Page 4 of 5 FirstFirst 12345 LastLast
Results 31 to 40 of 44

Thread: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?


  1. #31
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?

    .

    Mmmmmm
    Bisa dengan cara langsung dan tidak langsung
    Dengan cara tidak langsung saja aaah
    1. Manaikkan taraf hidup rakyat kecil
    2. Sukseskan pendidikkan utk rakyat kurang mampu
    3. Listrrik jangan sering byar pet

    Dengan naiknya taraf hidup dan pendidikkan yg dengan sendirinya rakyat terbentuk pola pikir yg maju pula, kriminalitas juga menurun dengan sendirinya

    kalau saya bayangkan melewati kampung, sering tertulis " hati-2 banyak anak ! "

    Yaaaaah, itu karena listrik sering byar pet, pendidikkan kurang, udah pengangguran, nggak ada duit lagi, udah nggak ada kerjaan, gelap lagi, otomatis anaknya ya buaaaanyak

    memang indonesai dulu terkenal dengan perang gerilya - nya
    thx

  2. #32
    Member
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    in the middle of....
    Posts
    594
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?

    Quote Originally Posted by Happy View Post
    .

    Mmmmmm
    Bisa dengan cara langsung dan tidak langsung
    Dengan cara tidak langsung saja aaah
    1. Manaikkan taraf hidup rakyat kecil
    2. Sukseskan pendidikkan utk rakyat kurang mampu
    3. Listrrik jangan sering byar pet

    Dengan naiknya taraf hidup dan pendidikkan yg dengan sendirinya rakyat terbentuk pola pikir yg maju pula, kriminalitas juga menurun dengan sendirinya

    kalau saya bayangkan melewati kampung, sering tertulis " hati-2 banyak anak ! "

    Yaaaaah, itu karena listrik sering byar pet, pendidikkan kurang, udah pengangguran, nggak ada duit lagi, udah nggak ada kerjaan, gelap lagi, otomatis anaknya ya buaaaanyak

    memang indonesai dulu terkenal dengan perang gerilya - nya
    thx

    Huehehehe...iya juga seh. Kalo lagi pusing dengan beban hidup dan ekonomi mungkin satu-satunya pelampiasan bagi rakyat kecil untuk refreshing adalah 'itu'. Sayangnya pada gak ikutan KB. Padahal dulu Soeharto walaupun tidak memberi contoh yang baik pun (punya anak banyak dia), KB bisa berjalan dengan baik dan berkesinambungan (otoriter/tidak). Mestinya jaman sekarang SBY yang anaknya sedikit bisa lebih mudah karena beliau bisa memberi contoh langsung kepada rakyat. BKKBN nya mana yah ???

  3. #33
    Member Night's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    homeless
    Posts
    809
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?

    Quote Originally Posted by gendhruwo View Post
    Menurut harian Kompas bbrp waktu lalu, pertumbuhan penduduk di Indonesia sangat mengkhawatirkan. Pertumbuhan penduduk tsb yg tidak diimbangi dengan fasilitas sosial, ekonomi, kesehatan, lahan, dll tentunya dapat menjadi bencana. Sebab, mereka butuh makan, butuh lapangan kerja, butuh tempat tinggal, butuh hidup layak, dll. Sementara apa-apa yg dibutuhkan tadi sangat terbatas. Menurut rekans sekalian, bagaimana solusinya untuk mengatasi ledakan penduduk? Apakah perlu intensifikasi Keluarga Berencana?
    Jangan lupa pake kondom..., yang safety aja...
    Jangan sering mati lampu, karena kalo mati lampu jadi ngga tau mau ngapain hingga akhirnya cari hiburan di kamar dech....
    malam yang gelap - malam yang hitam - malam yang kelam

  4. #34
    Senior Contributor Flores's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    6,972
    Rep Power
    14

    Re: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?

    Orang ko pusing sekali dengan ledakan penduduk?

    Apa bumi ini pernah terjadi ledakan penduduk?
    Bumi mampu menghidupi belasan milliar penduduk. Anda tahu berapa rata-rata pertumbuhan penduduk dunia saat ini? Hanya 2.7% (atau 2.2%, tolong dikoreksi kalau saya keliru)

    Problem utamanya ialah distribusi penduduk dan distribusi umur (nanti lebih banyak orang tua ketimbang orang muda) dan tentu saja distribusi kekayaan yang sangat timpang.

    Jangan khawatir terjadi ledakan penduduk, lah dengan zat kimia, bom, polusi udara, air, tanah, manusia bakal lebih banyak mati secara alamiah. Global warming bakal mendatangkan banyak bencana alam yang mematikan rjutaan orang tiap tahunnya dalam 50 tahun ke depan

    Jangan khawatir soal ledakan penduduk. Banyak penyakit mematikan akan bermunculan dan tak ada obatnaya sama sekali. khawatir AIDS itu ngga seberapa, dalam 30 tahun ke depan bakal banyak penyakit yang lebih mematikan dari AIDS.

    Sekarang sudah ada Flu burung, bayangkan kalau flu burung sudah bisa transfer antar manusia, bakal ratusan juta manusia mati. Dan ini hanya soal waktu bahwa strain baru flu burung bisa transfer antar manusia, bukan hanya dari binatang ke manusia seperti yang ada saat ini. Saat ini saja sudah lebih dari 10 strain baru flu burung, walau masih hanya bekerja dari burung ke manusia atau burung ke burung.

    Penyakit lainnya ialah ebola. Hanya soal waktu bahwa ebola bakal meledak, bukan hanya di Afrika juga di seluruh dunia. Migrasi penduduk yang begitu cepat dan masif, turut mempercepat penyebaran penyakit.

    Pasti dalam 20-50 tahun ke depan ada penyakit yang jauh lebih berbahaya dari flu burung dan ebola.

    Kita juga belum bicara soal bencana alam, seperti gempa yang belakangan ini sering sekali terjadi, plus tentu saja global warming.


    Salam

  5. #35
    Member
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    in the middle of....
    Posts
    594
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?

    Quote Originally Posted by Flores View Post
    Orang ko pusing sekali dengan ledakan penduduk?

    Apa bumi ini pernah terjadi ledakan penduduk?
    Bumi mampu menghidupi belasan milliar penduduk. Anda tahu berapa rata-rata pertumbuhan penduduk dunia saat ini? Hanya 2.7% (atau 2.2%, tolong dikoreksi kalau saya keliru)

    Problem utamanya ialah distribusi penduduk dan distribusi umur (nanti lebih banyak orang tua ketimbang orang muda) dan tentu saja distribusi kekayaan yang sangat timpang.

    Jangan khawatir terjadi ledakan penduduk, lah dengan zat kimia, bom, polusi udara, air, tanah, manusia bakal lebih banyak mati secara alamiah. Global warming bakal mendatangkan banyak bencana alam yang mematikan rjutaan orang tiap tahunnya dalam 50 tahun ke depan

    Jangan khawatir soal ledakan penduduk. Banyak penyakit mematikan akan bermunculan dan tak ada obatnaya sama sekali. khawatir AIDS itu ngga seberapa, dalam 30 tahun ke depan bakal banyak penyakit yang lebih mematikan dari AIDS.

    Sekarang sudah ada Flu burung, bayangkan kalau flu burung sudah bisa transfer antar manusia, bakal ratusan juta manusia mati. Dan ini hanya soal waktu bahwa strain baru flu burung bisa transfer antar manusia, bukan hanya dari binatang ke manusia seperti yang ada saat ini. Saat ini saja sudah lebih dari 10 strain baru flu burung, walau masih hanya bekerja dari burung ke manusia atau burung ke burung.

    Penyakit lainnya ialah ebola. Hanya soal waktu bahwa ebola bakal meledak, bukan hanya di Afrika juga di seluruh dunia. Migrasi penduduk yang begitu cepat dan masif, turut mempercepat penyebaran penyakit.

    Pasti dalam 20-50 tahun ke depan ada penyakit yang jauh lebih berbahaya dari flu burung dan ebola.

    Kita juga belum bicara soal bencana alam, seperti gempa yang belakangan ini sering sekali terjadi, plus tentu saja global warming.


    Salam

    Iy, ngapain pusing masalah pertumbuhan penduduk bumi...... Tapi ini yang kita bahas kan pertumbuhan penduduk indonesia. Dalam konteks teritory sebuah negara. Kalo pemerintah berpikir sama seperti bung flores, gak perlu mereka bikin program KB, biarkan saja hukum alam yang berproses....kecelakaan di jalan aja banyak banget (Naudzubillah....).

  6. #36
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    235
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?

    saya sih berprinsip hidup itu yah patut disyukuri
    kalau rezeki ada, bisa hidupin lebih dari satu istri kenapa tidak
    dan tentunya punya anak sebyknya biar rame keluarga, dan nanti masa depannya semakin byk anak semakin bisa membantu orang tua

  7. #37
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?

    Quote Originally Posted by buzzer View Post
    saya sih berprinsip hidup itu yah patut disyukuri
    kalau rezeki ada, bisa hidupin lebih dari satu istri kenapa tidak
    dan tentunya punya anak sebyknya biar rame keluarga, dan nanti masa depannya semakin byk anak semakin bisa membantu orang tua
    .

    Lha ini prinsip mangan tak mangan sing penting kumpul
    tapi jangan lupa bro, yen ojo salah nek mangan orak mangan sing penting kumpul kuwi kurang rame
    thx

  8. #38
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?

    .

    Mmmmmmm
    Mengenai mengatasi ledakkan penduduk.......
    Sebelumnya saya utarakan cara mengatasinya dengan cara mengerem dengan listrik jangan sering byar pet.

    Sekarang dengan mengurangi jumlah penduduk, ibaratnya kalau kita naik lift, lalu over load, lift tdk akan kerja kalau beban tidak dikurangi.

    Mengurangi jumlah penduduk, seperti salah satunya global warming, penyakit baru ( AIDS, H5-1 dll), bencana alam, dlll yg menurut saya adalah ujung-2 nya adalah seleksi alam.

    Jadi faktor pengendali peledakkan penduduk alam yg mengendalikan jumlah penduduk melalui proses seleksi alam yg panjang dan kadang pulalah sebagian perbuatan ulah manusia juga yg berdampak pada semuanya dengan sendirinya merubah ekosistem dan hilangnya suatu mata rantai kehidupan alam.

    Contoh simpel keseimbangan alam, di gambarkan kehidupan rumput, sapi, harimau.
    Harimau dalam mata rantai tertinggi makan sapi, sapi makan rumput, rumput sebagian dari kotoran dan bangkai harimau.
    Apabila salah satu berkurang ataupun menyusut bisa faktor alam bisa juga faktor manusia misal sapi krn penyakit ataupun diburu terus, sapi akan tinggal sedikit, rumput bertambah banyak, tapi dengan berkurangnya sapi lambat laun harimau juga ikut berkurang krn harimau tidak makan rumput.
    Tinggal rumput bertambah banyak, sehingga memicu pertambahan sapi, lambat laun memicu pertambahan harimau, jadi alam yg menjaga keseimbangan populasi rumpput, sapi dan harimau.

    Secara sadar maupun tidak sadar, proses seleksi alam telah berjalan mulai menggrogoti pelan-2 populasi manusia yg pada akhirnya tjd perubahan alam yg menyebabkan berkurangnya jumlah penduduk di bumi ini krn diseleksi oleh alam, krn berkurangnya SDA yg tidak seimbang dgn SDM

    sebentar .... ....kok malah jadi sains yaaaah.

    Waduh sudah ketik banyak nih, nggak papa ya komentarnya secara sains ?
    maap ya , saya baru telat menyadari

    thx

  9. #39
    Member erni's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    588
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?

    Quote Originally Posted by Flores View Post
    Orang ko pusing sekali dengan ledakan penduduk?

    Apa bumi ini pernah terjadi ledakan penduduk?
    Bumi mampu menghidupi belasan milliar penduduk. Anda tahu berapa rata-rata pertumbuhan penduduk dunia saat ini? Hanya 2.7% (atau 2.2%, tolong dikoreksi kalau saya keliru)

    Problem utamanya ialah distribusi penduduk dan distribusi umur (nanti lebih banyak orang tua ketimbang orang muda) dan tentu saja distribusi kekayaan yang sangat timpang.

    Jangan khawatir terjadi ledakan penduduk, lah dengan zat kimia, bom, polusi udara, air, tanah, manusia bakal lebih banyak mati secara alamiah. Global warming bakal mendatangkan banyak bencana alam yang mematikan rjutaan orang tiap tahunnya dalam 50 tahun ke depan

    Jangan khawatir soal ledakan penduduk. Banyak penyakit mematikan akan bermunculan dan tak ada obatnaya sama sekali. khawatir AIDS itu ngga seberapa, dalam 30 tahun ke depan bakal banyak penyakit yang lebih mematikan dari AIDS.

    Sekarang sudah ada Flu burung, bayangkan kalau flu burung sudah bisa transfer antar manusia, bakal ratusan juta manusia mati. Dan ini hanya soal waktu bahwa strain baru flu burung bisa transfer antar manusia, bukan hanya dari binatang ke manusia seperti yang ada saat ini. Saat ini saja sudah lebih dari 10 strain baru flu burung, walau masih hanya bekerja dari burung ke manusia atau burung ke burung.

    Penyakit lainnya ialah ebola. Hanya soal waktu bahwa ebola bakal meledak, bukan hanya di Afrika juga di seluruh dunia. Migrasi penduduk yang begitu cepat dan masif, turut mempercepat penyebaran penyakit.

    Pasti dalam 20-50 tahun ke depan ada penyakit yang jauh lebih berbahaya dari flu burung dan ebola.

    Kita juga belum bicara soal bencana alam, seperti gempa yang belakangan ini sering sekali terjadi, plus tentu saja global warming.
    Salam
    Sy setuju dg kenyataan ‘seleksi secara alamiah’ karena bencana alam, penyakit, global warming, perang, terorisme, dll spt yg Bapak sebutkan, mati memang di tangan Tuhan, tapi sy rasa menurut yg sy imani, Tuhan juga mau manusia berusaha, bukan hanya pasrah pada takdir.

    Masalah utama distribusi penduduk dan distribusi umur (nanti lebih banyak orang tua ketimbang orang muda) dan tentu saja distribusi kekayaan yang sangat timpang, itu juga kenyataan, yg menurut sy, tidak mudah terwujudkan di banyak negara di dunia, karena kejamnya politik, kemiskinan, dll. yg berefek pada kurangnya pendidikan, sehingga minim pengertian ttg kesejahteraan hidup bagi keluarga kecil. Ini juga jelas2 terjadi di Indonesia kita ini, belum lagi akibat dr efek domino krisis keuangan di Amerika yg memang belum terasa sampai lapisan yg paling bawah (semoga tidak terulang spt 1998). Walaupun ada yg bilang, mereka sudah tahan banting krn ‘survive’ dr 1998 tuh, dan ungkapan ‘rakyat kecil sudah biasa menderita’, buat sy tetap menyedihkan.

    Bbrp hari lalu ada program di Metro TV dari seri Fagin & Oliver, The Asian Twist, mengenai anak jalanan di Ibukota yg berasal dari Indramayu. Bukan hiperbola, tapi sy tidak tahan & banyak menangis menontonnya, juga waktu menulis paragraf ini, krn sy memang sensitif, cengeng & emosional, apalagi bila menyangkut hal spt ini. Sy merasa frustrasi, tidak berdaya, gemas, terhadap keadaan ini, yg sy kira banyak org lain (di thread ini & Forum2) juga setuju, bahwa pemerintah/penguasa terkesan kurang serius menangani masalah kesejahteraan penduduk, khususnya anak2, orang tua & cacat.

    Di film diungkap jelas anak2 tsb. dieksploitir oleh org dewasa yg menampung mrk di gubuk liar sederhana, dg cara ‘menyetor’ semua uang yg didapat. Memang org tsb. berdalih kasihan kpd anak2 tsb. lah, mau anak2 sekolah lah, dst. tapi intinya tetap eksploitasi anak.

    Sy pribadi, tidak ‘takut’ mati, walaupun, kalo boleh, jangan sakit lama2, bukan takut merasakan sakitnya, tapi lebih karena mahalnya sakit skrg ini, dan menyusahkan org lain yg mau tidak mau jadi harus mengurus si sakit. Tapi, spt bbrp quote sy di thread lainnya, sy tetap tidak tega dan tidak rela, melihat anak2 kecil yg menggelandang di jalanan, tanpa masa depan yg jelas, jangankan mimpi dapat pendidikan formal yg layak, makan 1 kali sehari saja belum pasti. Kalo mereka cepat mati karena bencana2 spt di atas, mungkin 'masih tidak terlalu sakit di hati', tapi kalo mrk hidup menderita, kepanasan & kehujanan di jalanan & sakit yg lama? Sangat mengenaskan, dan ini kenyataan yang terjadi dikehidupan kita sehari2, bukan sinetron.

    Jadi, kalo bisa lebih sejahtera dengan keluarga kecil, sy rasa lebih baik, daripada anak2 tanpa dosa yg tidak minta dilahirkan tsb. menderita karena keegoisan orangtua yg, maaf, tidak bertanggungjawab. Tidak ada lagi pepatah ‘banyak anak banyak rejeki’ sekarang ini, terutama dipikiran generasi 70-80an & yg akan datang, harusnya.

    Salam

  10. #40
    Member erni's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    588
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Mengatasi Ledakan Penduduk?

    Quote Originally Posted by Flores View Post
    Orang ko pusing sekali dengan ledakan penduduk?
    Last edited by erni; 08-10-08 at 02:16 AM. Reason: Sorry, too late, will post photos 2morrow

Page 4 of 5 FirstFirst 12345 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0