Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 24

Thread: Bahasa Indonesia Eyd


  1. #1
    Senior Member bedjo's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    1,366
    Rep Power
    8

    Bahasa Indonesia Eyd

    Saya kadang bingung, kita tinggal di negeri kita sendiri, tapi amat sulit untuk mendengarkan BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR, terutama di kalangan pejabat kita.
    Entah kita sadar atau tidak, namun saya punya pendapat bahwa Bahasa juga dapat menentukan moral seseorang.
    Contoh :
    Seseorang yang pandai menggunakan bahasa ejaan, intonasi, dan kata-kata bertutur sapa pasti akan terhindar dari kebencian dan akan mendapatkan kemudahan sesuai dengan maksud dan tujuannya.
    Terkadang dalam acara resmi pemerintah dan swasta sekalipun terkadang saya bingung apakah yang di ucapkan oleh orang lain dan termasuk saya sendiri sudah sesuai dengan EYD......????
    Para hadirin : .........................
    Para Undangan : ......................
    Tanpa terkecuali : .....................
    kadang yg lucu : Mengerrorkan : ?????????? lebih banyak di media elektronik
    keseharian : ...................
    Atau banyak lagi kata-kata yang di ucapkan tidak sesuai dengan EYD, tanpa kita sadari pada akhirnya kita sendiri tidak punya bahasa yang baku, karena seringnya muncul bahasa sehari-hari yang diucapkan tanpa melalui proses kosa kata yang baik dan benar.
    Nanti suata waktu, bahasa kita di klaim oleh negara lain baru tahu rasa..............
    tapi lucu juga ya kata di atas, kata TAHU kan mengandung makna lain, TAHU ya temennya TEMPE.
    Hanya berbagi keprihatinan saja, mudah-mudahan Bahasa Indonesia EYD tidak hilang dan tetap di pelajari oleh generasi penerus bangsa ini.
    Mungkin teman-teman punya pandangan lain.......?.
    Last edited by bedjo; 23-05-08 at 04:41 PM.

  2. #2
    Junior Member Metsada's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    311
    Rep Power
    0

    Re: Bahasa Indonesia Eyd

    Quote Originally Posted by bedjo View Post
    Saya kadang bingung, kita tinggal di negeri kita sendiri, tapi amat sulit untuk mendengarkan BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR, terutama di kalangan pejabat kita.
    Entah kita sadar atau tidak, namun saya punya pendapat bahwa Bahasa juga dapat menentukan moral seseorang.
    Contoh :
    Seseorang yang pandai menggunakan bahasa ejaan, intonasi, dan kata-kata bertutur sapa pasti akan terhindar dari kebencian dan akan mendapatkan kemudahan sesuai dengan maksud dan tujuannya.
    Terkadang dalam acara resmi pemerintah dan swasta sekalipun terkadang saya bingung apakah yang di ucapkan oleh orang lain dan termasuk saya sendiri sudah sesuai dengan EYD......????
    Para hadirin : .........................
    Para Undangan : ......................
    Tanpa terkecuali : .....................
    kadang yg lucu : Mengerrorkan : ?????????? lebih banyak di media elektronik
    keseharian : ...................
    Atau banyak lagi kata-kata yang di ucapkan tidak sesuai dengan EYD, tanpa kita sadari pada akhirnya kita sendiri tidak punya bahasa yang baku, karena seringnya muncul bahasa sehari-hari yang diucapkan tanpa melalui proses kosa kata yang baik dan benar.
    Nanti suata waktu, bahasa kita di klaim oleh negara lain baru tahu rasa..............
    tapi lucu juga ya kata di atas, kata TAHU kan mengandung makna lain, TAHU ya temennya TEMPE.
    Hanya berbagi keprihatinan saja, mudah-mudahan Bahasa Indonesia EYD tidak hilang dan tetap di pelajari oleh generasi penerus bangsa ini.
    Mungkin teman-teman punya pandangan lain.......?.
    Ini merupakan bukti kalau bahasa Indonesia merupakan bahasa yang termasuk muda umurnya. Bandingkan dengan bahasa Latin, dengan umur yang sudah cukup lama sehingga perubahan makna sudak tidak ada lagi, sudah baku sehingga bahasa inilah yang digunakan dalam bahasa medis universal dan bahasa yang katanya digunakan sebagai bahasa utama gereja Catholic sehingga satu kata tidak akan berubah makna dalam pengartiannya walaupun melewati beberapa generasi.
    Last edited by Metsada; 23-05-08 at 08:01 PM.

