Page 1 of 16 1234567891011 ... LastLast
Results 1 to 10 of 153
Like Tree3Likes

Thread: Indonesia Tak Pernah Dijajah 350 Tahun oleh Belanda


  1. #1
    Member Mak Lampir's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Gunung Slamet
    Posts
    604
    Rep Power
    5

    Indonesia Tak Pernah Dijajah 350 Tahun oleh Belanda

    Sejarawan Universitas Indonesia (UI), Prof Taufik Abdullah, mengatakan, Indonesia tidak pernah dijajah oleh pemerintah kolonial Belanda selama 350 tahun.

    "Bangsa ini terlalu lama larut dalam mitos bahwa Indonesia pernah hidup di bawah kolonialisme Belanda selama 350 tahun. Ini tidak sesuai dengan fakta, yang terjadi justru Belanda memerlukan lebih dari 300 tahun untuk menaklukkan beberapa daerah di Hindia Belanda," katanya di Medan, Selasa (19/1/2010).

    Hal tersebut dikatakannya di sela seminar nasional pengusulan Sultan Serdang ke-5, Sulaiman Syariful Alamsyah (1881-1945), sebagai Pahlawan Nasional. Taufik mengatakan, orang-orang Belanda pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1552 di bawah pimpinan Cornelius de Houtman yang mendarat di salah satu pelabuhan dan pusat kekuasaan di Nusantara saat itu, yakni Banten.

    Kolonialisme Belanda berakhir pada tahun 1942 ketika Hindia Belanda diserbu dan diduduki oleh bala tentara Jepang. "Logikanya, apakah masuk akal kalau dikatakan bahwa Belanda langsung berkuasa ketika mereka baru saja datang di Banten," katanya.

    Taufik mengatakan, ironi dalam mitos yang dianggap sejarah itu juga berlanjut pada abad ke-17 yang boleh dikatakan sebagai zaman ketika berbagai kerajaan di Kepulauan Nusantara diperintah oleh raja-raja besar dan berkuasa.

    Abad ke-17 adalah masa berjayanya Sultan Iskandar Muda (1607-1636), yang meluaskan kekuasaannya ke tanah Semenanjung dan Pantai Barat Sumatera, demikian juga dengan Sultan Agung yang meluaskan kekuasaannya ke seluruh Jawa, kecuali Banten dan Batavia. Begitu juga dengan Raja Tallo yang sekaligus menjabat Perdana Menteri Kerajaan Gowa dan Sultan Hasanuddin, Raja Gowa (1653-1669).

    Mereka memerintah di kerajaan masing-masing dan biasa juga terlibat dalam kompetisi dan konflik sesama mereka. Pada masa itu pula mereka menghadapi dengan gagah berani infiltrasi kekuatan asing, seperti Belanda, Spanyol, dan Portugis.

    "Lalu, bagaimana harus dipahami kalau di bawah kolonialisme Belanda memerintah, raja-raja di Nusantara itu memiliki kekuasaan yang cukup besar dan bahkan sibuk memperluas wilayah kekuasaan mereka masing-masing," katanya.

    OOO...Begitu.. jadi 350 tahun hanya MITOS???? mitos yg sudah mendarah daging kayaknya sih.. dari jaman SD para guru sudah menanamkan sama kita klo Belanda ngejajah 350 tahun... jadi salah dong..

    Indonesia Tak Pernah Dijajah 350 Tahun oleh Belanda - KOMPAS.com
    greenit likes this.

  2. #2
    Contributor winona571's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Batam
    Posts
    3,128
    Rep Power
    11

    Re: Indonesia Tak pernah di jajah 350 tahun oleh Belanda

    Quote Originally Posted by Mak Lampir View Post
    Sejarawan Universitas Indonesia (UI), Prof Taufik Abdullah, mengatakan, Indonesia tidak pernah dijajah oleh pemerintah kolonial Belanda selama 350 tahun.

    "Bangsa ini terlalu lama larut dalam mitos bahwa Indonesia pernah hidup di bawah kolonialisme Belanda selama 350 tahun. Ini tidak sesuai dengan fakta, yang terjadi justru Belanda memerlukan lebih dari 300 tahun untuk menaklukkan beberapa daerah di Hindia Belanda," katanya di Medan, Selasa (19/1/2010).

    Hal tersebut dikatakannya di sela seminar nasional pengusulan Sultan Serdang ke-5, Sulaiman Syariful Alamsyah (1881-1945), sebagai Pahlawan Nasional. Taufik mengatakan, orang-orang Belanda pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1552 di bawah pimpinan Cornelius de Houtman yang mendarat di salah satu pelabuhan dan pusat kekuasaan di Nusantara saat itu, yakni Banten.

    Kolonialisme Belanda berakhir pada tahun 1942 ketika Hindia Belanda diserbu dan diduduki oleh bala tentara Jepang. "Logikanya, apakah masuk akal kalau dikatakan bahwa Belanda langsung berkuasa ketika mereka baru saja datang di Banten," katanya.

    Taufik mengatakan, ironi dalam mitos yang dianggap sejarah itu juga berlanjut pada abad ke-17 yang boleh dikatakan sebagai zaman ketika berbagai kerajaan di Kepulauan Nusantara diperintah oleh raja-raja besar dan berkuasa.

    Abad ke-17 adalah masa berjayanya Sultan Iskandar Muda (1607-1636), yang meluaskan kekuasaannya ke tanah Semenanjung dan Pantai Barat Sumatera, demikian juga dengan Sultan Agung yang meluaskan kekuasaannya ke seluruh Jawa, kecuali Banten dan Batavia. Begitu juga dengan Raja Tallo yang sekaligus menjabat Perdana Menteri Kerajaan Gowa dan Sultan Hasanuddin, Raja Gowa (1653-1669).

    Mereka memerintah di kerajaan masing-masing dan biasa juga terlibat dalam kompetisi dan konflik sesama mereka. Pada masa itu pula mereka menghadapi dengan gagah berani infiltrasi kekuatan asing, seperti Belanda, Spanyol, dan Portugis.

    "Lalu, bagaimana harus dipahami kalau di bawah kolonialisme Belanda memerintah, raja-raja di Nusantara itu memiliki kekuasaan yang cukup besar dan bahkan sibuk memperluas wilayah kekuasaan mereka masing-masing," katanya.

    OOO...Begitu.. jadi 350 tahun hanya MITOS???? mitos yg sudah mendarah daging kayaknya sih.. dari jaman SD para guru sudah menanamkan sama kita klo Belanda ngejajah 350 tahun... jadi salah dong..

    Indonesia Tak Pernah Dijajah 350 Tahun oleh Belanda - KOMPAS.com
    Yah, ini contoh mental selalu memposisikan diri jadi korban.....
    Apa ya tujuan bikin mitos semacam itu? Tidakkah hal ini mengajarkan pada generasi muda untuk mengasihani diri sendiri?

  3. #3
    Contributor wilf's Avatar
    Join Date
    Mar 2009
    Posts
    3,835
    Rep Power
    10

    Re: Indonesia Tak pernah di jajah 350 tahun oleh Belanda

    dan anehnya, negara ini bangga jika pernah dijajah 350 tahun + 3,5 tahun tersebut,
    dan selalu diajarkan oleh negara (depdiknas) sejak masuk sekolah..
    " kebenaran akan membenarkan kebenaran itu sendiri"

  4. #4
    Senior Contributor Flores's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    6,972
    Rep Power
    14

    Re: Indonesia Tak pernah di jajah 350 tahun oleh Belanda

    Saya kira kebanyakan orang sudah tahu hal ini.
    VOC (Verenigde Oostindische Compagnie) kan bukan Belanda, hanya perusahaan dagang.
    VOC dibubarkan 1 Januari 1800, artinya setidaknya sebelum tgl tersebut Indonesia belum dijajah Belenda.


    salam!
    greenit likes this.

  5. #5
    Member Mak Lampir's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Gunung Slamet
    Posts
    604
    Rep Power
    5

    Re: Indonesia Tak pernah di jajah 350 tahun oleh Belanda

    Quote Originally Posted by winona571 View Post
    Yah, ini contoh mental selalu memposisikan diri jadi korban.....
    Apa ya tujuan bikin mitos semacam itu? Tidakkah hal ini mengajarkan pada generasi muda untuk mengasihani diri sendiri?
    biar keren mungkin, kan lama tuh..lama banget 350 tahun, berapa generasi tuh... buat nanya kebenaranya kepada generasi pertama aja gak bisa... saking lamanya...

    Quote Originally Posted by wilf View Post
    dan anehnya, negara ini bangga jika pernah dijajah 350 tahun + 3,5 tahun tersebut,
    dan selalu diajarkan oleh negara (depdiknas) sejak masuk sekolah..
    heheheh..ini yg bikin aye bingung n geleng2 kepala pas baca berita tsb.. baru tau soalnya... aneh yaa... biar di kata keren mungkin... lamaaaa gitu... padahal mana ada kerenny masak di jajah ampe segitu lama gak menang2 kok bangga , ampe berapa generasi gituuu,,, semoga rakyat terbuka matanya, klo kita nih gak pernah ampe 350 tahun di jajahnya... trus guru2 SD juga tuh moga2 aja tau n baca, jd gak mbalngsak muridnye..kayak gue, taunya ya 350 tahun..

  6. #6
    Contributor PrinceaAng's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    --
    Posts
    3,946
    Rep Power
    12

    Re: Indonesia Tak pernah di jajah 350 tahun oleh Belanda

    Wah, info bagus neh, Mak.

    Saya juga baru tau. Untungnya sempet tau. Coba kalo kaga, bisa dibodohin terus dong.

    Iya, bener juga tuh ada yang bilang masa iya ini bangsa mau bertahan sampe 350 tahun gak ada perjuangannya.

    Good point banget !!

    Kalo gitu kenyataannya, saya bisa susupin info2 penting ini ke pelajaran2 anak didik saya neh.

    hehehehehehehe............

    Gak tega ngeliat mereka dibodohin terus sama guru2 yang cuma ngeliat duit doang.
    Piramid.. UNIK !! ASIKKK..!! - Sambil cengar-cengir.com. Poreper laaaa......

  7. #7
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2009
    Posts
    255
    Rep Power
    6

    Re: Indonesia Tak pernah di jajah 350 tahun oleh Belanda

    Quote Originally Posted by winona571 View Post
    Yah, ini contoh mental selalu memposisikan diri jadi korban.....
    Apa ya tujuan bikin mitos semacam itu? Tidakkah hal ini mengajarkan pada generasi muda untuk mengasihani diri sendiri?
    Ya... belum tentu salah juga. Kalau dihitung sejak Belanda datang sampai pergi lagi kan 390 tahun (1552 s/d 1942), jadi memang tidak langsung menguasai tapi setelah 40 tahun baru menguasai, dan itu pun tidak langsung di seluruh wilayah Indonesia sekarang tapi di bagian2 wilayah tertentu secara bertahap.
    Jadi, mungkin memang betul dijajahnya selama 350 tahun. Pokoknya lamaaaa...... banget n itu kenyataan yang harus diterima dan diakui meski pun pahit.

  8. #8
    Contributor PrinceaAng's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    --
    Posts
    3,946
    Rep Power
    12

    Re: Indonesia Tak pernah di jajah 350 tahun oleh Belanda

    Quote Originally Posted by Flores View Post
    Saya kira kebanyakan orang sudah tahu hal ini.
    VOC (Verenigde Oostindische Compagnie) kan bukan Belanda, hanya perusahaan dagang.
    VOC dibubarkan 1 Januari 1800, artinya setidaknya sebelum tgl tersebut Indonesia belum dijajah Belenda.


    salam!
    Gak semua orang sadar akan itu, Romo.

    Yang mereka tau tuh VOC = belanda.

    Kenapa begitu, karena VOC tu punya belanda.

    So simple, yet so dumb. Tapi ya ada benernya juga kalo kita berpikirnya ngikutin cara berpikir mereka yang gak tau itu.
    Piramid.. UNIK !! ASIKKK..!! - Sambil cengar-cengir.com. Poreper laaaa......

  9. #9
    Member Mak Lampir's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Gunung Slamet
    Posts
    604
    Rep Power
    5

    Re: Indonesia Tak pernah di jajah 350 tahun oleh Belanda

    Quote Originally Posted by PrinceaAng View Post
    Wah, info bagus neh, Mak.

    Saya juga baru tau. Untungnya sempet tau. Coba kalo kaga, bisa dibodohin terus dong.

    Iya, bener juga tuh ada yang bilang masa iya ini bangsa mau bertahan sampe 350 tahun gak ada perjuangannya.

    Good point banget !!

    Kalo gitu kenyataannya, saya bisa susupin info2 penting ini ke pelajaran2 anak didik saya neh.

    hehehehehehehe............

    Gak tega ngeliat mereka dibodohin terus sama guru2 yang cuma ngeliat duit doang.

    ok pak guru or dosenapa aja deh...hehehe... hapus tuh mitos 350 tahun nya ke anak anakmu.. sampe setua ini aye juga masih aja percaya klo belande ngejajahnye 350 taon... gilingan padi di sawah deh..

  10. #10
    Contributor arsya's Avatar
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    dUnIa KhAYaLaN
    Posts
    3,947
    Rep Power
    11

    Re: Indonesia Tak pernah di jajah 350 tahun oleh Belanda

    Mksdnya kalau ada tradisi ABS (asal bapak senang), atau adat malas2an itu turunan dari belanda... karena kita keenakan dijajah 350 thn,, gitu.... Inilah gara2 pemerintahan soeharto, pengetahuan sejarah kita jadi dibelok2an ga jelas.. Supersemar aja salah...
    don't judge a person coz you don't walk on that man shoes

Page 1 of 16 1234567891011 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0