Page 7 of 13 FirstFirst 12345678910111213 LastLast
Results 61 to 70 of 123
Like Tree46Likes

Thread: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin


  1. #61
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    BSD City, Tangerang
    Posts
    372
    Rep Power
    3

    Re: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin

    Quote Originally Posted by bukanTuhan View Post
    Memang haram hukumnya bro...itu ada di kitab suci umat Islam. Mereka yang mengucapkan selamat hari raya pada pemeluk agama lain langsung dicap kafir. CMIIW....
    Waduhhh..., sy baru tahu nih kalo mengucapkn "Selamat Hari Raya Keagamaan" yg berbeda dgn si pengucap adalah dilarang dlm hukum umat agama dan atau kepercayaan tertentu. Lalu bagaimana dgn seorang pemimpin didalam suatu organisasi/parpol/negara yg tidak mengucapkn "Selamat Hari Raya ..." Kpd masyarakat/anggota/ rakyatnya yg berbeda-beda satu sama lain!?!?!? Lalu pemimpin yg mengucapkan dianggap sbagai seorang pendosa gitu!?!?!?

    Sy sbagai minoritas di dalam keluarga dan lingkungan dimana sy berada. Mreka tetap menganggap sy sbg saudara dan teman. Sy sangat berterimakasih atas sikap, perilaku dan perhatian yg mreka berikan kpd saya tanpa melihat adanya perbedaan agama dan atau kepercayaan. Kami slalu berbagi cerita dan berdiskusi mengenai suatu peristiwa/masalah.

    Kami selalu mengutamakn kepentingan bersama dan berprinsip untuk saling menghargai, menghormati dan tidak merugikan orang lain disekitar qt.

    Yah itulah kami, walaupun berbeda-beda, kami tetap satu, memperthankn kebersamaan dgn saling menghargai dan menghormati adanya perbedaan/pluralisme diantara kami.

    Salam, "Bhinneka Tunggal Ika"

  2. #62
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    BSD City, Tangerang
    Posts
    372
    Rep Power
    3

    Re: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin

    Quote Originally Posted by Searcher View Post
    Jelas haram.
    Mungkin dasar pemikirannya seperti ini,…
    Dalam Islam, tauhid itu sudah jelas.
    Pengucapan selamat natal, dapat dimaknai mengakui keberadaan tuhan lain selain yang diyakini oleh umat islam.
    Waduh... Berarti slama ini ane dan para ummat Muslim lainnya seorang pendosa dong tong karena mengucapkn "Selamat Hari Raya" kepada sodara-sodara dan temen-temen ane yg berbeda-beda agama dan atau kepercayaannye!?!?!? Belom lg kalo dilihat dari Ujung rambut sampe ujung kakinya... Ditambah lagi warna rambut dan warna mata dan kulitnye.

    Tapi ane yakin bangetsss kalo ane bukan seorang Musryik yg menduakan Tuhan Yang Maha Esa, menduakan apa yg ane yakini dgn bersosialisasi mengucapkn "Selamat Hari Raya" kpd semua orang yg berbeda dgn keyakinan ane!!!

    Majulah Indonesiaqu...
    Bhinneka Tunggal Ika
    Salam ye untuk semuanye...dari ane anak emak-babe ane yg bergaul dgn siapepun, tanpe pandang bulu!!! YANG PENTING, ANE TIDAK MERUGIKAN!!! Tidak merugikan kalian semue, Tidak merugikn tempat tinggal & lingkungan ane, dan tidak merugikn orang lain pade umumnye, baik secara materi, jasmani maupun rohani!!!

    Smoga Kalian Sehat dan Sukses Selalu yeee...sdh abad Millenium nih...seminggu lagi Tahun baruan... Selamat yeee..., WASPADALAH!!!

    Salam

  3. #63
    Newbie
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    13
    Rep Power
    0

    Re: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin

    masuk neraka kali yah... kalo ngucapin selamat natal natal yah...

    yang mau ngikut KH Maruk amin yooo monggo

    yang mau ngucapin selamat Natal juga monggo

    demokratis kog!!!

    Selamat Natal dan Tahun Baru ... bagi yang merayakannya...

    Bahagia dan sukses selalu...

