Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 18

Thread: Peraturan baru Bank International Indonesia


  1. #1
    Senior Member imobil's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Perbatasan
    Posts
    1,764
    Rep Power
    8

    Angry Peraturan baru Bank International Indonesia

    Teman2.... ada sedikit peraturan baru di BII yang terasa menggangu bagi saya pribadi......Berharap ada yang bisa kasih pendapat untuk hal yang saya temukan......


    Sekitar 2 bulan lalu saya menguangkan cek di BII dan dikasih tahu mulai tanggal satu Juli akan kena biaya penguangan cek bagi orang yang tidak mempunyai rekening di BII. Komentar saya pasa saat itu kok kena biaya kan bank lain tidak.... jawaban mereka bukan tidak tapi belum.....

    MIs: saya mendapat tagihan dalam bentuk cek BII dan jika saya mau ambil kontan di konter BII maka dikenakan biaya 15 ribu rupiah. JIka saya mempunyai rekening apapun di BII maka tidak dikenakan biaya.....

    Dan pada kamis lalu saya ke konter BII untuk menguangkan cek lagi dan maksud saya langsung saya mau mengirim uang tersebut ke bank lain.... ternyata dikasih tahu transaksi tak bisa dilakukan karena saya bukan nasabah BII...... dan saya harus bawa uang kontan untuk disetorkan ke bank lain...... kalau saya mau kirim juga uang tersebut ..iya saya harus bukan rekening apa saja dulu......

    Yang jadi pertanyaan saya:

    1. Apakah hal yang dilakukan BII sesuai dengan peraturan yang ada di BI?
    2. Apakah BII memakai cara ini untuk menaikan jumlah nasabahnya?
    3. Setahu saya biasa kita dikenakan biaya pas waktu setor uang receh tapi ini mau menguangkan uang kok kena biaya.... apakah ini adil bagi kita yang notabene bukan nasabahnya?

  2. #2
    Senior Member Azahari's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Bumi Pertiwi
    Posts
    1,547
    Rep Power
    8

    Re: Peraturan baru Bank International Indonesia

    Quote Originally Posted by imobil View Post
    Teman2.... ada sedikit peraturan baru di BII yang terasa menggangu bagi saya pribadi......Berharap ada yang bisa kasih pendapat untuk hal yang saya temukan......


    Sekitar 2 bulan lalu saya menguangkan cek di BII dan dikasih tahu mulai tanggal satu Juli akan kena biaya penguangan cek bagi orang yang tidak mempunyai rekening di BII. Komentar saya pasa saat itu kok kena biaya kan bank lain tidak.... jawaban mereka bukan tidak tapi belum.....

    MIs: saya mendapat tagihan dalam bentuk cek BII dan jika saya mau ambil kontan di konter BII maka dikenakan biaya 15 ribu rupiah. JIka saya mempunyai rekening apapun di BII maka tidak dikenakan biaya.....

    Dan pada kamis lalu saya ke konter BII untuk menguangkan cek lagi dan maksud saya langsung saya mau mengirim uang tersebut ke bank lain.... ternyata dikasih tahu transaksi tak bisa dilakukan karena saya bukan nasabah BII...... dan saya harus bawa uang kontan untuk disetorkan ke bank lain...... kalau saya mau kirim juga uang tersebut ..iya saya harus bukan rekening apa saja dulu......

    Yang jadi pertanyaan saya:

    1. Apakah hal yang dilakukan BII sesuai dengan peraturan yang ada di BI?
    2. Apakah BII memakai cara ini untuk menaikan jumlah nasabahnya?
    3. Setahu saya biasa kita dikenakan biaya pas waktu setor uang receh tapi ini mau menguangkan uang kok kena biaya.... apakah ini adil bagi kita yang notabene bukan nasabahnya?
    Itu tak Lazim. Setahu aku bank lain belum pernah kayak gitu.
    Menurutku, BI harus buat aturan standar tata laksana transaksi.
    Bank kadang-kadang punya banyak trik agar kita mau jadi nasabahnya.
    Kalau gitu, aku gak mau terima cek dari bank BII. Mending dari bank lain aja, yang gratis.

  3. #3
    Contributor Fidel Castro's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Cuba
    Posts
    2,810
    Rep Power
    11

    Re: Peraturan baru Bank International Indonesia

    Quote Originally Posted by Azahari View Post
    Itu tak Lazim. Setahu aku bank lain belum pernah kayak gitu.
    Menurutku, BI harus buat aturan standar tata laksana transaksi.
    Bank kadang-kadang punya banyak trik agar kita mau jadi nasabahnya.
    Kalau gitu, aku gak mau terima cek dari bank BII. Mending dari bank lain aja, yang gratis.
    Yap ........... peraturan yg aneh. Sebaiknya bro Imobil kontak langsung ke CSO BII pusat untuk minta keterangan mengenai peraturan ini. Jika BII memang memberlakukan peraturan demikian, saya sarankan lebih baik pindah bank aja.
    No Regrets

  4. #4
    Senior Member Simba's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    B A T A V I A
    Posts
    1,583
    Rep Power
    8

    Re: Peraturan baru Bank International Indonesia

    Cek mempunyai kekuatan hukum yang tinggi yang dapat diperlakukan layaknya uang kertas, kecuali jika ada crossing, sehingga harus di kliring.
    Cek bodong dapat diancam dengan pidana.

    Beda dengan giro yang kekuatan hukumnya lebih rendah. dan pelanggaran atas giro hanya berupa sangsi administratif.

    benar nggak ya?

    Jika kita ingin menguangkan cek, dan mungkin saja dana belum tersedia pada rekening tersebut, bank akanmelindungi nasabahnya dengan upaya2 untuk menghalangi kita menarik dana langsung dll, sehingga kita terpaksa melakukan kliring. dengan kliring, nasabah mempunyai waktu sampai jam 3 siang untuk menyetorkan dananya.

  5. #5
    Senior Member DaryL's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    +70
    Posts
    1,323
    Rep Power
    8

    Re: Peraturan baru Bank International Indonesia

    Quote Originally Posted by imobil View Post
    Teman2.... ada sedikit peraturan baru di BII yang terasa menggangu bagi saya pribadi......Berharap ada yang bisa kasih pendapat untuk hal yang saya temukan......


    Sekitar 2 bulan lalu saya menguangkan cek di BII dan dikasih tahu mulai tanggal satu Juli akan kena biaya penguangan cek bagi orang yang tidak mempunyai rekening di BII. Komentar saya pasa saat itu kok kena biaya kan bank lain tidak.... jawaban mereka bukan tidak tapi belum.....

    MIs: saya mendapat tagihan dalam bentuk cek BII dan jika saya mau ambil kontan di konter BII maka dikenakan biaya 15 ribu rupiah. JIka saya mempunyai rekening apapun di BII maka tidak dikenakan biaya.....

    Dan pada kamis lalu saya ke konter BII untuk menguangkan cek lagi dan maksud saya langsung saya mau mengirim uang tersebut ke bank lain.... ternyata dikasih tahu transaksi tak bisa dilakukan karena saya bukan nasabah BII...... dan saya harus bawa uang kontan untuk disetorkan ke bank lain...... kalau saya mau kirim juga uang tersebut ..iya saya harus bukan rekening apa saja dulu......

    Yang jadi pertanyaan saya:

    1. Apakah hal yang dilakukan BII sesuai dengan peraturan yang ada di BI?
    2. Apakah BII memakai cara ini untuk menaikan jumlah nasabahnya?
    3. Setahu saya biasa kita dikenakan biaya pas waktu setor uang receh tapi ini mau menguangkan uang kok kena biaya.... apakah ini adil bagi kita yang notabene bukan nasabahnya?
    saya kira enggak ada masalah dengan yg dilakukan di BII.
    Pertama mungkin saya bisa menggaris bawahi untuk mencairkan cek dari Bank Lain di BII membutuhkan waktu paling cepat 2-3 hari untuk diinkasokan.
    Kemudian masalah biaya yg dipungut saya kira itu kebijakan intern BII ada juga malah di Lippo walaupun saya pemegang rekening Lippo utk segala jenis transaksi tetep kena charge. jumlahnya masing2 bank memang berbeda.
    Fungsinya BI hanya sebagai Lembaga pengontrol transaksi keuangan saja, tdk sampai masuk ke dalam teknis transaksi masing2 perbankan.
    Your signature contains too many lines and must be shortened. You may only have up to 5 line(s).

  6. #6
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    7

    Re: Peraturan baru Bank International Indonesia

    Waduh, masalah perbankan memang rumit.
    walaupun diapa-apakan juga nasabah yg rugi.
    Pihak bank memang sudah ada perjanjian pada waktu kita buka rekening, dimanapun perjanjian tsb selalu pemenang dipihak bank.
    otomatis kita dengan sendirinya mau tidak mau mematuhinya sesuai dgn perjanjian tsb.

    Jujur saja selama saya mengadakan transaksi, bukannnya saya meremehkan bank, tapi buat jaga-2 saya selau transaksi by COD (cash on delivery), atau cek kontan.
    Maaf saya sendiri tidak mau repot dengan yg namanya GIRO, krn posisi tidak ada untungnya buat saya krn bank melindungi nasabahnya.
    Jujur saja, buat saya giro adalah tidak ada kekuatan hukumnya dan menurut saya tidak bisa masuk pidana (penipuan) melainkan perdata (utang piutang), yg dengan sendirinya tidak ada duit juga tidak ada barang.

    Masalah dikenai biaya administratif saya rasa tidak masalah, pihak bank sendiri-2 dalam membebankan biaya administratif, yg penting CAIR !

    Sekali lagi maaf buat temen-2 kalau ada yg tersinggung mengenai giro, memang giro saya rasa tidak mempunyai kekuatan hukum. walaupun ada juga merepotkan diri sendiri.
    Kec utk org yg sudah dikenal baik reputasinya.

    thx

  7. #7
    Senior Member imobil's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Perbatasan
    Posts
    1,764
    Rep Power
    8

    Re: Peraturan baru Bank International Indonesia

    maaf, mungkin ada yang kurang jelas......

    pertama saya bukan nasabah BII..... tapi saya menerima cek bayaran dari pihak lain yang menjadi nasabah BII..... jadi setiap kali saya mau menguangkan cek yang saya terima dikonter BII dengan kontan maka harus dikenakan biaya 15 ribu...... tapi kalau saya menarik melalui kliring sih tak kena biaya.....

    Yang menjadi masalah adalah setelah ceknya diuangkan kita tak bisa mengirim uang ke bank lain melalui BII kalau kita bukan nasabahnya.....

    Apakah BII memposisikan diri sebagai bank yang hanya mau melayani nasabahnya? Dan tak mau melayani orang yang bukan menjadi nasabahnya.... bukankah bank itu sifatnya melayani masyarakat umum...

    Contoh : ada orang mau mengirim uang ke suppliernya di jakarta dan suppliernya hanya punya rekening di BNI, jadi orang tersebut tidak bisa mengirim lewat BII jika dia bukan nasabah BII, biarpun dia baru mencairkan cek BII yang dia terima dari pihak lain

  8. #8
    Senior Member imobil's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Perbatasan
    Posts
    1,764
    Rep Power
    8

    Re: Peraturan baru Bank International Indonesia

    Quote Originally Posted by Azahari View Post
    Itu tak Lazim. Setahu aku bank lain belum pernah kayak gitu.
    Menurutku, BI harus buat aturan standar tata laksana transaksi.
    Bank kadang-kadang punya banyak trik agar kita mau jadi nasabahnya.
    Kalau gitu, aku gak mau terima cek dari bank BII. Mending dari bank lain aja, yang gratis.
    Masalah saya adalah ada dua customer besar yang pakai BII dan tak mungkin saya minta mereka untuk ganti bank lain.....

  9. #9
    Beginner Jack.set's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    52
    Rep Power
    7

    Re: Peraturan baru Bank International Indonesia

    Quote Originally Posted by DaryL View Post
    saya kira enggak ada masalah dengan yg dilakukan di BII.
    Pertama mungkin saya bisa menggaris bawahi untuk mencairkan cek dari Bank Lain di BII membutuhkan waktu paling cepat 2-3 hari untuk diinkasokan.
    Kemudian masalah biaya yg dipungut saya kira itu kebijakan intern BII ada juga malah di Lippo walaupun saya pemegang rekening Lippo utk segala jenis transaksi tetep kena charge. jumlahnya masing2 bank memang berbeda.
    Fungsinya BI hanya sebagai Lembaga pengontrol transaksi keuangan saja, tdk sampai masuk ke dalam teknis transaksi masing2 perbankan.
    peraturan ini hanya ada di indonesia!! tidak boleh dianggap sesuatu hal yang wajar!!

  10. #10
    Senior Member imobil's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Perbatasan
    Posts
    1,764
    Rep Power
    8

    Re: Peraturan baru Bank International Indonesia

    Quote Originally Posted by Jack.set View Post
    peraturan ini hanya ada di indonesia!! tidak boleh dianggap sesuatu hal yang wajar!!
    Sebenarnya kalau bank2 di spore juga mengenakan charge apabila kita menabung dengan uang receh..... tapi masih dalam batas wajar.....

    yang dilakukan BII saya merasa tidak wajar karna menolak orang yang mau mengirim uang lewat banknya jika bukan nasabahnya..... itu yang bikin keki.....

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0