  3. #3
    Senior Member Durga Umayi's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    1,718
    Rep Power
    11

    Re: Bahasa Indonesia Eyd

    Maybe ini OOT (bodoooo..)
    Gw paling ga seneng kalo pas nonton ditelevisi, suara nya udah diduber (teknik bilingual??) karena disamping ga pas, gw pikir sih menghilangkan esensi bahasa aslinya. Terutama film2 mandarin and film2 yg ga pake bhs inggris.
    Dikasih teks aja kan sebenarnya lebih OK. And bisa dipakai sebagai pembelajaran bahasa asing..
    Ga ngerti deh kebijaksanaan pemerintah itu sebenarnya gimana.
    Trus untuk kata-kata serapan, jangan sampai (amit2 deh) kita kaya malaysia.
    Bus --> Bas (Malaysia). And Indonesia udah mulai kaya malaysia kayanya.
    The religious moderate is nothing more than a failed fundamentalist. (Harris, Sam)

  4. #4
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Bahasa Indonesia Eyd

    Bung Bedjo, jangan sedih,,, di China juga sama koq,,, banyak pejabat, bahkan dosen bahasa sekalipun yang kadang2 menggunakan bahasa yang tidak baku.

    Bahasa yang baik dan benar itu memang susah. Tapi fungsi bahasa kan buat komunikasi, buat menyampaikan informasi,,, jadi kalau ada kesalahan sedikit sih wajar saja, asal tidak mengurangi maksudnya.

    Bahasa Mandarin termasuk tua bukan?? Nah, kalau iya, berarti bahasa Indonesia yang mengalami perubahan juga wajar dong. Bahasa mandarin yang tua saja terus mengalami perubahan koq, mulai dari grammar, sampai vocabulary-nya. Bahkan setiap tahun tidak kurang dari 180 vocab baru yang muncul,,,

    Tapi kita memang harus terus belajar,,,
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  5. #5
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Bahasa Indonesia Eyd

    Quote Originally Posted by Durga Umayi View Post
    Maybe ini OOT (bodoooo..)
    Gw paling ga seneng kalo pas nonton ditelevisi, suara nya udah diduber (teknik bilingual??) karena disamping ga pas, gw pikir sih menghilangkan esensi bahasa aslinya. Terutama film2 mandarin and film2 yg ga pake bhs inggris.
    Dikasih teks aja kan sebenarnya lebih OK. And bisa dipakai sebagai pembelajaran bahasa asing..
    Ga ngerti deh kebijaksanaan pemerintah itu sebenarnya gimana.
    Trus untuk kata-kata serapan, jangan sampai (amit2 deh) kita kaya malaysia.
    Bus --> Bas (Malaysia). And Indonesia udah mulai kaya malaysia kayanya.
    hahahaha,,, sama saja dengan di China sini,,, kami nonton di bioskop, film-nya Nicholas Cage,, halah, si Nicholas hebat bener bahasa mandarin,,, hahaha, jelas saja kami kecewa, kalau begitu nggak usah nonton di bioskop, mending beli dvd bajakan saja,, percuma bayar mahal!

    padahal itu di bioskop lho, kalau di Indo kan masih mendingan. Buat di bioskop nggak di dubbing, melainkan pakai subtitle.

    Ternyata China bener2 parah,,,
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  6. #6
    Senior Member Durga Umayi's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    1,718
    Rep Power
    11

    Re: Bahasa Indonesia Eyd

    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    hahahaha,,, sama saja dengan di China sini,,, kami nonton di bioskop, film-nya Nicholas Cage,, halah, si Nicholas hebat bener bahasa mandarin,,, hahaha, jelas saja kami kecewa, kalau begitu nggak usah nonton di bioskop, mending beli dvd bajakan saja,, percuma bayar mahal!

    padahal itu di bioskop lho, kalau di Indo kan masih mendingan. Buat di bioskop nggak di dubbing, melainkan pakai subtitle.

    Ternyata China bener2 parah,,,
    Wakakakakaka...masa sih si Nicolas Cage nya berbahasa Kanton? kakakakkaka..nga bisa ngebayangin dah...
    Ini mah lebih parah..(atau karena kita ga terbiasa kali ya...denger orang western ngoceh pake bahasa mandarin...kikikikik....)
    The religious moderate is nothing more than a failed fundamentalist. (Harris, Sam)

  7. #7
    Advisor alindri's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    di rumah......
    Posts
    13,767
    Rep Power
    20

    Re: Bahasa Indonesia Eyd

    sebenarnya induk bahasa indonesia asli itu kan bahasa melayu.........
    kenapa gak pake bahasa itu aja.....

    tapi ya susah soalnya disekolah2 guru bahasa indonesia yang faham dengan bahasa Indonesia juga mungkin gak ada

    c yau

  8. #8
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Bahasa Indonesia Eyd

    Quote Originally Posted by Durga Umayi View Post
    Wakakakakaka...masa sih si Nicolas Cage nya berbahasa Kanton? kakakakkaka..nga bisa ngebayangin dah...
    Ini mah lebih parah..(atau karena kita ga terbiasa kali ya...denger orang western ngoceh pake bahasa mandarin...kikikikik....)
    bukan masalah biasa dan ga biasa, tapi memang sebaiknya menampilkan bahasa aslinya, jd intonasi dan ekspresi para tokohnya itu sesuai dengan bahasa yang mereka keluarkan,,, film2 kantonese (dari Hong Kong) juga semua dialih bahasa ke Mandarin,,, halah, bisa2 gondokan deh nontonnya...

    menurut aku sih itu salah satu pembodohan deh,, lha biarkan saja dengan bahasa aslinya, buat belajar bahasa gitu...

    apa sih susahnya ngasih subtitle ketimbang cari orang buat jd dubber,
    ,,
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  9. #9
    Beginner kimochii's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    74
    Rep Power
    6

    Re: Bahasa Indonesia Eyd

    laah kok yg aku denger seech kl bahasa indonesia ini memang indah dan selalu berkembang..malahan ada orang malaysia yg bilang kl bhs indonesia itu lebih menarik drpd bahasa malaysia.
    trus kl soal film yg didabbing tuch emang bikin males..g kreatif untuk penonton..jd kl pakesubtitle emang lebih kreatif..

    _____apapun yg terjadi..indONEsia tetap..satu_________

  10. #10
    Senior Contributor ~mamamia~'s Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    in my cozy home (:
    Posts
    5,039
    Rep Power
    15

    Re: Bahasa Indonesia Eyd

    Quote Originally Posted by kimochii View Post
    laah kok yg aku denger seech kl bahasa indonesia ini memang indah dan selalu berkembang..malahan ada orang malaysia yg bilang kl bhs indonesia itu lebih menarik drpd bahasa malaysia.
    trus kl soal film yg didabbing tuch emang bikin males..g kreatif untuk penonton..jd kl pakesubtitle emang lebih kreatif..

    _____apapun yg terjadi..indONEsia tetap..satu_________
    Yep, bener itu... aku punya beberapa temen orang malaysia, justru mereka yang bilang gitu kok...
    "Character is not formed, nor are rewards earned in the absence of options"
    ~ Bill Johnson ~

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0