Page 2 of 8 FirstFirst 12345678 LastLast
Results 11 to 20 of 71

Thread: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam


  1. #11
    Senior Member
    Join Date
    May 2009
    Posts
    1,925
    Rep Power
    7

    Re: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam

    Ada Agama yang sedang mencari "Kekuasaan Absolutenya".

    Apakah memang Agama adalah suatu alat untuk mencapai kekuasaan?

    Apakah itu tujuan Tuhan menciptakan Agama?

  2. #12
    Contributor PrinceaAng's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    --
    Posts
    3,946
    Rep Power
    11

    Re: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam

    Opini saya untuk TS :

    Mencoba menggabungkan antara realita negara ini, dengan teori Einstein. Dan membuatnya menjadi sebab akibat.

    Wah, ini scope-nya luas sekali. Terutama fakta yang dipakai TS. Pembahasannya akan melebar, bahkan bisa menyerempet SARA.
    Dibutuhkan kemampuan yang luar biasa dalam menggiring opini2 member lain untuk menyimpulkan agar menjadi sesuai dengan teori yang diusung oleh TS.

    TS, anda mencoba menggiring pendapat orang2 yang luas sekali agar bisa menerima teori mu.

    Pertanyaan saya :
    Sanggupkah anda ?

    Catatan saya untuk anda :
    Member2 disini punya beragam background pendidikan, beragam pengalaman hidup, dan banyak yang tidak fokus pada teori2 ilmiah.

    Saran saya :
    Apa tidak sebaiknya anda balik caranya. Membahas soal teori Einstein itu di sub forum sains, baru kemudian membeberkan fakta2 diatas, lalu mencoba menanyakan relevansinya ?

    Kritikan saya :
    Jika memang ingin membahas sisi sains, anda sudah melakukan kesalahan dengan menaruh trit ini di sub forum yang tidak seharusnya. Dan tentu ini bertentangan dengan peraturan forum.
    Jika ingin membahas fakta2 yang anda masukan, anda melakukan kesalahan dengan mencoba menyatakan relevansinya terhadap teori sains. Hal ini tidak bertentangan dengan peraturan forum, tapi anda sudah mencoba mendistorsi pemikiran orang lain. Jika pemikiran mereka sudah terdistorsi, lalu kemudian ternyata berpengaruh juga terhadap kehidupan nyata mereka, akankah anda sanggup bertanggung jawab?

  3. #13
    Junior Member
    Join Date
    May 2008
    Posts
    206
    Rep Power
    8

    Re: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam

    Quote Originally Posted by Nestapa View Post
    .
    Contoh mungkin di SMA 8 Jakarta.
    Jaman saya dulu semua berpakaian sama, yang laki pake celana panjang, yang perempuan pakai rokok span selutut. Tapi sekarang ada 2 jenis rok yang dipakai, yang selutut dan yang gedombrang sampai kaki. Saya ga tahu kenapa dibedakan antara pakai span selutut sama yang gedombrang sampai mata kaki
    Pengkotak2an seperti ini turut memicu terjadinya perpecahan dalam pluralisme itu sendiri
    Sejak kita kecil pembedaan itu sudah terjadi. Sewaktu SD dulu setiap waktunya pelajaran agama anak2 lain yang berbeda agama keluar kelas. Jadi sedari kecil telah tertanam dlm diri si anak "aku berbeda dari mereka". Dulu sekali bukan pelajaran agama tapi 'Budi Pekerti', semua anak tanpa kecuali bisa mengikuti kelas ini tanpa pembedaan, indah kan?

  4. #14
    Contributor Fidel Castro's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Cuba
    Posts
    2,810
    Rep Power
    11

    Re: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam

    Quote Originally Posted by journey View Post
    Bro Fidel, sebaliknya saya melihat keterkaitan langsung kedua hal itu seperti posting saya di trit Bencana Bertubi2, Dosa Siapa? :
    OK kalo mau dibahas secara spesifik, memang ada juga bencana alam yg diakibatkan oleh ulah (kalo tidak disebut dosa) manusia.
    Misalnya orang menebang pohon2x di hutan secara membabi buta tanpa memperhatikan keseimbangan ekosistem, maka terjadilah bencana longsor, kekeringan yg berkepanjangan, banjir dsb.

    Tapi jika kita bahas bencana alam yg tidak ada sangkut pautnya dengan ulah manusia, misal gempa bumi, tsunami dll yg notabene akibat dari aktifitas alami bumi, maka rasanya kurang logis jika mengkait2xkan semua aktifitas tsb (yg kita sebut bencana alam) sebagai akibat dari ulah/dosa manusia.

    Salam.
    No Regrets

  5. #15
    Junior Member
    Join Date
    May 2008
    Posts
    206
    Rep Power
    8

    Re: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam

    Quote Originally Posted by PrinceaAng View Post
    Opini saya untuk TS :

    Mencoba menggabungkan antara realita negara ini, dengan teori Einstein. Dan membuatnya menjadi sebab akibat.

    Wah, ini scope-nya luas sekali. Terutama fakta yang dipakai TS. Pembahasannya akan melebar, bahkan bisa menyerempet SARA.
    Dibutuhkan kemampuan yang luar biasa dalam menggiring opini2 member lain untuk menyimpulkan agar menjadi sesuai dengan teori yang diusung oleh TS.

    TS, anda mencoba menggiring pendapat orang2 yang luas sekali agar bisa menerima teori mu.

    Pertanyaan saya :
    Sanggupkah anda ?

    Catatan saya untuk anda :
    Member2 disini punya beragam background pendidikan, beragam pengalaman hidup, dan banyak yang tidak fokus pada teori2 ilmiah.

    Saran saya :
    Apa tidak sebaiknya anda balik caranya. Membahas soal teori Einstein itu di sub forum sains, baru kemudian membeberkan fakta2 diatas, lalu mencoba menanyakan relevansinya ?

    Kritikan saya :
    Jika memang ingin membahas sisi sains, anda sudah melakukan kesalahan dengan menaruh trit ini di sub forum yang tidak seharusnya. Dan tentu ini bertentangan dengan peraturan forum.
    Jika ingin membahas fakta2 yang anda masukan, anda melakukan kesalahan dengan mencoba menyatakan relevansinya terhadap teori sains. Hal ini tidak bertentangan dengan peraturan forum, tapi anda sudah mencoba mendistorsi pemikiran orang lain. Jika pemikiran mereka sudah terdistorsi, lalu kemudian ternyata berpengaruh juga terhadap kehidupan nyata mereka, akankah anda sanggup bertanggung jawab?
    Wow..relax my friend.. cool down dulu..

    Kalau anda menolak sisi sains itu bertentangan dgn penggunaan komputer dan internet yang anda sedang lakukan. Kalau anda katakan bisa nyerempet ke SARA maka hanya orang2 picik yang bisa melakukan itu. Sains adalah sebuah kenyataan hidup, siapa sekarang ini yang hidup tanpa sains? Jadi daripada emosi mendingan expand our knowledge dulu..

  6. #16
    Contributor PrinceaAng's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    --
    Posts
    3,946
    Rep Power
    11

    Re: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam

    Quote Originally Posted by journey View Post
    Wow..relax my friend.. cool down dulu..

    Kalau anda menolak sisi sains itu bertentangan dgn penggunaan komputer dan internet yang anda sedang lakukan. Kalau anda katakan bisa nyerempet ke SARA maka hanya orang2 picik yang bisa melakukan itu. Sains adalah sebuah kenyataan hidup, siapa sekarang ini yang hidup tanpa sains? Jadi daripada emosi mendingan expand our knowledge dulu..
    Udah cool down kok, ney. (emang gak panas kok.)
    Saya cuma kasih penjelasan saja segamblang2-nya untuk anda.
    Kalo anda sudah siap untuk segala konsekwensinya, ya monggo di lanjut.

    Pengalaman di fk ini, kalo trit sudah nyerempet, tapi TS tidak sanggup mengarahkan lagi, otomatis trit di closed.
    Yang kasian ya bukan anda selaku pemilik trit, tapi orang2 lain yang mengikuti trit anda, karena hanya mendapatkan info tak berujung.

    Saya pribadi tidak menolak sains.

    Tapi, sebaiknya kan, taruhlah barang pada tempatnya.
    Biar kalo ada yang cari, gak bingung. hehehehe.....
    Kalo ternyata trit ini dipakai sebagai bahan kajian para petinggi, kan anda sendiri yang bangga. Ada lho beberapa orang 'sono' yang kerjanya browsing sampe sini.
    Dan beberapa member sudah membuktikannya.

    Monggo di lanjut deh. Silahken.....

  7. #17
    Newbie
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    20
    Rep Power
    0

    Re: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam

    Quote Originally Posted by journey View Post
    Sejak kita kecil pembedaan itu sudah terjadi. Sewaktu SD dulu setiap waktunya pelajaran agama anak2 lain yang berbeda agama keluar kelas. Jadi sedari kecil telah tertanam dlm diri si anak "aku berbeda dari mereka". Dulu sekali bukan pelajaran agama tapi 'Budi Pekerti', semua anak tanpa kecuali bisa mengikuti kelas ini tanpa pembedaan, indah kan?
    Oh yha.
    Dulu pelajaran budi pekerti Tapi sekarang sudah tidak ada.
    Kurikulum pendidikan jaman dulu lebih bagus dari sekarang.

  8. #18
    Junior Member
    Join Date
    May 2008
    Posts
    206
    Rep Power
    8

    Re: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam

    Quote Originally Posted by Fidel Castro View Post
    OK kalo mau dibahas secara spesifik, memang ada juga bencana alam yg diakibatkan oleh ulah (kalo tidak disebut dosa) manusia.
    Misalnya orang menebang pohon2x di hutan secara membabi buta tanpa memperhatikan keseimbangan ekosistem, maka terjadilah bencana longsor, kekeringan yg berkepanjangan, banjir dsb.

    Tapi jika kita bahas bencana alam yg tidak ada sangkut pautnya dengan ulah manusia, misal gempa bumi, tsunami dll yg notabene akibat dari aktifitas alami bumi, maka rasanya kurang logis jika mengkait2xkan semua aktifitas tsb (yg kita sebut bencana alam) sebagai akibat dari ulah/dosa manusia.

    Salam.
    Belum lama ini ada buku terkenal tentang Air yang ditulis oleh seorang Jepang yang lalu kita disini ramai2 menyadurnya. Buku itu menunjukkan adanya respon dr air terhadap expresi manusia. Air bereaksi atas pikiran2 manusia. Tubuh kita dan bumi ini sama2 berkadar air 70% lebih. Dalam mencari adanya kehidupan di planet lain tolok ukurnya adalah keberadaan air, karena air adalah sumber kehidupan.

    Sekelompok orang pernah menguji dgn berteriak2 dihadapan laut, tiba2 laut menjadi pasang dan bergelombang keras. Ketika mereka lalu berkata2 lembut air laut kembali normal.

    Begitu kang Fidel, IMHO..

  9. #19
    Junior Member
    Join Date
    May 2008
    Posts
    206
    Rep Power
    8

    Re: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam

    Quote Originally Posted by PrinceaAng View Post
    Udah cool down kok, ney. (emang gak panas kok.)
    Saya cuma kasih penjelasan saja segamblang2-nya untuk anda.
    Kalo anda sudah siap untuk segala konsekwensinya, ya monggo di lanjut.

    Pengalaman di fk ini, kalo trit sudah nyerempet, tapi TS tidak sanggup mengarahkan lagi, otomatis trit di closed.
    Yang kasian ya bukan anda selaku pemilik trit, tapi orang2 lain yang mengikuti trit anda, karena hanya mendapatkan info tak berujung.

    Saya pribadi tidak menolak sains.

    Tapi, sebaiknya kan, taruhlah barang pada tempatnya.
    Biar kalo ada yang cari, gak bingung. hehehehe.....
    Kalo ternyata trit ini dipakai sebagai bahan kajian para petinggi, kan anda sendiri yang bangga. Ada lho beberapa orang 'sono' yang kerjanya browsing sampe sini.
    Dan beberapa member sudah membuktikannya.

    Monggo di lanjut deh. Silahken.....
    Coba baca ulang, sumbernya bahkan dari Kompas sendiri kan? dan ini memang pernasalahan Nasional kan Bro?

    Ok thanks atensinya..

  10. #20
    Contributor Fidel Castro's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Cuba
    Posts
    2,810
    Rep Power
    11

    Re: Semangat Pluralisme Beragama di Indonesia Terancam

    Quote Originally Posted by journey View Post
    Belum lama ini ada buku terkenal tentang Air yang ditulis oleh seorang Jepang yang lalu kita disini ramai2 menyadurnya. Buku itu menunjukkan adanya respon dr air terhadap expresi manusia. Air bereaksi atas pikiran2 manusia. Tubuh kita dan bumi ini sama2 berkadar air 70% lebih. Dalam mencari adanya kehidupan di planet lain tolok ukurnya adalah keberadaan air, karena air adalah sumber kehidupan.

    Sekelompok orang pernah menguji dgn berteriak2 dihadapan laut, tiba2 laut menjadi pasang dan bergelombang keras. Ketika mereka lalu berkata2 lembut air laut kembali normal.

    Begitu kang Fidel, IMHO..
    Hm...........menarik juga, boleh minta info tentang buku tsb ?, saya jadi pengen baca.
    Terus terang saya masih bingung, bagaimana air bisa berinteraksi dengan eskpresi manusia. Dan jika iya bagaimana juga air menyesuaikan reaksinya dengan eskpresi yg bermacam.

    Salam.
    No Regrets

Page 2 of 8 FirstFirst 12345678 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0