Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 20

Thread: - Nasionalisme -


  1. #1
    Member Dino's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    990
    Rep Power
    7

    - Nasionalisme -

    Marilah kita sejenak untuk meluangkan waktu untuk mendengarkan sekaligus menghayati apa yang terkandung makna dalam sebuah lagu di bawah ini :

    http://www.youtube.com/watch?v=SKafm3M0YtM

    Kalau kita bicara masalah nasionalisme, di Indonesia memiliki dua unsur subtansial.
    Pertama, kesadaran mengenai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, etnik, dan agama.
    Kedua, kesadaran bersama bangsa Indonesia dalam menghapuskan segala bentuk pensubordinasian, penjajahan, dan penindasan dari bumi Indonesia. Semangat dari dua substansi tersebutlah yang kemudian tercermin dalam Sumpah Pemuda dan Proklamasi serta dalam Pembukaan UUD 1945.

    Berbicara tentang nasionalisme Indonesia, kita perlu bertanya pada diri sendiri, apakah nasionalisme Indonesia benar-benar telah berfondasikan Pancasila? Kita harus kembali terlebih dahulu pada apa yang disebut bangsa Indonesia sebenarnya mencakup pluralitas suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, golongan masyarakat.
    Kalau kita ingin bangsa Indonesia tetap bersatu padu, semakin kokoh dan teguh berdiri di tengah tengah bangsa lain di dunia, keinginan itu sendiri bukan suatu jaminan. Kecuali ada upaya upaya yang secara sadar dilakukan oleh seluruh bangsa Indonesia untuk memelihara dan mengembangkan faktor-faktor yang dapat memperkokoh per-satuan dan kesatuan bangsa serta upaya upaya untuk mencegah faktor faktor yang dapat menghambat bahkan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Jadi ada dimensi pemeliharaan, pengembangan, dan pencegahan. Faktor faktor yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dapat kita sebut sebagai peluang peluang yang harus kita pelihara dan kembangkan sedangkan faktor faktor yang dapat menghambat bahkan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dapat kita sebut sebagai hambatan hambatan yang harus kita cegah. Itulah yang menjadi tantangan dalam rangka pembinaan wawasan kebangsaan dewasa ini.
    Faktor faktor yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa :
    1. Keutuhan dan kedaulatan wilayah negara dari Sabang sampai Merauke.
    2. Pancasila dan UUD 1945 sebagai acuan dasar dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
    3. Konsep wawasan nusantara dan ketahanan sebagai acuan operasional.
    4. Kekayaan budaya bangsa Indonesia termasuk hasil hasil pembangunan.
    Faktor faktor yang dapat menghambat bahkan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa
    1. Pikiran pikiran dan perasaan perasaan antar suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, golongan masyarakat, dimana yang satu merasa superior dan inferior terhadap yang lainnya, yang satu merasa kuat atau lemah terhadap yang lainnya, yang satu merasa lebih baik atau lebih buruk terhadap yang lainnya. Perasaan2 seperti ini jelas bertolak dari fanatisme kelompok atau golongan yang sempit dan sangat bertentangan dengan wawasan kebangsaan yang ingin memberikan ruang gerak dan kesempatan yang sama untuk bertumbuh atas dasar saling mengakui, menghargai, melengkapi, dan memperkaya. Pikiran pikiran dan perasaan perasaan seperti itu dapat menumbuhkan kecemburuan sosial yang mengarah pada pertentangan / konflik sosial dan pada gilirannya dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.
    2. Kesenjangan pembangunan antar wilayah harus dicegah karena kemajuan pembangunan yang terlalu pesat disuatu daerah sementara di daerah lainnya sangat tertinggal dapat menimbulkan kecembu-ruan sosial. Secara umum kesenjangan pem-bangunan antar wilayah ini dikelompokkan dalam kelompok Indonesia Kawasan Barat dan Timur.
    3. Kesenjangan sosial dan ekonomi antar golongan penduduk harus dicegah melalui upayah yang sungguh sungguh untuk mengentaskan kemiskinan. Dengan demikian diharapkan jumlah penduduk miskin atau yang berpenghasilan sangat rendah akan semakin berkurang, sambil mencegah agar golongan elit yang sangat kaya tidak bertambah kaya lagi.
    4. Upaya upaya untuk mengekang proses demokratisasi dan desentralisasi de-ngan alasan stabilitas dan kesatuan bangsa yang berlebih lebihan harus dicegah. Agar demokrasi dapat tumbuh secara wajar dan desentralisasi dapat dikembangkan secara proposional, kepada daerah daerah perlu diberikan ruang gerak dan peluang yang cukup memadai untuk mengembangkan aspirasi, prakarsa, dan kreativitasnya.
    file:c:/my document/nasionalisme.doc


    The One You Can Trust

  2. #2
    Newbie sosiolog1's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    hutan rimba
    Posts
    22
    Rep Power
    0

    Re: - Nasionalisme -

    emang sih bos, terkadang nasionalism kita gak kelihatan...

    tapi saat kasus malay yang maling budaya kita, baru keliatan "dikit" rasa itu.

    kalo masalah berantem ama tetangga, fanatik kita gak diragukan lagi. tapi itu juga masalahnya. saat ada yg ngadu domba "dari dalam" cepet juga kemakan-nya.

    salam damai..

  3. #3
    Junior Member torirest's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    di bawah pohon rindang
    Posts
    253
    Rep Power
    7

    Re: - Nasionalisme -

    nasionalisme itu muncul kl ada ancaman dr luar. kalau ancaman itu hilang, nasionalisme pudar.

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    17
    Rep Power
    0

    Re: - Nasionalisme -

    Coba tanyakan pada mahasiswa yang sering demo, klo mengaku nasionalis, apakah mereka hapal sila - sila dalam pancasila?

  5. #5
    Contributor Fidel Castro's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Cuba
    Posts
    2,810
    Rep Power
    11

    Re: - Nasionalisme -

    Quote Originally Posted by sidjie 234 View Post
    Coba tanyakan pada mahasiswa yang sering demo, klo mengaku nasionalis, apakah mereka hapal sila - sila dalam pancasila?
    Ha..ha..ha..

    Dulu saya pernah nonton satu acara di televisi, tentang pelajar dan mahasiswa yg di minta untuk menyebutkan ke lima sila yg ada dalam Pancasila. Kebanyakan mereka hanya hafal sampe sila yg ke tiga, itu pun banyak yg tergagap2x dalam menyebutkannya.

    Kalo ngga hafal ato ngga tahu, boro2x bisa untuk mengamalkannya. Makanya jangan heran kalo banyak pelajar dan mahasiswa yg kelakuannya jauh sekali dari ideologi bangsa kita ini.

  6. #6
    Junior Member Geos's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    mongolia
    Posts
    111
    Rep Power
    7

    Re: - Nasionalisme -

    Quote Originally Posted by Dino View Post
    Marilah kita sejenak untuk meluangkan waktu untuk mendengarkan sekaligus menghayati apa yang terkandung makna dalam sebuah lagu di bawah ini :

    http://www.youtube.com/watch?v=SKafm3M0YtM

    Kalau kita bicara masalah nasionalisme, di Indonesia memiliki dua unsur subtansial.
    Pertama, kesadaran mengenai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, etnik, dan agama.
    Kedua, kesadaran bersama bangsa Indonesia dalam menghapuskan segala bentuk pensubordinasian, penjajahan, dan penindasan dari bumi Indonesia. Semangat dari dua substansi tersebutlah yang kemudian tercermin dalam Sumpah Pemuda dan Proklamasi serta dalam Pembukaan UUD 1945.