  4. #64
    Contributor Taiko-san's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    3,413
    Rep Power
    16

    Re: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin

    Quote Originally Posted by habisrokok View Post
    masuk neraka kali yah... kalo ngucapin selamat natal natal yah...

    yang mau ngikut KH Maruk amin yooo monggo

    yang mau ngucapin selamat Natal juga monggo

    demokratis kog!!!

    Selamat Natal dan Tahun Baru ... bagi yang merayakannya...

    Bahagia dan sukses selalu...
    selamat natal dan tahun baru..

    salam santing..

  5. #65
    Newbie
    Join Date
    Dec 2011
    Posts
    40
    Rep Power
    0

    Re: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin

    Quote Originally Posted by habisrokok View Post

    yang mau ngikut KH Maruk amin yooo monggo

    yang mau ngucapin selamat Natal juga monggo

    demokratis kog!!!

    Selamat Natal dan Tahun Baru ... bagi yang merayakannya...

    Bahagia dan sukses selalu...
    agree dg ini...
    ikut2an ngobrol yak....stahu sy mengucapkan selamat mmg dilarang berdasar hadits riwayat bukhari muslim. Sebagai salah satu pimpinan pak Amin sdh benar, menyampaikan yg beliau tau.Beliau jg menyatakan itu msh dalam perdebatan dlm umat islam sendiri/subhat. dalam hukum islam perkara subhat sbaiknya dhindari. Bagi yg melaksanakan ya monggo, bg yg tdk ya silahkan....
    Diatas jg ad yg keberatan soal kata2 kafir...ya memang, dlm islam siapa yg dluar islam adlh kafir dg asal kata yg sdh diterangkan oleh agan diatas. Tetapi dsini kafir ad 2 yaitu Dzimmi/yg toleran dan Harbi/yg memerangi islam.Bagi kafir Dzimmi wajib bagi umat islam untuk bermuamalah/berhubungan dg baik, wajib dlindungi jk dlm keadaan lemah. Kata2 kafir mmg kurang enak didengar oleh siapapun dlm tata bahasa kita, Oleh karena itu skrg yg sering diucapkan adlh Non Muslim bg pemeluk agama lain untuk menghaluskan kata tersebut. Semoga temen2 bisa menerima kata tersebut..
    Sy sdikit ad cerita, sy punya temen akrab, kbetulan dia Katolik yg taat, bapaknya pendeta jg. Kami malah bbrp thn hidup 1 kamar kos. Slama itu dan sampai skrg hubngan kita fine2 aj. dlm kseharian kita saling menjaga, waktu awal tau sy mau 1 kamar dg beliau...sy sampaikan ap2 yg bs sy share dan ap yg tidak. terutama mslh najis krn kita punya perseptif yg berbeda ttg hal itu. Pernah tmn sy nanya jg soal ini, sy jelaskan hukum di agama sy sperti itu dan dia ok2 aj. dlm kseharian tdk jrg dia mlh mengingatkan ttg sholat kl sdh masuk waktunya sy blm sholat, demikian jg trkadang sy mengingatkan dia kl sblm tdr dia blm membaca kitab al kitab krn sy tau sblm tdr dia sll baca al kitab dahulu dan sebagainya. Di kantor, sbelumnya tdk ad yg berani bertanya soal agama kecuali pd pemeluk yg sama. waktu itu kita mlh bisa asyik berjam2 ngobrolin soal agama masing2...mengapa ini bs halal dan haram di sy dan sebaliknya jd kami bisa saling menjaga.



    Salam

  6. #66
    Contributor Taiko-san's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    3,413
    Rep Power
    16

    Re: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin

    Quote Originally Posted by Frogfoot View Post
    agree dg ini...
    ikut2an ngobrol yak....stahu sy mengucapkan selamat mmg dilarang berdasar hadits riwayat bukhari muslim. Sebagai salah satu pimpinan pak Amin sdh benar, menyampaikan yg beliau tau.Beliau jg menyatakan itu msh dalam perdebatan dlm umat islam sendiri/subhat. dalam hukum islam perkara subhat sbaiknya dhindari. Bagi yg melaksanakan ya monggo, bg yg tdk ya silahkan....
    Diatas jg ad yg keberatan soal kata2 kafir...ya memang, dlm islam siapa yg dluar islam adlh kafir dg asal kata yg sdh diterangkan oleh agan diatas. Tetapi dsini kafir ad 2 yaitu Dzimmi/yg toleran dan Harbi/yg memerangi islam.Bagi kafir Dzimmi wajib bagi umat islam untuk bermuamalah/berhubungan dg baik, wajib dlindungi jk dlm keadaan lemah. Kata2 kafir mmg kurang enak didengar oleh siapapun dlm tata bahasa kita, Oleh karena itu skrg yg sering diucapkan adlh Non Muslim bg pemeluk agama lain untuk menghaluskan kata tersebut. Semoga temen2 bisa menerima kata tersebut..
    Sy sdikit ad cerita, sy punya temen akrab, kbetulan dia Katolik yg taat, bapaknya pendeta jg. Kami malah bbrp thn hidup 1 kamar kos. Slama itu dan sampai skrg hubngan kita fine2 aj. dlm kseharian kita saling menjaga, waktu awal tau sy mau 1 kamar dg beliau...sy sampaikan ap2 yg bs sy share dan ap yg tidak. terutama mslh najis krn kita punya perseptif yg berbeda ttg hal itu. Pernah tmn sy nanya jg soal ini, sy jelaskan hukum di agama sy sperti itu dan dia ok2 aj. dlm kseharian tdk jrg dia mlh mengingatkan ttg sholat kl sdh masuk waktunya sy blm sholat, demikian jg trkadang sy mengingatkan dia kl sblm tdr dia blm membaca kitab al kitab krn sy tau sblm tdr dia sll baca al kitab dahulu dan sebagainya. Di kantor, sbelumnya tdk ad yg berani bertanya soal agama kecuali pd pemeluk yg sama. waktu itu kita mlh bisa asyik berjam2 ngobrolin soal agama masing2...mengapa ini bs halal dan haram di sy dan sebaliknya jd kami bisa saling menjaga.



    Salam
    dulu pelarangan itu dimulai sejak Buya Hamka, tapi kemudian ditarik, sekarang mau diaktifkan lagi. Kenapa yang satu bisa mengaktifkan yg lain bisa menarik?

    sebab, ini masalah tafsir..
    hanya masalah tafsir..

  7. #67
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    1,561
    Rep Power
    9

    Re: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin

    Quote Originally Posted by Searcher;[URL="tel:1183941"
    1183941[/URL]]
    Quote Originally Posted by Searcher;[URL="tel:1183941"
    Jelas haram.
    Mungkin dasar pemikirannya seperti ini,…
    Dalam Islam, tauhid itu sudah jelas.
    Pengucapan selamat natal, dapat dimaknai mengakui keberadaan tuhan lain selain yang diyakini oleh umat islam.
    apa begitu ?
    coba baca :
    Piagam Madinah Pasal 25
    Kaum Yahudi dari suku 'Awf adalah satu bangsa-negara (ummat) dengan warga yang beriman.
    Kaum Yahudi bebas memeluk agama mereka, sebagai kaum Muslimin bebas memeluk agama mereka.
    Kebebasan ini berlaku juga terhadap pengikut-pengikut/sekutu-sekutu mereka, dan diri mereka sendiri.
    Kecuali kalau ada yang mengacau dan berbuat kejahatan, yang menimpa diri orang yang bersangkutan dan keluarganya.

    iman yang kuat tidak akan goyah hanya sekedar menghormati orang lain dengan memberikan ucapan Selamat Natal, beda lagi kalau seperti aceng, itu si dodol garut, perlu dikasih larangan yg tegas bukan lebihbaik ijab daripada berzinah

  8. #68
    Senior Member
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    1,705
    Rep Power
    0

    Re: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin

    Quote Originally Posted by Latjuba
    Bagaimana Menurut anda? Ma'ruf juga mengimbau agar umat Islam tidak menghadiri perayaan Natal karena tindakan tersebut adalah haram.....

    Jangan hanya membeo sama pimpinan,,walaupun ia seorang ulama.....,,,,,,menghadiri perayaan Natal,,,,apakah sama dengan memberi ucapan Selamat????
    Kenapa anda begitu sensitive, hanya mengikuti perasaan, hanya melihat dari sisi pandang anda.
    Secara keseluruhan, apa yang dikatakan KH Amin Ma’ruf, kan hanya sebatas himbauan dan saran.

    Aqidah tauhid dalam islam sudah sangat jelas, tidak boleh mengikuti ibadah agama lain, baik dalam arti sempit maupun luas.
    Itu dasarnya ada dalam Surah Al Kafirun.
    Toleransi dalam islam, adalah membiarkan agama lain menjalankan ibadah mereka, tanpa mengganggu maupun merecoki, dan tak boleh ikut di dalamnya.

    Janganlah anda tersinggung karena terminology “haram”.
    Haram, secara harafiah, berarti tidak boleh dilakukan. Anda saja yang terlalu sensi.

    Contoh lain,
    istri yang sedang haid, haram “disentuh”.
    Kalau mengikuti alur logika perasaan anda, semua wanita bakal tersinggung.
    Tapi kalau mau pake sedikit otak dan hati jauh dari prasangka buruk, …
    perkataan :
    istri yang sedang haid, haram “disentuh”,
    itukan maknanya, …..
    istri yang sedang haid, tidak boleh “disentuh”.
    Sampai di sini mudah mudahan anda mau mengerti.

    So…..kembali pada masalah….
    “larangan mengucapkan selamat natal” dan “larangan menghadiri perayaan Natal”
    Saya tidak hanya membeo saja,
    tapi menurut pemikiran saya memang demikianlah seharusnya.
    Seperti sudah saya jelaskan tadi di atas, dasarnya adalah Surah Al Kafirun.

    =========================================

    Quote Originally Posted by TomnJerry
    Yah jelas orang non muslim tersinggung kalau disebut orang kafir, karena kafir itu memliki konotasi yg jelek dan merendahkan.
    Jelek dan merendahkan, itu hanya persepsi anda.
    Dan saya sudah menjelaskan apa artinya.

    Quote Originally Posted by TomnJerry
    Begitu juga kalau anda mengatakan "Bagi saya Gusdur, ibarat imam yang kentut" --> pastilah warga NU tersinggung, karena kata2 anda itu berkonotasi jelek dan menghina.
    Itu juga saya tiru dari seseorang yang juga berasal dari NU.
    Dan juga hanya persepsi anda yang tidak berdasar dan sensi.
    Perkataan tersebut secara harafiah, artinya, seorang imam yang kentut, maka ia harus melepaskan posisi imamnya untuk diganti oleh orang yang ada dibelakangnya.

    Quote Originally Posted by TomnJerry
    Begitu juga umat Kristen tersinggung, ketika KH Maruf Amin menganjurkan tidak boleh mengucapkan selamat natal.
    Masak sih sampai demikian ?

    Quote Originally Posted by TomnJerry
    (Menurut agama Kristen, ajaran agama di luar Kristen adalah ajaran sesat)
    Itu adalah hal lumrah.

    Quote Originally Posted by TomnJerry
    sekarang kalau Tokoh Kristen Indonesia, menganjurkan jangan mengucapkan selamat Idul Fitri, karena itu adalah sesat --> pastilah umat Islam akan tersinggung, karena berkonotasi jelek dan menghina.
    Nggak lah.
    Saya nggak butuh ucapan selamat dari siapapun.

    Quote Originally Posted by TomnJerry
    INTINYA: lebih arif, kalau hal2 sensitif dan berkonotasi jelek terhadap umat agama lain, lebih baik dibicarakan secara internal agama masing2, dan jangan disiarkan secara nasional. Seperti kata pepatah : MULUTMU ADALAH HARIMAUMU.....
    Berkonotasi jelek atau tidak , itukan hanya persepsi anda yang tidak berdasar .
    Memang tidak dimaksudkan untuk disiarkan secara nasional, tapi yang namanya media, pastilah akan dijadikan berita.
    Contohnya, kasus Rhoma Irama waktu pilkada DKI, hanya diucapkan dalam mesjid, eh….nggak taunya oleh media, dijadikan berita nasional.

    Quote Originally Posted by TomnJerry
    Satu lagi, orang non muslim juga bisa menerima ketika Aceh diterapkan hukum2 syariat Islam...belajarlah bertoleransi beragama Bung Seacher...
    Toleransi tidak berarti ikut melibatkan diri dalam kegiatan keagamaan orang lain

    Aceh, 100% islam, jadi kalau mereka mau menerapkan syariat islam, itu adalah hal wajar, dan sesuai dengan azas demokrasi, anda nggak perlu syirik.

    Di Bali, saat hari raya nyepi, semua pada tutup, bandara juga pada tutup, nggak ada kok orang islam yang protes.

    Jika di Sulawesi Utara juga, ingin menerapkan aturan / hukum berdasarkan agama Kristen, kami yang islam juga, nggak bakalan protes.

  9. #69
    Beginner
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    56
    Rep Power
    3

    Re: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin

    UNGARAN, KOMPAS.comKepala Polres Semarang AKBP Agustinus Berlianto Pangaribuan menegaskan, polisi akan mengambil tindakan tegas terhadap setiap upaya yang akan mengganggu keamanan dan ketertiban dalam Perayaan Natal 2013. Pernyataan itu terkait munculnya ancaman dari organisasi massa Front Pembela Islam (FPI) yang akan menggagalkan perayaan Natal di Lapangan Sidomulyo, Ungaran, 25 Desember mendatang.

    "Sebagai warga negara Indonesia yang hidup dalam kebinekaan, sebaiknya jangan ada pihak yang mengganggu jalannya perayaan Natal. Kita ini hidup di negara hukum, wajib menjaga agar negara tetap aman dan kondusif. Jika ada pihak mana pun yang berani mengganggu keamanan, khususnya pada perayaan Natal dan Tahun Baru, akan kami tindak tegas," kata Kapolres, Rabu (19/12/2012) siang.

    Lebih lanjut Kapolres mengatakan, sebanyak 980 personel Polres Semarang akan disebar untuk mengamankan semua gereja dan lokasi keramaian. Pengamanan dengan sandi operasi Lilin Candi 2013 ini juga akan melibatkan unsur TNI, Satpol PP, dan ormas Islam GP Ansor.

    "Dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, kami telah berkoordinasi dengan forum pimpinan daerah serta tokoh agama dan masyarakat. Karena keamanan merupakan tanggung jawab semua unsur masyarakat," ujar Kepala Polres.

    Sebelumnya, pada Selasa lalu, Sekretaris Dewan Syuro FPI Jateng, Jindan Bahrul, telah menolak tegas perayaan Natal yang akan dilaksanakan di Lapangan Sidomulyo. Jindan menilai hal itu sebagai toleransi yang kebablasan dan tidak menghargai keberadaan Masjid Agung Ungaran, yang lokasinya tepat di sisi lapangan.

    "Masih banyak lokasi lain yang layak digunakan untuk perayaan Natal, kenapa harus di depan Masjid Agung. Lebih baik dipindahkan ke lokasi lain daripada menyinggung perasaan umat Islam," ungkap Jindan.

    Jindan menambahkan, FPI dan GPK akan melaksanakan pengajian akbar di Masjid Agung Ungaran sejak malam Natal sebagai aksi nyata untuk menggagalkan perayaan Natal di Lapangan Sidomulyo.

    sumber:
    http://nasional.kompas.com/read/2012...al.Ancaman.FPI


    bagaimana dengan yang ini, ini faktual, bukan katanya...


    Last edited by bradon; 24-12-12 at 09:27 AM.

  10. #70
    Newbie
    Join Date
    Dec 2011
    Posts
    40
    Rep Power
    0

    Re: Larang Ucapkan Selamat Natal, Tokoh Kristiani Kecam KH Maruf Amin

    Quote Originally Posted by Taiko-san View Post
    dulu pelarangan itu dimulai sejak Buya Hamka, tapi kemudian ditarik, sekarang mau diaktifkan lagi. Kenapa yang satu bisa mengaktifkan yg lain bisa menarik?

    sebab, ini masalah tafsir..
    hanya masalah tafsir..
    diatas kan sdh disebutkan, pak amin mennyatakan hal ini msh dlm perbedaan dlm umat islam sendiri...p amin blg sebaiknya tidak krn mmg beliau meyakini akan larangan tersebut. bagi yg berpendapat tdk meyakini ya silahkan aj...



    Salam

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO