Results 1 to 8 of 8

Thread: Aiptu LS, Polisi Berharta Rp. 900 Miliar di Papua


  1. #1
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Aiptu LS, Polisi Berharta Rp. 900 Miliar di Papua



    Seorang polisi berpangkat Ajun Inspektur Satu (Aiptu) diduga menyimpan uang hingga Rp 900 miliar. Petugas tersebut berdinas di Kepolisian Resort Sorong, Papua.

    Petugas itu diketahui bernama Aiptu Labora Sitorous, ia tengah menjalani pemeriksaan di Propam Polda Papua. Terkait temuan itu, Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo berjanji menyelidiki temuan tersebut.

    "Nanti saya cek ya," ucap Timur di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/5).

    Timur menyatakan, temuan-temuan di lapangan harus mendapatkan tindak lanjut melalui proses penyelidikan. Namun, jika benar-benar terbukti, korps seragam cokelat yang dipimpinnya tidak akan segan-segan menjatuhkan sanksi.

    "Intinya begini, hal-hal seperti ini harus dicek. Itu baru analisis kan? Perlu ada bukti-bukti lain. Kalau terbukti harus dihukum," pungkasnya.

    Aiptu Labora Sitorus dikabarkan memiliki usaha diduga terlibat dalam bisnis haram pengolahan kayu ilegal di Sorong, Papua Barat. Labora juga diduga terlibat penyelundupan BBM ilegal. Dia juga dikenal warga Raja Ampat memiliki salah satu pulau di kawasan itu.


    SUMBER

    buset de nih polisi ...

    banyak banget hartanya ... harus diselidiki asal muasal hartanya dan di tuntaskan hingga tuntas

  2. #2
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Kasus Rekening Gendut, Aiptu LS Berbisnis BBM dan Kayu di Papua



    Polda Papua bergerak menindaklanjuti laporan Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK)soal rekening gendut anggota Polres Sorong Aiptu LS. Polda Papua sudah melakukan penyidikan, LS diketahui berbisnis BBM dan kayu.

    "Saya lupa nama perusahaannya. Ada dua perusahaan yang berbeda. Satu perusahaan kayu dan satunya perusahaan penyeludupan BBM," kata Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (14/5/2013).

    Pihak Polda Papua dan Bareskrim Polri juga sudah membentuk tim khusus. Data analisa PPATK, LS melakukan transaksi mencapai Rp 1,5 triliun dalam 5 tahun, yakni sejak 2007-2012.

    "Itu sudah kita proses," jelas Tito.

    Aiptu LS diduga memiliki perusahaan sebagai modus melakukan bisnis ilegal. Polda Papua juga sudah memeriksa pimpinan perusahaan itu. Nama LS tak tercantum di daftar perusahaan.

    "LS tidak langsung perambah hutan, tetapi dia membeli kayu dari masyarakat yang memiliki izin penguasaan hutan setempat. Ini yang kita tangani, karena kemungkinan ada hutan lindung di kabupaten Sorong dan Raja Ampat yang dikelola perusahaan tersebut," tutupnya.


    SUMBER


  3. #3
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Kapolri Akan Cek Polisi Papua yang Diduga Punya Rekening Rp 900 M



    Seorang anggota Kepolisian Daerah Papua berpangkat ajun inspektur satu diduga memiliki rekening bernilai ratusan miliar rupiah. Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan mengecek informasi tersebut.

    "Nanti saya cek ya. Intinya begini, hal-hal seperti ini harus dicek. Itu baru analisis kan," kata Timur di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/5/2013).

    Polisi itu disebut bertugas di salah satu Polres di Papua. Timur mengaku sudah memerintahkan jajarannya untuk mengumpulkan bukti-bukti.

    "Perlu ada bukti-bukti lain. Kalau terbukti harus dihukum," jelasnya.

    Sementara itu Kepala Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) M Yusuf yang dikonfirmasi soal rekening ini belum bisa berkomentar. Kabarnya, data analisis ini sudah diserahkan PPATK ke Polda Papua.


    SUMBER

  4. #4
    Junior Member 19xyhome's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    247
    Rep Power
    0

    Re: Aiptu LS, Polisi Berharta Rp. 900 Miliar di Papua

    wow sampai segitu ya...? banyak juga, ckckck......

  5. #5
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Re: Aiptu LS, Polisi Berharta Rp. 900 Miliar di Papua

    Quote Originally Posted by 19xyhome View Post
    wow sampai segitu ya...? banyak juga, ckckck......

    makanya harus diselidiki sampai tuntas asl muasal harta kekayaan tersebut

  6. #6
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Anggota Polda Papua Miliki Transaksi Rp1,5 T



    Kapolda Papua Irjen Tito Karnavian mengakui salah satu anggotanya memiliki transaksi keuangan hingga mencapai triliun rupiah dalam kurun 5 tahun. Informasi itu dia peroleh dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

    Kepada wartawan, Selasa 14 Mei 2013, inisial anggotanya itu adalah Aiptu LB. Informasi yang dikumpulkan VIVAnews, inisial ini merujuk pada anggota Polres Sorong Papua Barat, Labora Sitorus.

    "Sebanyak Rp1,5 triliun itu sejak 2007 hingga 2012," jelas Kapolda. Berapa jumlah rekening Labora kini, Kapolda mengaku belum tahu karena masih dihitung.

    Adapun jumlah transaksi keluar masuk uang di rekening yang bersangkutan bervariatif. "Kadang ratusan juta, kadang juga miliaran," ungkapnya.

    Anggota itu, tambah Kapolda, saat ini masih diperiksa sebagai saksi. "Terkait kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak yang diduga sebagai sumber dana yang bersangkutan," jelas Kapolda.

    Bahkan, kata Kapolda tim gabungan dari Bareskrim Mabes Polri dan Polda Papua sudah mengamankan seribu ton BBM milik Labora di Sorong karena diduga tidak sesuai prosedur.

    Tak hanya itu kasus Labora. "Dugaan sementara, selain dari BBM, dananya berasal dari illegal logging. Ini yang masih dikembangkan," paparnya.

    Ditanya apakah yang bersangkutan memiliki BBM ilegal dari transaksi BBM di tengah laut melalui kapal tanker, Kapolda menyatakan penyidik masih mendalaminya. "Ini yang masih kami usut, darimana asal BBM miliknya," imbuhnya.

    Selain itu, Polda pun masih mengusut asal muasal kayu yang dia miliki. "Data awal, kayu dibeli dari masyarakat," terangnya.

    Kapolda menyatakan, Aiptu LS masih berstatus saksi dalam kasus BBM dan illegal logging itu karena perusahaan yang menggerakan usaha bukan atas nama yang bersangkutan. Untuk mengembangkan kasus, Polda juga memeriksa pengurus perusahaan. "Kalau ada kaitannya, bisa jadi tersangka."

    Sementara itu, Labora Sitorus pernah mengungkapkan, dirinya tidak terlibat dalam aksi penyalahgunaan BBM dan kayu ilegal. "Saya tidak terlibat, dan perusahaan itu bukan atas nama saya," kata dia.


    SUMBER


  7. #7
    Senior Contributor ntarluq's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    8,517
    Rep Power
    0

    Re: Aiptu LS, Polisi Berharta Rp. 900 Miliar di Papua

    Hati2 ini bisa menular pada polisi atau aparat lain yg terinspirasi untuk memiliki uang hingga trilyun rupiah ...
    1+1+1=1 (?) TAU SAMA TAU AJA ....

  8. #8
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Re: Aiptu LS, Polisi Berharta Rp. 900 Miliar di Papua

    Quote Originally Posted by ntarluq View Post
    Hati2 ini bisa menular pada polisi atau aparat lain yg terinspirasi untuk memiliki uang hingga trilyun rupiah ...

    benar gan .... harus semakin waspada

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0