Page 6 of 35 FirstFirst 12345678910111213141516 ... LastLast
Results 51 to 60 of 349
Like Tree4Likes

Thread: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong


  1. #51
    Contributor Fidel Castro's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Cuba
    Posts
    2,810
    Rep Power
    11

    Re: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong

    Quote Originally Posted by Syanti View Post

    Thanks !
    terus terang saya sebagai orang Sunda, merasa sangat terkejut dan kecewa. Kok sampai segitunya....suatu kebudayaan yang sudah ada sejak lama......jauh dari sebelum saya lahir.

    Bukan saja sudah lama Syanti, tapi tari jaipong sering di banggakan dalam pentas pertukaran budaya dengan negara2x lain. Juga tidak sedikit orang asing yg tertarik belajar tari ini. Ini membuktikan bahwa tari jaipong ini adalah salah satu icon kebudayaan Indonesia khususnya kebudayaan Sunda.

    berbicara soal pendidikan, dulu tetangga-tetangga saya yang hanya petani, bukan sarjana. Tidak memandang jaipongan sebagai tarian erotis.

    Hm ..... baca tulisan Syanti yg ini, saya tambah merasa prihatin dan curiga.
    Secara logika, mr.Gubernur adalah orang terpelajar (makanya bisa jadi Gubernur), kalo di perbandingkan dengan tukang kebun saya kayaknya kurang pas, trus lihat tetangga2x Syanti yg tidak sarjana, juga tidak berpikir sengeres mr.gubernur.
    Apa mungkin pola pikir mr.Gubernur di pengaruhi doktrin2x tertentu ?

    Saya masih ingat gubernur Ja_-Bar Aang Kunaefi, malah berusaha untuk melestarikan tari jaipongan ini.
    Sampai anak-anak SD saja belajar tari jaipongan kok !
    Anehnya gubernur yang sekarang, malah mau melarang !

    Kebijakan ini yg seharusnya terus diasah, agar kelestarian budaya kita bisa terjamin. Dan kelak generasi2x muda kita tidak perlu pergi keluar negeri untuk belajar tari jaipongan.
    Semoga saja pemikiran mr.Gubernur ini tidak di tuangkan dalam bentuk SK peraturan pemerintah.
    Dan kasus ini tentunya jadi pelajaran berharga bagi masyarakat luas, untuk dapat lebih teliti dalam melihat back ground seorang calon pemimpin daerahnya.

    Salam.
    No Regrets

  2. #52
    Member agonda's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    738
    Rep Power
    0

    Re: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong

    Quote Originally Posted by hobibaca View Post
    ini gubernur sableng apa? tari jaipong itu bukan tari erotis! dasar gubernur pikirannya ngeres, lihat ketek aja libido meningkat, ujung2nya nanti kan dia poligami... (halalkan menurut dia)... wakakakakkk...

    mbok ya o, jangan semuanya didasarkan atas budaya arab... kita ini indonesia bung!

    gubernur ini kader pks ya?
    yah maklumlah kalau kader pks, munafikunnya luarrr biasaaa!!!
    Betul betul..makin lama budaya kita makin habis tergusur budaya luar.....

  3. #53
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,005
    Rep Power
    10

    Re: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong

    Quote Originally Posted by Fidel Castro View Post
    Semoga saja pemikiran mr.Gubernur ini tidak di tuangkan dalam bentuk SK peraturan pemerintah.
    Dan kasus ini tentunya jadi pelajaran berharga bagi masyarakat luas, untuk dapat lebih teliti dalam melihat back ground seorang calon pemimpin daerahnya.

    Salam.
    Bro..bisa jadi sang Gub. ini jago di soal pemerintahan dan birokrasi, tapi gak mengusasi soal apresiasi seni...so wacananya hanya sejauh aspek yg berkaitan dengan lingkungan kerjanya saja...saya yakin dia tidak sebodoh yg diperkirakan banyak member di forum ini..hanya saja wacananya terlalu mengundang kontroversial...

    Lepas itu semua, dari polemik yg ada...anggap ajah sebagai ujian dari kesenian tradisional Jaipong itu sendiri akan eksistensinya di tengah masyarakat luas sebagai budaya asli Indonesia..
    V8 ENTHUSIAST,CLASSIC,MUSCLE AND KIA4WD KUZTOMS CARZ
    sekali berarti...setelah itu mati...

  4. #54
    Junior Member jambronk's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    412
    Rep Power
    7

    Re: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong

    Ini pelajaran buat kita dalam memilih pemimpin maupun wakil rakyat dalam pilkada maupun pemilu. Gue tidak yakin Si Ahmad Heryawan menang pilkada Jabar karena program2 yg dia ajukan, Tapi gw yakin sekali dia menang karena faktor Dede Yusuf-nya. Sekali lagi pilih calon / pasangan calon yg modalnya cuma kepopuleran semisal artis sinetron, penyanyi ga jaminan jadi pemimpin baik dan wakil rakyat yg baik. Selidiki kemampuannya (pendidikan, komitmen) calonnya.

  5. #55
    Junior Member jambronk's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    412
    Rep Power
    7

    Re: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong

    Minta 3G Dikurangi dalam Jaipong, Gubernur Jabar Dinilai Batasi Seni dan Budaya


    Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengiimbau agar gerakan tari jaipong mengurangi 3G (goyang, gitek, geol) dan menutupi ketiak. Imbauan gubernur yang dimaksudkan untuk mengantisipasi UU Pornografi itu justru dinilai sebagai pembatasan seni dan budaya.

    "Pertama, hal itu melanggar hak warga negara untuk mengekspresikan diri. Dan kedua, itu tidak menghormati dan membatasi seni budaya," ujar mantan anggota pansus RUU Pornografi Willa Chandra Wila saat dihubungi detikcom, Jumat (6/2/2009).

    Guru besar Universitas Parahyangan Bandung ini menjelaskan, dalam pasal 3 huruf (b) UU Pornodrafi disebutkan undang-undang bertujuan menghormati, melindungi, dan melestarikan nilai seni dan budaya, adat istiadat, dan ritual keagamaan masyarakat Indonesia yang majemuk.

    "Kenapa sekarang budaya yang disalahkan? Jaipongan itu budaya, itu dilindungi oleh pasal 3," tegas Willa.

    Urusi Saja Pendidikan Gratis

    Willa mengatakan, ketimbang mengurusi masalah jaipong, gubernur sebaiknya segera melakukan langkah-langkah untuk memenuhi janji pendidikan dan kesehatan gratis dalam kampanyenya.

    "Jangan bakul nasi orang diurusi, ngurus saja janjinya," kata anggota FPDIP DPR ini.

    Willa menambahkan, alih-alih janji pelayanan kesehatan gratis dipenuhi. Saat ini, lanjutnya, di Kabupaten Bandung terjadi penarikan retribusi pada balai-balai pelayanan kesehatan.


    Ga mampu menuhin janji pas kampanye malah bikin program menyesatkan

  6. #56
    Junior Member felia's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    TANGERANG
    Posts
    472
    Rep Power
    6

    Re: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong

    waaaah...kenapa sich koq mau " MENGHILANGKAN " budaya asli indonesia ??? katanya indonesia beragam budaya n Kesenian ??? kalau di " HILANGKAN " Seperti ini jadi gak banyak lagi dunk ....

    uuuuuh..pemerintah kita ini kenapa yach >>? atau udah bosen kali yach lihat jaipongan terus...atau mau digantikan dugeman??? wakakakakakakak...
    tapi yach prihatin juga sich..
    do your best for ur self and other

  7. #57
    Contributor hatinurani's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    sukabumi
    Posts
    4,207
    Rep Power
    11

    Re: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong

    Menurut saya mungkin maksud gubernur tersebut bukan melarang jaipongan tetapi mengontrol gerakan jaipongan supaya tidak disalahgunakan seperti para penyanyi dangdut liar..jaipongan adalah sebuah seni tari dari parahiyangan dan jaipongan ini akan terlihat indah jika dilakukan secara proporsional,tetapi kadangkala tari ini dilakukan secara berlebihan dan yg terlihat bukan lagi tari yg indah tetapi lekuk dan gaya erotis sang penarinya..apapun yg dilakukan secara berlebihan tidak akan terlihat indah lagi dan jaipongan harus dikembalikan pada seni tari murni dan tidak seperti para penyanyi dangdut liar yg bukan menjual suara tetapi mengekploitasi goyangan erotis sebagai modalnya..
    Katakanlah yg benar itu benar dan yg salah itu salah walaupun pahit adanya

  8. #58
    Newbie
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    semarang
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong

    gubernur kurang gaweyan iki. mbok ngurusi liyane.

  9. #59
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,005
    Rep Power
    10

    Re: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong

    Quote Originally Posted by hatinurani View Post
    Menurut saya mungkin maksud gubernur tersebut bukan melarang jaipongan tetapi mengontrol gerakan jaipongan supaya tidak disalahgunakan seperti para penyanyi dangdut liar..jaipongan adalah sebuah seni tari dari parahiyangan dan jaipongan ini akan terlihat indah jika dilakukan secara proporsional,tetapi kadangkala tari ini dilakukan secara berlebihan dan yg terlihat bukan lagi tari yg indah tetapi lekuk dan gaya erotis sang penarinya..apapun yg dilakukan secara berlebihan tidak akan terlihat indah lagi dan jaipongan harus dikembalikan pada seni tari murni dan tidak seperti para penyanyi dangdut liar yg bukan menjual suara tetapi mengekploitasi goyangan erotis sebagai modalnya..
    Yup himbauan tersebut dimaksudkan agar tari jaipong tetap pada kodratnya, sebagai cerminan budaya bangsa bukan tonjolan 3G nya semata..
    Karena masih banyak masyarakat awam yg mempunyai pikiran kotor dalam mengapresiasi..bukan ke seninya tapi ke 3G penarinya, eksotismenya...
    makanya dalam perkembanganya banyak tari jaipong yg di barengi dengan "SAWER" jika si penari berhasil menunjukan goyangan yg yahudd..

    V8 ENTHUSIAST,CLASSIC,MUSCLE AND KIA4WD KUZTOMS CARZ
    sekali berarti...setelah itu mati...

  10. #60
    Junior Member
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    surabaya
    Posts
    253
    Rep Power
    7

    Re: Gubernur Jabar Larang Tari Jaipong

    alkisah.., di suatu pertunjukkan pentas tari, gubernur Jabar bisik-bisik sama ajudannya. Wah ini sexy sekali ajudan,.. ajudan menanggapi "bapak mau",

    oh bukan-bukan, ini harus dilarang, ini bukan konsumsi publik, konsumsi publik tolong diatur gerakannya, jangan erotis

    ajudan siap pak.. kita ajari mereka seni beladiri, biar tidak erotis.

    tarian yg asli buat bapak saja, yg modifikasi mungkin seperti senam pagi dengan seragam saja ya pak.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0