Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15

Thread: Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain


  1. #1
    Senior Member
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    2,181
    Rep Power
    5

    Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain


    BANDUNG -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan saat inilah waktunya untuk mulai melakukan modernisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan pertahanan Tanah Air. Apalagi kebutuhan utama yaitu anggaran dalam hal pertahanan akan meningkat secara signifikan ditahun-tahun mendatang.

    "Telah jadi tekad dan keputusan saya sebagai presiden dan kebijakan nasional, dalam kurun waktu lima tahun ini dan seterusnya membangun postur pertahanan" kata SBY saat meninjau PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Rabu 26 Oktober 2011. " Dalam tiga tahun mendatang Indonesia akan menambah jumlah secara sigfinikan kekuatan Angkatan Darat, Laut, dan Udara. Baik berupa alutsista yang modern maupun perangkat pendukungnya,"

    Menurut SBY, ada tiga kendala utama yang membuat proses modernisasi TNI dan pertahanan INdonesia dalam kurun waktu 20 tahun ini berjalan lambat. Pertama, karena Indonesia mengalami krisis ekonomi yang cukup berat. Kedua, karena krisis inilah ujungnya berpengaruh pada keuangan negara yang sangat terbatas.

    "Ketiga, kita mengutamakan prioritas keperluan lain bagi rakyat kita sehingga TNI mengalah untuk pada saatnya baru melakukan modernisasi dan kekuatannya,"kata dia.

    Karena itu, kata dia, wajar saja jika alat utama sistem persenjataan (alutsista) kita bisa dikatakan tertinggal dengan yang dimiliki oleh negara lain. Bahkan negara tetangga yang memiliki wilayah jauh lebih kecil dari Indonesia, dan ancaman terhadap negaranya jauh lebih kecil dari negara kita, bisa memiliki alutsista yang sebagian lebih modern, dan lebih banyak dari milik pemerintah Indonesia.

    "Karena itu, pada saatnya jika sejalan dengan ekonomi Indonesia. Penerimaan APBN yang makin besar, perlu benar-benar melakukan modernisasi dan peningkatan kemampuan pertahanan kita,"ujarnya.

    "Namun ini tidak berarti Indonesia ingin menghidupkan perlombaan persenjataan di kawasan ini, sama sekali tidak. Dunia dan kawasan Asia Tenggara juga tahu, bahwa Indonesia menjadi bagian penting yang membangun ASEAN Community," Ujarnya.

    SBY pun mendukung penuh perusahaan milik negara seperti PT Dirgantara Indonesia yang terus menjalin kerja sama dengan pihak luar seperti Airbus Military dalam memproduksi alat-alat yang dibutuhkan untuk pertahanan negara seperti pesawat CN 295.

    Menurut Direktur Utama PT DI Budi Santoso, setelah mengalami pasang surut bisnis, seluruh elemen di dalam PT DI semakin bersemangat untuk kembali membesarkan nama salah satu perusahaan yang pernah menjadi kebanggaan Indonesia itu.

    "Bagai gayung bersambut, pemerintah telah menetapkan kebijaksanaan untuk merevitilisasi industri pertahanan, yang salah satu perwujudannya adalah melakukan penyelamatan PT Dirgantara Indonesia dengan program restrukturisasi dan revitalisasi melalui PT Perusahaan Pengelola Aset," kata Budi Santoso.

    Baca Juga ya: Wah, Kekuatan Militer TNI Peringkat Ke-18 Dunia

    SUMBER: http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2011/10/26/brk,20111026-363495,id.html

  2. #2
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,290
    Rep Power
    22

    Re: Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain

    wah hebat nih... niatan yang sungguh luar biasa...

    jika kita bisa produksi sendiri tentunya akan lebih bagus yaa...
    tapi kemarin ada usulan pemerintah yang disetujui untuk membayar HIBAH pesawat BEKAS dari negara luar..

    CMIIW,
    hibah itu = hadiah bukan sih?
    harusnya free of charge.
    kenapa harus bayar ini itu?

    kenapa juga uang tersebut untuk keperluan peremajaan industri militer dalam negeri seperti PTDI ?

    oo kenapa....
    kenapa..kenapa..
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  3. #3
    Junior Member stroom's Avatar
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    322
    Rep Power
    0

    Re: Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    wah hebat nih... niatan yang sungguh luar biasa...

    jika kita bisa produksi sendiri tentunya akan lebih bagus yaa...
    tapi kemarin ada usulan pemerintah yang disetujui untuk membayar HIBAH pesawat BEKAS dari negara luar..

    CMIIW,
    hibah itu = hadiah bukan sih?
    harusnya free of charge.
    kenapa harus bayar ini itu?

    kenapa juga uang tersebut untuk keperluan peremajaan industri militer dalam negeri seperti PTDI ?

    oo kenapa....
    kenapa..kenapa..
    ane gak tau gan hehe.....
    peace...

  4. #4
    Senior Contributor ntarluq's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    7,969
    Rep Power
    0

    Re: Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain

    Quote Originally Posted by stroom View Post
    ane gak tau gan hehe.....
    peace...
    hibah itu diberikan gratis , tapi urusan tetekbengek lainnya ditanggung kita penerima hibah ...
    administrasi perpindahan , pengiriman , perbaikan2 , spareparts dll .. (barangkali begitu bro)
    1+1+1=1 (?) TAU SAMA TAU AJA ....

  5. #5
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,290
    Rep Power
    22

    Re: Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain

    Quote Originally Posted by ntarluq View Post
    hibah itu diberikan gratis , tapi urusan tetekbengek lainnya ditanggung kita penerima hibah ...
    administrasi perpindahan , pengiriman , perbaikan2 , spareparts dll .. (barangkali begitu bro)
    kenapa harus terima barang bekas dengan alasan HIBAH sementara biaya untuk mendapatkan barang bekas via HIBAH hingga bisa memfungsikannya lagi lebih mahal ketimbang BELI BARU ?
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  6. #6
    Beginner
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    95
    Rep Power
    0

    Re: Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain

    ternyata karena masalah ekonomi ya maka tni kita kalah bersaing .

  7. #7
    Newbie
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Re: Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain

    HIBAH itu yang gratis adalah barangnya (yg dihibahkan), tapi ongkos kirim, administrasi, dll ditanggung oleh yg menerima hibah..

    kenapa harus terima barang bekas dengan alasan HIBAH sementara biaya untuk mendapatkan barang bekas via HIBAH hingga bisa memfungsikannya lagi lebih mahal ketimbang BELI BARU ?
    Dalam kasus hibah F-16 dr AS ini itung2annya kira2 begini.. Klo beli baru (block 52) uang yg kita pny cm cukup utk dpt 6 buah.. klo kita terima hibah AS mo kasih 30 buah.. dan uang yg SENILAI dgn 6 buah F-16 block 52 bs dipakai utk menghidupkan & upgrade 24 F-15 block 25 yg dihibahkan tersebut (kita jadinya ambil 24 bukan 30)..
    pesawat hibah tersebut akan diupgrade setara block 52 (avionik & sistem persenjataan yg diupgrade).. soal airframe bahwa F-16 hibah tersebut sudah lama (tapi yg jelas F-16 kita skrg lebih tua) tidak masalah, selama diperiksa OK & serviceable, that's no problem..
    INGAT tidak ada istilah tua dlm dunia penerbangan.. selama dirawat sesuai standard yg berlaku, everything is okay.. bahkan jam terbang pesawat bisa di-nol-kan kembali..

    nah klo saya sih, dgn NILAI UANG SAMA daripada dapat barang baru cm 6 buah, mending dapat barang bekas sejumlah 24 buah.. toh kemampuannya sudah ditingkatkan agar setara, hanya umur airframe yg berbeda.. dgn tambahan 24 pswt deterrence power TNI-AU jauh meningkat ketimbang cm tambah 6.. dgn tambahan 24, TNI-AU akan punya 2 skadron F-16 (total 34 pswt, masing2 skadron 17 pswt), klo cm tambah 6 tetap 1 skadron.... o iya yg pny kita 10 buah rencana jg akan diupgrade (tentu dgn anggaran yg lain lg)..

  8. #8
    Junior Member lelesumadu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    surabaya
    Posts
    190
    Rep Power
    0

    Re: Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain

    Kalo lagi krismon, alokasi APBN buat biaya bunga hutang. Tapi pertahanan jangan diabaikan. Caranya buat saja APBN fiktif seolah-olah anggraan pertahanan tidak diturunkan. Kalo negara lain lihat budget milter Indonesia, pastilah keder. Tirulah RRC, yang budget militer-nya bikin Negara lain gerah.

  9. #9
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,290
    Rep Power
    22

    Re: Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain

    Quote Originally Posted by cossacozy View Post
    HIBAH itu yang gratis adalah barangnya (yg dihibahkan), tapi ongkos kirim, administrasi, dll ditanggung oleh yg menerima hibah..


    Dalam kasus hibah F-16 dr AS ini itung2annya kira2 begini.. Klo beli baru (block 52) uang yg kita pny cm cukup utk dpt 6 buah.. klo kita terima hibah AS mo kasih 30 buah.. dan uang yg SENILAI dgn 6 buah F-16 block 52 bs dipakai utk menghidupkan & upgrade 24 F-15 block 25 yg dihibahkan tersebut (kita jadinya ambil 24 bukan 30)..
    pesawat hibah tersebut akan diupgrade setara block 52 (avionik & sistem persenjataan yg diupgrade).. soal airframe bahwa F-16 hibah tersebut sudah lama (tapi yg jelas F-16 kita skrg lebih tua) tidak masalah, selama diperiksa OK & serviceable, that's no problem..
    INGAT tidak ada istilah tua dlm dunia penerbangan.. selama dirawat sesuai standard yg berlaku, everything is okay.. bahkan jam terbang pesawat bisa di-nol-kan kembali..

    nah klo saya sih, dgn NILAI UANG SAMA daripada dapat barang baru cm 6 buah, mending dapat barang bekas sejumlah 24 buah.. toh kemampuannya sudah ditingkatkan agar setara, hanya umur airframe yg berbeda.. dgn tambahan 24 pswt deterrence power TNI-AU jauh meningkat ketimbang cm tambah 6.. dgn tambahan 24, TNI-AU akan punya 2 skadron F-16 (total 34 pswt, masing2 skadron 17 pswt), klo cm tambah 6 tetap 1 skadron.... o iya yg pny kita 10 buah rencana jg akan diupgrade (tentu dgn anggaran yg lain lg)..
    alasan seperti itu persis dengan alasan dari menkopolhukam dan para sekondannya..
    bahwa sebenarnya proses transaksi ini menguntungkan bangsa dan negara
    bahwa Indonesia akan mendapat tambahan armada tempur yang canggih
    bla bla bla
    sebagai pemilik proposal, hal tersebut jamak diajukan.. malahan kalau tidak berpromosi dengan segala keuntungan dari transaksi tersebut, jadi gak seru bukan "jualannya"

    tidak ada istilah tua dalam penerbangan?
    silahkan cek kembali pernyataan dari panglima TNI dan KASAU terkait dengan kondisi armada udara Indonesia saat ini. gak ada istilah tua kan yaa..
    berarti semua armada udara Indonesia bisa dan layak terbang. gak ada yang besi tua dan di musiumkan...

    perlu juga dipikirkan mengenai perawatan.
    mana perawatan yang lebih murah?
    mesin tua atau mesin baru?
    bukankah kalau mesin baru ada jaminan garansi dari pembuatnya?
    sementara mesin tua.... yaaa tau sendiri lah...

    Indonesia pernah mengalami masalah ketika embargo senjata dari amerika.
    tentunya anda tidak menutup mata untuk masalah tersebut.
    sekarang mari kita pikirkan, seandainya embargo tersebut terjadi lagi..
    apa gak jadi mangkrak itu pesawat?

    kenapa harus F 16?
    satu2nya pesawat canggih yang ada di pasaran?
    helloooo... silahkan buka mata dan buka pikiran..
    apakah F16 hanya satu2 yang terbaik?
    apakah pemerintah melupakan squadron udara yang terdiri dari pesawat Sukhoi?
    apa harganya tidak lebih ekonomis?

    masih ingat dengan kerjasama antara Indonesia dengan Korsel terkait dengan pesawat tempur.
    masih ingat donk adanya dokumen yang dicuri oleh mata2 negara asing.
    jangan2 ini semuanya saling berkaitan?

    apa pemerintah juga lupa dengan industri penerbangan Indonesia yang diwakilin oleh PT DI?
    sudikah pemerintah menggelontorkan dana untuk riset dan pengembangan PT DI?

    berdikari.
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  10. #10
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,478
    Rep Power
    0

    Re: Inilah Penyebab Senjata TNI Kalah dengan Negara Lain

    menanggapi sesepuh diatas, mungkin juga hibah yang di maksud karena ada niat2 tertentu..

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0