Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 18
Like Tree1Likes

Thread: Pesawat Lion Air Jatuh ke Laut di Bali


  1. #1
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    Pesawat Lion Air Jatuh ke Laut di Bali



    pesawat lion air jatuh ke laut di denpasar, bali. Pesawat yang terbang dari bandung ke denpasar itu mendarat di laut di sekitar bandara.

    "pesawat terbelah," kata sekretaris ap i farid indra saat dikonfirmasi detikcom, sabtu (13/4/2013).

    kejadian itu terjadi sekitar pukul 15.35 wita. Pesawat rencananya hendak mendarat di runaway tapi entah bagaimana bisa mendarat di laut. Bandara ngurah rai memang dekat dengan laut.

    "semua sudah dievakuasi penumpang," jelasnya.


    sumber
    6 keganjilan kecelakaan lion air di bali




    hingga kini penyebab pesawat lion air mendarat di laut dekat bandara ngurah rai bali belum diketahui secara pasti. Pihak lion air juga belum bisa memastikan penyebab jatuhnya pesawat yang mengangkut 101 penumpang itu.

    penyelidikan penyebab jatuh pesawat lion air boeing 737 800 ng tersebut akan dilakukan oleh knkt. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

    namun hingga kini publik masih bertanya-tanya mengenai penyebab kecelakaan tersebut. Ada dugaan penyebab kecelakaan karena roda pesawat tidak bisa keluar saat akan landing sehingga pilot memutuskan melakukan pendaratan di laut. Namun dugaan ini pun masih sangat sumir.

    kecelakaan pesawat itu pun hingga kini masih menimbulkan tanda tanya besar. Berikut enam keganjilan kecelakaan lion air tersebut:


    1. Pesawat yang jatuh masih gres



    pesawat lion air dengan nomor penerbangan jt 904 mendarat di laut dekat bandara ngurah rai bali sekitar pukul 15.00 wita. Hingga kini penyebab kecelakaan tersebut masih belum diketahui.

    Menurut pihak lion air, pesawat yang jatuh tersebut masih baru. Pesawat boeing 737 800 ng itu baru dua minggu digunakan oleh lion.

    "ini adalah pesawat baru, bukan bekas. Pesawat ini kami terima langsung dari pabriknya, yaitu boeing company di amerika serikat (as) pada bulan maret 2013," kata direktur umum lion air, edward sirait dalam konferensi pers yang digelar di gedung lion air, jakarta pusat, sabtu (13/4).

    Setelah diterima lion air, pesawat tersebut segera di operasikan pada 28 maret 2013 lalu. Pesawat itu dibeli dengan kisaran harga usd 80 juta hingga usd 90 juta.

    "jadi, kalau dihitung-hitung lagi, pesawat itu baru beroperasi selama kurang lebih dua minggu. Pesawat itu memiliki kapasitas 180 penumpang. Setelah pesawat sampai di sini, kami lakukan cek ulang secara keseluruhan sebelum benar-benar dioperasikan," ujar edward.


    2. Pilot sehat dan mahir



    faktor kecelakaan selain karena pesawat bisa karena faktor manusia. Salah satu yang paling berperan dalam kasus jatuhnya pesawat tentu adalah kondisi sang pilot. Lalu bagaimana dengan pilot lion air?

    "pilot kondisinya sehat. Sebelum terbang juga sehat," ujar direktur umum lion air, edward sirait dalam konferensi pers yang digelar di gedung lion air, jakarta pusat, sabtu (13/4).

    Edward menambahkan standar operasional seorang pilot maksimal lima kali melakukan penerbangan. M gazali sendiri pada hari ini baru melakukan beberapa penerbangan.

    "dia baru terbang tiga kali landing hari ini. Dia juga sudah mengantongi lebih dari 10 ribu jam terbang," katanya.


    3. Cuaca di bandara ngurah rai baik



    cuaca kerap dituding menjadi penyebab kecelakaan pesawat. Saat lion air mendarat di laut, kondisi di bandara ngurah rai memang mendung dan gerimis. Namun hal ini tetap dianggap baik dalam dunia penerbangan.

    "dalam dunia penerbangan, kondisi di ngurah rai saat pesawat itu jatuh tergolong baik. Karena kalau buruk pasti sudah ditutup oleh pihak atc atau bandara sehingga tidak ada pesawat yang masuk," ujar pengamat penerbangan, alvin lie kepada merdeka.com, sabtu (13/4).

    Lalu apa penyebab lion air mendarat di laut? Hingga kini masih belum ada jawaban pasti.


    4. Pilot tak umumkan pesawat akan landing



    setiap pesawat akan landing, pilot biasanya mengumumkan kepada penumpang. Penumpang diminta untuk memasang sabuk pengaman karena pesawat akan segera mendarat.

