Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP


  1. #1
    Member NugrahaTru's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    No Place
    Posts
    766
    Rep Power
    0

    Smile Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP



    TEMPO.CO, Jakarta - Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang tengah digodok Dewan Perwakilan Rakyat ternyata mengandung unsur santet. Dalam rancangan undang-undang yang diajukan pemerintah tersebut, pasal 293 mengatur penggunaan ilmu hitam ini.

    Berikut ini bunyi pasal tersebut:


    (1). Setiap orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain bahwa karena perbuatannya dapat menimbulkan penyakit, kematian, penderitaan mental atau fisik seseorang, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV.


    (2) Jika pembuat tindak pidana sebagaimana dimaksudkan pada ayat (1) melakukan perbuatan tersebut untuk mencari keuntungan atau menjadikan sebagai mata pencaharian atau kebiasaan, maka pidananya dapat ditambah dengan 1/3 (satu per tiga).


    Ahli hukum pidana, Barda Nawawi Arief, yang ikut menyusun beleid itu mengatakan, pasal tersebut merupakan perluasan dari Pasal 162 KUHP yang mengatur larangan membantu tindak pidana. Bunyinya:
    Barang siapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menawarkan untuk memberi keterangan, kesempatan, atau sarana guna melakukan tindak pidana, diancam dengan pidana penjara paling lama 9 bulan atau pidana denda paling banyak Rp 400.500.
    Menurut saya pasal tersebut bentuk dasar hukum yang unik,.cocok juga untuk memberantas praktek perdukunan di Indonesia,.perihal pembuktian mengenai bukti untuk yang "menyantet", bagaimana ya???
    Apakah mendatangkan ahli ilmu gaib juga??? rasanya kurang rasional...
    Last edited by NugrahaTru; 17-03-13 at 09:04 PM.


  2. #2
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,718
    Rep Power
    9

    Re: Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP

    kalo undang-undang yang ngatur sumpah pocong blom ada ya? mungkin kalo FA jadi presiden undang-undang itu bisa muncul tuh...

  3. #3
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,830
    Rep Power
    0

    Re: Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP

    Quote Originally Posted by syx View Post
    kalo undang-undang yang ngatur sumpah pocong blom ada ya? mungkin kalo FA jadi presiden undang-undang itu bisa muncul tuh...
    bener gan ..... perlu diatur juga tuh pasal tentang sumpah pocong ,.... supaya jangan ada lagi penyalahgunaan sumpah pocong ...

    kasian gan pocongnya

  4. #4
    Member Dian Alfia's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    665
    Rep Power
    3

    Re: Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP

    aduh ada2 sih
    nyeremin aja pake santet segala
    kalo santet ayam sih enak

    Mari Budayakan Meninggalkan Jejak Setelah Membaca Thread


  5. #5
    Junior Member sdindo777's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    312
    Rep Power
    0

    Re: Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP

    ini ruu kuhp mencuat pas bgt sama kasusnya adi bing selamet ya

  6. #6
    Junior Member 20xyhome's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    256
    Rep Power
    2

    Re: Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP

    iya bener, kasihan....hehe...

    Quote Originally Posted by FW1983 View Post
    bener gan ..... perlu diatur juga tuh pasal tentang sumpah pocong ,.... supaya jangan ada lagi penyalahgunaan sumpah pocong ...

    kasian gan pocongnya

  7. #7
    Newbie montor's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Posts
    19
    Rep Power
    0

    Re: Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP

    Ki joko bodo bakal pensiun dari dunia perdukunan & jadi pemain tetap ovj

  8. #8
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,514
    Rep Power
    4

    Re: Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP

    Quote Originally Posted by sdindo777 View Post
    ini ruu kuhp mencuat pas bgt sama kasusnya adi bing selamet ya

    emang ada apa gan dengan adi bing selamet?

  9. #9
    Beginner
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    http://mesrun.com
    Posts
    60
    Rep Power
    2

    Re: Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP

    wah undang-undang baru
    apa bener santet itu ada ya GAN?

  10. #10
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,472
    Rep Power
    36

    Re: Ini Bunyi Pasal Santet di RUU KUHP

    trus cara membuktikannya gimana ?............................

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0