Page 1 of 8 12345678 LastLast
Results 1 to 10 of 76
Like Tree19Likes

Thread: Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    279
    Rep Power
    0

    Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni

    LENSAINDONESIA.COM: Pertentangan Aliran Sunni dan Syiah memang tidak bisa dipungkri. Dua aliran ini ibarat air dan minyak yang tidak bisa bersatu. Bahkan, di negera Irak dan Iran pun kedua aliran ini selalu bertentangan karena memiliki pengikut yang sama besar.


    Menurut Ketua MUI Jawa Timur KH Abdussomad Bukhori, jika sebuah negara terdapat dua aliran ini dengan kekuatan yang sama, maka negera tersebut tidak akan tentram. “Sunni dan Syiah memang tidak bisa ketemu. Rukun Imannya saja berbeda,” kata Abdussomad, Sabtu (31/12/2011).


    Dia menjelaskan, selain itu ada beberapa perbedaan yang menonjol aliran Syiah dengan umat Islam pada umumnya. Seperti adzan saja berbeda. Di Syiah, lantunan adzan diubah ada tambahan dua bait. Kemudian dari ibadah sholatnya.


    “Di Syiah sholatnya berbeda. Yakni, sholat Dzuhur dan Ashar digabung jadi satu. Kemudian juga dengan sholat Maghrib dan Isyak. Tak hanya itu, di aliran Syiah Jum’atan tidak wajib. Jika sudah sholat Dzuhur tidak perlu sholat Jum’at. Perbedaan itulah yang tidak bisa ketemu dengan umat Islam pada umumnya,” jelasnya.


    Tak hanya itu, Nikah Mut’ah (kawin kontrak) juga diperbolehkan di Aliran Syiah. Selain itu, kalangan Syiah sering mencaci maki sahabat Nabi seperti Abu Bakar, Umar bin Khotob, Usman bin Affan karena dianggap telah merampas jabatan Nabi.


    Abdussomad juga mengatakan, di aliran Syiah ini memang terbagi menjadi beberapa sekte. Yang intinya ada Sekte Syiah sestrem dan lunak. “Walau pun sekte yang lunak ini ajarannya tetap bertentangan dengan umumnya umat Islam,” tandasnya.


    SUMBER

  2. #2
    Junior Member
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    423
    Rep Power
    6

    Re: Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni

    Makane ora usah mendewakan segala sesuatu yang ada didunia ini. Ora ilok, tidak patut. Termasuk agama gak usah diumbar2 dan didewa-dewakan. Masa cuman gara2 sembahyange beda wis bunuh2an.

  3. #3
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    490
    Rep Power
    5

    Re: Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni

    semua kembali ke pribadi masing2, sebenarnya tidak ada yang perlu diperdebatkan kalau masing2 golongan saling menghormati

  4. #4
    Senior Member posd1's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    1,052
    Rep Power
    5

    Re: Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni

    Quote Originally Posted by pasaungu View Post
    LENSAINDONESIA.COM:Tak hanya itu, Nikah Mut’ah (kawin kontrak) juga diperbolehkan di Aliran Syiah. Selain itu, kalangan Syiah sering mencaci maki sahabat Nabi seperti Abu Bakar, Umar bin Khotob, Usman bin Affan karena dianggap telah merampas jabatan Nabi.


    SUMBER

    Tahta itu yang posd soroti sebagai penyebab bentrok sunni dan shi'a.
    earsun likes this.
    Respek, Cinta, Ekspresif, Sederhana.

  5. #5
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,452
    Rep Power
    5

    Re: Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni

    ndak terlalu prinsip masa sampai segitunya diributkan ya...

  6. #6
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,427
    Rep Power
    0

    Re: Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni

    karena kesesatan mungkin ya, syiah sering menjelek2an sahabat nabi kecuali ali RA

  7. #7
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,921
    Rep Power
    17

    Re: Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni

    Quote Originally Posted by hktoyshop View Post
    karena kesesatan mungkin ya, syiah sering menjelek2an sahabat nabi kecuali ali RA
    Mengapa tidak di serahkan saja kepada Yang Maha Tau!!!???
    Mengapa harus membunuh untuk pembenaran atau pembelaan Tuhan yang mereka percayai???
    bukannya Tuhan tidak membutuhkan pembelaan dari umatNya???
    paijo69 likes this.

  8. #8
    Junior Member irmak107's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    396
    Rep Power
    5

    Re: Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni

    Quote Originally Posted by Cicilia, FL, + ND, USA View Post
    bukannya Tuhan tidak membutuhkan pembelaan dari umatNya???
    Bener banget tuh !!!
    Kaya nggak percaya aja Tuhan tuh maha segalanya.
    Kalo yg dibela adalah keyakinannya (bukan Tuhan); jd masuk akal lah....
    Satu2nya jalan spy yakin bahwa keyakinan kita benar; keyakinan yg lain mesti salah atau bahkan musnah ! Koq kaya gitu yah ???
    Lucu cara berpikir kaum fanatik...hahaha

  9. #9
    Senior Member Air Mata's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Surabaya
    Posts
    2,176
    Rep Power
    13

    Re: Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni

    Saya baru saja terpikir, sebenarnya ajaran agama itu benar-benar merupakan cermin bagi manusia.

    Agama itu sendiri netral, ajarannya itu sendiri sifatnya pasif, ketika manusia yang berpikir merenungi isi ajaran agamanya ini, maka karakter dari manusianya itu yang akan mempengaruhi hasil penafsirannya. Sehingga bisa dikatakan, apa pemahaman seseorang akan agamanya, sebenarnya lebih mencerminkan karakter dari orang tersebut dan bukan karakter dari ajaran agamanya sendiri.

    Misal saja, seorang yang cinta damai akan lebih berfokus pada ajaran agamanya yang mengajar dirinya untuk bersikap toleransi pada orang lain, ketika bertemu ayat yang menganjurkan kekerasan, maka dia pun akan menggeluti dan merenungi ayat itu dan sampai pada kesimpulan yang berbeda dengan orang yang memang suka akan kekerasan.

    Di saat yang sama orang yang suka akan kekerasan akan menemukan ayat2 yang "sepertinya" menganjurkan kekerasan dan dengan cepat menerima ayat ini tanpa berpikir panjang. Tapi ketika dia menemukan ayat yang mengajarkan kedamaian, justru dia akan sibuk menelaah, mencari ayat-ayat lain sebagai perbandingan, dsb. Hingga akhirnya kesimpulannya bisa jadi, boleh damai tapi jika A, B, C, D, E, F sampai Z bahkan lebih.

    Itu sebabnya dari satu agama yang sama, bisa muncul banyak aliran dan dari satu aliran pun bisa muncul beragam jenis orang.

    Dari agama kristen bisa muncul para biarawati yang dengan penuh kasih merawat orang-orang kusta di saat penyakit kusta belum bisa disembuhkan. Dari agama yang sama juga muncul para inquisitor yang menyiksa saudara seiman namun beda penafsiran.
    vtc06 likes this.

  10. #10
    Junior Member irmak107's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    396
    Rep Power
    5

    Re: Inilah yang Membuat Ajaran Syiah Ditentang Kalangan Sunni

    Quote Originally Posted by Air Mata View Post
    Saya baru saja terpikir, sebenarnya ajaran agama itu benar-benar merupakan cermin bagi manusia.

    Agama itu sendiri netral, ajarannya itu sendiri sifatnya pasif, ketika manusia yang berpikir merenungi isi ajaran agamanya ini, maka karakter dari manusianya itu yang akan mempengaruhi hasil penafsirannya. Sehingga bisa dikatakan, apa pemahaman seseorang akan agamanya, sebenarnya lebih mencerminkan karakter dari orang tersebut dan bukan karakter dari ajaran agamanya sendiri.

    Misal saja, seorang yang cinta damai akan lebih berfokus pada ajaran agamanya yang mengajar dirinya untuk bersikap toleransi pada orang lain, ketika bertemu ayat yang menganjurkan kekerasan, maka dia pun akan menggeluti dan merenungi ayat itu dan sampai pada kesimpulan yang berbeda dengan orang yang memang suka akan kekerasan.

    Di saat yang sama orang yang suka akan kekerasan akan menemukan ayat2 yang "sepertinya" menganjurkan kekerasan dan dengan cepat menerima ayat ini tanpa berpikir panjang. Tapi ketika dia menemukan ayat yang mengajarkan kedamaian, justru dia akan sibuk menelaah, mencari ayat-ayat lain sebagai perbandingan, dsb. Hingga akhirnya kesimpulannya bisa jadi, boleh damai tapi jika A, B, C, D, E, F sampai Z bahkan lebih.

    Itu sebabnya dari satu agama yang sama, bisa muncul banyak aliran dan dari satu aliran pun bisa muncul beragam jenis orang.

    Dari agama kristen bisa muncul para biarawati yang dengan penuh kasih merawat orang-orang kusta di saat penyakit kusta belum bisa disembuhkan. Dari agama yang sama juga muncul para inquisitor yang menyiksa saudara seiman namun beda penafsiran.
    Wah setuju bgt sama keluasan cara melihatnya.
    Bravo. !!
    Interpretasi subyektif bisa salah dan sangat berbahaya khan jika melibatkan masa besar ?
    Kalau sifatnya hanya utk pribadi, yah wajar sekali punya interpretasi subyektif krn nggak bakal bikin banyak kerusakan.

    Salam

Page 1 of 8 12345678 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0