Page 1 of 8 12345678 LastLast
Results 1 to 10 of 77

Thread: Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    162
    Rep Power
    7

    Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???

    Sebelum mengulas lebih jauh saya mau bagi cerita yang mungkin bisa buat tambaha bahan ulasan.

    Saya bekerja di perusahaan Jepang dan tentunya saya punya banyak teman orang Jepang. Saya sering share cerita sama mereka dan suatu kali seorang Jepang bertanya " Kekayaan alam apa yang tidak dimiliki Indonesia? dan kekayaan alam apa yang dimiliki Jepang???

    Jepang memang tidak memiliki kekayaan alam yang banyak, tapi mereka bisa sangat maju. Sedangkan negara kita Indonesia kekayaan alamnya berlimpah, tapi sulit majunya.

    Nah dari cerita singkat diatas tadi mungkinkah ada diantara teman-teman yang bisa memberikan sumbangsih pemikiran untuk memajukan bangsa ini.

    Komentar dilarang SARA, tendensius menjelekkan institusi tertentu apalagi personal, karena Indonesia bukan punya institusi atau personal.

    Selamat berdiskusi semoga bermanfaat.

    Jika lebih baik itu masih mungkin maka baik itu belumlah cukup.

    Salam Damai,

    Gabriel.

  2. #2
    Senior Member DaryL's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    +70
    Posts
    1,323
    Rep Power
    8

    Re: Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???

    Quote Originally Posted by Gabriel View Post
    Sebelum mengulas lebih jauh saya mau bagi cerita yang mungkin bisa buat tambaha bahan ulasan.

    Saya bekerja di perusahaan Jepang dan tentunya saya punya banyak teman orang Jepang. Saya sering share cerita sama mereka dan suatu kali seorang Jepang bertanya " Kekayaan alam apa yang tidak dimiliki Indonesia? dan kekayaan alam apa yang dimiliki Jepang???

    Jepang memang tidak memiliki kekayaan alam yang banyak, tapi mereka bisa sangat maju. Sedangkan negara kita Indonesia kekayaan alamnya berlimpah, tapi sulit majunya.

    Nah dari cerita singkat diatas tadi mungkinkah ada diantara teman-teman yang bisa memberikan sumbangsih pemikiran untuk memajukan bangsa ini.

    Komentar dilarang SARA, tendensius menjelekkan institusi tertentu apalagi personal, karena Indonesia bukan punya institusi atau personal.

    Selamat berdiskusi semoga bermanfaat.

    Jika lebih baik itu masih mungkin maka baik itu belumlah cukup.

    Salam Damai,

    Gabriel.

    Bung Gabril sebenarnya kalau kita mau merefer dari beberapa negara maju banyak juga contoh yang bisa diterapkan di negara kita sehingga kita mampu mengejar ketertinggalan kita bahkan sampai mengejar sekalipun. Kalau kita liat dari sisi sejarah banyak negara-negara maju yg ada saat ini mempunyai sejarah panjang dalam pembentukannya, apalagi menjadi negara super power yang kuat akan militer dan ekonominya, seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan sebagainya. Persoalannya adalah apakah negera-negara tersebut akan mampu mepertahankan kemajuan dan kemodernanya ataukah akan menuju kehancuran karena telah mengalami titik jenuh? Mampukah mereka bertahan selamanya? Belum tentu.


    Pertanyaan-pertanyan di atas penting bagi negara berkembang dalam membangun negaranya, menjadikannya negara maju dan modern yang kuat fondasinya sehingga mampu bertahan lama bahkan sangat lama dan tak tergoyahkan. Mengapa fondasi sebuah negara harus kuat? Ibarat sebuah pohon dimana akar yang menghujam ke bumi sangat berpengaruh terhadap tegaknya batang pohon yang besar dan kokoh serta mampu menghasilkan buah yang manis rasanya. Maka sebuah negara harus seperti gambaran pohon di atas, karena sebuah Negara yang tidak kuat fondasinya hanya akan bertahan beberapa dekade atau abad saja. Banyak contoh negara, kerajaan atau kekaisaran yang hancur karena hal tersebut, misalnya Kekaisaran Romawi, Persia, Yunani Kuno, Saba, Babilonia keruntuhan dinasti di China dan sebagainya, padahal pada saat jayanya negara tersebut tidak terkalahkan.


    Saya tertarik dengan salah satu teori tentang Negara yaitu negera dipandang sebagai organisma, dimana setiap organ dan setiap sel saling melengkapi sehingga organisma itu hidup dan berkembang. Pernah dengar? The organism-environment system starts with the proposition that in any functional sense organism and environment are inseparable and form only one unitary system. The organism cannot exist without the environment and the environment has descriptive properties only if it is connected to the organism. Organisma adalah mahluk ciptaan Tuhan maka segala sesuatu tentang Negara bisa dikaitkan dengan ajaran Tuhan, ajaran Tuhan adalah untuk semua dan meliputi apa saja yang ada dilangit dan di bumi. Perlu dipahami bahwa ajaran Tuhan tidak hanya dalam bentuk teks dalam kitab suci tapi seluruh ilmu yang ada di alam ini, (termasuk fisika, matematika, biologi dan sebagainya) adalah ajaranNya, tinggal bagaimana menerapkan ajaran tersebut sehingga bermanfaat bagi manusia bukan sebaliknya.


    Tuhan dalam hal ini mengatur segala sesuatunya dengan cermat, menempatkan sesuatu pada tempatnya, dan berkehendak sesuai dengan ilmuNya, sehingga terjadi keteraturan dan keharmonisan di alam ini yang harus dicontoh oleh manusia, tidak sama persis bolehlah, tapi paling tidak manusia paham dari ajaranNya atau sifat-sifatNya. Saya kira inilah solusi yg tepat utk menjadikan sebuah negara bisa menjadi negara maju adalah dengan menjalankan manajemen yang sesuai dengan ajaran Tuhan.
    Last edited by DaryL; 04-03-09 at 09:02 AM.
    Your signature contains too many lines and must be shortened. You may only have up to 5 line(s).

  3. #3
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    162
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???

    Quote Originally Posted by DaryL View Post
    Organisma adalah mahluk ciptaan Tuhan maka segala sesuatu tentang Negara bisa dikaitkan dengan ajaran Tuhan, ajaran Tuhan adalah untuk semua dan meliputi apa saja yang ada dilangit dan di bumi. Perlu dipahami bahwa ajaran Tuhan tidak hanya dalam bentuk teks dalam kitab suci tapi seluruh ilmu yang ada di alam ini, (termasuk fisika, matematika, biologi dan sebagainya) adalah ajaranNya, tinggal bagaimana menerapkan ajaran tersebut sehingga bermanfaat bagi manusia bukan sebaliknya.


    Tuhan dalam hal ini mengatur segala sesuatunya dengan cermat, menempatkan sesuatu pada tempatnya, dan berkehendak sesuai dengan ilmuNya, sehingga terjadi keteraturan dan keharmonisan di alam ini yang harus dicontoh oleh manusia, tidak sama persis bolehlah, tapi paling tidak manusia paham dari ajaranNya atau sifat-sifatNya. Saya kira inilah solusi yg tepat utk menjadikan sebuah negara bisa menjadi negara maju adalah dengan menjalankan manajemen yang sesuai dengan ajaran Tuhan.
    Non Daryl, saya sangat-sangat percaya tentang Tuhan dan apa-apa yang Ia ciptakan dan kehendaki. Tapi maksud saya disini kita jangan bicarakan Tuhan dulu soalnya segala sesuatu kalau sudah sampai ke Tuhan, ya???

    Makanya saya contohkan Jepang sebuah negara kecil yang berkemampuan RUAR BIASA. Tentunya mereka bisa maju itu karena ada unsur sebab akibat. Contoh sederhana "Sebab mereka jujur dan kerja keras akibatnya mereka saling percaya dan berhasil bersama". Padahal disana kalau kita bicara Tuhan mereka bilang pekerjaan kita adalah Tuhan. Tanpa kerja kita mati.Itu kata beberapa orang yang saya tanya.

    Sok atuuuh dilanjut lagi.

    Salam Damai,

    Gabriel
    Last edited by Gabriel; 04-03-09 at 03:08 PM.

  4. #4
    Junior Member cointreau's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    021
    Posts
    409
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???

    butuh 3 generasi lagi baru indonesia bisa menuju yang lebuh baik

  5. #5
    Junior Member cutemaster's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Bogor, West Java
    Posts
    165
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???

    Quote Originally Posted by Gabriel View Post
    Sebelum mengulas lebih jauh saya mau bagi cerita yang mungkin bisa buat tambaha bahan ulasan.

