Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 29

Thread: Macam-macam Wayang


  1. #1
    Beginner
    Join Date
    May 2010
    Posts
    51
    Rep Power
    5

    Lightbulb Macam-macam Wayang

    Ada wayang kulit, wayang gung dan wayang suket. Apa yah perbedaan dari wayang-wayang tersebut?Ketiga wayang itu bisa dibedakan dari bahan dasar dan cara pementasannya.

    Bahan dasar membuat wayang kulit adalah kulit kambing, sapi dan kerbau. Proses pembuatan wayang dimulai dari menjemur kulit. Setelah itu baru dipotong dan dirangkai sesuai rancangan. Wayang kulit terkenal dari Pulau Jawa.



    Pementasan wayang kulit membutuhkan dalang yang menggerakkkan boneka wayang tersebut. Selain itu dalang juga berperan mengisi suara para tokoh wayang.

    Selanjutnya, wayang suket, merupakan bentuk tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita perwayangan pada anak-anak di desa-desa Jawa.



    Untuk membuatnya, beberapa helai daun rerumputan dijalin lalu dirangkai (dengan melipat) membentuk figur serupa wayang kulit. Karena bahannya, wayang suket biasanya tidak bertahan lama.

    Nah, yang terakhir adalah wayang gung. Seni ini merupakan pertunjukan wayang orang. Jadi, tidak menggunakan boneka seperti pada wayang kulit maupun wayang suket.

    Orang yang memainkan pentas wayang gung yang menjadi tokoh pewayangan sambil mengenakan mahkota atau katupung yang menggambarkan tokoh dalam cerita.

    Untuk wayang gung ini berasal dari daerah Banjar, Kalimantan Selatan. Jadi, bukan hanya daerah Jawa saja yang punya kesenian wayang, kan?

    Sumber : www.kidnesia.com

  2. #2
    Senior Member red_devil's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    2,126
    Rep Power
    9

    Re: Macam-macam Wayang

    menurut pengamat seni,

    Wayang kulit Jawa adalah yg terindah di dunia

  3. #3
    Newbie jonny@abdi's Avatar
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    8
    Rep Power
    0

    Re: Macam-macam Wayang

    Quote Originally Posted by red_devil View Post
    menurut pengamat seni,

    Wayang kulit Jawa adalah yg terindah di dunia
    Pengamatnya orang jawa pasti. Pengamatnya orang Sunda, dia bilang wayang Golek. Bila pengamatnya orang bali, pasti yang terindah wayang Bali. Tapi secara pribadi saya lihat wayang jawa itu wayang pencemburu kok. Lihat aja lehernya wayang jawa kan panjang. Suka tengok tetangga. Dulu barangkali tengok orang Bali yg asalnya pelarian jawa. Sebabnya wayang bali lehernya pendek, karena di intip ama wayang jawa. He...he... keseringan masuk museum wayang yah...

    Tapi apapun itu, wayang jawa yang paling lucu, wis mereka pake nama Haji Narodo, emangnya Batoro Narodo pernah naik haji? Lihat aja di Demak ada kuburan Yudistira yang meninggal dengan kalimusodonya setelah bertemu dengan Wali Songo. Dan setelah kesaktian Yudistira berupa Kalumusodo dibaca menjadi Kalimat Sahadat. Ha....ha.... lucu juga yah wayang jawa.
    Last edited by jonny@abdi; 18-06-10 at 08:14 PM.

  4. #4
    Senior Contributor paswa's Avatar
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    5,026
    Rep Power
    16

    Re: Macam-macam Wayang

    Kalau gw seneng wayang orang kaya dibawah ini



    Kalo lagi mentas lucu dan sering di ekspos di TV2 kalau lagi sidang

  5. #5
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,005
    Rep Power
    19

    Re: Macam-macam Wayang

    Quote Originally Posted by paswa View Post
    Kalau gw seneng wayang orang kaya dibawah ini



    Kalo lagi mentas lucu dan sering di ekspos di TV2 kalau lagi sidang
    Tokoh Semar ayang juga suka.... karakter yang NGAYOMI....
    Life is Adventure

  6. #6
    Senior Contributor paswa's Avatar
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    5,026
    Rep Power
    16

    Re: Macam-macam Wayang

    Quote Originally Posted by ayang View Post
    Tokoh Semar ayang juga suka.... karakter yang NGAYOMI....
    Benereeer..kalo asli ceritanya memang begitu..tapi semar yang sekarang..ah engga enak ah...ayang juga tau deh yang suka dengan karakter ini

    sorry koq OOT ya...tapi masih ada cerita wayangnya kan

  7. #7
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Re: Macam-macam Wayang

    ya jangan hanya tokoh aja yang di megerti..... ceritanya juga dung!!!!!

  8. #8
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,005
    Rep Power
    19

    Re: Macam-macam Wayang

    Quote Originally Posted by paswa View Post
    Benereeer..kalo asli ceritanya memang begitu..tapi semar yang sekarang..ah engga enak ah...ayang juga tau deh yang suka dengan karakter ini

    sorry koq OOT ya...tapi masih ada cerita wayangnya kan
    yang penting kan masih bau wayang Om....
    ayang lumayan tau lah dikit2 tokoh semar.
    di Banyumas terutama daerah sokaraja disana banyak sekali rumah asli penduduk yang di ruang tamunya terdapat gambar semar... katanya sih ada sejarah ceritanya....
    Life is Adventure

  9. #9
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,005
    Rep Power
    19

    Re: Macam-macam Wayang

    Quote Originally Posted by jepri ok View Post
    ya jangan hanya tokoh aja yang di megerti..... ceritanya juga dung!!!!!
    ya sedikit-dikit lah belajar
    Life is Adventure

  10. #10
    Senior Contributor paswa's Avatar
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    5,026
    Rep Power
    16

    Re: Macam-macam Wayang

    Quote Originally Posted by ayang View Post
    yang penting kan masih bau wayang Om....
    ayang lumayan tau lah dikit2 tokoh semar.
    di Banyumas terutama daerah sokaraja disana banyak sekali rumah asli penduduk yang di ruang tamunya terdapat gambar semar... katanya sih ada sejarah ceritanya....
    ayang ini sedikit ceritanya wayang Banyumas yang menokohkan Semar



    Sebagaimana masyarakat Jawa pada umumnya, masyarakat Banyumasan juga gemar menonton pertunjukan wayang kulit. Pertunjukan wayang kulit di wilayah Banyumas lebih cenderung mengikuti pedalangan “gagrag” atau gaya pedalangan khas Banyumasan. Seni pedalangan gagrag Banyumasan sebenarnya mirip gaya Yogya-Solo bercampur Kedu baik dalam hal cerita, suluk maupun sabetannya, bahasa yang dipergunakanpun tetap mengikuti bahasa pedalangan layaknya, hanya bahasa para punakawan diucapkan dengan bahasa Banyumasan. Nama-nama tokoh wayang umumnya sama, hanya beberapa nama tokoh yang berbeda seperti Bagong (Solo) menjadi Bawor atau Carub. Menurut model Yogya-Solo, Bagong merupakan putra bungsu Ki Semar, dalam versi Banyumas menjadi anak tertua. Tokoh Bawor adalah maskotnya masyarakat Banyumas.

    Ciri utama dari wayang kulit gagrag Banyumasan adalah nafas kerakyatannya yang begitu kental dan Ki Dalang memang berupaya menampilkan realitas dinamika kehidupan yang ada di masyarakat. Tokoh pedalangan untuk Wayang Kulit Gagrag Banyumasan yang terkenal saat ini antara lain Ki Sugito Purbacarito, Ki Sugino Siswacarito, Ki Suwarjono dan lain-lain.

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0