    Namun salah seorang penumpang lion air, rusmaya laksmi wardani (53) menyebut dalam peristiwa itu, pilot tidak mengumumkan hal itu.

    "jadi pada saat sebelum kecelakaan kami semua tidak mendapat informasi bahwa pesawat tiba-tiba akan landing," kisah rusmaya kepada merdeka.com, sabtu (13/4).

    "tau-taunya ada suara brakk dan ternyata sudah di tengah laut. Saya berusaha menyelamatkan diri dengan luka di bibir yang berdarah, akhirnya saya juga sempat mencari pertolongan tapi tim sar dengan sigap membantu," ucapnya.


    5. Pilot tak berkomunikasi dengan atc



    sebelum pesawat lion air mendarat di laut, sang pilot tidak memberikan informasi kepada pihak air traffic controller (atc) bandara ngurah rai bali. Tiba-tiba pesawat nahas itu mendarat di laut dekat bandara.

    "tidak ada informasi yang diterima bahwa pesawat akan mengalami crash. Tiba-tiba saja pesawat itu mendarat di laut," ujar petugas atc bandara ngurah rai, bali, tri basuki dalam jumpa pers, sabtu (13/4).

    Karena tidak ada informasi inilah pihak atc tidak bisa memastikan penyebab pesawat dengan nomor penerbangan jt 904 itu jatuh.


    6. Ban tidak terbuka



    salah satu indikasi pesawat lion air mendarat di laut karena ban tidak bisa terbuka saat akan landing. Karena hal itulah pilot kemudian mendaratkan pesawat di laut untuk menghindari kecelakaan yang lebih fatal.

    Namun pihak lion air sendiri enggan menjawab spekulasi ini. "itu bukan kewenangan kami untuk menjawabnya. Nanti ada knkt yang bisa menjawabnya," ujar direktur umum lion air, edward sirait dalam konferensi pers yang digelar di gedung lion air, jakarta pusat, sabtu (13/4).


    sumber











    Last edited by FW1983; 14-04-13 at 09:06 AM.

  2. #2
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    Lion Air Jatuh ke Laut di Bali, Bandara Ngurah Rai Ditutup 30 Menit

    Lion Air Jatuh ke Laut di Bali, Bandara Ngurah Rai Ditutup 30 Menit






    Pesawat Lion Air jatuh di laut dekat Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Aktivitas bandara ditutup 30 menit untuk proses evakuasi korban.

    "Sementara sekitar 30 menit ditutup pasca kejadian," tutur Sekper PT Angkasa Pura I, Farid Indra, kepada detikcom, Sabtu (13/4/2013).

    Saat ini, sedang berlangsung proses evakuasi. Farid menegaskan, tidak ada korban jiwa dari peristiwa nahas ini. "Sekarang masih evakuasi," pungkasnya.

    Kecelakaan terjadi sekitar pukul 15.35 Wita, Sabtu (14/4/2013). Pesawat rencananya hendak mendarat di runaway tapi entah bagaimana bisa mendarat di laut. Belum diketahui penyebab kejadian ini.


    SUMBER



    Ajaib! 101 Penumpang Selamat Saat Lion Air Terbelah Jatuh ke Laut di Bali


    Pesawat Lion Air jatuh ke laut di dekat Bandara Ngurah Rai, Bali. Pesawat dalam kondisi terbelah. Tapi ajaibnya, 101 penumpang dan awak pesawat selamat.

    "101 Penumpang dan awak selamat," jelas Sekretaris AP I Farid Indra saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (13/4/2013).

    Kejadian itu terjadi sekitar pukul 15.35 Wita. Pihak AP I belum tahu apa penyebab pesawat itu bisa mendarat di laut.

    "Pesawat sudah ditarik," jelasnya.


    SUMBER

  3. #3
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    Pesawat Lion Air yang tercebur ke laut mengangkut 101 penumpang




    Pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT 960 dengan rute penerbangan Bandung-Denpasar yang mengalami gagal landing dan tercebur ke laut, mengangkut 101 penumpang.

    Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti menuturkan, proses evakuasi masih dilakukan di lokasi kejadian. Namun, dia memastikan seluruh penumpang selamat.

    "Jumlah penumpang 101 orang dan semua selamat," tegas Herry kepada merdeka.com, Sabtu (13/4).
    Herry menambahkan, sejauh ini bangkai pesawat masih berada di laut. Tepat di ujung landasan Bandara Ngurah Rai. Bangkai pesawat belum bisa diangkat. "Nanti akan diusahakan secepatnya diangkat," katanya.

    Namun, pihaknya belum dapat memastikan kapan bangkai pesawat tersebut akan diangkat.

    Sebelumnya, pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT 960 berangkat dari Bandung pukul 12.000 WIB.

    Dijadwalkan mendarat di Bali pukul 14.45 WITA. Namun, pesawat jenis Boeing 737-800 ini tercebur ke laut setelah gagal landing di Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 15.00 WIB.

    "Iya benar mengalami kecelakaan di Denpasar," ujar Direktur Umum Lion Air Edward Sirait kepada merdeka.com, Sabtu (13/4).


    SUMBER


    Pesawat Lion Air Jatuh di Laut Bandara Ngurah Rai




    Pesawat Lion Air dikabarkan telah jatuh di laut dekat Bandara Ngurah Rai, Bali.

    Saat dimintai konfirmasi, Humas Angkasa Pura, Sherly Yunita meminta kepada VIVAnews untuk meminta detil informasi terkait hal itu langsung kepada EOC (Emergency Operation Center).

    "Kami tidak bisa memberi informasi. Silakan datang langsung ke Gedung EOC sebelah barat Base Ops Lanud Ngurah Rai," kata Sherly kepada VIVAnews, Sabtu 13 April 2013.

    Hingga berita ini disiarkan, belum diketahui kondisi pesawat Lion Air yang jatuh dan serta awak pesawat di dalamnya.


    SUMBER

    Penampakan Pilot Lion Air M Ghazali yang Dipapah Saat Evakuasi




    Pesawat Lion Air jatuh ke laut di dekat bandara Ngurah Rai Bali. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Berikut foto pilot dan kru sesaat setelah pesawat mengalami kecelakaan.

    Pilot diketahui bernama M Ghazali. Ia dipapah dua kru yang berpakaian putih dan mengenakan sweater. Wajah sang pilot tertunduk.

    Tak diketahui apakah Ghazali terluka atau tidak. Namun dipastikan, dalam kecelakaan itu terdapat beberapa orang terluka ringan.

    Kecelakaan terjadi sekitar pukul 15.35 Wita, Sabtu (14/4/2013). Saat ini, proses evakuasi masih berlangsung.

    Pesawat rencananya hendak mendarat di runaway, tapi entah bagaimana bisa mendarat di laut. Belum diketahui penyebab kejadian ini.


    SUMBER
    Last edited by FW1983; 13-04-13 at 04:15 PM.

  4. #4
    Junior Member 27xyhome's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    267
    Rep Power
    2

    Re: Pesawat Lion Air Jatuh ke Laut di Bali

    untung semua selamat ya....
    jadi penasaran penyebabnya apa....

  5. #5
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    Lion Air: Pesawat yang Jatuh di Bali Buatan 2012, Baru 6 Bulan Dipakai




    ion Air Boeing 737 800 NG jatuh di laut di Bali. Pesawat itu tergolong baru. Lion baru menggunakannya 6 bulan.

    "Itu keluaran 2012, baru 6 bulan digunakan," kata Direktur Umum Lion Air Edward Sirait saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (13/4/2013).

    Lion memastikan pesawat dalam kondisi sehat. Karena itu bisa mulus terbang dari Bandung. "101 Penumpang dan 7 awak," imbuhnya.

    Pesawat ini menurut Edward masih gres. "Layak terbang," jelasnya.


    SUMBER

  6. #6
    Contributor dhire's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    3,299
    Rep Power
    8

    Re: Pesawat Lion Air Jatuh ke Laut di Bali

    iyaaa.....sngat bersyukur sekali, karena semua onumong d kbrkan selmat, pdhl peswatnya patah sperti ni

  7. #7
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,427
    Rep Power
    0

    Re: Pesawat Lion Air Jatuh ke Laut di Bali

    sayang banget ya, memperburuk citra penerbangan juga nih nantinya..tapi untungnya jatuhnya udah terbang rendah . jadinya tidak ada k orban jiwa..

  8. #8
    Junior Member sandraraw's Avatar
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    223
    Rep Power
    2

    Re: Pesawat Lion Air Jatuh ke Laut di Bali

    masih untungg jatuhnya di air, ga bisa bayangin kalo jatuhnya di daratan

  9. #9
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    1,539
    Rep Power
    8

    Re: Pesawat Lion Air Jatuh ke Laut di Bali

    press conference musibah koq ya sambil makan permen to pak, ya mbok dibuang dulu permennya, emang sih nggak ada larangan tapi direktur koq ngono

  10. #10
    Senior Contributor ntarluq's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    8,513
    Rep Power
    0

    Re: Pesawat Lion Air Jatuh ke Laut di Bali

    Quote Originally Posted by latifa View Post
    press conference musibah koq ya sambil makan permen to pak, ya mbok dibuang dulu permennya, emang sih nggak ada larangan tapi direktur koq ngono
    mungkin maksudnya bhwa kejadian macam itu merupakan hal yg remeh temeh alias sepele bagi dia ....

    soale ada yg lebih penting , yalah mensukseskan pembelian ratusan boeing dan airbus untuk penyelamatan krisis amrik dan eropa ...

    mbokno ngono jee ..
    Last edited by ntarluq; 14-04-13 at 11:57 PM.

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0