    Saya bekerja di perusahaan Jepang dan tentunya saya punya banyak teman orang Jepang. Saya sering share cerita sama mereka dan suatu kali seorang Jepang bertanya " Kekayaan alam apa yang tidak dimiliki Indonesia? dan kekayaan alam apa yang dimiliki Jepang???

    Jepang memang tidak memiliki kekayaan alam yang banyak, tapi mereka bisa sangat maju. Sedangkan negara kita Indonesia kekayaan alamnya berlimpah, tapi sulit majunya.

    Nah dari cerita singkat diatas tadi mungkinkah ada diantara teman-teman yang bisa memberikan sumbangsih pemikiran untuk memajukan bangsa ini.

    Komentar dilarang SARA, tendensius menjelekkan institusi tertentu apalagi personal, karena Indonesia bukan punya institusi atau personal.

    Selamat berdiskusi semoga bermanfaat.

    Jika lebih baik itu masih mungkin maka baik itu belumlah cukup.

    Salam Damai,

    Gabriel.

    Yang saya tahu.. Jepang mulai berkembang pesat dan maju saat setelah terjadinya peristiwa pengeboman di nagasaki dan hirosima.
    dengan banyaknya korban saat itu.. akhirnya pemerintah jepang mengambil tindakan untuk menyekolahkan hampir seluruh pemuda dan pemudi Jepang ke luar negri, untuk menuntut ilmu tapi tetap dengan konsekuensi dan komitmen bahwa mereka harus kembali ke Jepang setelah selesai menuntut ilmu dari luar.

    Nyatanya kebijkan pemerintah jepang ini berhasil, pemuda dan pemudi yang di sekolahkan ke luar negri kembali ke negaranya setelah selesai mendapatkan ilmu dari luar.. dan membangun jepang secara beramai-ramai.
    sikap nasionalis ini yang membuat jepang akhirnya maju dengan pesat.

    nah sekarang coba kita bandingkan dengan negara kita Indonesia.

    saya lebih cendurng melihat bahwa pemuda - pemudi indonesia sendiri yang sekolah di luar negri banyak lebih mengabdi di luar sana dibandingkan membangun negeri sendiri.
    dengan banyak alasan tentunya..
    mungkin salah satunya sistem upah yang dibawah rata-rata negara lain.

    beberapa teman saya yang lulusan luar negri mengatakan demikian.


    Coba kita bayangkan kalo seandainya warga indonesia yang belajar di luar sana semuanya kembali dan membangun negri ini dengan apa yang dia dapatkan diluar sana.
    saya rasa sumber daya alam yang kaya ini akan lebih termanfaatkan dengan maksimal.

    mari tumbuhkan sikap nasionalis dari sejak dini...




    maaf jika ada kesalah. mohon koreksi.

  6. #6
    Newbie putin's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Posts
    19
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???

    KORUPSI diberantas, baru yang lain2 bisa berjalan beriringan. Selama korupsi masih merajalela, rasanya koq Indonesia gak bakal bisa maju

  7. #7
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    13

    Re: Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???

    jawabannya dalam jangka panjang mungkin akses pada pendidikan?


    short cutnya mgkn another revolution, semoga tidak berdarah.
    klo gak salah jepang maju bukan karena di bom, tapi karena sebuah "restorasi" dibawah salah satu kaisar. dengan modal inilah jepang sampai berani ekspansi, bahkan setelah di bom pun mereka tinggal bangun lagi diatas fondasi yg sudah ada..

    negeri kita dulu ada di jalur yg benar, setidaknya dalam pandangan saya, membangun industri dasar, membangun industri yg mengelola keunggulan absolut kita (=kekayaan alam dan wilayah yg luas) dll dsb, tapi akhirnya malah terpesona oleh "industri populer" seperti bikin pesawat dan mobil (beli mobil sih tepatnya bukan bikin) yg tidak punya akar keunggulan yg kuat dan menyerap sumber daya (terutama modal) yg besar sampe2 bikin ekonomi kita ikutan kolaps...

    perlu asessment nasional, perlu program2 berskala nasional tapi berorientasi keunggulan lokal masing2 daerah, perlu keseriusan dan profesionalisme semua pihak.

    bayangan saya klo mau dilakukan dengan cepat harus pake revolusi = pecat semua pns rekrut yg profesional, redesign arah masing2 dinas/departemen supaya satu visi... di trit sebelah saya sempet denger bahkan antara LIPI dan BPPT aja ada "persaingan", bagus klo jadi mendorong ke arah efisiensi.. yg ada malah banyak redundancy ><


  8. #8
    Member gone_bdg's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Bandung Beautiful Euy ...
    Posts
    671
    Rep Power
    6

    Arrow Re: Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???

    Mungkin ini urutan langkah2x pembangunan/perbaikanya biar Indonesia Maju :

    1. Pendidikan Moral & Ilmu Pengetahuan
    2. Pendidikan Moral & Ilmu Pengetahuan
    3. Pendidikan Moral & Ilmu Pengetahuan
    4. Sosial Budaya
    5. Sistem Ketatanegaraan & Pemerintahan
    6. Ekonomi
    7. Keamanan
    Yang Gw heran ... dulu pd Masa Orde Baru ada yg namanya REPELITA = Rencana Pembangunan Lima Tahun.
    Nah sejak Masa Orde Reformasi, qo malah ga jelas arah pembangunannya kemana ?!?!
    Ato cuman gw -nya aja yg BEGO ya....

    Dan menurut gw, sistem masa pemerintahan sekarang yg hanya 5th sebaiknya diperpanjang s/d 10th, hingga batas waktu tertentu (atur dech sama undang-undang) dimana Indonesia telah mencapai taraf kemajuan yg cukup baik & stabil. Hal tsb dgn maksud agar pemerintah dpt dgn tuntas menyelesaikan tugas-tugasnya tanpa harus selalu berubah arah karena pergantian kepemimpinan Nasional.

    ... bersambung

  9. #9
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    162
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???

    Quote Originally Posted by cointreau View Post
    butuh 3 generasi lagi baru indonesia bisa menuju yang lebuh baik

    He...,he....,he. Wah simple banget jawabannya. Kalo gitusih suruh cepet pada kawin muda aja selesai dong masalahnya.

    Salam Damai,

    Gabriel

  10. #10
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    162
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Indonesia Biar Lebih Maju???

    Quote Originally Posted by cutemaster View Post
    Yang saya tahu.. Jepang mulai berkembang pesat dan maju saat setelah terjadinya peristiwa pengeboman di nagasaki dan hirosima.
    dengan banyaknya korban saat itu.. akhirnya pemerintah jepang mengambil tindakan untuk menyekolahkan hampir seluruh pemuda dan pemudi Jepang ke luar negri, untuk menuntut ilmu tapi tetap dengan konsekuensi dan komitmen bahwa mereka harus kembali ke Jepang setelah selesai menuntut ilmu dari luar.

    Nyatanya kebijkan pemerintah jepang ini berhasil, pemuda dan pemudi yang di sekolahkan ke luar negri kembali ke negaranya setelah selesai mendapatkan ilmu dari luar.. dan membangun jepang secara beramai-ramai.
    sikap nasionalis ini yang membuat jepang akhirnya maju dengan pesat.

    nah sekarang coba kita bandingkan dengan negara kita Indonesia.

    saya lebih cendurng melihat bahwa pemuda - pemudi indonesia sendiri yang sekolah di luar negri banyak lebih mengabdi di luar sana dibandingkan membangun negeri sendiri.
    dengan banyak alasan tentunya..
    mungkin salah satunya sistem upah yang dibawah rata-rata negara lain.

    beberapa teman saya yang lulusan luar negri mengatakan demikian.


    Coba kita bayangkan kalo seandainya warga indonesia yang belajar di luar sana semuanya kembali dan membangun negri ini dengan apa yang dia dapatkan diluar sana.
    saya rasa sumber daya alam yang kaya ini akan lebih termanfaatkan dengan maksimal.

    mari tumbuhkan sikap nasionalis dari sejak dini...



    maaf jika ada kesalah. mohon koreksi.
    Okeeeeey, it not bad opinion.
    Klo saya tangkep disini cuma ada 2 poin yaitu1. Belajar setinggi mungkin. dan ke 2. Rasa nasionalisme yang tinggi.
    Tapi gimana dengan faktor lain seperti adat istiadat atau suku, ada analisa ga tentang ini pengaruhnya terhadap pembangunan atau harapan untuk maju???

    Yo..., wis...., Lanjut lagi... monggo.

    Salam Damai,

    Gabriel
    Last edited by Gabriel; 04-03-09 at 02:48 PM.

Page 1 of 8 12345678 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO