Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12
Like Tree1Likes

Thread: Harga LPG 12 Kg Batal Naik, Negara Ikut Tanggung Kerugian


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    307
    Rep Power
    2

    Harga LPG 12 Kg Batal Naik, Negara Ikut Tanggung Kerugian



    JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akhirnya membatalkan niatnya untuk menaikkan harga jual Liquefied Petroleum Gas (LPG) 12 kilogram (kg). Dengan demikian, maka harga LPG tetap berada di kisaran Rp70.200 per tabung.

    Pengamat migas, Kurtubi mengatakan, dengan batalnya kenaikan harga LPG 12 kg, maka pemerintah akan mengalami kerugian. Pasalnya, kerugian yang ditanggung Pertamina juga merupakan kerugian dari pemerintah.

    "Setoran dividen Pertamina ke negara sebesar Rp7,74 Triliun, (nantinya) setoran tersebut (akan) dipotong untuk (menutup) kerugian penjualan harga gas elpiji 12 kg," kata Kurtubi kala dihubungi Okezone, Jakarta, Jumat (8/3/2013).

    Menurut dia, meskipun harga gas elpiji 12 kg tidak dinaikkan, namun Pertamina tetap harus menjamin pasokan gas tersebut lancar. "Karena yang memakai gas tersebut juga bisa dikatakan cukup banyak, golongan menengah ke atas jadi Pertamina harus tetap menjamin," tuturnya.

    Sebelumnya, Vice President Coorporate Communcation Pertamina, Ali Mundakir mengatakan, Pertamina telah mengalami kerugian hingga Rp850 miliar dalam sebulan akibat tidak dinaikkannya harga gas elpiji non subsidi 12 Kilogram (Kg).

    Rencananya, Pertamina akan menaikan harga gas elpiji 12 kilogram (Kg) tahun ini menjadi Rp 95.600 per tabung, atau naik sebesar Rp25.400 per tabung dari harga sebelumnya yang sebesar Rp70.200 per tabung untuk mengurangi kerugian pada tahun lalu. Pertamina mencatat kerugian sebesar USD541,9 juta karena masalah harga jual LPG non subsidi 12 Kilo gram (Kg).

    SUMBER

    alhasil, pembatalan kenaikan harga ini hanya bersifat sementara karena pertamina / pemerintah merugi...

  2. #2
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    307
    Rep Power
    2

    Harga Elpiji 50 Kg Ternyata Sudah Naik Hingga Rp 200.000 per Tabung



    Jakarta - Keinginan Pertamina untuk menaikkan harga gas elpiji 12 kg belum bisa terwujud karena pemerintah menolak usulan Pertamina tersebut. Namun, ternyata harga gas elpiji 50 kg sudah lebih dulu dinaikkan.

    Sasongko, bagian administrasi agen penjualan resmi gas elpiji PT Satria Bhakti mengaku, pihaknya sudah menaikkan harga gas elpiji 50 kg dari sebulan lalu. Kenaikan tersebut hampir Rp 200 ribu per tabungnya yang semula hanya Rp 470 ribu menjadi Rp 660 ribu per tabung.

    "Yang 50 kg naik hampir Rp 200 ribu dari Rp 470 ribu ke Rp 660 ribu. Kenaikan dari Pertamina sebulan lalu," kata Sasongko saat disambangi detikFinance, di kantor agen penjualan, Rawasari, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2013).

    Dia menjelaskan, kenaikan harga gas elpiji 50 kg tersebut sudah dilakukan sebulan lalu merujuk pada surat edaran yang disampaikan Pertamina untuk menaikkan harga gas elpiji.

    Namun, kata dia, pihak Pertamina belum menaikkan harga gas elpiji 12 kg seperti yang sudah direncanakan.

    "Kalau yang 12 kg masih kita jual tetap Rp 71 ribu. Yang 3 kg juga masih tetap Rp 12.500. Kita tegantung dari pemerintah ikut pemerintah saja mau naikin atau enggak," ujarnya.

    Sasongko menyebutkan, pengguna gas elpiji 50 kg kebanyakan dari kalangan industri seperti Industri pabrik las, restoran besar, hotel, dan industri lainnya sehingga tidak terlalu berdampak pada masyarakat langsung.

    "Konsumen kebanyakan 3 kg sama 12 kg. 50 kg kebanyakan buat industri. Jadi yang protes paling pengusaha," katanya.

    Dia menambahkan, dalam sehari pihaknya bisa menjual lebih kurang 3000 tabung gas elpiji 3 kg, 200 tabung untuk gas elpiji 12 kg, dan sekitar 10-20 tabung untuk 50 kg.

    SUMBER

    kalo yang 50kg ketika naik memang tidak seheboh yang 12kg dan 3kg, karena tidak berdampak langsung kepada kebutuhan dapur ibu-ibu rumah tangga

  3. #3
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    307
    Rep Power
    2

    Elpiji 12 kg batal naik, tekanan inflasi berkurang



    JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemkeu) bisa sedikit lega atas keputusan Pertamina untuk menunda rencana kenaikan harga elpiji 12 kg. Karena harga elpiji tetap, Kemkeu berharap tekanan inflasi pada Maret akan berkurang.

    Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemkeu Bambang Brodjonegoro menuturkan penundaan kenaikan harga gas elpiji 12 kg akan berdampak positif pada inflasi Maret. Pemerintah berharap Maret - April 2013 tekanan inflasi mereda sehingga bisa mengkompensasi tingginya inflasi dalam dua bulan pertama tahun ini.

    Bambang yakin inflasi pada Maret dan April 2013 akan lebih rendah ketimbang dua bulan sebelumnya. "Memang bukan deflasi, tapi (inflasi) Maret - April rendah," ujarnya Jumat (8/3).

    Pertamina batal mengerek harga elpiji 12 kg pada pertengahan Maret ini lantaran tak mendapat dukungan dari pemerintah. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa sempat menuturkan pemerintah belum merekomendasikan kenaikan harga elpiji 12 kg. "Situasinya tidak memungkinkan untuk dinaikkan, waktunya belum tepat untuk masyarakat kita," jelasnya Rabu (6/3). Menteri ESDM pun tidak mendukung rencana Pertamina ini.

    Meski begitu, Pertamina berharap harga elpiji 12 kg masih berpeluang dinaikkan setidaknya dalam tahun ini.

    Sebelumnya, Ekonom BCA David Sumual menuturkan biasanya deflasi terjadi pada Maret- April berdasarkan siklus tahun-tahun sebelumnya. Namun, karena tahun ini ada kebijakan pembatasan impor hortikultura, kenaikan tarif tenaga listrik, dan upah minimum pekerja, kemungkinan pada Maret - April akan terjadi inflasi, meski rendah.

    SUMBER

    pemicu inflasi bukan hanya dari elpiji saja.. ada listrik, bbm, pasokan bahan baku, dll...

  4. #4
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    1,523
    Rep Power
    8

    Re: Harga Elpiji 50 Kg Ternyata Sudah Naik Hingga Rp 200.000 per Tabung

    Quote Originally Posted by stk-1 View Post
    kalo yang 50kg ketika naik memang tidak seheboh yang 12kg dan 3kg, karena tidak berdampak langsung kepada kebutuhan dapur ibu-ibu rumah tangga
    ya iya lah nggak heboh, sebagian asal ikut sebagian lagi cari alternatif beli yg 12 kg
    nanti bila yg 12 kg naik maka kebutuhan dapur ibu-ibu banyak yg beralih ke tabung 3 kg
    kalau 3 kg naik baru ribut gede

  5. #5
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,478
    Rep Power
    0

    Re: Harga Elpiji 50 Kg Ternyata Sudah Naik Hingga Rp 200.000 per Tabung

    waduh..
    sampe 200 rb .. gimana gak mencekik leher tuh..??

  6. #6
    Junior Member azizana's Avatar
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    290
    Rep Power
    0

    Re: Harga LPG 12 Kg Batal Naik, Negara Ikut Tanggung Kerugian

    kalau saya masih menggunakan kayu bakar untuk kebutuhan sehari-hari

  7. #7
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Tasikmalaya - Indonesia
    Posts
    497
    Rep Power
    0

    Re: Harga LPG 12 Kg Batal Naik, Negara Ikut Tanggung Kerugian

    waduh kalau sampai naik harga warteg jadi naik juga dong tambah seret nih dompet, untung saja batal naik harga

  8. #8
    Beginner
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    http://mesrun.com
    Posts
    62
    Rep Power
    2

    Re: Harga LPG 12 Kg Batal Naik, Negara Ikut Tanggung Kerugian

    ruginya dimana sih...
    jadi bingung ane kalo mikir negara kok rugi.....
    maklum otak ane kagak nyampe

  9. #9
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    104
    Rep Power
    0

    Re: Harga LPG 12 Kg Batal Naik, Negara Ikut Tanggung Kerugian

    bisa aja ah...hehe...

    Quote Originally Posted by azizana View Post
    kalau saya masih menggunakan kayu bakar untuk kebutuhan sehari-hari

  10. #10
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,529
    Rep Power
    3

    Re: Harga LPG 12 Kg Batal Naik, Negara Ikut Tanggung Kerugian

    Pengamat migas, Kurtubi mengatakan, dengan batalnya kenaikan harga LPG 12 kg, maka pemerintah akan mengalami kerugian. Pasalnya, kerugian yang ditanggung Pertamina juga merupakan kerugian dari pemerintah.
    jangan bilang gitu dong, seolah2 menyesal tidak menaikkan LPG...
    korupsi tuh justru yang bikin negara ambruk

    seharusnya dihukum gantung saja org2 yg korupsi...

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0