Results 1 to 5 of 5
Like Tree2Likes
  • 1 Post By percetakan
  • 1 Post By tamandewi

Thread: [Merge] Kerusuhan Pontianak, Pengalihan Issu atau Kepentingan Politik Lainnya....


  1. #1
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    1,239
    Rep Power
    0

    [Merge] Kerusuhan Pontianak, Pengalihan Issu atau Kepentingan Politik Lainnya....

    SBY Soroti Konflik FPI dan Kelompok Adat Dayak
    Jumat, 16 Maret 2012 17:13 WIB

    PONTIANAK--MICOM: Keributan antara Front Pembela Islam (FPI) dan kelompok adat Dayak di Pontianak, Kalimantan Barat mendapat atensi khusus dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sejumlah pengarahan diberikan SBY kepada Gubernur Kalimantan Barat Cornelis. "Gubernur sudah menghadap dan melapor kejadian ini ke Presiden. Ada beberapa arahan yang diberikan presiden kepada gubernur," kata Sekretaris Daerah Kalimantan Barat M Zeet Hamdy Assovie.

    Zeet menyatakan itu pada pertemuan antara unsur pimpinan daerah dan aparat keamanan bersama tokoh masyarakat dan agama, di Kantor Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat, Jumat (16/3). "Persoalaan yang terjadi di Pontianak nuansanya hampir sama dengan daerah lain. Berkaitan dengan isu nasional, yakni rencana penaikan BBM (bahan bakar minyak)," ujarnya mengutip pernyataan presiden.

    Menurut Zeet, presiden mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat mewaspadai politisasi isu nasional di daerah. Sebab, banyak isu yang sengaja dihembuskan untuk menggoyahkan kepemimpinan nasional. Di kesempatan yang sama, Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XII Tanjungpura Edwin H Lubis menyatakan pihak mereka siap membantu sepenuhnya tugas pengamanan yang dilakukan polisi. "Saya juga mengajak masyarakat tidak terprovokasi oleh isu yang dapat memperkeruh keadaan," kata Pangdam.
    http://www.mediaindonesia.com/read/2...pok-Adat-Dayak


    Penolakan FPI di Kalbar, Polri Kirim Brimob
    Sebanyak 200 dari Brimob Kedunghalang Bogor dan 164 dari Brimob Polda Jawa Tengah.
    Jum'at, 16 Maret 2012, 20:00 WIB

    VIVAnews - Markas Besar Polri mengerahkan ratusan pasukan terkait munculnya aksi penolakan organisasi Front Pembela Islam (FPI) di Pontianak, Kalimantan Barat. Pasukan yang dikirim berasal dari satuan Brigade Mobil. "Mabes Polri telah mengirimkan pasukan sebanyak 364 orang Brimob, 200 dari Brimob Kedunghalang Bogor dan 164 dari Brimob Polda Jawa Tengah," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 16 Maret 2012.

    Selain itu, polisi juga turut mendorong adanya pertemuan (dialog) antara tokoh adat dengan pengurus FPI Kalbar untuk mencegah kedua pihak mengambil langkah-langkah anarki. "Saat ini situasi sudah bisa dikendalikan," terangnya. Saud menuturkan pada hari Rabu 14 Maret 2012 yang lalu, sekitar pukul 11.30 WITA, muncul spanduk yang berisi penolakan FPI di depan asrama khusus sejumlah suku tertentu di Pontianak. Oleh warga FPI, hal itu kemudian dilaporkan ke Polresta Pontianak. Pihak Polres akhirnya datang ke TKP dan bernegosiasi dengan pihak kampus untuk menurunkan spanduk. "Spanduk akhirnya diturunkan," jelas Saud.

    Sekitar pukul 15.30 WITA muncul rombongan bersepeda motor melewati asrama. Karena rombongan terlalu besar mengakibatkan reaksi dari penghuni asrama. Akibatnya, terjadi kumpulan massa dan mengadakan reaksi terhadap rombongam sepeda motor tersebut. Oleh petugas, aksi berhasil diamankan sekitar pukul 17.30 WITA sehingga massa bisa dibubarkan. Polresta Pontianak mencoba mengadakan pertemuan kedua pihak antara tokoh warga melayu dan juga dari FPI untuk menghindari kesalahpahaman. Dari hasil pertemuan ditemukan titik temu sehingga pada pukul 22.30 WIB pertemuan selesai dan masing-masing pihak mengusulkan agar FPI dibubarkan di Pontianak dan segalanya diserahkan kepada yg berwenang terhadap pembubaran organisasi kemasyarakatan.

    Tanggapan Gubernur

    Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, meminta segenap lapisan masyarakat di Kalbar untuk menahan diri. "Jangan percaya isu menyesatkan. Kami harapkan ke depan lebih baik. Ke daerah-daerah juga saya monitor baik-baik saja,” ujar Cornelis. Saat ini, memang banyak isu yang simpang siur di masyarakat. Bahkan, Gubernur Cornelis pun diisukan meninggal dunia. ”Saya masih hidup sampai sekarang," ucap Cornelis. "Pendopo Gubernur pun masih utuh. Rumah masih utuh. Kami meminta kasus ini diusut tuntas." Cornelis pun meminta masing-masing kelompok untuk menahan diri. "Kalau daerah kita tidak aman, hal inilah yang menghambat perekonomian di Kalimantan Barat."
    http://nasional.vivanews.com/news/re...brimob-dikirim


    Politik Persaingan Pilkada, Elit Rekayasa Konflik SARA Dayak-FPI
    Jumat, 16 Maret 2012 13:03

    itoday - Bentrokan berdarah antara massa Front Pembela Islam (FPI) dengan mahasiswa Dayak di Pontianak, Kalbar terkait agenda politik lokal. Konflik FPI-Dayak, bukan konflik etnis, tetapi sudah konflik agama, Islam-Kristen. Analisis tersebut disampaikan pengamat intelijen Suripto kepada itoday (16/3). "Konflik FPI-Dayak di Pontianak pasti ada yang merekayasa. Ada pihak-pihak yang ingin terjadi benturan sehingga memaksa aparat keamanan turun tangan," kata Suripto.

    Menurut Suripto, dalam konflik Pontianak ada pihak-pihak yang mengusung agenda politik, salah satunya pilkada. "Konflik di Pontianak ini ada agenda politiknya. Sekarang ini, siapa yang mempunyai agenda politik di sana," ungkap Suripto. Suripto menampik sinyalemen yang menyatakan bentrok Pontionak terkait agenda pengalihan isu kenaikan harga BBM. "Tidak ada pengalihan isu kenaikan BBM di Pontianak. Itu lebih kental persaingan dalam Pilkada. Sebelumnya, Habib Rizieq mau datang ke Kalimantan Tengah tidak jadi, dan sekarang Kalimantan Barat. Padahal kedatangan Habib Rizieq dalam rangka undangan dakwah. Kenapa ada resistensi?" sesal Suripto.

    Prediksi Suripto, pada 2012 ini di Indonesia penuh ancaman konflik horizontal dan vertikal. Karena di sisi lain, eksistensi aparat keamanan tidak lepas dari agenda penguasa daerah. Jika penguasa daerah ingin membuat suasana kondusif itu bisa dilakukan, demikian juga sebaliknya konflik pun bisa diskenariokan. "2012 ini, penuh ancaman konflik horizontal dan vertikal. Kalau vertikal antara rakyat dengan polisi tentang tanah atau lainnya. Horizontal itu rawan dengan SARA misalnya dengan Ahmadiyah, atau Syiah," terang Suripto.

    Sebelumnya diberitakan, terjadi bentrok massa FPI dengan mahasiswa Dayak di Jl. KH Wahid Hasyim, Rabu (14/3) sore. Bentrok dipicu pemasangan spanduk di depan Asrama Pangsuma. Bentrok menyusul terjadi pada Kamis (15/3), massa dari kedua pihak turun ke jalan di lokasi berbeda.
    http://itoday.co.id/politik/6146-per...ara-dayak-fpi-

    bisa jadi pengalihan isu
    bisa juga persaingan
    yg pasti banyak orang yg ambil keuntungan dari situasi seperti ini.....
    jangan sampai terprovokasi

  2. #2
    Senior Member percetakan's Avatar
    Join Date
    Oct 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,113
    Rep Power
    4

    Re: [Merge] Kerusuhan pontianak, pengalihan issu atau kepentingan politik lainnya....

    Lepas adanya rekayasa atau tidak, seharusnya ini bisa dihindari jika aparat yang terkait mengantisipasi jauh sebelumnya.
    Kasihan masarakat yang jadi korban







    Percetakan - Percetakan
    ntarluq likes this.

  3. #3
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,688
    Rep Power
    7

    Re: [Merge] Kerusuhan pontianak, pengalihan issu atau kepentingan politik lainnya....

    Quote Originally Posted by percetakan View Post
    Lepas adanya rekayasa atau tidak, seharusnya ini bisa dihindari jika aparat yang terkait mengantisipasi jauh sebelumnya.
    Kasihan masarakat yang jadi korban







    Percetakan - Percetakan
    Yups...betul tuh...gw setuju...

  4. #4
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,805
    Rep Power
    7

    Re: [Merge] Kerusuhan pontianak, pengalihan issu atau kepentingan politik lainnya....

    hmm mestinya ndak usah lah kita berselisih lagi masalah SARA...
    masih banyak hal yang harus dipikirkan...

  5. #5
    Senior Member andewan's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Bnjarnegara
    Posts
    1,269
    Rep Power
    0

    Re: [Merge] Kerusuhan pontianak, pengalihan issu atau kepentingan politik lainnya....

    Quote Originally Posted by percetakan View Post
    Lepas adanya rekayasa atau tidak, seharusnya ini bisa dihindari jika aparat yang terkait mengantisipasi jauh sebelumnya.
    Kasihan masarakat yang jadi korban







    Percetakan - Percetakan
    yups intelejen kita sangat lemah bro.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0