Results 1 to 10 of 10

Thread: Orla - Orba - Reformasi...??


  1. #1
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,477
    Rep Power
    9

    Orla - Orba - Reformasi...??

    Indonesia mengalami 3 zaman pemerintahan, yaitu zaman Orla, zaman Orba, & zaman Reformasi... Diantara ketiga zaman itu, kira2 di zaman mana ya yang kita rasakan paling enak...? Kira2 setelah zaman Reformasi sekarang ini, zaman apalagi ya yang akan muncul di Indonesia ini...? Bagaimana komentar anda tentang ke 3 zaman tersebut...?

  2. #2
    Senior Member iyutW's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Suburban of Megapolitan
    Posts
    1,808
    Rep Power
    8

    Re: Orla - Orba - Reformasi...??

    Kalo menurut saya :
    1. ORLA
    Kelebihan : rakyat masih bisa diajak bersatu
    Kekurangan : ekonomi belum begitu baik , ada pengaruh komunisme

    2. ORBA
    Kelebihan : Ekonomi rakyat semakin membaik , menuju era swasembada beras
    Kekurangan : Sistem pemerintahan dipegang oleh 1 orang , belum ada demokrasi

    3. Orde Reformasi
    Kelebihan : Semua hal2 buruk tentang ORBA mulai kelihatan
    Kekurangan : Masih ada KKN , malah lebih parah karena kemiskinan rakyat.

    Nggak tau deh, kalo dari komentar saya sih begitu.
    Macet.....ah, namanya aja hidup di jakarta....

  3. #3
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    116
    Rep Power
    7

    Re: Orla - Orba - Reformasi...??

    semoga tetap reformasi bukan re-orba-nisasi

  4. #4
    Contributor antoderman's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Retired
    Posts
    2,990
    Rep Power
    10

    Re: Orla - Orba - Reformasi...??

    Coba gw pandang dari segi pendidikan :

    Pendidikan
    ORLA : meneruskan konsep belanda, sekolah2 standar pendidikan belanda yg memang bagus

    ORBA : baharui konsep, fokus pada kuantitas bukan kualitas

    OREF : baharui konsep terusss dgn standar UN naik terus tanpa pemberdayaan sdm pengajar spt guru agar murid2 bisa ngerjain UN dgn standar tinggi.
    (maunya depdik mgkn sesuai prinsip ekonomi, dgn biaya sekecil2nya meraih hasil sebesar2nya utk ketenaran lembaga pendidikan.. tanpa menghiraukan tekanan jiwa pada anak didik, ini pendidikan atau ancaman pada anak ga sih!? (lihat saja tahun ini masalah ini bakal pecah krn anggaran pemberdayaan pendidikan termasuk utk daerah2 tertinggal disunat 10% tp tingkat standar tetap makin tinggi)
    terus fokus bukan pada kualitas atau kuantitas, tp pada keuntungan/komersialisasi lembaga pendidikan.
    Last edited by antoderman; 12-04-08 at 01:34 PM.
    Sangat Tersiksanya Ibu Yg Cinta & Mengabdi Utk Bangsa Adalah Bukti Rendahnya HAM Masyarakat

  5. #5
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,242
    Rep Power
    10

    Re: Orla - Orba - Reformasi...??

    Yen tak pikir-pikir ternyata Yang paling enak dan berkesan ya..ORBA(efek langsung), hampir 80% rakyat Indonesia bisa kesentuh dah ngerasain dampaknya, sedangkan ORLA gak ngalamin trus Reformasi blum terasa tuh(efek langsung-apa perlu nunggu 32 th lagi yaak???)...

    hanya di ORBA yg lumayan komplit :

    1. Swasembada beras
    2. KB sukses
    3. Kerukunan dan Persatuan Umat beragama yg Ber-Bhineka Tunggal Ika
    4. Transmigrasi sukses
    5. Punya Taman Mini, Sirkuit sentul, Ancol-Dufan, Ragunan,
    6. Pusat bibit unggul tanaman dan Peternakan Tapos
    7. KUD, Puskesmas, Posyandu terorganisir dan continuity.
    8. SD Impres merata diseluruh daerah
    9. Beasiswa Supersemar
    10. Aman, tentram dan damai
    12. Adanya PETRUS, mpe penjahat-penjahat pada ciut and cepirit saking takutnya.
    13. Ada yang mo nambahin.....monggo..soale aku lali...
    Last edited by OJO DUMEH; 13-04-08 at 01:40 AM.

  6. #6
    Advisor alindri's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    di rumah......
    Posts
    13,767
    Rep Power
    20

    Re: Orla - Orba - Reformasi...??

