Page 7 of 8 FirstFirst 12345678 LastLast
Results 61 to 70 of 75

Thread: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran


  1. #61
    Beginner
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    69
    Rep Power
    7

    Post Re: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran

    Plutarkus menceritakan kisah Alexander Agung yang berjumpa dengan Diogenes yang sedang memperhatikan setumpuk tulang manusia.

    "Apa yang sedang kau amati?" tanya alexander.

    "sesuatu yang tidak dapat saya temukan", jawab filsuf itu.

    "Apa itu?"

    "Perbedaan antara tulang ayahmu dan tulang budak-budaknya.

    Hal ini sama tidak terbedakan: tulang katolik dengan tulang protestan. tulang hindu dan tulang islam. tulang arab dan tulang israel. tulang rusia dan tulang amerika.
    Orang-orang yang menerima penerangan batin tidak melihat perbedaannya, bahkan kalau tulang-tulang itu ada dagingnya. (Antonie de Mello SJ)

  2. #62
    Beginner
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    69
    Rep Power
    7

    Re: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran

    Seorang tetangga datang untuk meminjam keledai Nasruddin.

    "Keledai sedang dipinjam," kata Nasruddin

    Pada saat iut binatang tersebut meringkik dari kandangnya.

    "Tetapi saya dengar ringkikannya." kata tetangga itu.

    "Jadi siapa yang kau percaya, keledai atau saya?"
    (humor sufi)

  3. #63
    Beginner
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    69
    Rep Power
    7

    Post Re: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran

    dikutip dari buku sufisme sunan kalijaga:

    segala macam diabaikan. Ia tidak ingat kata-katanya sendiri. Ia sudah mabuk. Tak ada sesuatu yang ingin dipandangnya, ia tidak memiliki rasa, ia tidak memiliki tujuan yang akan dicapai. Sesungguhnya, kesejatian adalah kekosongan. Dalam kekosongan ada hadir, dan dalam hadir itu tersimpan hakekat tersembunyi. Tak ada lagi yang dirasakan.

    Bukanlah rasa yang terasa dibibir, bukanlah rasa yang dibuat-buat, bukan rasa yang melepas rasa, rasa yang bukan untuk dirasakan. rasa yang merasai sekaligus rasa yang terasa. Rasa yang sejati adalah rasa yang mulia kuasa. Orang yang mencapai rasa sejati bersembahyang tidak mengenal masa. Laksana air yang mengalir tiada akhir. Baik dalam keadaaan tidur maupun terjaga, ia selalu memuji siang dan malam.

  4. #64
    Contributor hatinurani's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    sukabumi
    Posts
    4,207
    Rep Power
    11

    Re: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran

    Quote Originally Posted by mabur View Post
    dikutip dari buku sufisme sunan kalijaga:

    segala macam diabaikan. Ia tidak ingat kata-katanya sendiri. Ia sudah mabuk. Tak ada sesuatu yang ingin dipandangnya, ia tidak memiliki rasa, ia tidak memiliki tujuan yang akan dicapai. Sesungguhnya, kesejatian adalah kekosongan. Dalam kekosongan ada hadir, dan dalam hadir itu tersimpan hakekat tersembunyi. Tak ada lagi yang dirasakan.

    Bukanlah rasa yang terasa dibibir, bukanlah rasa yang dibuat-buat, bukan rasa yang melepas rasa, rasa yang bukan untuk dirasakan. rasa yang merasai sekaligus rasa yang terasa. Rasa yang sejati adalah rasa yang mulia kuasa. Orang yang mencapai rasa sejati bersembahyang tidak mengenal masa. Laksana air yang mengalir tiada akhir. Baik dalam keadaaan tidur maupun terjaga, ia selalu memuji siang dan malam.
    mas mabur yg ini mah agak berat...hehehe btw semua postingan mas mabur tentang nasehat sufi saya print...thanks

  5. #65
    Beginner
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    69
    Rep Power
    7

    Post Re: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran

    Quote Originally Posted by hatinurani View Post
    mas mabur yg ini mah agak berat...hehehe btw semua postingan mas mabur tentang nasehat sufi saya print...thanks

    iya tadi waktu mau ngepost mikir ini agak berat gak ya? tapi udah bismillah ya jadi deh. biasanya kalau gak sesuai setelah bismillah suka ilang habis di submit hehehe. saya kalau bingung membaca suatu karya atau pernyataan seseorang/penulis tidak akan saya pikirkan dalam-dalam dibiarin aja, karena apabila semakin dipikirkan biasanya semakin bingung, jadi dipasrahin saja. bingung biarin, nanti kan kalo dimurahi sama Tuhan ketemu sendiri jawabannya.

  6. #66
    Contributor hatinurani's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    sukabumi
    Posts
    4,207
    Rep Power
    11

    Re: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran

    Quote Originally Posted by mabur View Post
    iya tadi waktu mau ngepost mikir ini agak berat gak ya? tapi udah bismillah ya jadi deh. biasanya kalau gak sesuai setelah bismillah suka ilang habis di submit hehehe. saya kalau bingung membaca suatu karya atau pernyataan seseorang/penulis tidak akan saya pikirkan dalam-dalam dibiarin aja, karena apabila semakin dipikirkan biasanya semakin bingung, jadi dipasrahin saja. bingung biarin, nanti kan kalo dimurahi sama Tuhan ketemu sendiri jawabannya.
    It,s OK yg penting nasehat2 ini bisa kita renungi dan bisa membersihkan hati kita..dan kita selalu terjaga dan terarahkan kedalam koridor kebaikan dunia dan kebaikan setelah dunia tiada...

  7. #67
    Senior Member danangbanget's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    1,061
    Rep Power
    0

    Re: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran

    "Jangan pernah berbicara solusi apapun selama satu pos belum dibenahi, yaitu keram akhlak"

  8. #68
    Senior Member Mr.Shock's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    1,513
    Rep Power
    9

    Re: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    Segala sesuatu harus dibarengi dengan niat (sesuatu = keinginan yang baik)
    Namun niat tanpa usaha akan sia-sia belaka

    Ambillah sesuatu yang baik meskipun keluarnya dari dubur ayam
    Maksudnya, ambillah segala yang baik2 tanpa melihat dari mana datangnya

    Sesuatu yang baik dan benar itu yang bagaimana ?,... acuan siapa atau apa yang dipakai untuk menilai suatu baik dan benar...

    contohnya gini...
    bagi orang yg beragama, semua yang baik dan benar ttg hidup dan Tuhan adalah yg sesuai dengan kitab dan ajaran agama tsb....
    bagaimana dengan orang yg tidak pernah mengenal agama ?
    banyak sekali orang yg tidak mengenal agama, karna memang orangtuanya tidak beragama,... hampir seluruh orang jepang tidak beragama....(kalo tidak salah)
    kalo acuan agama yg dipake untuk menilai baik dan benar, bisa dipastikan orang jepang pastilah tidak baik..


    Jangan pernah meremehkan dosa-dosa kecil, karena dari situlah berseminya dosa-dosa besar
    Dosa kecil tidaklah dipandang kecil jika dilakukan terus menerus
    Dosa besar tidaklah akan menjadi besar jika dibarengi dengan istighfar (mohon ampunan)

    Siapa yang pergi mencari ilmu, maka syurgalah yang dicarinya
    Siapa yang pergi mencari maksiat, maka nerakalah yang dicarinya
    Ada perspektif yg tidak umum,
    1. adalah orang budha,..
    orang budha tidak mengenal istighfar atau pengampunan,
    mereka hanya tahu karma,... apa yg diperbuat harus dibayar lunas... tidak saat ini, maka akan menjadi beban anak cucu...
    pengampunan tidak cukup dengan istighfar atau dengan mengaku dosa versi kristiani... tapi harus dengan menebus dengan perbuatan amal yg setimpal dengan "dosa" yg diperbuat. (secara pribadi, menurut saya ini lebih fair).

    2. Atheis,..
    orang yg tidak beragama punya sudut pandang yg berbeda pula,
    Manusia adalah kumpulan energi,.. positif dan negatif..yang diaktualisasi melalui pikiran...
    perbuatan yg jahat adalah dari pikiran yg jahat juga...
    pikiran yg jahat akan memancarkan energy negatif,..
    sehingga orang yg sering melakukan kejahatan akan dikelilingi energy negatif yang pada akhirnya akan membuat diri dia celaka....

    Pernahkah kita mendengar,.. orang yg meninggal karna kecelakaan, maka arwahnya akan menjadi "galak" artinya, sering pulang ke rumah atau menampakkan diri...
    dibandingkan dengan orang yg meninggal karna sakit tahunan arwahnya jarang yg gentayangan.

    penjelasan ilmiah kasus diatas adalah
    manusia adalah kumpulan energy yg sinergi dengan alam sebagai pusat energy..
    orang yg meninggal karna kecelakaan atau dibunuh, sebenarnya enrgynya masih sangat kuat ,.. tiba2 dibinasakan begitu saja (suddenly death), maka arwah yg gentayangan sebenarnya adalah kumpulan2 energy yang masih sangat kuat...yg masih belum ternetralisir oleh alam.

    sedangkan orang yg meninggal karna sakit tahunan...energy nya makin hari makin lemah,... pada saat meninggal sebenarnya memang sudah kehilangan energy...sehingga "arwah" nya hampir tidak pernah gentayangan.



    What do you think,... bro ????

    Last edited by Mr.Shock; 15-08-08 at 01:13 AM.

  9. #69
    Contributor hatinurani's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    sukabumi
    Posts
    4,207
    Rep Power
    11

    Re: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran

    Quote Originally Posted by Ki Lalang View Post
    Pada mulanya alam adalah kosong dan hening, bagai ada dan tiada.

    Kemudian dari keadaan hening itu, muncullah kehendak. Dari kehendak itu muncullah keempat unsur. Maka muncullah beragam manusia untuk membuktikan mereka paling unggul dihadapan Gusti.

    Tanpa disadari, manusia yang saling kejar mengejar itu tidak berhenti dalam pengejarannya. Semua informasi ketidak bahagiaannya disimpan di dalam rohnya, yang si A ingin menjadi B, yang B ingin menjadi C, yang C ingin menjadi D, sedangkan yang D ingin menjadi A. Maka dari proses itu akumulasi hutang-hutang terkumpul sampai mereka tidak bisa membayar. Kemudian ada yang jadi ini, ada yang jadi anu.

    Tetapi ada manusia yang sudah mengetahui dari A sampai D, sudah merasakannya di hati nya bagaimana jadi A, B, C dan D. Melihat itu kehendaknya beralih untuk menemukan yang sejati, karena yang sejati itu bukan A, B, C, atau D. Orang kuno sering berpuasa, ngelmu atau bertapa seperti aki yah untuk itu.
    Ki kalau ibarat jenjang sekolah mah level seperti yg diatas itu sudah tingkat Perguruan tinggi...dan kalau masih berkutat dalam mengagungkan ajaran sayalah yg paling benar yg lain itu palsu..itu mah kelas play group..hehehe ki hal2 seperti inilah yg harus kita perbanyak untuk menaikan level kita..masa kita disitu2 aja ngga naik kelas..itu buat yg berfikir...

  10. #70
    Member anoew's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Sumsel
    Posts
    728
    Rep Power
    7

    Re: kata-kata/nasehat bijak dan kisah yang menggugah kesadaran

    Dikutip dari majalah intisari:

    ~ Tidak ada sesuatu yang terlalu jauh untuk selalu merasa dekat ~
    ~ Poison don't eat ~

Page 7 of 8 FirstFirst 12345678 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO