Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 25
Like Tree3Likes

Thread: Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh


  1. #1
    Senior Member AnissaNovi's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Location
    Tasikmalaya
    Posts
    1,430
    Rep Power
    0

    Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh


    Keinginan untuk berubah kearah yang lebih baik adalah hak setiap manusia, tidak memandang status sosial maupun profesi. Mengenakan jilbab misalnya. Sungguh sangat luar biasa animo umat Islam khususnya muslimah yang mengenakan jilbab.

    Wanita berjilbab bukan lagi menjadi pemandangan yang aneh di negeri ini. Bukan hanya mereka yang bekerja pada sektor-sektor agama saja yang mengenakan jilbab, bahkan mereka yang bergelut dalam sektor pekerja swasta dan pemerintahan pun sudah tidak menjadi hal yang aneh lagi jika mereka menggunakan jilbab dalam keseharian mereka.

    Demikian pula di dunia kepolisian kita. Ternyata cukup banyak anggota Korps Polisi Wanita (Polwan) di Tanah Air yang ingin berseragam sambil memakai hijab. Bahkan, para polwan yang bertugas di Polda Jawa Tengah sudah pernah membuat surat kepada Kapolri agar mendapat izin berseragam Polri sambil memakai hijab.

    Sayangnya, keinginan para polwan tersebut terbentur dengan belum adanya peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang mengatur tentang penggunaan seragam Polwan berjilbab di luar Kepolisian Daerah (Polda) Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

    Di Sumatera Selatan belum lama ini Kapolda Irjen Pol Iskandar Hasan mengeluarkan Telegram Rahasia (TR) yang isinya memperbolehkan polisi wanita (polwan) memakai jilbab saat berbaju dinas. Iskandar Hasan sendiri tak lain adalah Mantan Kapolda Aceh (2010-2012).

    “Lebih 3 tahun Hati Nurani Saya Menjerit”

    Polwan di Jawa Timur pernah diizinkan menggunakan hijab saat Polda Jawa Timur dipimpin Irjen Anton Bachrul Alam pada 20 Februari 2009 hingga 30 Oktober 2009, tetapi setelah itu izin penggunaan hijab surut kembali.

    ”Sudah lebih dari tiga tahun hati nurani saya menjerit karena sepulang dari menunaikan ibadah haji, saya berkeinginan besar untuk mengenakan seragam polri dengan berhijab,” kata seorang perwira polwan yang pernah bertugas di jajaran Polda Jawa Tengah kepada Ustaz Wahfiudin.

    Menurut pengakuan seorang perwira polwan kepada Ustaz Wahfiudin, mengungkapkan banyak sekali polwan yang mencurahkan hatinya ingin memperoleh izin memakai hijab, tapi tidak dikabulkan. Ada niatan perwira polwan tersebut ingin mengajukan pensiun dini jika tidak diizinkan berhijab.

    ”Ini sudah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) kami sebagai wanita muslimah yang ingin melaksanakan perintah Allah SWT. Bagi saya yang terpenting adalah mendapat izin mengenakan jilbab, karena sekarang ketika saya berbaju dinas tanpa mengenakan jilbab saya risih dengan terlihat aurat kepala, lengan dan kaki,” ujar perwira polwan tersebut kepada Ustaz Wahfiudin.

    ”Jeritan hati perwira Polwan tersebut juga telah disampaikan ke MUI, para ulama dan DPR RI,” kata Ustaz Wahfiudin.

    MUI Protes ke Polri

    Laporan dari salah seorang polisi wanita (polwan) yang dilarang mengenakan jilbab ini pun segera mendapat tanggapan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Wakil Sekretariat Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnaen sangat menyayangkan polisi wanita (polwan) tidak boleh mengenakan jilbab.

    Menurut dia, polwan di Aceh saja diwajibkan mengenakan jilbab.

    ''Mengapa hal itu bisa terjadi hanya di provinsi tersebut dan bukan pada seluruh wilayah Indonesia. Jika alasannya mengenai kebijakan otonomi daerah khusus, mengapa tidak bisa diperlebar kebijakan ini pada tingkat nasional,'' ujar Tengku.

    Zulkarnaen, mengatakan, seragam polisi wanita yang mengenakan jilbab, tak akan menganggu tugas-tugas dan pekerjaan sehari-hari.

    “Tak menghalangi gerak,” ujarnya.

    Menurut dia, jilbab yang dipakai bukanlah yang lebar dan menganggu, karena ada jilbab yang modelnya sederhana dan berbahan yang enak, tak panas dipakai bahkan pada saat bekerja di bawah terik matahari sekalipun.

    “Pakaian seragam yang dikenakan polisi sekarang juga sudah bagus, mengenakan celana panjang yang longgar. Jika ingin sesuai syariat Islam, tinggal menambahkan jilbab di bawah topi atau menggantikannya, dan mengenakan lengan baju yang lebih panjang pada bagian tangannya,” tutur Tengku.

    Polisi Langgar HAM dan UUD '45

    Tengku Zulkarnaen juga menilai larangan berjilbab bagi polwan bertolak belakang dengan Undang-Undang Dasar 1945.

    Menurut dia, pada pasal 29 UUD 1945, tersirat adanya jaminan kebebasan untuk menjalankan syariat sesuai kepercayaan agamanya. Dalam Islam, mengenakan jilbab bagi perempuan hukumnya wajib.

    “Seandainya Kepolisian Indonesia melakukan pelarangan pada pemakaian jilbab tersebut, tentu ini berarti Polri telah melanggar UUD 1945,” ujarnya Selasa (4/6).

    Menurutnya, polisi bukanlah bagian dari militer lagi. Polisi telah keluar dari TNI dan membuat citra yang baru, yang lebih mendekatkan diri pada masyarakat yang dilindunginya. Polisi kini merupakan bagian dari pegawai negeri sipil bersenjata.

    (Sumber)
    Last edited by AnissaNovi; 05-06-13 at 10:06 PM.
    ntarluq likes this.

  2. #2
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh

    Saya nggak tahu penggunaan jilbab ini di dunia kepolisian atau militer sebenarnya melemahkan mereka atau tidak.
    Masalahnya ada aturan tidak tertulis, untuk perkelahian jarak dekat (close combat) atau perkelahian sembunyi (stealth), KEPALA adalah hal yang wajib dihindari dari cengkeraman musuh. Kepala kita "dikuasai" oleh musuh, maka bisa dipastikan 99% kita akan dilumpuhkan.

    Makanya tentara (apalagi tentara khusus), diwajibkan untuk gundul atau rambut cepak yang panjang rambutnya tidak bisa dicengkeram musuh.

    Rambut kita dicengkeram, gerakan kita akan jadi sangat terbatas dan penjagaan kita akan terbuka. Refleks kita membela diri sudah pasti kalah cepat dengan reaksi dari si penyerang.
    Beda kalau kita ditelikung dari belakang, kita masih bisa membela diri dengan mudah.

    Rambut di cengkeram = sangat sulit membela diri, karena bisa jadi jambakan dari belakang atau samping secara tiba tiba akan membuat kita kaget terlebih dahulu, dan tahu2 tersadar kepala kita sudah lepas dari badan . Jambakan yang cukup kuat, cukup untuk mematahkan tulang leher kita.

    Nggak tahu deh jilbab model konvensional. Saran saya sih kalaupun pakai jilbab, pakailah jilbab model ninja yg licin polos itu saat bertugas di daerah rawan.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  3. #3
    Junior Member masihcanti's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    444
    Rep Power
    0

    Re: Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Saya nggak tahu penggunaan jilbab ini di dunia kepolisian atau militer sebenarnya melemahkan mereka atau tidak.
    Masalahnya ada aturan tidak tertulis, untuk perkelahian jarak dekat (close combat) atau perkelahian sembunyi (stealth), KEPALA adalah hal yang wajib dihindari dari cengkeraman musuh. Kepala kita "dikuasai" oleh musuh, maka bisa dipastikan 99% kita akan dilumpuhkan.

    Makanya tentara (apalagi tentara khusus), diwajibkan untuk gundul atau rambut cepak yang panjang rambutnya tidak bisa dicengkeram musuh.

    Rambut kita dicengkeram, gerakan kita akan jadi sangat terbatas dan penjagaan kita akan terbuka. Refleks kita membela diri sudah pasti kalah cepat dengan reaksi dari si penyerang.
    Beda kalau kita ditelikung dari belakang, kita masih bisa membela diri dengan mudah.

    Rambut di cengkeram = sangat sulit membela diri, karena bisa jadi jambakan dari belakang atau samping secara tiba tiba akan membuat kita kaget terlebih dahulu, dan tahu2 tersadar kepala kita sudah lepas dari badan . Jambakan yang cukup kuat, cukup untuk mematahkan tulang leher kita.

    Nggak tahu deh jilbab model konvensional. Saran saya sih kalaupun pakai jilbab, pakailah jilbab model ninja yg licin polos itu saat bertugas di daerah rawan.
    ehm, saya baru tahu kalau wanita pun sering diikutkan "untuk" perang ke daerah rawan???
    di Indonesia saya belum dengar jendral wanita tuh

  4. #4
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh

    Quote Originally Posted by masihcanti View Post
    ehm, saya baru tahu kalau wanita pun sering diikutkan "untuk" perang ke daerah rawan???
    di Indonesia saya belum dengar jendral wanita tuh
    Ya saya nggak bilang perang
    Rawan disini maksudnya rawan kejahatan. Polantas (banyak yg wanita lho, namanya polwan) yang katanya nggak pernah diterjunkan pengamanan khusus , sering juga kadang berkelahi dengan preman, atau pelanggar aturan yang membandel.
    Juga sering saya lihat para polwan ini menggerebek tempat tertentu

    Sekedar jaga2 saja. Namanya kepolisian pasti resiko kerjaan, pertaruhan wibawa dan nyawanya cukup tinggi.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  5. #5
    Junior Member masihcanti's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    444
    Rep Power
    0

    Re: Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Ya saya nggak bilang perang
    Rawan disini maksudnya rawan kejahatan. Polantas (banyak yg wanita lho, namanya polwan) yang katanya nggak pernah diterjunkan pengamanan khusus , sering juga kadang berkelahi dengan preman, atau pelanggar aturan yang membandel.
    Juga sering saya lihat para polwan ini menggerebek tempat tertentu

    Sekedar jaga2 saja. Namanya kepolisian pasti resiko kerjaan, pertaruhan wibawa dan nyawanya cukup tinggi.
    saya lebih sering melihat polwan sebagai pengatur lalu lintas (polantas) dan sebagai humasnya saja,
    untuk gerebek- gerebek biasanya lebih sering laki- laki...

  6. #6
    Junior Member 27xyhome's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    267
    Rep Power
    2

    Re: Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh

    hmmm trus tanggapan dari Pihak Kapolri tentang hal ini bagaimana ya...?

  7. #7
    Senior Member AnissaNovi's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Location
    Tasikmalaya
    Posts
    1,430
    Rep Power
    0

    Re: Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh

    Quote Originally Posted by 27xyhome View Post
    hmmm trus tanggapan dari Pihak Kapolri tentang hal ini bagaimana ya...?
    MUI akan mengadukan larangan hijab ini ke MK. Kita lihat saja kelanjutannya seperti apa

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    8
    Rep Power
    0

    Re: Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh

    ah serius? semuanya? buset.... makin mirip timur tengah nih nanti... ck ck ck
    Liputan Khusus PKS Pustun - klik NASIONALIS.ME

  9. #9
    Senior Contributor ntarluq's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    8,472
    Rep Power
    0

    Re: Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Saya nggak tahu penggunaan jilbab ini di dunia kepolisian atau militer sebenarnya melemahkan mereka atau tidak.
    Masalahnya ada aturan tidak tertulis, untuk perkelahian jarak dekat (close combat) atau perkelahian sembunyi (stealth), KEPALA adalah hal yang wajib dihindari dari cengkeraman musuh. Kepala kita "dikuasai" oleh musuh, maka bisa dipastikan 99% kita akan dilumpuhkan.

    Makanya tentara (apalagi tentara khusus), diwajibkan untuk gundul atau rambut cepak yang panjang rambutnya tidak bisa dicengkeram musuh.

    Rambut kita dicengkeram, gerakan kita akan jadi sangat terbatas dan penjagaan kita akan terbuka. Refleks kita membela diri sudah pasti kalah cepat dengan reaksi dari si penyerang.
    Beda kalau kita ditelikung dari belakang, kita masih bisa membela diri dengan mudah.

    Rambut di cengkeram = sangat sulit membela diri, karena bisa jadi jambakan dari belakang atau samping secara tiba tiba akan membuat kita kaget terlebih dahulu, dan tahu2 tersadar kepala kita sudah lepas dari badan . Jambakan yang cukup kuat, cukup untuk mematahkan tulang leher kita.

    Nggak tahu deh jilbab model konvensional. Saran saya sih kalaupun pakai jilbab, pakailah jilbab model ninja yg licin polos itu saat bertugas di daerah rawan.
    kluarin petol , trus dor ...
    gaperlu maen jambak2an ...
    1+1+1=1 (?) TAU SAMA TAU AJA ....

  10. #10
    Senior Member harusame's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    1,864
    Rep Power
    14

    Re: Polwan RI Ingin Berhijab Seperti Polwan Aceh

    Quote Originally Posted by ntarluq View Post
    kluarin petol , trus dor ...
    gaperlu maen jambak2an ...
    enak banget langsung maen der dor
    we do not inherit the earth from our ancestors we borrow it from our children

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0