Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 25
Like Tree2Likes

Thread: Macam-macam Batik di Indonesia


  1. #1
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,004
    Rep Power
    18

    Thumbs up Macam-macam Batik di Indonesia

    BERBAGAI MACAM BATIK YANG ADA DI INDONESIA....

    Sebagai warga Negara Indonesia kita harus bisa berbangga hati. Karena di Indonesia banyak sekali keanekaragaman suku, budaya, adat istiadat, agama, dan kesenian yang begitu beraneka ragam. Salah satunya dalam bidang fashion. Di Indonesia terdapat kain bermotif yang tidak dapat dikunjungi di negara lain dan memiliki corak yang unik sekaligus menarik. Kain tersebut biasa kita sebut dengan kain batik. Corak dan motif batik Indonesia sendiri sangat banyak, ada yang merupakan motif asli dari nenek moyang bangsa kita dan ada juga yang merupakan akulturasi dengan bangsa lain.

    Di bawah ini merupakan macam-macam batik yang terdapat di Indonesia :


    1. Batik Kraton



    Jenis Batik yang Berkembang di Indonesia

    Batik Kraton awal mula dari semua jenis batik yang berkembang di Indonesia. Motifnya mengandung makna filosofi hidup. Batik-batik ini dibuat oleh para putri kraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton. Pada dasarnya motifnya terlarang untuk digunakan oleh orang “biasa” seperti motif Parang Barong, Parang Rusak termasuk Udan Liris, dan beberapa motif lainnya.



    2. Batik Sudagaran



    Motif larangan dari kalangan keraton merangsang seniman dari kaum saudagar untuk menciptakan motif baru yang sesuai selera masyarakat saudagar. Mereka juga mengubah motif larangan sehingga motif tersebut dapat dipakai masyarakat umum. Desain batik Sudagaran umumnya terkesan “berani” dalam pemilihan bentuk, stilisasi atas benda-benda alam atau satwa, maupun kombinasi warna yang didominasi warna soga dan biru tua. Batik Sudagaran menyajikan kualitas dalam proses pengerjaan serta kerumitan dalam menyajikan ragam hias yang baru. Pencipta batik Sudagaran mengubah batik keraton dengan isen-isen yang rumit dan mengisinya dengan cecek (bintik) sehingga tercipta batik yang amat indah.



    3. Batik Petani



    Batik yang dibuat sebagai selingan kegiatan ibu rumah tangga di rumah di kala tidak pergi ke sawah atau saat waktu senggang. Biasanya batik ini kasar dan kagok serta tidak halus. Motifnya turun temurun sesuai daerah masing-masing dan batik ini dikerjakan secara tidak profesional karena hanya sebagai sambilan. Untuk pewarnaan pun diikutkan ke saudagar.



    4. Batik Belanda



    Warga keturunan Belanda banyak yang tertarik dengan batik Indonesia. Mereka membuat motif sendiri yang disukai bangsa Eropa. Motifnya berupa bunga-bunga Eropa, seperti tulip dan motif tokoh-tokoh cerita dongeng terkenal di sana.



    5. Batik Jawa Hokokai



    Pada masa penjajahan Jepang di pesisir Utara Jawa lahir ragam batik tulis yang disebut batik Hokokai. Motif dominan adalah bunga seperti bunga sakura dan krisan. Hampir semua batik Jawa Hokokai memakai latar belakang (isen-isen) yang sangat detail seperti motif parang dan kawung di bagian tengah dan tepiannya masih diisi lagi, misalnya motif bunga padi.

    Marilah kita jaga semua kekayaan yang ada di negeri kita. Jangan sampai timbul lagi masalah yang sama seperti masalah Malaysia menghakpatenkan kekayan bangsa kita untuk negaranya. Mari kita lestarikan semua kekayaan di negeri kita.


    sumber : Berbagai Macam Batik di Indonesia | Agustina Dewi C


    batik di Indonesia memang bagus2.... banyak sekali khas batik di daerah kita
    baik batik SOLO, JOGJA, PEKALONGAN, batik Banyumasan pun ada
    bahkan masih banyak lagi daerah2 yang memproduksi batik....

    ayuk kita lestarikan kekayaan negeri kita dengan bangga menggunakan batik...
    ceritakan batik mana saja yang sudah teman-teman punya, atau mungkin ada yang mengoleksi, monggoh di share......
    Azahari likes this.
    Life is Adventure

  2. #2
    Junior Member ana rakhma's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    jakarta
    Posts
    262
    Rep Power
    5

    Re: Macam-macam Batik di Indonesia

    memang indah motif dari batik2 nusantara
    Aku bangga dengan produk Indonesia
    teruslah berjuang u/ mewujudkan semua keinginan & cita-cita

  3. #3
    Contributor wilf's Avatar
    Join Date
    Mar 2009
    Posts
    3,835
    Rep Power
    10

    Re: Macam-macam Batik di Indonesia

    sepertinya semua pulau di Indonesia punya motif batik yaa...
    " kebenaran akan membenarkan kebenaran itu sendiri"

  4. #4
    Senior Member red_devil's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    2,126
    Rep Power
    8

    Re: Macam-macam Batik di Indonesia

    Quote Originally Posted by wilf View Post
    sepertinya semua pulau di Indonesia punya motif batik yaa...
    saya belum pernah lihat batik Papua ....

  5. #5
    Senior Contributor paujan,patah's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    202.169.62.13/member.php?u=986695
    Posts
    7,243
    Rep Power
    15

    Re: Macam-macam Batik di Indonesia

    byk yaaaa.......bisa susah ngurus nih.....meskipun bagus klo dikelola dgn baik.
    Kucing Angop 666,you're cleared to take off

  6. #6
    Senior Contributor paswa's Avatar
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    5,017
    Rep Power
    15

    Re: Macam-macam Batik di Indonesia

    Ini Corak Batik Papau walau teknologi mungkin dari Jawa atau orang tanah jawa yang sudah berasimilasi disana




  7. #7
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,004
    Rep Power
    18

    Re: Macam-macam Batik di Indonesia

    Quote Originally Posted by ana rakhma View Post
    memang indah motif dari batik2 nusantara
    Aku bangga dengan produk Indonesia
    rakhma udah punya batik berapa? harus bangga donk Indonesia kan kaya akan budaya

    Quote Originally Posted by wilf View Post
    sepertinya semua pulau di Indonesia punya motif batik yaa...
    Quote Originally Posted by red_devil View Post
    saya belum pernah lihat batik Papua ....
    Om wilf & red_devil ayang punya loh 1 batik dari daerah timur sana.... bagus.... lebih mirip songket batiknya hanya saja lebih halus

    Quote Originally Posted by paujan,patah View Post
    byk yaaaa.......bisa susah ngurus nih.....meskipun bagus klo dikelola dgn baik.
    ngurus apa nya pou..... kalo saya untuk pertama kali nyuci batik baru dengan shampo
    baru nyuci selanjutnya pke detergen... itu juga ngrendemnya paling cm 10 menit.
    dah gitu njemurnya jangan langsung kna sinar matahari... di isis aja.... awet tuh
    Life is Adventure

  8. #8
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,004
    Rep Power
    18

    Re: Macam-macam Batik di Indonesia

    Quote Originally Posted by paswa View Post
    Ini Corak Batik Papau walau teknologi mungkin dari Jawa atau orang tanah jawa yang sudah berasimilasi disana




    weh.... tingkyu tingkyu...... makin banyak neh koleksinya.... menurutku batik itu emang indah, unik-unik lagi......
    Life is Adventure

  9. #9
    Senior Contributor paswa's Avatar
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    5,017
    Rep Power
    15

    Re: Macam-macam Batik di Indonesia

    Quote Originally Posted by ayang View Post
    weh.... tingkyu tingkyu...... makin banyak neh koleksinya.... menurutku batik itu emang indah, unik-unik lagi......
    sama2 ayang...emang mau jadi juragan batik ya

  10. #10
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,004
    Rep Power
    18

    Re: Macam-macam Batik di Indonesia

    Quote Originally Posted by paswa View Post
    sama2 ayang...emang mau jadi juragan batik ya
    hahahahaha pingin sih Om, udah ada niatan... juragan batik untuk di pakai sendiri.... kalo untuk di jual lagi lom kepikiran

    sebenarnya pingin ngirim cendol ke Om Paswa karena dah ngasih pic batik, cuma ko ga bisa yah.... kudu ngasih ce yang lain dulu
    Life is Adventure

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0