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    Indonesia mengalami 3 zaman pemerintahan, yaitu zaman Orla, zaman Orba, & zaman Reformasi... Diantara ketiga zaman itu, kira2 di zaman mana ya yang kita rasakan paling enak...? Kira2 setelah zaman Reformasi sekarang ini, zaman apalagi ya yang akan muncul di Indonesia ini...? Bagaimana komentar anda tentang ke 3 zaman tersebut...?
    jaman Orla = gue gak ngalamin, masih bayi jadi gak bisa kasi komen banyak
    cuam merasa ada ketakutan saat jaman PKI
    jaman Orba = gue sebal soalnya pemilu dipaksa harus milih golkar keluarga guekena getahnya, jadi gue sebab ama penguasa Orba
    jaman reformasi + senang ada keterbukaan, meski harga2 gonjang ganjing
    abis itu jaman apa lagi ya....?
    c yau

  7. #7
    Beginner duniaku_tersenyum's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Solo
    Posts
    64
    Rep Power
    7

    Re: Orla - Orba - Reformasi...??

    Ya ini sedikit pendapat saya yang saya lihat dari jumlah koruptor.
    Orla : koruptor "mungkin" ada namun sedikit. Apa yang mo dikorupsi la wong duitnya aja kagak punya

    Orba : koruptor banyak namun bisa dilindungi oleh 1 orang penguasa. Keluarga Cendana banyak menguasai sektor usaha dengan koneksi sang penguasa

    Reformasi : keberanian pemerintah menangkap para koruptor sehingga para koruptor dapat "sedikit" berkurang. Semoga di era yang akan datang, pemerintah semakin tambah berani dan hukumannya semakin tambah berat.

    Buat saya, semua ada kelebihan dan kekurangannya karena NO BODY PERFECT.
    Radio Kritis Bangsa (radionya kebebasan bicara dan anti ketidakadilan) 86.86 Mhz.
    Reporter Bangsa Sekarat
    http://duniakutersenyum.wordpress.com
    (webblog kebebasan bicara dan anti ketidakadilan)

  8. #8
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,477
    Rep Power
    9

    Re: Orla - Orba - Reformasi...??

    Quote Originally Posted by OJO DUMEH View Post
    Yen tak pikir-pikir ternyata Yang paling enak dan berkesan ya..ORBA(efek langsung), hampir 80% rakyat Indonesia bisa kesentuh dah ngerasain dampaknya, sedangkan ORLA gak ngalamin trus Reformasi blum terasa tuh(efek langsung-apa perlu nunggu 32 th lagi yaak???)...

    hanya di ORBA yg lumayan komplit :
    1. Swasembada beras
    2. KB sukses
    3. Kerukunan dan Persatuan Umat beragama yg Ber-Bhineka Tunggal Ika
    4. Transmigrasi sukses
    5. Punya Taman Mini, Sirkuit sentul, Ancol-Dufan, Ragunan,
    6. Pusat bibit unggul tanaman dan Peternakan Tapos
    7. KUD, Puskesmas, Posyandu terorganisir dan continuity.
    8. SD Impres merata diseluruh daerah
    9. Beasiswa Supersemar
    10. Aman, tentram dan damai
    12. Adanya PETRUS, mpe penjahat-penjahat pada ciut and cepirit saking takutnya.
    13. Ada yang mo nambahin.....monggo..soale aku lali...
    Sependapat..., & mudah2 di zaman Reformasi ini..., Indonesia kembali bangkit & rakyatnya bisa mencapai kemakmuran... mudah2an hal seperti di atas yang telah disebutkan sebanyak 12 point itu bisa kembali terwujud & bisa ditambah lagi dengan hal2 yang positif & membangun kembali bangsa ini....
    Ayo...., wahai pemerintahan Reformasi...., bangkitkan Indonesia kembali... jangan biarkan Indonesia ini terlalu lama di dalam keterpurukan... Indonesia dulu adalah negara yang sedang berkembang.... namun kini telah layu kembangnya itu..... pemerintahan Reformasi harus bertanggungjawab untuk bisa kembali membuat Indonesia ini berkembang...., bahkan menjadi besar.......... kami sebagai warga negara yang baik..., pasti akan turut membantumu.....

  9. #9
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    116
    Rep Power
    7

    Re: Orla - Orba - Reformasi...??

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    jaman Orla = gue gak ngalamin, masih bayi jadi gak bisa kasi komen banyak
    cuam merasa ada ketakutan saat jaman PKI
    jaman Orba = gue sebal soalnya pemilu dipaksa harus milih golkar keluarga guekena getahnya, jadi gue sebab ama penguasa Orba
    jaman reformasi + senang ada keterbukaan, meski harga2 gonjang ganjing
    abis itu jaman apa lagi ya....?
    kayaknya mau orba lagi tuh... cuman pake modifikasi

  10. #10
    Senior Member speedyrj's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,578
    Rep Power
    8

    Re: Orla - Orba - Reformasi...??

    Mau orba, orla, reformasi....ora ada bedanya...toh

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0