Page 2 of 3 FirstFirst 123 LastLast
Results 11 to 20 of 29
Like Tree1Likes

Thread: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan


  1. #11
    Member girlz's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    in my city
    Posts
    826
    Rep Power
    3

    Re: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

    Quote Originally Posted by latifa View Post
    walau aneh & terlalu dipaksakan, ini emang mungkin akan lebih baik.
    kalau dilihat dari pembagian zone waktu dunia mestinya yang sekarang sudah pas, tetangga yang duluan ikut +8.
    menyamakan waktu tidak bikin jam masuk, istirahat & pulang kantor jadi beda di semua zone.
    yang enak bagian barat waktu sholat subuh jadi mundur, keuntungannya bangunnya lebih lambat dan dekat waktu berangkat kerja.
    jum'at jadi bisa lebih panjang, ini yang bakal susah karena selama ini jum'at sudah biasa bebas dari kerjaan.
    gimana bisa? sedangkan tiap daerah kan beda waktu. ada yang beda waktu 1 sampe 2 jam, terus gmn??

    nah ada daerah yang jam 7 udah keliatan mataharinya ada yang masih baru terbit? terus kalo disamakan gmn?

    waktu beribadah pas jam kerja pun jadi rancu kan?

    jadi bingung deh, maksudnya gimana?
    tak ada yang tak mungkin selama dirimu yakin

  2. #12
    Junior Member Howie Boy's Avatar
    Join Date
    Jul 2010
    Posts
    488
    Rep Power
    5

    Re: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

    Wah...repot kalo disatuin....bearti seluruh Indonesia berhenti bekerja semua pada jam 12 siang???

  3. #13
    Newbie
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

    Hal seperti ini kayanya tidak begitu tampak dampaknya, apalagi untuk menyatukannya dan mensosialisasikan kepada masyarakat juga susah.

  4. #14
    Senior Contributor Flores's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    6,972
    Rep Power
    14

    Re: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

    Kalau baca-baca tulisan online, kayaknya kebanyakan orang pintar dan bisnis bilang hal itu akan menguntungkan secara ekonomi.
    Persisnya seperti apa, sama, Bung, saya juga kurang memahaminya.

    Cuma yang saya lihat seperti ini: penyatuan waktu ini menyebabkan orang Papua masuk kantor ketika hari sudah siang dan pulang ketika hari sudah malam, sementara orang Medan akan masuk kantor lebih pagi dan pulang menjelang sore.

    Jamnya sama, sama-sama masuk jam 08:00 pagi tetapi posisi matahari sangat berbeda antara Merauke dan Medan.



    Salam!
    Last edited by Flores; 13-03-12 at 01:06 PM.

  5. #15
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    1,539
    Rep Power
    8

    Re: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

    Quote Originally Posted by Flores View Post
    Kalau baca-baca tulisan online, kayaknya kebanyakan orang pintar dan bisnis bilang hal itu akan menguntungkan secara ekonomi.
    Persisnya seperti apa, sama, Bung, saya juga kurang memahaminya.

    Cuma yang saya lihat seperti ini: penyatuan waktu ini menyebabkan orang Papua masuk kantor ketika hari sudah siang dan pulang ketika hari sudah malam, sementara orang Medan akan masuk kantor lebih pagi dan pulang menjelang sore.

    Jamnya sama, sama-sama masuk jam 08:00 pagi tetapi posisi matahari sangat berbeda antara Merauke dan Medan.

    Salam!
    waktu jalan dengan iramanya sendiri, tidak bisa diatur dan dimanipulasi.


    Pengukur, cara ukur dan aturannya yang diubah untuk suatu kepentingan.
    Kalau lihat time zones maka china yang pakai penyatuan waktu terlebar dan penggunaan +8 sudah dipakai malaysia dan singapore.
    Memang penyatuan waktu menguntungkan bagian barat (wib) karena jam kerja seolah-olah maju (lebih pagi), namun untuk waktu Indonesia Timur bakal sangat repot karena seolah-olah mundur (lebih siang)

    Mesti dipelajari dengan cermat dan hati-hati dampaknya, terutama untuk WITA, karena dengan penyatuan waktu di Marauke jam 5 sore bakal sudah gelap.

  6. #16
    Senior Member andewan's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Bnjarnegara
    Posts
    1,269
    Rep Power
    0

    Re: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

    maksudnya seh baik.......tapi kalau dipaksakan sama waktunya tar bisa susah nih buat nentuin waktu sholat,misal sholat shubuh di irian sdh agak terang tapi di jawa masih gelap???????

  7. #17
    Senior Member denker08's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Bekasi
    Posts
    1,485
    Rep Power
    9

    Re: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

    Sederhana saja, penyatuan waktu itu mungkin saja dilakukan, ini semua kan berdasarkan kesepakatan => sejauh untuk kepentingan bersama misal dalam hal perekonomian (hal ini juga dilakukan beberapa negara dan menjadi dampak yang cukup signifikan terhadap perkembangan perekonomian negara tersebut: misal china dan india). Hal yang bisa diatur kemudian adalah transaksi bisnis, misal transaksi keuangan mulai jam 09:00-15:00 dsb. Bagaimana dengan masalah ritual/keagamaan, tentu tetap ada aturan masing2, misal: dengan waktu yang sama, di Papua, zuhur mulai masuk jam 13:00, sedangkan di Makasar mulai masuk jam 12:00 dan Jakarta mulai masuk jam 11:00. Kesimpulan: Masalah penyamaan waktu bisa dilakukan sehingga penyamaan yg bersifat transaksional bisa standard tetapi hal lain mungkin berbeda. Nah hal yang bersifat transaksional inilah yang sepertinya akan distandardkan oleh pemerintah. Ini pandangan dari saya, mungkin ada yang bisa memberikan persepsi lain, dimonggoken
    -If You Are Soft To Yourself, Life Will Be Hard To You. But If You Are Hard To Yourself, Life Will Be Soft To You.-

  8. #18
    Member reenn3's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    surabaya
    Posts
    811
    Rep Power
    6

    Re: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

    kalau untuk meningkatkan produktivitas koq kurang nyambung
    Mungkin hanya sebagian orang aja yang diuntungkan
    Berhubung saya kurang terlalu berhubungan dengan zona waktu lain, jadi ya ga terlalu ngefek

  9. #19
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    1,539
    Rep Power
    8

    Re: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

    rencana penyatuan zone waktu masih terus jalan ya
    nekad, sekedar untuk tambah bikin gaduh

    tahun depan subuhnya lebih siang

  10. #20
    Senior Contributor paswa's Avatar
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    5,025
    Rep Power
    15

    Re: Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

    Quote Originally Posted by latifa View Post
    rencana penyatuan zone waktu masih terus jalan ya
    nekad, sekedar untuk tambah bikin gaduh

    tahun depan subuhnya lebih siang
    Biar ini sudah menjadi urusan MUI lebih berat mana bisnis sama Tuhan apa bisnis sesama manusia????
    Mungkin zona waktu itu akan dikeluarkan fatwa haram karena menyesatkan jadual hubungan dengan Tuhan

Page 2 of 3 FirstFirst 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0