Results 1 to 9 of 9

Thread: Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia


  1. #1
    Junior Member ABCENT's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    200
    Rep Power
    7

    Post Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia

    Ada sebuah berita :

    Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia
    Senin, 21 januari 2008 | 04:16 WIB Medan, Kompas -

    Cerita bergambar Melayu karya almarhum Zam Nuldyn sudah disadur di Malaysia sejak dua tahun lalu. Buku itu dicetak dan diterbitkan dalam edisi ekslusif dalam satu kotak berisi 10 buku cerita rakyat yang ditulis warga Medan ini.
    Kesaksian itu disampaikan Dekan Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara, Syaifuddin dalam seminar Nilai Patriotisme dan Nasionalisme dalam Cerita Bergambar Zam Nuldyn, Sabtu (19/1). Buku-buku itu antara lain berjudul Hang Tuah, Panglima Denai, dan Si Putri Cermin.
    .................................................. .................................................. ..
    .................................................. .......................................(wsi)
    baca lengkap:
    http://www.kompas.co.id/kompascetak/...2&mn=15&idx=15
    __________________________________________________ _________

    Mudah-mudahan beritanya akurat, supaya gak dibilang provokasi.

    Cerita rakyat, masa gak bisa didaftarkan jadi milik suatu komunitas ?

    Umpama, ada seorang yg membuat cerita berjudul : "10 cerita rakyat Malayu Medan-Riau", trus dikasih ulasan dimasing-masing cerita.
    Rasanya penulis itu berhak, menurut saya, bahkan boleh mengajukan copyright, dan mendapat royalty bila ada yg menyadur ulasannya dan menjualnya.

    Apalagi kalau ada tokoh kebudayaan, baik nasional ataupun regional yg membuat kata sambutan dalam buku itu.
    Sejauh tidak ada sanggahan yg terbukti syah, maka selanjutnya cerita dalam buku itu adalah syah milik komunitas yg disebut, dan boleh didaftarkan ke UNESCO.

    Jadi, siapa mau mulai ?

  2. #2
    Beginner
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    54
    Rep Power
    0

    Re: Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia

    Aku sich ndak kaget dengan kebiasaan orang Malay ini... Mau bukti, lihat saja DVD dan VDC bajakan yang beredar di Indonesia ini. Sebahagian besar karya orang Malay.... Tapi kalau yang ini, disambut manis di Tanah Air kita... Ironis sekali kan!!!

  3. #3
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    170
    Rep Power
    7

    Re: Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia

    hiks... sedih mendengarnya. warisan budaya knp enggak di jaga?
    I will be back !

  4. #4
    Junior Member ABCENT's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    200
    Rep Power
    7

    Re: Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia

    Masih dari berita yg sama :
    .................................................. ...
    Sastrawan Sumut, Damiri Mahmud mengatakan, cerita rakyat sudah mulai pudar pamornya. Banyak penutur yang mengubah alur atau plot cerita. Ini terjadi karena masyarakat tidak mau menjaga budaya (underline oleh saya, ABCENT) sehingga dengan mudah mengubah cerita."Berbeda dengan karya sastra Tiongkok, tulisan yang sudah berusia 2.000 tahun pun disimpan dengan baik di Museum," katanya.
    Banyak remaja tidak terpesona dengan tokoh yang terlihat kuno. Mereka lebih senang melihat sang tokoh naik jet pribadi, daripada naik kuda.
    .................................................. .........

    http://www.kompas.co.id/kompascetak/...2&mn=15&idx=15
    __________________________________________________

    Bikin aja episode cerita baru,
    Hang Tuah naik Humvee,
    terus pakai Helikopter Blue Thunder menuju Kapal Induk,
    dikawal oleh Hang Kasturi .......

    boleh nggak ya? ndak ada yg proteskah ?

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3
    Rep Power
    0

    Re: Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia

    Jangan salain malay terus ach... kan malu...

    coba kita pikir.....
    kita jemur pakaian di pinggir jalan yang rame....
    banyak orang lalu lalang....
    sampai2 orang yang lewat ndak tau kalo pakaian itu milik kita...
    terus ada yang "iseng" ambil....
    apa kita ndak malu kalo nyalah2in orang.....
    walau kita tau yang ambil emang XXling...? ha?

  6. #6
    Junior Member ABCENT's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    200
    Rep Power
    7

    Re: Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia

    Quote Originally Posted by hidayat View Post
    Jangan salain malay terus ach... kan malu...
    .................................................. ...........................
    .................................................. ...........................
    walau kita tau yang ambil emang XXling...? ha?
    ya nggak lah, 'kan .... you know lah ................... hehehehe

  7. #7
    Advisor alindri's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    di rumah......
    Posts
    13,767
    Rep Power
    20

    Re: Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia

    pakaian dijemur dipinggir kalipun, kalau bukan milik kita ya jangan diambil?
    Yang mau mengambil milik orang lain itu kan berarti mentalnya MALING
    c yau

  8. #8
    Junior Member ABCENT's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    200
    Rep Power
    7

    Re: Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia

    yach , cerita rakyat(CERIYAT) sepertinya, minimal dalam kebiasaan budaya kita , tidak bisa di-apa-apakan lagi, kecuali di-museum-kan.

    ...................
    Sastrawan Sumut, Damiri Mahmud mengatakan, cerita rakyat sudah mulai pudar pamornya. Banyak penutur yang mengubah alur atau plot cerita. Ini terjadi karena masyarakat tidak mau menjaga budaya sehingga dengan mudah mengubah cerita."Berbeda dengan karya sastra Tiongkok, tulisan yang sudah berusia 2.000 tahun pun disimpan dengan baik di Museum," katanya.
    ...................
    menyimpan rapi CERIYAT dalam museum sungguh sangat penting,
    tapi bagaimana membuat orang masih mau "menengok" karya itu ?
    menyuruh yg dewasa keliatannya akan sia-sia, paling dijawab dgn :
    "....ya, dulu aku pernah baca .... " atau (yg sadis) " ... akh, ceritaan kuno ...", apalagi nyuruh anak-anak.
    ya hilang sudah budaya itu , "dimakan zaman".

    beberapa orang yg perduli akan hal-hal seperti ini, punya imajinasi dan kemampuan tulis yg baik, bisa saja mencoba, bukannya dgn mengubah alur cerita aslinya, karena itu akan sama saja dgn menghilangkan karya aslinya, tapi dgn membawakan cerita lain (fiksi baru yg lebih "modern"), yg "menggandeng" tokoh dalam CERIYAT.
    dengan demikian maka CERIYAT itu seperti diberi "pengikut baru".

    dan walaupun nantinya yg akan lebih populer adalah cerita yg baru itu, tapi dgn tehnik bercerita yg tepat, episode dalam CERIYAT itu akan mungkin ditampilkan utuh per episode dalam fiksi tersebut.
    dan CERIYAT tersebut tetap akan mengemuka sejalan dgn kreativitas baru tersebut.

    bayangkan saja kalau ada komik cerita :
    "Putri Cermin bertemu Mak Lampir",
    atau
    "Godam belajar silat pada Hang Jebat",
    .................................................. .................. apa ndak heboh .

    ada pendapat lainnya ?

  9. #9
    Beginner
    Join Date
    May 2009
    Location
    Tangerang
    Posts
    52
    Rep Power
    5

    Re: Cergam Melayu Medan Disadur Malaysia

    memang ga ada kapoknya mly mengkopi paste budaya dan hasil karya indo, ini karena indonya lemah atau memang mlynya ya yang kurang punya tenggang rasa

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0