah ada orang nya
    klpun ada paling lg pd ngobrol

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0