Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11
Like Tree1Likes

Thread: Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol


  1. #1
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    1,887
    Rep Power
    3

    Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol

    Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol







    Pemerintah akan melarang para aktor penyiaran menjadi pengurus partai politik. Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi dan Media Massa, Henry Subiakto menyatakan larangan tersebut tercantum dalam revisi rancangan undang-undang penyiaran versi pemerintah.


    "Pemilik media massa, pengelola, penyiar dan wartawan dilarang menjadi pengurus partai politik," kata Henry dalam seminar Dominasi Pemilik Media Terhadap Kebijakan Pemberitaan di Universitas Diponegoro, Semarang. Alasannya, menurut dia, aktor penyiaran yang merangkap pengurus partai politik akan merusak konten pemberitaan media.


    Namun demikian, lanjut dia, usulan pemerintah terkait revisi Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran bisa lolos dan ada kemungkinan juga tidak disetujui DPR. "Ini masih wacana," ujarnya. "Kami menerima banyak laporan yang tidak setuju."


    Dia menambahkan, revisi Undang-undang Penyiaran sudah memasuki tahap daftar isian masalah untuk dibahas bersama DPR. "Ada 840 isian masalah antara rancangan versi pemerintah dan DPR," kata Henry.


    Selain soal larangan menjadi pengurus partai politik, pemerintah juga akan mengatur konten media agar tetap netral dan seimbang. Selain itu, bakal diatur juga soal struktur media tidak boleh dipakai untuk mendahulukan golongan atau partai politik dan anti-diskriminasi. Anti-diskriminasi itu, Henry mencontohkan, semisal penerapan iklan kepada semua pihak dengan tarif yang sama.


    Pelaksana Harian Pengurus ATVLI Jimmy Silalahi menyatakan menjelang pemilu 2014 harus ada kampanye penegakan hukum UU Penyiaran dan UU Pers agar media tetap independen. Saat ini, kata Jimmy, ada sekitar 300 stasiun televisi, 1.000 radio dan hampir 400 media cetak. "Telah terjadi monopoli kepemilikan di sejumlah media massa," ujarnya.


    Modusnya dengan cara jual beli izin ikatan di bawah tangan, pembelian saham induk perusahaan (holding) dan jual beli izin secara terang-terangan. Jimmy menambahkan regulator penyiaran sebagai pemegang amanat UU Penyiaran harus tegas dalam penegakan hukum terkait monopoli kepemilikan media.


    SUMBER

    Setuju banget jadi kedepannya media bukan lagi dijadiin kendaraan buat para parpol jadi kita sebagai masyarakat bisa nikmatin info yang nyata bukan cuma pencitraan para anggota parpolnya!!!
    Koboi likes this.

  2. #2
    Junior Member 29xyhome's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    204
    Rep Power
    0

    Re: Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol

    hmmm kalo misalnya pemilik media massa (surya paloh, hary tanoe, dsb..) masuk demokrat, apa pemerintah bakal tetap bikin peraturan yang sama ya...? hehe

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Apr 2013
    Posts
    20
    Rep Power
    0

    Re: Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol

    wah, ada yg terguncang nih dari partai sebelah, scr mereka punya tipi dan dimanfaatkan untuk kampanye mereka

  4. #4
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    1,887
    Rep Power
    3

    Re: Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol

    Quote Originally Posted by joker911 View Post
    wah, ada yg terguncang nih dari partai sebelah, scr mereka punya tipi dan dimanfaatkan untuk kampanye mereka
    Pastinya hehehehe,jadi mending mulai nyari kendaraan politik yang lain deh.Jangan cuma gunaik media buat kepentingan mereka!

  5. #5
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,435
    Rep Power
    35

    Re: Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol

    termasuk Media Online ngga ? .................................................. .........................

  6. #6
    Member zoomsharper's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Jakarta no more, Pekanbaru today
    Posts
    720
    Rep Power
    6

    Re: Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol

    dapet ilmu dari mana sih... kok bisa2 nya ada aturan ini... di negara maju.. anggaplah begitu, BLOOMBERG ITU BUKAN NAMA SEMBARANGAN .. tau kah anda siapa dia? WALIKOTA NEW YORK KHAN?
    " BERDOALAH BUAT YERUSALEM, Berdoalah untuk perdamaiannya, dan berdoalah untuk Kota2 disekitarnya..."

  7. #7
    Contributor keizer's Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    2,594
    Rep Power
    5

    Re: Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol

    kalau kayak gini apa ga bertentangan dengan UUD pasal 28 ayat 2 setiap warga negara berhak untuk ikut organisasi dll ?

  8. #8
    Member Koboi's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Posts
    692
    Rep Power
    3

    Re: Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol

    iya... gw setuju banget, karena belakangan ini sering melihat tayangan2 televisi swasta tentang salah satu partai politik yang sangat mendominasi. Yah dominasi di stasiun swasta tersebut. Ini tentu tidak akan ada pemberitaan yang berimbang lagi.

  9. #9
    Newbie taufiqVolk's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Red face Re: Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol

    ohh tentu tidak, malah sby yang akan berdiri paling depan untuk menolak UU tsb , dan langsung mengundang para pemilik broadcast ke cikeas untuk dibuatin nasi goreng ala chef sby.. habis itu sby nyanyi didepan para tamunya dengan suara yang pas-pasan..

  10. #10
    Senior Member
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    2,181
    Rep Power
    5

    Re: Pemilik, Penyiar, dan Wartawan Dilarang Masuk Parpol

    pasti banyak yang akan keberatan ,,, nih..

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0