Page 2 of 5 FirstFirst 12345 LastLast
Results 11 to 20 of 42

Thread: Palangkaraya Ibukota RI


  1. #11
    Junior Member
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    107
    Rep Power
    6

    Re: Palangkaraya Ibukota RI

    Quote Originally Posted by WIDODO View Post
    Jakarta, dimata saya, adalah sebuah potret kegagalan Indonesia. Jakarta identik dengan kekumuhan,kemiskinan,kemacetan dan masalah-masalah sosial lainnya. Jakarta juga menanggung beban sejarah politik yang gagal-meskipun juga tidak terpungkiri mampu mempertahankan keutuhan NKRI-dengan banyaknya konflik horisontal maupun vertikal yang terus ada sepanjang sejarah Indonesia kita.
    Jadi, kenapa kita tidak berpaling ke tempat lain demi Indonesia masa depan? Dan bagi saya Palangka raya jawabannya. Secara geografis Palangkaraya relatif di tengah "perahu" Indonesia. Ini secara psikologis mencerminkan sebuah keadilan. Orang di timur tidak perlu merasa jauh. Palangkaraya juga pernah direkomendasikan oleh Bung Karno sebagai ibukota RI. Jadi kenapa tidk kita dukung?
    O ya, ikuti Seminar Nasional yang akan kami adakan di Sampit,Kalteng, yang akan kami adakan,yang akan mengangkat tema tersebut. Sekaligus anda mungkin punya solusi jalan politis administratif untuk menggolkan rencana Palangka Ibukota RI.


    Setuju ...
    Gw udah sering kesana berkali kali , masih sepi tenang dan gak macet .
    Mo nanya Seminar apaan di Sampit ?
    Kalo ke Sampit nginep nya di Hotel Idola aja (Bozz nya temen gw , maaf promosi hotel beliau he he he.....)

  2. #12
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    235
    Rep Power
    0

    Re: Palangkaraya Ibukota RI

    Apakah semudah mengatakan pindah?

    Kalau orang pemerintah pindah, maka perdagangan juga mesti pindah, dan kalau pindah konsumennya siapa? Apakah semudah itu?

    Konsumen jelas adalah penduduk setempat, baik yg dari luar kota yg menetap atau yang sudah sejak lahir di Jakarta. Dan apakah mereka harus ikut pindah?

    Ada kalanya kita tidak berpikir seperti robot, begitu juga pemerintah, hendaknya membuat peraturan dipikir dulu, bukan karena menjabat jadi seenaknya membuat peraturan, inilah kalau mentalnya belum terdidik dengan benar.

    Jakarta berposisikan walau tidak strategis, byk bencana banjir, sosial, dan lain2, tetapi nyatanya semua sudah terlanjur menempati disana, semua yg utama sudah disitu, kalau ibukota pindah, perdagangan mesti mengikuti pemerintah karena kaitannya ada (silakan berpikir sendiri), sedangkan perdagangan sangat bergantung pada konsumen, jadi membuat sulit. Sedangkan konsumen atau penduduk tidak bisa pindah semudah itu, apakah mereka harus menjual rumah atau tempat tinggal? Apakah ada yang mau beli? Kalau bergantung pada penduduk di tempat pindahan apakah bisa? Daya beli mereka? Mental mereka? Apakah mereka yang hidup disana sudah siap menyambut kehidupan ibukota? Bukannya justru masalah sosial yang lebih ribet yg akan muncul karena ketidakbiasaan menghadapi ekonomi yg penuh persaingan, belum lagi karena gak ada pasar, siapa yg mau pindah?

    Kondisinya kalau dipaksakan pindah yg terjadi
    1. Pemerintah pindah, pedagang tidak pindah
    Karena ekonomi bergantung pada konsumen, pedagang tidak ingin mengambil resiko untuk pindah, alhasil menetap. Masalah yang terjadi adalah ketergantungan semua bentuk usaha dengan surat menyurat pemerintah pusat, maka ekonomi akan terancam

    2. Pedagang memaksakan diri untuk pindah
    Tidak siapnya mental penduduk yg baru menghadapi ibukota, bisa kita lihat mental penduduk ibukota jauh berbeda dengan mental penduduk daerah. Mental penduduk ibukota lebih toleran dikarenakan sudah terbiasa dengan hal-hal persaingan dan konsep hidup yg lebih sekuler (individualistik tetapi adil alias no pain no gain), sedangkan mental penduduk daerah masih berbau premanisme dan sistem kekuatan kekerasan (inilah yg berkembang diibukota yg berubah menjadi mafia yang terstruktur) yg menempatkan kekuasaan premanisme sebagai keunggulan, keadilan diukur tidak dari kemampuan tetapi diukur dari kemampuan sosialisasi dan penempatan diri dalam hierarki masyarakat.

  3. #13
    Senior Contributor Flores's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    6,972
    Rep Power
    14

    Re: Palangkaraya Ibukota RI

    Ide ini sudah lama sekali dan tidak ada yang salahnya ide ini didiskusikan lagi walau peluang memindahkan Ibukota dari Jakarta amat kecil.

    Kalau saya presiden atau kentut DPR maka saya akan lemparkan isu untuk mendirikan satu kompleks khusus untuk dijadikan Ibukota negara.

    Saya maksudkan ialah seperti negara Brasil, yang membangun kota Brasilia sebagai Ibukotan negara. Malaisia kayaknya mau niru dengan membangun apa itu.. lupa namanya.

    Tempatnya, saya tak setuju Palangkarya karena sudah menjadi dan bakal menjadi kota besar juga. Ibukota ini musti benar-benar daerah baru, hanya kampung atau malah tempat kosong entah di Jatim, Makasar atau Bali, yang dibangun dari nol untuk dijadikan Ibukota Negara Indonesia dan tidak dizinkan sama sekali ada bisnis beroperasi di sana, kecuali sekolah dan satu mall untuk karyawan anak-anak mereka sekolah dan berbelanja.

    Pokoknya kayak Brasilia gitulah, dengan segala fasilitasnya, termasuk bandara. Kalau Anda tahu Kota Brasilia, Ibukota Brasil, maka pasti nangkap maksud saya.

    Salam!


  4. #14
    Senior Contributor Flores's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    6,972
    Rep Power
    14

    Re: Palangkaraya Ibukota RI

    Memindahkan ibukota jelas tidak mudah dari sudut anggaran.
    Tetapi sebenarnya tidak susah amat, kalu ada kehendak politik.

    Tentu saja ngga bisa menjadi proyek satu tahun.

    Setidaknya harus menjadi proyek dalam rentang waktu 10-15 tahun. Maksud saya ketika diputuskan dipindah ke suatu daerah, maka daerah itu dibangun berbagai kantor dan prasarana lainnya dalam rentang waktu 10 tahun. Kalkulasi ekonomi detailnya ya saya nyerah. Tapi rasa-rasanya sih bisa lah.

    Kalau ngga sanggup bangun model Brasil, ikuti model Birma aja, yang memindahkan seluruh perkantoran pemerintah dan presiden dari Rangoon ke luar kota Rangoon, di mana sebuah dibangun kompleks nan luas yang khusus untuk perkantoran pemerintah.

    Salam!

  5. #15
    Senior Member Azahari's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Bumi Pertiwi
    Posts
    1,548
    Rep Power
    8

    Re: Palangkaraya Ibukota RI

    Quote Originally Posted by WIDODO View Post
    Jakarta, dimata saya, adalah sebuah potret kegagalan Indonesia. Jakarta identik dengan kekumuhan,kemiskinan,kemacetan dan masalah-masalah sosial lainnya. Jakarta juga menanggung beban sejarah politik yang gagal-meskipun juga tidak terpungkiri mampu mempertahankan keutuhan NKRI-dengan banyaknya konflik horisontal maupun vertikal yang terus ada sepanjang sejarah Indonesia kita.
    Jadi, kenapa kita tidak berpaling ke tempat lain demi Indonesia masa depan? Dan bagi saya Palangka raya jawabannya. Secara geografis Palangkaraya relatif di tengah "perahu" Indonesia. Ini secara psikologis mencerminkan sebuah keadilan. Orang di timur tidak perlu merasa jauh. Palangkaraya juga pernah direkomendasikan oleh Bung Karno sebagai .
    Quote Originally Posted by maspras View Post
    ide untuk memindahkan ibukota negara sudah lama bergulir namun tampaknya hal ini masi menjadi ide mentah yang belum ditelaah lebih lanjut.

    ide untuk pindah ke palangkaraya boleh juga..
    ada baiknya disajikan dulu sisi positif yang mendukung ide ini..
    nanti kalo ada counter part dari pihak lain bisa dicari solusinya

    monggo didiskusikan..
    Quote Originally Posted by earsun View Post
    Kemana aja ga masalah deh, asal pindah.
    Jakarta udah ga sanggup menampung beban sebagai ibukota yang terus berkembang.

    Harga tanah udah gila2an, macet dimana2, polusi, wah pokoknya kesehatan udah jadi barang langka deh
    Cuma pemerintahnya mau ga budgetin buat pindah? biayanya ga main2
    kayaknya ga bakalan deh terlaksana
    Quote Originally Posted by speedyrj View Post
    emang mesti pindah....
    pusat pemerintahan dan pusat perdagangan sudah saatnya dipisahkan
    tapi mana mungkin sih ada yg kepikir kesitu...orang cuman mikir mentok 5 taunan doank
    Quote Originally Posted by Flores View Post
    Ide ini sudah lama sekali dan tidak ada yang salahnya ide ini didiskusikan lagi walau peluang memindahkan Ibukota dari Jakarta amat kecil.

    Kalau saya presiden atau kentut DPR maka saya akan lemparkan isu untuk mendirikan satu kompleks khusus untuk dijadikan Ibukota negara.

    Saya maksudkan ialah seperti negara Brasil, yang membangun kota Brasilia sebagai Ibukotan negara. Malaisia kayaknya mau niru dengan membangun apa itu.. lupa namanya.

    Tempatnya, saya tak setuju Palangkarya karena sudah menjadi dan bakal menjadi kota besar juga. Ibukota ini musti benar-benar daerah baru, hanya kampung atau malah tempat kosong entah di Jatim, Makasar atau Bali, yang dibangun dari nol untuk dijadikan Ibukota Negara Indonesia dan tidak dizinkan sama sekali ada bisnis beroperasi di sana, kecuali sekolah dan satu mall untuk karyawan anak-anak mereka sekolah dan berbelanja.
    WAH AKHIRNYA AKU KETEMU DENGAN ORANG YANG SAMA GILANYA.
    Ya aku gak becanda. Beberapa taun terakhir aku sempat wacanakan untuk pindahkan ibukota ke KALIMANTAN. "Akh nggak mungkin..!!" begitu kata mereka. "GILA KAMU.." ya udah kita liat aja sepuluh tahun lagi. Mungkin sekarang yang dianngap gila ternyata waras.
    LANTAS MENGAPA HRS DI KALIMANTAN ..? Ini menurut telaah aku.
    1. Letak pulau Kalim relatif berada di tengah Indonesia. Kenyataan Saat ini kalau orang Irian (dari Timur) akan Ke Jakarta untuk mengurus sesuatu di ibukota, harus mengeluarkan ongkos bisa dua atau tiga kali lipat dibanding harga tiket dari Aceh-Jakarta (dari Barat). Gak adil khan. Nah kalau ibu kota berada di Kalim hal itu jadi relatif sama jarak.
    2. Yang dipindahkan bukan seluruh peran JAKARTA sebagai: Pusat Bisnis, Pusat Budaya, Pusat Politik, Pusat Industri, Pusat Mata Pencaharian, Pusat Pendidikan. Tapi Jakarta segabai Pusat PEMERINTAHANNYA saja. Kita orang-orang Indonesia orientasinya terlalu "CAPITAL-CITY ORIENTED/MINDED"
    Apa-apa harus JAKARTA. Buka usaha harus ke Jakarta, Karir kerja harus ke Jakarta, Artis mau maju harus ke JAkarta, Jadi Politikus hrs ke Jakarta, sampai copet dan garongpun kalau mau sukses ia harus ke Jakarta. Kalau kita berpikir spt itu, kita ketinggalan dari negara lain.
    3. Harga lahan di Jakarta sudah melangit. Di lokasi tertentu di Jakarta ada harga tanah yg sudah mencapai 30 - 50 juta per meter persegi. Rata-rata 10 jutaan. Hal ini tentu akan menyulitkan perencanaan anggaran untuk pembangunan pra-sarana. Sedang di KALIM punya uang 50 juta kita bisa beli tanah 2 HA (20.000 meter persegi) dan malah sudah ditanami pohin kelapa sawit yang produktif. Jadi untuk pembangunan prasarana (jalan, saluran dsb) iadi mudah direncanakan. Jalan TOL ANTASARI - DEPOK hingga saat ini belum terlaksana karena terganjal masalah harga tanah.
    4. Memberi peluang daerah lain untuk meningkatkan nilai tambah potensi daerah. Sekaligus pemerataan pembangunan. Apalagi kita tahu pulau Kalimantan adalah pulau yang sangat luas. Jadi keleluasaan pembangunan masih sangat dimungkinkan.
    5. Mengurangi beban JAKARTA sebagai pusat dari semua pusat. Saya sangat setuju dgn pendapat bahwa Jakarta ini sudah over loaded. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi 10 tahun lagi. Mutu udara semakin menurun, air tanah sudah terkuras, kwalitas lingkungan/pemukiman semakin kumuh. Yang paling saya khawatirkan kriminalitas dan sikap individualistik semakin tinggi. Jadi mumpung belum terjadi sebaiknya kita antisipasi.
    6. JAKARTA tetap harus PINDAH. Mungkin banyak yg setuju. Tapi kalau hanya pindah ke suatu lokasi di Pulau Jawa tidak akan menyelesaikan masalah, even itu ke JAWA TIMUR. Mungkin untuk jangka waktu 10 - 20 tahun masih efektif. Tapi untuk jangka panjang..?? Ia hanya akan memindahkan masalah yang sama bagi pulau Jawa secara keseluruhan.
    7. Sebuah ibu kota atau kota modern yg baik adalah kota yg terencana. Dalam hal ini kita boleh belajar dari negara Amerika. Hampir semua kota-kota di USA itu terencana dg baik. Kita lihat Jalan-jalan relatif lurus. Drainasenya berfungsi dg baik. Tata tanya Apik. Pusat kegiatan bisnis di DOWN TOWN dan pemukiman di SUB-URBAN. Dahulu San-Francisco juga sangat kumuh, banyak pemukiman tidak teratur. Tapi sejak terjadi kebakaran di akhir abad 19. Kota itu di tata habis-habisan. Dan jadilah ia seperti sekarang.
    (Bersambung, masih ada beberapa telaah) THANKS FOR AWHILE
    Last edited by Azahari; 09-10-08 at 01:38 AM.

  6. #16
    Senior Member Azahari's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Bumi Pertiwi
    Posts
    1,548
    Rep Power
    8

    Re: Palangkaraya Ibukota RI

    Kita Lihat beberapa contoh typikal sebuah ibukota negara yng ideal. Dan contoh sukses yang sudah dilakukan negara lain.
    1. Australia. Ibu kotanya CANBERRA. Sebagai ibukota negara kota jauh lebih kecil dari SYDNEY (pend 4,7 jt) dan MELBOURNE (3,5 jt). Bayangkan dengan jumlah penduduk kurang dari 400.000 jiwa, Canberra adalah kota ke-tujuh terbesar di AUSY. Ia malah lebih kecil dari HOBART, PERTH dan ADELAIDE. Antara Sydney dan Melbourne terjadi persaingan sehat di segala bidang, kecuali bidang pemerintahan dan politik. Dari persaingan yng sehat yg diuntungkan adalah warganya. Kedua kota berlomba-lomba untuk mendapat predikat kota terbaik dan termoderen. Warga punya alternatif. Nah kalau kita hanya punya JAKARTA.
    (Bagaimana modernnya Ausy, Saya punya data dikit ttg efisiensi kerja mereka. Di pelabuhan terbesar di Indonesia, TG PRIOK. Jumlah tenaga kerja mulai dari administrator, operator dan pelaksana lapangan jumlahnya lebih dari 2000 org. Di Ausy, di pelabuhan yg lebih besar dari TG PRIOK, cukup dilayani kurang dari 20 orang. Bagaimana mungkin? Itulah kenyataannya. Disana serba otomatis, mulai dari penjaga gerbang, pengatur lalu lintas, pengurusan dokumen, embark dan debark semua dilakukan scr komputerized).
    2. AMERIKA dg WASHINGTON. Sebagai ibukota dari sebuah negara ADI DAYA kota ini hanya berpenduduk 600.000 jiwa. Ia hanya benar-benar menjadi ibukota sebagi pusat pemerintahan dan Politik Amerika. Tata kotanya sangat rapi dan Indah. Tapi sebagai ibukota negara, warga negara Amerika dari negara bagian lain tidak terangsang atau tergoda untuk urbanisasi ke sana. Bandingkan dg Jakarta. Dari jumlah pendd Washington bahkan berada di urutan ke 25 di Amerika. Untuk sekedar tahu, di Negara bagian California ada 2 kota besar; LOS ANGEL dan SAN FRANC (jarak dari Washington 3900 Km). Anda mungkin berpikir paling tidak salah satu dari kedua kota ini jadi ibu kota negara bagian CALIF. (Kalau di Indonesia: Ibukota Propinsi). BUKAN dua-duanya. Ibukota negara bagian CALIF adalah SACRAMENTO. Jadi, analoginya kedua kota itu bahkan bukan ibu kota provinsi.
    3. Negara besar dan Maju lainnya juga membagi peran ibu kotanya ke beberapa kota lain di wilayah lain. Seperti Jerman dg ibu kota Berlin, kota Industri dan perekonomiannya dibagi rata di Hamburg, Bremen, Frankfurt dan Munchen. Demikian juga Kanada, Ada Ottawa sbg ibukota adalah kota urutan ke-4 dibawah: Toronto, Montreal dan Vancauver. Bahkan kota di China berbagi peran dan jumlah penduduk antara Shanghai (kota terbesar 16 Jt) Beijing, Guangzou dan Shenzhen (sama berkisar 8jt). Dan masih banyak contoh negara-negara lain.

    Jadi menurut saya, Memindahkan Ibu kota bukan berarti memindahkan seluruh beban yg dipikul oleh JAKARTA sebagai pusat dari segala pusat. Yang dipindahkan menurut saya cukuplah Ibukota sebagai pusat pemerintahan. Dampak negatif dari serba terpusat ini adalah: Para pejabat dan politikus banyak yang bersinggungan dengan pebisnis. Atau pejabat / politikus yang merangkap pengusaha. Ini yg mungkin jadi keberatan mereka kalau fungsi Jakarta di pisah-pisah. Kita menghendaki aparat pemerintah murni hanya mengurusi pengelolaan administratif pemerintahan, tidak boleh berbisnis. Demikian juga anggota DPR.

    Jadi biarlah Jakarta tetap sebagai pusat Ekonomi saja.

    Sementara demikian dulu, nanti disambung kalau berkenan..

    SALAM SEJAHTERA UNTUK SEGENAP BANGSA..
    Last edited by Azahari; 09-10-08 at 02:52 AM.

  7. #17
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Question Re: Palangkaraya Ibukota RI

    Quote Originally Posted by buzzer View Post
    ...
    Kalau orang pemerintah pindah, maka perdagangan juga mesti pindah, dan kalau pindah konsumennya siapa? Apakah semudah itu?.....
    kalo melulu dilihat dari sudut pandang ekonomi perdagangan ya akan muter2 terus tanpa hasil.
    coba dech membedah masalah tidak hanya menggunakan kacamata ekonomi saja...

    ekonomi emang penting tapi bukan satu2nya yang penting...

    Quote Originally Posted by Azahari View Post
    ....

    Jadi biarlah Jakarta tetap sebagai pusat Ekonomi saja.

    ..
    Quote Originally Posted by Flores View Post
    [SIZE="3"]... tidak dizinkan sama sekali ada bisnis beroperasi di sana, kecuali sekolah dan satu mall untuk karyawan anak-anak mereka sekolah dan berbelanja.....
    menarik juga 2 pendapat diatas..

    bisakah adanya dikotomi antara pusat bisnis dengan pusat pemerintahan?

    sebelum jauh kesana, adakah yang bisa memberikan pendapat mengenai defisini dan syarat2 dari sebuah ibukota?
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  8. #18
    Senior Member speedyrj's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,542
    Rep Power
    8

    Re: Palangkaraya Ibukota RI

    nga ada yg blng mudah, tp bisa dilakukan...

    di negara lain sudah dijalanin, dan apa yg ente khwatirkan tidak terjadi tuh

    aneh kok pemerintah pindah pedangan ikut pindah....

    makanya pusat pemerintahan dan perdagangan dipisah


    Quote Originally Posted by buzzer View Post
    Apakah semudah mengatakan pindah?

    Kalau orang pemerintah pindah, maka perdagangan juga mesti pindah, dan kalau pindah konsumennya siapa? Apakah semudah itu?

    Konsumen jelas adalah penduduk setempat, baik yg dari luar kota yg menetap atau yang sudah sejak lahir di Jakarta. Dan apakah mereka harus ikut pindah?

    Ada kalanya kita tidak berpikir seperti robot, begitu juga pemerintah, hendaknya membuat peraturan dipikir dulu, bukan karena menjabat jadi seenaknya membuat peraturan, inilah kalau mentalnya belum terdidik dengan benar.

    Jakarta berposisikan walau tidak strategis, byk bencana banjir, sosial, dan lain2, tetapi nyatanya semua sudah terlanjur menempati disana, semua yg utama sudah disitu, kalau ibukota pindah, perdagangan mesti mengikuti pemerintah karena kaitannya ada (silakan berpikir sendiri), sedangkan perdagangan sangat bergantung pada konsumen, jadi membuat sulit. Sedangkan konsumen atau penduduk tidak bisa pindah semudah itu, apakah mereka harus menjual rumah atau tempat tinggal? Apakah ada yang mau beli? Kalau bergantung pada penduduk di tempat pindahan apakah bisa? Daya beli mereka? Mental mereka? Apakah mereka yang hidup disana sudah siap menyambut kehidupan ibukota? Bukannya justru masalah sosial yang lebih ribet yg akan muncul karena ketidakbiasaan menghadapi ekonomi yg penuh persaingan, belum lagi karena gak ada pasar, siapa yg mau pindah?

    Kondisinya kalau dipaksakan pindah yg terjadi
    1. Pemerintah pindah, pedagang tidak pindah
    Karena ekonomi bergantung pada konsumen, pedagang tidak ingin mengambil resiko untuk pindah, alhasil menetap. Masalah yang terjadi adalah ketergantungan semua bentuk usaha dengan surat menyurat pemerintah pusat, maka ekonomi akan terancam

    2. Pedagang memaksakan diri untuk pindah
    Tidak siapnya mental penduduk yg baru menghadapi ibukota, bisa kita lihat mental penduduk ibukota jauh berbeda dengan mental penduduk daerah. Mental penduduk ibukota lebih toleran dikarenakan sudah terbiasa dengan hal-hal persaingan dan konsep hidup yg lebih sekuler (individualistik tetapi adil alias no pain no gain), sedangkan mental penduduk daerah masih berbau premanisme dan sistem kekuatan kekerasan (inilah yg berkembang diibukota yg berubah menjadi mafia yang terstruktur) yg menempatkan kekuasaan premanisme sebagai keunggulan, keadilan diukur tidak dari kemampuan tetapi diukur dari kemampuan sosialisasi dan penempatan diri dalam hierarki masyarakat.

  9. #19
    uci
    uci is offline
    Senior Member uci's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    at home
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Palangkaraya Ibukota RI

    Quote Originally Posted by imobil View Post
    Ibukota pindah?????? tak akan mungkin bisa pindah..... gimana mau pindah????? karna pindah ke manapun pasti ada suara sumbang yang bilang tak adil...... pindah ke kalimantan,,,,, pindah ke sulawesi,,,, pindah ke sumatera,,,, or sekalian pindah aja ke papua......

    Saya malah yakin jika dipindah maka bubarlah NKRI kita...... karna semua orang merasa daerahnya yang terbaik dan tercocok untuk menjadi ibukota...... bayangkan nilai sebuah ibukota...... berapa banyak duit yang akan diguyur ke daerah situ jika menjadi sebuah ibukota negara.....

    Jadi untuk kebaikan NKRI,,,, Ibukota jangan di pindah..... hanya kota Jakartanya dibenahi lagi dengan serius.....
    Selamat pagi semua,,Kita memiliki banyak pulau carilah pulau yang belum didominasi oleh suku manapun alias pulau kosong ,jadikanlah itu ibukota NKRI , pulau yang gersang ,contoh seperti china mereka bisa dalam 2 tahun merubah kota sanya(bukan pulau gersang maap mungkin tidak cocok jadi contoh ) menjadi pusat turis yang menarik banyak investor ,termasuk investor dari indonesia,katanya indoneisa memiliki lebih dari 10000 pulau ,dimanakah pulau pulau itu?
    always look at the bright side of life

  10. #20
    uci
    uci is offline
    Senior Member uci's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    at home
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Palangkaraya Ibukota RI

    Quote Originally Posted by speedyrj View Post
    nga ada yg blng mudah, tp bisa dilakukan...

    di negara lain sudah dijalanin, dan apa yg ente khwatirkan tidak terjadi tuh

    aneh kok pemerintah pindah pedangan ikut pindah....

    makanya pusat pemerintahan dan perdagangan dipisah
    Betul sekali!! Yang dimaksud Pindah ibukota bukan pindah kota
    always look at the bright side of life

Page 2 of 5 FirstFirst 12345 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0