Results 1 to 10 of 10

Thread: Oleh-oleh Jokowi dari Singapura


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    48
    Rep Power
    0

    Oleh-oleh Jokowi dari Singapura

    Gubernur kita yang satu ini baru saja mengunjungi negara Singapura untuk keperluan studi banding tentang Mass Rapid Transit "MRT".
    Jokowi melawat ke Singapura ditemani Kepala Bapedda DKI Jakarta Sarwo Handayani, Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Bidang Pembangunan DKI Jakarta Wiryatmoko melawat ke Singapura.
    Apa saja ya oleh-oleh Jokowi dari sana?


    1. Belajar Perencanaan MRT
    Di Singapura Jokowi bertemu dengan pejabat Land Transport Authority yang merupakan gabungan dua institusi Dinas Perhubungan dan Dinas PU pemerintah Singapura.

    "Ketemu sama land transport authority dari pemerintah Singapura. Bukan mengkaji, tapi mendengarkan paparan soal perencanaan dan pelaksanaan MRT seperti apa," ungkap Kepala Bappeda Sarwo Handayani di Balai kota Jakarta, Senin kemarin.

    Singapura menjelaskan cara membangun, merencanakan MRT yang sukses beroperasi di sana. Kemudian prinsip dasar pembangunan MRT seperti apa. "Perencanaan, manajemen, pengelolaannya," jelasnya.


    2. Cari Penasihat Proyek MRT
    Jokowi juga mencari advisor atau penasihat terkait rencana pembangunan MRT.

    "Masa yang planing-nya dari sana (JICA), pelaksanaannya dari sana, duitnya dari sana, manajemen kontrolnya gimana? Dari sana sekalian?" ungkap Jokowi di Kantor Balai Kota, Jakarta.

    Keberadaan penasihat itu untuk mengkritisi dan mengawal pembangunan MRT. Sebab dana pembangunan MRT berasal dari Japan International Cooperation Agency (JICA). "Iya dong, manajemen kontrol harus ada dari yang lain," tambah Jokowi.


    3. Meniru taman/RTH di Singapura
    Jokowi juga melihat ruang terbuka hijau (RTH) dan tata cara mereka merawatnya. Beliau ingin menyulap beberapa taman di wilayah Jakarta bakal seperti di negeri Singa itu.

    "Mereka memulai taman kota dari mana sih, dulu tahun 70-80 juga kumuh. Memulainya dari mana, kita bukan berkeliling, kita bertanya, mulainya dari mana, tahu-tahu kok jadi negara hutan, negara taman. Kita ini kan dari dulu sampe sekarang mulainya," jelas Jokowi di Kantor Balai Kota, Jakarta, Senin kemarin.

    Menurutnya, persoalan yang utama terkait dengan pembangunan RTH adalah awal permulaan. Jika sudah mengetahui dari mana mulainya, menurutnya RTH aSoal permukiman penduduk, Jokowi juga ingin meniru seperti di Singapura. Rumah susun dan taman kota akan dipadukan menjadi sebuah kawasan yang terpadu.

    Nantinya, di setiap rumah susun yang dibangun akan dilengkapi dengan taman kota.Jokowi ingin rumah susun (Rusun) nanti tidak membeli sedikit-sedikit lahan, tetapi ratusan hektare lahan sehingga lengkap dengan fasilitas yang ada.

    "Tidak ada lagi istilah dinas perumahan beli dua hektare tanah, bangun rusun tiga biji, beli lagi empat hektar tanah, bangun rusun lima biji. Pak gub gak mau lagi model itu, pak gubernur maunya sekali beli ratusan hektar. Langsung bangunin ratusan unit di situ. Jadi orang betul-betul dapat suasana baru, kota baru, lingkungannya," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota Jakarta, Senin (1/4).

    Ahok menegaskan, jika hanya membeli sedikit lahan, misal dua hektare dinilai tidak akan fokus sesuai masterplan yang ada. Oleh karenanya, Pemprov akan memfokuskan sistem seperti di Singapura di Marunda.

    "Misalnya, tanah-tanah sekitar gitu ditempatkan jadi tanah peruntukan pemerintahan. Jangan sampai, harus tanah pemerintah. Jangan sampai swasta ikutan beli. Beliau bikin kawasan ekonomi khusus. Kita kan selalu kalah kan. Kita beli dikit-dikit, swasta udah kuasai. Dia bikin perumahan bagus, dia jual gitu mahal, kita kekurangan tanah. Pak gub gak mau, Makanya kita beli ratusan hektar. Jadi bangunnya satu komplek. Nah itu konsep Singapura yang beliau dapat," jelasnya.

    Pemilihan pembangunan percontohannya di Marunda, karena di sana sudah terdapat KBN yang akan membangun industri untuk menyerap 30 ribu lebih tenaga kerja. Selain itu, juga akan membuat kawasan ekonomi khusus 1.500 hektar, seperti New Tanjung Priok, ada juga pelabuhan KBN.

    "Itu menampung tenaga kerja luar biasa. Saya bayangkan kalau ada ratusan ribu orang dipindahkan ke sisi Banjir Kanal Timur, ada RS Koja ada RS Duren Sawit, terus ada BKT, ada jalan inspeksi, terus orang-orang kompleks bisa naik sepeda kerja, itu mengurangi macet kita berapa," terangnya.kan lebih mudah direalisasikan.

    "Ya mulainya, kalau tanamnya, kita pinter nanam-nanam. Paling sulit itu ya memulainya,"

    "Menyiapkan lahan yang besar, kita siapkan lahan besar. Sehingga orang yang dipindahkan besar. Setelah dipindah nanti jelas arahnya mau di bangun taman kota atau hutan kota," tegasnya

    4. Ubah Marunda Menjadi SIngapura
    Soal permukiman penduduk, Jokowi juga ingin meniru seperti di Singapura. Rumah susun dan taman kota akan dipadukan menjadi sebuah kawasan yang terpadu.

    Nantinya, di setiap rumah susun yang dibangun akan dilengkapi dengan taman kota. Sepertinya dia ingin rumah susun (Rusun) nanti tidak membeli sedikit-sedikit lahan, tetapi ratusan hektare lahan sehingga lengkap dengan fasilitas yang ada.

    "Tidak ada lagi istilah dinas perumahan beli dua hektare tanah, bangun rusun tiga biji, beli lagi empat hektar tanah, bangun rusun lima biji. Pak gub gak mau lagi model itu, pak gubernur maunya sekali beli ratusan hektar. Langsung bangunin ratusan unit di situ. Jadi orang betul-betul dapat suasana baru, kota baru, lingkungannya," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota Jakarta.

    Ahok menegaskan, jika hanya membeli sedikit lahan, misal dua hektare dinilai tidak akan fokus sesuai masterplan yang ada. Oleh karenanya, Pemprov akan memfokuskan sistem seperti di Singapura di Marunda.

    "Misalnya, tanah-tanah sekitar gitu ditempatkan jadi tanah peruntukan pemerintahan. Jangan sampai, harus tanah pemerintah. Jangan sampai swasta ikutan beli. Beliau bikin kawasan ekonomi khusus. Kita kan selalu kalah kan. Kita beli dikit-dikit, swasta udah kuasai. Dia bikin perumahan bagus, dia jual gitu mahal, kita kekurangan tanah. Pak gub gak mau, Makanya kita beli ratusan hektar. Jadi bangunnya satu komplek. Nah itu konsep Singapura yang beliau dapat," tegasnya

    Pemilihan pembangunan percontohannya di Marunda, karena di sana sudah terdapat KBN yang akan membangun industri untuk menyerap 30 ribu lebih tenaga kerja. Selain itu, juga akan membuat kawasan ekonomi khusus 1.500 hektar, seperti New Tanjung Priok, ada juga pelabuhan KBN.

    "Itu menampung tenaga kerja luar biasa. Saya bayangkan kalau ada ratusan ribu orang dipindahkan ke sisi Banjir Kanal Timur, ada RS Koja ada RS Duren Sawit, terus ada BKT, ada jalan inspeksi, terus orang-orang kompleks bisa naik sepeda kerja, itu mengurangi macet kita berapa," ungkapnya.

    Sumber:
    http://www.memobee.com/oleh-oleh-jok...-8677-eij.html


  2. #2
    Senior Member 12BETSport's Avatar
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    1,781
    Rep Power
    3

    Re: Oleh-oleh Jokowi Dari Singapura

    boleh tuh diterapkan dijakarta hehe2x udah dapat ilmunya langsung dipake

  3. #3
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,812
    Rep Power
    0

    Re: Oleh-oleh Jokowi Dari Singapura

    kalau kayak gini sih .... gue bakalan dukung Jokowi terus ...

  4. #4
    Junior Member 23xyhome's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    298
    Rep Power
    0

    Re: Oleh-oleh Jokowi dari Singapura

    sip semoga bisa segera terwujud dan bikin jakarta menjadi lebih baik....

  5. #5
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,529
    Rep Power
    3

    Re: Oleh-oleh Jokowi dari Singapura

    siip mantap pak jokowi, aku dukung terus segala kebijakan yang bapak buat...
    tapi ingat pak seperti yang bapak pernah bilang: ACTION

  6. #6
    Junior Member sdindo777's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    315
    Rep Power
    0

    Re: Oleh-oleh Jokowi dari Singapura

    emoga bener bener terealisasi ya jgn sampe kaya yang disenayan senayan tuh

  7. #7
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    350
    Rep Power
    2

    Re: Oleh-oleh Jokowi dari Singapura

    wah bagus nih oleh-olehnya pak jokowi...langsung diterapkan saja pak di jakarta..walau memang butuh perencanaan yang matang.

  8. #8
    Newbie K.Galeri's Avatar
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    www.klikgaleri.com
    Posts
    23
    Rep Power
    0

    Re: Oleh-oleh Jokowi dari Singapura

    Semoga pengaplikasiannya berjalan lancar ya Pak di Jakarta. Ane dukung terus untuk perubahan yg lebih baik

  9. #9
    Junior Member arloji's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Jakarta / Pasar Baru
    Posts
    329
    Rep Power
    0

    Re: Oleh-oleh Jokowi dari Singapura

    Terus membangun ibu kota pak...
    Anda emang pro rakyat
    INFO ARLOJI BRANDED : http://serba-serbi.com

  10. #10
    Member noRespect's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Bekasi saja, ngga aneh2 kok :)
    Posts
    596
    Rep Power
    0

    Re: Oleh-oleh Jokowi dari Singapura

    Semoga rencananya terealisasi secepatnya. Dalam 1 masa kepemimpinan kalo bisa Pak Jokowi. Jujur saja sebagai warga Jakarta saya ngeliat Jakarta seperti kapal pecah. Amburadul. Saking geregetannya rasanya mau saya ambil alih aja itu kerjaan pejabat yang ga becus cuma buang2 waktu dan cuma buang2 umur doang. Ntar tau2 mati aja dan ga ada yang perduli dengan kematiannya.

    Pokoknya saya dukung 100% Pak Jokowi.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0