    Faktor faktor yang dapat menghambat bahkan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa
    1. Pikiran pikiran dan perasaan perasaan antar suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, golongan masyarakat, dimana yang satu merasa superior dan inferior terhadap yang lainnya, yang satu merasa kuat atau lemah terhadap yang lainnya, yang satu merasa lebih baik atau lebih buruk terhadap yang lainnya. Perasaan2 seperti ini jelas bertolak dari fanatisme kelompok atau golongan yang sempit dan sangat bertentangan dengan wawasan kebangsaan yang ingin memberikan ruang gerak dan kesempatan yang sama untuk bertumbuh atas dasar saling mengakui, menghargai, melengkapi, dan memperkaya. Pikiran pikiran dan perasaan perasaan seperti itu dapat menumbuhkan kecemburuan sosial yang mengarah pada pertentangan / konflik sosial dan pada gilirannya dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.
    2. Kesenjangan pembangunan antar wilayah harus dicegah karena kemajuan pembangunan yang terlalu pesat disuatu daerah sementara di daerah lainnya sangat tertinggal dapat menimbulkan kecembu-ruan sosial. Secara umum kesenjangan pem-bangunan antar wilayah ini dikelompokkan dalam kelompok Indonesia Kawasan Barat dan Timur.
    3. Kesenjangan sosial dan ekonomi antar golongan penduduk harus dicegah melalui upayah yang sungguh sungguh untuk mengentaskan kemiskinan. Dengan demikian diharapkan jumlah penduduk miskin atau yang berpenghasilan sangat rendah akan semakin berkurang, sambil mencegah agar golongan elit yang sangat kaya tidak bertambah kaya lagi.
    4. Upaya upaya untuk mengekang proses demokratisasi dan desentralisasi de-ngan alasan stabilitas dan kesatuan bangsa yang berlebih lebihan harus dicegah. Agar demokrasi dapat tumbuh secara wajar dan desentralisasi dapat dikembangkan secara proposional, kepada daerah daerah perlu diberikan ruang gerak dan peluang yang cukup memadai untuk mengembangkan aspirasi, prakarsa, dan kreativitasnya.
    file:c:/my document/nasionalisme.doc
    Gw coba sumbang pemikiran khusus untuk point 3 dan 4 nya faktor2 penyebab perpecahan. Point2 yg lain gw liat udah sering di trit ama forumers.

    No. 3 itu kalo dilihat dari kondisi sebagian besar masyarakat negri kita pemahaman point ini memang beralasan ya. Menuntaskan kemiskinan..OK. Mencegah orang untuk tidak lebih kaya...hhhmm. Ini kedengarannya seperti ada pergerakan luar biasa dari bawah untuk mencapai level tertentu sementara yg diatas dibatasi. Kok menurut gw cara2 ini nyerempet2 faham tertentu yg justru bertentangan dgn ideologi kita. Faham ini jg yg dulu menyebabkan presiden pertama kita jatuh.

    Untuk No. 4 itu...gw rasa pemerintah nggak akan memberikan ruang gerak yg "cukup memadai" untuk daerah2. Mungkin kalo secukupnya bolehlah. Otonomi terkontrol. Kenapa? Dengan tingkat atau kwalitas nasionalisme yg kita punya sekarang bukan nggak mungkin nanti negara kita bisa terpecah menjadi beberapa negara menurut suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, golongan masyarakat.

    Salam

  7. #7
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,148
    Rep Power
    11

    Re: - Nasionalisme -

    Quote Originally Posted by sidjie 234 View Post
    Coba tanyakan pada mahasiswa yang sering demo, klo mengaku nasionalis, apakah mereka hapal sila - sila dalam pancasila?
    yang ini saya juga ga yakin,,, hahahaha,,, ini nasionalis apa sok nasionalis, ga tau juga,,, kasian aja liat mereka,,, demo2 ga penting, ngabis2in tenaga juga

    tp pas demo reformasi dulu, aku kagum sama mereka, hehehe
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  8. #8
    Member Dino's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    990
    Rep Power
    7

    Re: - Nasionalisme -

    Quote Originally Posted by Geos View Post
    Gw coba sumbang pemikiran khusus untuk point 3 dan 4 nya faktor2 penyebab perpecahan. Point2 yg lain gw liat udah sering di trit ama forumers.

    No. 3 itu kalo dilihat dari kondisi sebagian besar masyarakat negri kita pemahaman point ini memang beralasan ya. Menuntaskan kemiskinan..OK. Mencegah orang untuk tidak lebih kaya...hhhmm. Ini kedengarannya seperti ada pergerakan luar biasa dari bawah untuk mencapai level tertentu sementara yg diatas dibatasi. Kok menurut gw cara2 ini nyerempet2 faham tertentu yg justru bertentangan dgn ideologi kita. Faham ini jg yg dulu menyebabkan presiden pertama kita jatuh.

    Untuk No. 4 itu...gw rasa pemerintah nggak akan memberikan ruang gerak yg "cukup memadai" untuk daerah2. Mungkin kalo secukupnya bolehlah. Otonomi terkontrol. Kenapa? Dengan tingkat atau kwalitas nasionalisme yg kita punya sekarang bukan nggak mungkin nanti negara kita bisa terpecah menjadi beberapa negara menurut suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, golongan masyarakat.

    Salam
    poin ke 3 terutama yg ini : sambil mencegah agar golongan elit yang sangat kaya tidak bertambah kaya lagi.

    Memang kalau kita baca sepintas seperti kalimat bersayap mempunyai banyak arti dan akhirnya menjadi bias. Intinya gini bro, dalam menjalankan suatu bisnis hendaknya kita hindari adanya seseorang atau sekelompok orang yang menguasai suatu bidang tertentu secara mutlak tanpa memberikan kesempatan kepada orang lain untuk ikut ambil bagian, sehingga terbuka kesempatan untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya bagi kepentingan kantong sendiri. yang kita harapkan adalah terciptanya iklim usaha yang kondusif melalui terciptanya persaingan usaha yang sehat dan menjamin kepastian kesempatan berusaha yang sama bagi setiap orang; mencegah praktek-praktek KKN atau persaingan usaha tidak sehat yang ditimbulkan pelaku usaha tertentu.


    The One You Can Trust

  9. #9
    Junior Member Geos's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    mongolia
    Posts
    111
    Rep Power
    7

    Re: - Nasionalisme -

    Quote Originally Posted by Dino View Post
    poin ke 3 terutama yg ini : sambil mencegah agar golongan elit yang sangat kaya tidak bertambah kaya lagi.

    Memang kalau kita baca sepintas seperti kalimat bersayap mempunyai banyak arti dan akhirnya menjadi bias. Intinya gini bro, dalam menjalankan suatu bisnis hendaknya kita hindari adanya seseorang atau sekelompok orang yang menguasai suatu bidang tertentu secara mutlak tanpa memberikan kesempatan kepada orang lain untuk ikut ambil bagian, sehingga terbuka kesempatan untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya bagi kepentingan kantong sendiri. yang kita harapkan adalah terciptanya iklim usaha yang kondusif melalui terciptanya persaingan usaha yang sehat dan menjamin kepastian kesempatan berusaha yang sama bagi setiap orang; mencegah praktek-praktek KKN atau persaingan usaha tidak sehat yang ditimbulkan pelaku usaha tertentu.
    kalo ini sih UU nya juga udah ada...tinggal gimana menegakkannya. Gimana KPPU??

  10. #10
    Newbie
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    49
    Rep Power
    0

    Re: - Nasionalisme -

    Quote Originally Posted by torirest View Post
    nasionalisme itu muncul kl ada ancaman dr luar. kalau ancaman itu hilang, nasionalisme pudar.
    Setuju, jadi kalau di dunia ini sudah tidak ada pertentangan/ancaman/perang antar negara, nasionalisme sudah gak diperlukan lagi kan? Prinsip Survival of the Fittest lah yang mendasari Nasionalisme! Dan ternyata Prinsip itu sebenarnya hanya ilusi belaka! Jadi sebenarnya Nasionalisme tidak diperlukan (tapi maap ini sangat susah dan dalam untuk bisa dimengerti)

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO