Page 1 of 14 1234567891011 ... LastLast
Results 1 to 10 of 132
Like Tree20Likes

Thread: Jokowi Marah Besar Kepada TV One!


  1. #1
    Beginner KotaKritiK's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    68
    Rep Power
    4

    Jokowi Marah Besar Kepada TV One!




    Kelar Shooting, Jokowi Damprat TVOne





    Ilustrasi- KOMPAS.com
    Program khusus 100 Hari Jokowi-Ahok yang ditayangkan tvOne semalam (Senin, 21/01/13) pkl 19:30 wib, bikin Jokowi sewot. Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta yang baru ini merasa dijebak oleh tvOne. Setidaknya ini dikatakan oleh Ajudan Jokowi, Anggit.

    Semalam Bapak marah banget. Tumben-tumbenan marah sama wartawan kayak gitu,” ujar Anggit pada saya pagi ini via HP.

    Awalnya, tvOne ingin melakukan wawancara Jokowi perihal banjir dan tanggul di jalan Latuharhary yang ambruk. Saat itu, Jokowi sudah wanti-wanti tidak berkenan ditanya mengenai hal lain di luar masalah banjir. Selain itu, ia juga sudah berpesan untuk tidak menyertakan narasumber lain dalam interviewnya. Semua pesan tersebut disanggupi oleh pihak tvOne.

    Namun, tvOne rupanya memanfaatkan momentum interview-nya dalam rangka “100 Hari Pemerintahan Jokowi-Ahok”. Apalagi, tvOne sudah mengendus, bahwa Metro TV akan memproduksi program sejenis dengan mengundang Jokowi. Sebelumnya, Metro TV sudah dua kali menayangkan program khusus Gebrakan Jokowi, yang secara eksklusif menginterview Jokowi di lokasi bersama masyarakat. Agar tidak kalah 3-0 dari Metro TV, tvOne terpaksa membohongi Jokowi. Pesan-pesan Jokowi pun diabaikan.

    Staff di Balaikota merasa miss, karena interview yang dilakukan tvOne cuma persoalan banjir, eh ternyata malah menanyakan persoalan-persoalan lain. Wajah Bapak pun berubah begitu ada narasumber lain dalam interview itu,” ujar Anggit.

    Tak heran, begitu kelar shooting, Jokowi langsung marah besar pada tvOne. Perstiwa Jokowi marah-marah pada wartawan sebetulnya sangat langka. Maklumlah, ia sangat dekat dengan semua wartawan. Namun, kejadian semalam merupakan puncak kekesalan Gubernur DKI Jakarta ini. Di tengah musibah, tvOne tega menghianati janjinya pada Jokowi.

    Ternyata bukan cuma Jokowi yang kesal. Dalam sebuah milis yang saya ikuti, beberapa anggota mengumpatkan kekesalannya. Henry Pasarian, misalnya. Interview yang dilakukan Muhammad Rizki dianggap sangat dangkal.

    Lebih banyak sok tahunya, ketimbang riset dahulu. Masak tetap ngotot bertanya, ‘Jadi kapan Jakarta bebas banjir?’. Lha wong sejak jaman Belanda Batavia sudah banjir kok,” ujar Henry kesal.

    Lanjut Henry, ketika Jokowi mengakui tidak sempat mengecek soal tanggul-tanggul yang ada di Jakarta, Rizki malah bertanya, “Kenapa tidak mengecek, Pak?”. Seharusnya, kata Henry, bertanya seputar bagaimana pemeliharaan tanggul-tanggul itu dan siapa yang bertanggung jawab.

    Benar-benar miskin riset.

    Di milis ini, Reporter tvOne juga dikritik oleh Armin Bell dari Ruteng Flores. Lewat tulisan berjudul tvOne dan Reporter Antipati yang diposting pada Sabtu, 19 January 2013 pukul 14:00 WIB, ia menilai Reporter tvOne begitu sok tahu. Ini terlihat saat seorang Reporter perempuan dengan bersemangat melaporkan situasi di sebuah tenda pengungsian di Jati Asih.

    Reporter memulainya dari pertanyaan tentang pola distribusi bantuan yang dijawab oleh si relawan dengan mengatakan, “Kami melakukan distribusi langsung kepada para pengungsi di tenda-tenda.”. Belum selesai berbicara, Reporter langsung bertanya dengan tendensius: “Lho kenapa tidak melalui RT? Kan lebih bagus kalau melalui RT?

    Dalam pertanyaan sok tahu berikutnya, Reporter menanyakan tentang bahan-bahan yang didistribusikan. Relawan pun menjawab, “Macam-macam mbak, ada pakaian, selimut, mie instan dan kebutuhan-kebutuhan lain.”. Namun, Reporter perempuan tvOne ini kembali bertanya sekaligus memberikan kesimpulan.

    Saya pikir yang sangat mereka butuhkan adalah air bersih. Kenapa tidak disiapkan air bersih?” tanya Reporter itu.

    Terakhir Armin juga mencatat kesoktahuan Reporter ini, ketika menanyakan tentang mie instan, dimana menurut Reporter ini salah. “Mas, koq distribusi makanannya mie instan? Kan susah itu diolah oleh para pengungsi. Mengapa tidak menyiapkan nasi bungkus?

    Oleh karena sudah hilang kesabaran, Relawan yang diinterview pun Nampak marah. Wajahnya sangat jelas menunjukkan kemarahan. Namun ia tetap menjawab dengan sedikit ketus, “Selama ini tidak masalah koq mbak. Semua baik-baik saja. Mereka bisa mengolahnya dengan baik!”

    Menurut Armin Bell, Reporter Nampak sekali sangat tendensius, menuduh apa yang dilakukan Relawan semuanya salah, mulai dari pola pendistribusian bahan-bahan, air bersih, sampai mie instan. Padahal. Seharusnya Reporter tidak menuduh sesuatu yang belum tentu benar di depan kamera televise, yang pada saat itu disiarkan secara langsung.

    Bagi saya, reporter tadi tidak menunjukkan sikap empati yang harusnya dimiliki oleh setiap wartawan, tetapi dia sedang antipati pada para relawan. Heran!” ujarArmin kesal.

    Sumber: Kelar Shooting, Jokowi Damprat TVOne
    ------

    Saya rasa, reporter ini tidak pelajari etika jurnalistik...

    Nih, saya tambahkan video rekamannya:

    Last edited by KotaKritiK; 22-01-13 at 05:25 PM. Reason: Tambah Video
    ntarluq, normi, zhank and 1 others like this.
    Masukkan Kritik Anda ke @KotaKritik on Twitter

  2. #2
    Senior Contributor ntarluq's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    8,521
    Rep Power
    0

    Re: Jokowi Marah Besar Kepada TV One!

    Quote Originally Posted by KotaKritiK View Post

    ------

    Saya rasa, reporter ini tidak pelajari etika jurnalistik...
    wartawan itu fungsinya adalah mewartakan apa adanya , bukannya ikut bersilat lidah mendebat dan beropini macam catatan redaksi metrotv ...
    bisa jadi provokator bayaran nantinya ...

    salah kaprah kabeh ...
    1+1+1=1 (?) TAU SAMA TAU AJA ....

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    6
    Rep Power
    0

    Re: Jokowi Marah Besar Kepada TV One!

    Harusnya si Relawan nanya ke si Reporter, sudah nyumbang apa Mbak??????????????????????

  4. #4
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    1,554
    Rep Power
    9

    Re: Jokowi Marah Besar Kepada TV One!

    Quote Originally Posted by ntarluq View Post
    wartawan itu fungsinya adalah mewartakan apa adanya , bukannya ikut bersilat lidah mendebat dan beropini macam catatan redaksi metrotv ...
    bisa jadi provokator bayaran nantinya ...

    salah kaprah kabeh ...
    betul sekali

    mungkin ada niat-niat buruk untuk menyudutkan orang
    jokowi sudah kerja keras, mungkin bisa sakit bila kurang perhatian pada kesehatan dirinya sendiri

    banjir tidak akan teratasi bila sumbernya tidak dikendalikan
    paling efektip adalah mengendalikan air sebelum masuk jakarta, kalau air sudah di jakarta tinggal diukur pakai betis, dengkul, paha, perut atau dada

  5. #5
    Beginner
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    57
    Rep Power
    4

    Re: Jokowi Marah Besar Kepada TV One!

    keknya musti ada shock therapy ini buat tv oot, kalo jokowi dah ampe marah tuh namanya sesuatu bgt

  6. #6
    Beginner KotaKritiK's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    68
    Rep Power
    4

    Re: Jokowi Marah Besar Kepada TV One!

    Quote Originally Posted by ntarluq View Post
    wartawan itu fungsinya adalah mewartakan apa adanya , bukannya ikut bersilat lidah mendebat dan beropini macam catatan redaksi metrotv ...
    bisa jadi provokator bayaran nantinya ...

    salah kaprah kabeh ...
    BEtul, saya setuju, harusnya seorang jurnalis itu memberikan jalan terang, bukan malah memperkeruh
    Quote Originally Posted by Terry Sie View Post
    Harusnya si Relawan nanya ke si Reporter, sudah nyumbang apa Mbak??????????????????????
    Reporter yang perempuan ini seakan mewakili opini dirinya, bukan institusi atau bahkan profesinya
    Masukkan Kritik Anda ke @KotaKritik on Twitter

  7. #7
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,472
    Rep Power
    5

    Re: Jokowi Marah Besar Kepada TV One!

    hmm mestinya pas marah marah ditampilkan juga ya......ckckck..

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Re: Jokowi Marah Besar Kepada TV One!

    maklum saja, presenter dan reporter nya ga sekolah jurnalistik, mungkin nyabut dari pegawe infotainment.

  9. #9
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,427
    Rep Power
    0

    Re: Jokowi Marah Besar Kepada TV One!

    h kalau kayak gini mah ini namanya pembunuhan karakter ini ya gan ini harus di tindas gan

  10. #10
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,718
    Rep Power
    9

    Re: Jokowi Marah Besar Kepada TV One!

    apa tv-one ga pernah wawancara orang lapindo ya? lebih bagus yang punya lapindo sekali-kali diinterview gimana solusi buat warga korban lapindo.
    ayang, harusame, ntarluq and 3 others like this.

Page 1 of 14 1234567891011 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO