Page 4 of 8 FirstFirst 12345678 LastLast
Results 31 to 40 of 77

Thread: Siapa 'dalang' G 30 S ???


  1. #31
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    207
    Rep Power
    6

    Re: Siapa 'dalang' G 30 S ???

    Quote Originally Posted by Budiman200 View Post
    Saya pun ngak jelas, siapa dalang peristiwa G30S itu. Tetapi siapapun dalangnya, saya tetap ngak percaya ama ideologi Kommunis. Menurut saya, mau dibilang Kommunis itu adil untuk semua orang, menjadikan semua manusia sama dll, tetap saya ngak medukung, karena kalau dibilang bahwa teori Kommunis itu baik tapi kalau hasilnya ngak baik (liat2 tu dulu negara2 Kommunis di Eropa), yah berarti teori Kommunis itu salah.
    Buah ngak jauh jatuh dari pohonnya.
    Gimana dengan China ?
    Mereka penganut ideologi komunis, tetapi sekarang secara ekonomi, China merupakan primadona, Saat krisis ekonomi melanda dunia (Kapitalis), banyak pemimpin dunia yang berharap kepada China. Agar China ikut membantu (menolong !!!!) perekonomian Amerika melalui surplus cadangan devisanya yang 1,8 milyar Dolar. Bandingkan dengan Amerika yang defisitnya juga sekitar segitu.
    Ideologinya yang bagus atau masyarakatnya yang hebat !!!!
    Pokoknya menurut gw patut dicontoh.

  2. #32
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,071
    Rep Power
    11

    Re: Siapa 'dalang' G 30 S ???

    Quote Originally Posted by innocent View Post
    Kalo bener Soeharto dalangnya, kira2x AS (CIA) terlibat gak, ya? soalnya waktu jamannya Soeharto kan US companies bisa ngeruk kekayaan alam Indonesia spt minyak, emas; dsb...
    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    nah, kalau yang satu ini aku belum tau dan memang nggak banyak membaca ttg ini. Aku lbh tertarik pada peristiwa penahanan Sukarno dan keterlibatan Suharto di dalamnya. Masalah bekingan si Suharto, gw perlu baca komen teman2 nih. Lumayan nambah ilmu.
    CIA terlibat mendongkel PKI ada beberapa dokumen atau buku yg menuliskan..

    jadi dasarnya kesamaan musuh, tapi beda motivasi..
    US mempunyai motivasi memutus pengaruh komunis di seluruh dunia, Soeharto mempunyai motivasi kekuasaan..

    sukarnya untuk hal-hal spt ini kita nggak mudah menggunakan search engine untuk cari data... karena nggak banyak dokumen atau file yg selamat..

    apakah koran di tahun 1965-1970 ada di internet, saya belum coba search..

    ini masih mengandalkan logika saja..

    memang sangat nyata usaha 'menghebatkan diri', pahlawan, dan buku sejarah diganti, PKI menjadi semacam tempat sampah.. kalau ada masalah pada jaman ORBA, gampang alibinya.. kita harus waspada dengan bahaya laten PKI... sehingga lupa bahaya sebenarnya, korupsi meraja lela..anak-anaknya menguasai semua lini bisnis, kroni nya, dst..

  3. #33
    Senior Member innocent's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    on my bed
    Posts
    2,205
    Rep Power
    8

    Re: Siapa 'dalang' G 30 S ???

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    CIA terlibat mendongkel PKI ada beberapa dokumen atau buku yg menuliskan..

    jadi dasarnya kesamaan musuh, tapi beda motivasi..
    US mempunyai motivasi memutus pengaruh komunis di seluruh dunia, Soeharto mempunyai motivasi kekuasaan..

    sukarnya untuk hal-hal spt ini kita nggak mudah menggunakan search engine untuk cari data... karena nggak banyak dokumen atau file yg selamat..

    apakah koran di tahun 1965-1970 ada di internet, saya belum coba search..

    ini masih mengandalkan logika saja..

    memang sangat nyata usaha 'menghebatkan diri', pahlawan, dan buku sejarah diganti, PKI menjadi semacam tempat sampah.. kalau ada masalah pada jaman ORBA, gampang alibinya.. kita harus waspada dengan bahaya laten PKI... sehingga lupa bahaya sebenarnya, korupsi meraja lela..anak-anaknya menguasai semua lini bisnis, kroni nya, dst..
    Kalo denger cerita ortu atau orang2x dr generasi yg lebih tua, emang sich katanya waktu PKI lagi jaya2xnya lagaknya kurang ajar banget... tapi sesudah itu ORBA juga sama aja kurang ajarnya... apakah selanjutnya politisi kita akan belajar dari pengalaman atau mau terusin gaya kurang ajar?

    Dulu kan ada istilah awas bahaya laten PKI... sesudah reformasi, ada istilah ini kan warisan ORBA... lha, kalo politisi kita terus2xan menyalahkan sejarah, kapan negara kita mau maju? bukankah periode pasca reformasi ini seharusnya diisi dengan pembangunan? atau masih perlu reformasi jilid sekian?
    Enjoy while you can!

  4. #34
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,071
    Rep Power
    11

    Re: Siapa 'dalang' G 30 S ???

    Quote Originally Posted by innocent View Post
    Kalo denger cerita ortu atau orang2x dr generasi yg lebih tua, emang sich katanya waktu PKI lagi jaya2xnya lagaknya kurang ajar banget... tapi sesudah itu ORBA juga sama aja kurang ajarnya... apakah selanjutnya politisi kita akan belajar dari pengalaman atau mau terusin gaya kurang ajar?

    Dulu kan ada istilah awas bahaya laten PKI... sesudah reformasi, ada istilah ini kan warisan ORBA... lha, kalo politisi kita terus2xan menyalahkan sejarah, kapan negara kita mau maju? bukankah periode pasca reformasi ini seharusnya diisi dengan pembangunan? atau masih perlu reformasi jilid sekian?
    optimis saja innocent..
    bangsa Indonesia itu pemaaf, nggak ada kok yg mengungkit2 sejarah dengan tujuan hukum..balas dendam hukum..

    kalo bahas2 seperti kita-kita di FK ya banyak.. sekedar menautkan logika.. dari penggalan2 cerita yg tidak lengkap..

  5. #35
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Siapa 'dalang' G 30 S ???

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    CIA terlibat mendongkel PKI ada beberapa dokumen atau buku yg menuliskan..

    jadi dasarnya kesamaan musuh, tapi beda motivasi..
    US mempunyai motivasi memutus pengaruh komunis di seluruh dunia, Soeharto mempunyai motivasi kekuasaan..

    sukarnya untuk hal-hal spt ini kita nggak mudah menggunakan search engine untuk cari data... karena nggak banyak dokumen atau file yg selamat..

    apakah koran di tahun 1965-1970 ada di internet, saya belum coba search..

    ini masih mengandalkan logika saja..

    memang sangat nyata usaha 'menghebatkan diri', pahlawan, dan buku sejarah diganti, PKI menjadi semacam tempat sampah.. kalau ada masalah pada jaman ORBA, gampang alibinya.. kita harus waspada dengan bahaya laten PKI... sehingga lupa bahaya sebenarnya, korupsi meraja lela..anak-anaknya menguasai semua lini bisnis, kroni nya, dst..
    Ulasan menarik, Bung Bim. Sayangnya susah sekali menarik benang merahnya, karena bukti dan para saksi sudah susah sekali ditemukan. Mungkin masih ada beberapa, tapi sudah terlanjur trauma karena siksaan para petugas di masa orba.

    Pemerintah di masa reformasi mengambil langkah pertama dengan menghentikan pemutaran film dokumenter yangd ianggap penuh kepalsuan itu. Cuma kalau mereka tau itu salah, kenapa susah sekali membuktikannya dan kemudian memperbaiki sejarah bangsa yang termanipulasi ini ya?

    ORBA memang tabir gelap. Jangankan PKI, Udin dan Marsinah saja tak teradili para pembunuhnya. Aku yakin Suharto juga ikut andil dalam berbagai tragedi pembunuhan di beberapa tempat, termasuk kejadian di Tanjung Priok... Dia sangat takut bila ada yang mebuat kedudukannya terancam...
    Last edited by Cakrawala Meazza; 10-10-08 at 08:41 PM. Reason: typing
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  6. #36
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Siapa 'dalang' G 30 S ???

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    optimis saja innocent..
    bangsa Indonesia itu pemaaf, nggak ada kok yg mengungkit2 sejarah dengan tujuan hukum..balas dendam hukum..

    kalo bahas2 seperti kita-kita di FK ya banyak.. sekedar menautkan logika.. dari penggalan2 cerita yg tidak lengkap..
    Pemaaf sih boleh kali Bung. Tapi bagi saya rasanya percuma kita punay logika dan pernah sekolah kalau toh dibodohi oleh sejarah buatan sang Penguasa ORBA. Saya malah senangs ekali kalau ada yang mengungkap kejadian sebenarnya, sekaligus mengembalikan nama baik para mantan anggota partai PKI yang 7 turunan keluarganya tidak boleh masuk di dunia pemerintahan. Bahkan jadi pegawai rendahan saja mesti wajib lapor setahun sekali. Sementara 'dia', keluarga beserta kroninya bergelimang harta dari keringat rakyat miskin Indonesia. SANGAT TIDAK ADIL!
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  7. #37
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,071
    Rep Power
    11

    Re: Siapa 'dalang' G 30 S ???

    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    Ulasan menarik, Bung Bim. Sayangnya susah sekali menarik benang merahnya, karena bukti dan para saksi sudah susah sekali ditemukan. Mungkin masih ada beberapa, tapi sudah terlanjur trauma karena siksaan para petugas di masa orba.

    Pemerintah di masa reformasi mengambil langkah pertama dengan menghentikan pemutaran film dokumenter yangd ianggap penuh kepalsuan itu. Cuma kalau mereka tau itu salah, kenapa susah sekali membuktikannya dan kemudian memperbaiki sejarah bangsa yang termanipulasi ini ya?

    ORBA memang tabir gelap. Jangankan PKI, Udin dan Marsinah saja tak teradili para pembunuhnya. Aku yakin Suharto juga ikut andil dalam berbagai tragedi pembunuhan di beberapa tempat, termasuk kejadian di Tanjung Priok... Dia sangat takut bila ada yang mebuat kedudukannya terancam...
    ya kita sudah belajar kok..
    bukti yg paling jelas, kita punya undang-undang yg mengatur jabatan presiden cuma 2 kali saja..

    karena siapapun orangnya, kalau kekuasaan nya terlalu besar, sama bahaya nya.. ini terjadi di seluruh dunia..

    di Chile ada Augusto Pinochet
    di Rumania ada Ceucascue.. aku lupa tulisan nya..
    di Philipine ada Fidel Ramos ya..
    dst..

  8. #38
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,071
    Rep Power
    11

    Re: Siapa 'dalang' G 30 S ???

    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    Pemaaf sih boleh kali Bung. Tapi bagi saya rasanya percuma kita punay logika dan pernah sekolah kalau toh dibodohi oleh sejarah buatan sang Penguasa ORBA. Saya malah senangs ekali kalau ada yang mengungkap kejadian sebenarnya, sekaligus mengembalikan nama baik para mantan anggota partai PKI yang 7 turunan keluarganya tidak boleh masuk di dunia pemerintahan. Bahkan jadi pegawai rendahan saja mesti wajib lapor setahun sekali. Sementara 'dia', keluarga beserta kroninya bergelimang harta dari keringat rakyat miskin Indonesia. SANGAT TIDAK ADIL!
    Betul, kalau Presiden dan DPR berani dan jujur, mereka perlu merehabilitasi turunan PKI... mana ada kesalahan menurun, kayak penyakit turunan saja..

  9. #39
    Contributor winona571's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Batam
    Posts
    3,162
    Rep Power
    10

    Re: Siapa 'dalang' G 30 S ???

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    ya kita sudah belajar kok..
    bukti yg paling jelas, kita punya undang-undang yg mengatur jabatan presiden cuma 2 kali saja..

    karena siapapun orangnya, kalau kekuasaan nya terlalu besar, sama bahaya nya.. ini terjadi di seluruh dunia..

    di Chile ada Augusto Pinochet
    di Rumania ada Ceucascue.. aku lupa tulisan nya..
    di Philipine ada Fidel Ramos ya..
    dst..
    Mau nambah, nih.... di Filipina diktatornya Marcos, kalau Fidel Ramos justru jadi Presiden setelah Corazon Aquino, setelah People Power yang menggulingkan Marcos.

  10. #40
    Senior Member yasi's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    1,215
    Rep Power
    7

    Re: Siapa 'dalang' G 30 S ???

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    Betul, kalau Presiden dan DPR berani dan jujur, mereka perlu merehabilitasi turunan PKI... mana ada kesalahan menurun, kayak penyakit turunan saja..
    Pelurusan sejarah nasional oleh negara sangatlah diharapkan oleh para korban G 30 S. Sebagai suatu pembelajaran dari sejarah maka sepatutnya ada kemauan dari pemerintah megupayakan informasi yang terbuka dan cukup jelas mengenai apa dan bagimana serta siapa yang terlibat dalam tragedi nasional tersebut. Kita bukan bermaksud menoreh luka lama, tetapi sekali lagi untuk menolong kita lebih arif dalam hidup berbangsa dan bernegara. Kita tentu tidak pernah menginginkan perpecahan anak bangsa, saling menciderai satu sama lain di negara Indonesia tercinta ini.

Page 4 of 8 FirstFirst 12345678 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0